Pengertian Geotagging dan Manfaatnya dalam Bisnis

geotagging banner

Seiring perkembangan zaman, teknologi geotagging kerap merambah di berbagai bidang, mulai dari bisnis hingga dalam manajemen kehadiran karyawan. Misalnya, dalam pengelolaan karyawan, teknologi ini dapat membantu meningkatkan akurasi absensi hingga memantau pergerakan karyawan di lapangan.

Namun, sebenarnya apa yang disebut dengan geotagging? Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas hal tersebut beserta manfaat, elemen, dan juga tantangannya.

Apa yang Dimaksud dengan Geotagging?

Geotagging adalah tanda informasi yang diletakkan pada jenis media tertentu, yang menunjukkan lokasi geografis. Teknologi ini dapat berfungsi dengan perangkat mobil seperti smartphone.

Dengan GPS yang diaktifkan pada perangkat, geotagging akan memberikan lokasi kepada foto atau video yang diambil. Misalnya, jika Anda sedang menggunakan kamera untuk merekam video, geotag dapat menunjukkan koordinat lintang dan bujur dari tempat tersebut, sekaligus waktu pengambilan gambar.

Geotagging memungkinkan Anda menandai lokasi saat Anda membagikan foto atau video. Dengan demikian, Anda dapat terhubung dengan teman-teman dan bisnis di sekitar Anda.

Sebagai contoh, jika Anda membagikan foto di media sosial dan menggunakan geotag, teman-teman Anda pun akan mengetahui di mana Anda berada, serta menemukan bisnis sekitar yang mungkin menarik untuk dikunjungi.

Selain dalam konteks bisnis, istilah geotagging juga kerap digunakan pada sistem manajemen kehadiran, di mana teknologi ini dimanfaatkan untuk merekam lokasi seorang karyawan saat clock-in dan clock-out.

Di samping itu, geotag juga bisa membantu Anda menemukan infomasi spesifik tentang satu lokasi. Misalnya, untuk menemukan gambar yang diambil di suatu tempat, Anda bisa memasukkan koordinat geografis ke dalam search engine. 

Layanan yang menggunakan geotagging juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan berita atau sumber daya lain berdasarkan lokasi.

Baca Juga: Geofencing dalam Absensi, Bagaimana Cara Kerjanya?

geotagging 1

Apakah Geofencing Berbeda dengan Geotagging?

Ya. Meskipun terlihat sama, keduanya tetap memiliki perbedaan tertentu. Geofencing adalah konsep yang memungkinkan pembuatan zona virtual di sekitar lokasi fisik dengan menentukan batas-batas tertentu, seperti radius atau bentuk tertentu.

Saat pengguna memasuki atau meninggalkan zona ini, sistem dapat memberikan pemberitahuan atau melakukan tindakan otomatis sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan.

Contohnya termasuk pemberian pemberitahuan kepada tim keamanan perusahaan saat ada seseorang mencoba memasuki area terlarang.

Di sisi lain, geotagging adalah proses menambahkan informasi lokasi ke media digital, seperti foto, video, atau pesan teks. Informasi lokasi ini membantu mengidentifikasi di mana media tersebut dibuat atau diambil.

Dengan teknologi ini, pengguna dapat memberikan konteks tentang lokasi di mana suatu kejadian terjadi atau media tersebut dibuat, seperti menambahkan lokasi pada foto di media sosial atau menemukan tempat di peta berdasarkan foto yang diambil.

Baca Juga: Blue Collar Crime, Apa itu dan Apa Saja Contohnya?

Apa Saja Elemen dalam Geotagging?

Geotag melibatkan beberapa elemen penting untuk menentukan lokasi suatu data digital, yaitu:

1. Koordinat Global Positioning System (GPS)

GPS merupakan elemen inti geotagging. Koordinat GPS terdiri dari latitude (lintang) dan longitude (bujur) yang menunjukkan posisi spesifik di permukaan bumi.

2. Timestamp

Sementara timestamp adalah penanda waktu yang akurat saat data tersebut diberi geotag. Timestamp sangat penting untuk melacak dan memahami urutan waktu terkait dengan lokasi.

3. Metadata

Metadata adalah informasi tambahan yang tersimpan bersama data utama. Dalam konteks geotagg, metadata dapat mencakup hal-hal seperti:

  • Nama lokasi, misalnya “Candi Borobudur, Magelang, Indonesia.”
  • Ketinggian, berguna untuk data seperti foto yang diambil dari drone.
  • Nama perangkat yang digunakan untuk geotagging, seperti jenis kamera atau smartphone.
  • Informasi sensor, seperti arah kompas saat foto diambil.

Ketiga elemen ini bekerja bersama-sama untuk secara akurat dan lengkap mendefinisikan lokasi data digital.

Misalnya, foto liburan Anda mungkin memiliki koordinat GPS yang menunjukkan pantai tempat Anda berada, bersama dengan timestamp yang menunjukkan jam dan menit foto diambil.

Metadata tambahan mungkin menyertakan nama pantai, nama kamera, dan arah Anda menghadap saat foto diambil.

Baca Juga: Cara Menghitung Presensi Absen Karyawan dan Contohnya

geotagging 2

Apa Saja Manfaat Geotagging?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya geotagging menawarkan beberapa manfaat untuk manajemen sistem karyawan maupun bisnis. Berikut beberapa manfaatnya:

Manfaat Geotagging dalam Manajemen Sistem Karyawan

1. Memastikan Keakuratan Lokasi Kehadiran

Geotagging membantu memastikan keakuratan lokasi kehadiran karyawan dalam sistem absensi. Fitur ini menggunakan GPS untuk menentukan lokasi tepat di mana seorang karyawan melakukan absensi.

Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalisir risiko kehadiran palsu, karena sistem dapat memverifikasi lokasi karyawan secara akurat.

2. Pematauan dan Otomatisasi

Teknologi ini juga memungkinkan pemantauan langsung dan mengotomatisasi kehadiran karyawan. Melalui geotag, perusahaan dapat memantau kehadiran karyawan secara real-time dan memudahkan proses presensi.

Hal ini akan mengurangi beban pekerjaan tim HR serta membantu memastikan data kehadiran yang tepat dan terpercaya. Dengan demikian, tim HR dapat lebih berfokus pada pekerjaan yang membutuhkan strategi dan pertimbangan.

3. Pengelolaan Produktivitas Karyawan

Geotag dalam sistem kehadiran juga dapat membantu perusaahaan mengelola produktivitas karyawan dengan lebih baik. Fitur ini membantu perusaahaan untuk melacak jam kerja karyawan, memantau waktu istirahat, dan mengevaluasi kinerja secara efisien.

Dengan demikian, perusahaan dapat memberikan feedback atau bimbingan kepada karyawan yang memerlukan perbaikan dalam kinerja mereka.

4. Mendukung Remote working

Geotag juga dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mendukung remote working. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kehadiran dan aktivitas karyawan yang bekerja dari lokasi yang berbeda.

Dengan demikian, perusahaan dapat menjaga produktivitas karyawan walaupun mereka bekerja secara jarak jauh dan memastikan bahwa tugas-tugas mereka tetap dapat dikelola dengan baik.

5. Peningkatan Keamanan dan Kepatuhan

Geotagging membantu meningkatkan keamanan dan kepatuhan dalam manajemen karyawan, karena teknologi ini bisa memberikan informasi lokasi yang akurat.

Untuk itu, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software manajemen karyawan yang dilengkapi dengan sistem geotag, salah satu contohnya seperti Gajihub.

Gajihub merupakan software payroll dan HR yang memiliki fitur absensi dengan dukungan GPS dan selfie, sehingga manajemen perusahaan dapat memantau data kehadiran dan lokasi karyawan secara akurat.

Untuk menghindari kecurangan, software ini juga didukung oleh fitur face recognizition yang membantu memvalidasi data karyawan.

Selain itu, Gajihub juga dilengkapi sistem abuse detection, yang akan menolak secara otomatis presensi jika karyawan diketahui menggunakan fake GPS dan fake IP.

Tertarik mencoba? Jelajahi selengkapnya dan fitur-fitur lain dari Gajihub dengan klik gambar berikut:

gajihub 2

Baca Juga: Indisipliner Karyawan: Arti, Jenis, Contoh, dan Cara Mengatasinya

Manfaat Geotagging dalam Bisnis

Nah, selain dalam manajemen sistem karyawan, teknologi geotag juga dapat membantu mengoptimalkan bisnis. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Pemantauan Langsung

Geotagging membantu dalam pemantauan secara langsung dan mengotomatisasi kehadiran karyawan Anda. Hal ini juga memungkinkan pelanggan untuk menandai lokasi mereka dan menyebarkan informasi kepada teman mereka mengenai bisnis Anda, serta membantu orang menemukan bisnis lokal di daerah tertentu.

2. Informasi Konsuman yang Lebih Baik

Geotag dapat digunakan oleh bisnis untuk memahami lokasi mana yang lebih baik dalam kinerjanya. Hal ini membantu mengumpulkan informasi perilaku penting tentang pelanggan. Selain itu, juga memudahkan untuk menargetkan berbagai perilaku pasar dan mengembangkan startegi pemasaran yang baru.

3. Peningkatan SEO

Saat mencari bisnis, konsumen sering mencari lokasi terlebih dahulu. Dengan memasang geotag pada konten dan situs web bisis utama, Anda dapat memastikan bahwa bisnis muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian saat konsumen mencari bisnis lokal.

4. Proses yang Sederhana

Geotag pada media sosial melibatan menambahkan foto atau video ke lokasi geografis tertentu pada peta. Proses ini dapat menyederhanakan pelacakan.

5. Dampak Positif pada Presepsi Pelanggan

Memasang geotag pada situs web bisnis Anda dapat memberikan dampak positif pada bagiamna bisnis Anda muncul dalam hasil pencarian dan meningkatkan brand awareness. Hal ini akan meningkatkan visibilitas online untuk lokasi bisnis Anda, di mana pun mereka berada.

Baca Juga: Absensi Mobile: Alasan Menggunakannya dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

geotagging 3

Apa Saja Tantangan yang Ada pada Teknologi Geotagging?

Walaupun memiliki sejumlah manfaat, teknologi geotagging memiliki beberapa tantangan yang perlu dihadapi, seperti:

1. Privasi dan Keamanan Data

Di Indonesia, regulasi mengenai privasi data masih berkembang. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang penyalahgunaan data lokasi.

Kurangnya edukasi publik tentang geotagging dan privasi data dapat membuat masyarakat tidak sadar akan risiko yang mungkin akan dihadapi dengan membagikan lokasi mereka.

2. Akurasi dan Keandalan Data Lokasi

Kualitas sinyal GPS di Indonesia dapat bervariasi, terutama di daerah terpencil, yang membuat data geotag kurang akurat. Selain itu, penggunaan teknologi geotag yangtidak tepat, seperti menggunakan perangkat yang outdated juga dapat menyebabkan data yang dihasilkan tidak akurat.

3. Akses Teknologi dan Infrastruktur

Akses terhadap perangkat dengan GPS dan koneksi internet yang stabil masih belum merata di seluruh INdonesia. Oleh karena itu, penggunaan geotagging cukup terbatas untuk beberapa daerah.

4. Penerimaan Karyawan

Dalam penggunaan geotag untuk manajemen kehadiran, beberapa karyawan mungkin mreasa tidak nyaman dengan gagasan pemantauan melalui geotagging. 

Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk berkomunikasi secara terbuka dengan karyawan mengenai manfaat dan risiko teknologi tersebut sebelum mengimplementasikannya.

Baca Juga: Apa itu Presensi dan Absensi, Bagaimana Cara Membuat Kebijakannya?

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa seiring perkembagan zaman, teknologi geotagging berperan penting dalam berbagai bidang, termasuk dalam manajemen kehadiran karyawan dan optimasi bisnis.

Geotagging memungkinkan perusahaan untuk mengelola kehadiran karyawan dengan lebih akurat dan memantau aktivitas mereka secara real-time.

Di sisi lain, dalam bisnis, teknologi ini juga membantu memahami perilaku konsumen, meningkatkan SEO, dan memberikan dampak positif pada persepsi pelanggan.

Meskipun demikian, teknologi geotagging juga menghadapi sejumlah tantangan, termasuk masalah privasi dan keamanan data, akurasi dan keandalan data lokasi, serta akses terhadap teknologi dan infrastruktur yang belum merata

Selain itu, perusahaan juga perlu memperhatikan penerimaan karyawan terhadap penggunaan geotagging.

Apabila saat ini perusahaan Anda membutuhkan software payroll dan HR yang dapat membantu Anda mengelola kehadiran karyawan dengan teknologi geotagging, Anda dapat memilih Gajihub.

Dengan software ini, Anda dapat meminimalisir kecurangan karyawan dalam hal kehadiran serta memantau produktivitas mereka. Tertarik mencoba? Yuk, kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *