9 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merekrut Kandidat Potensial

kandidat potensial banner

Merekrut kandidat potensial tidak hanya bertujuan untuk mengisi kekosongan dalam perusahaan, tetapi juga membantu menghemat biaya dan menghasilkan manfaat jangka panjang bagi kesuksesan perusahaan.

Selain itu, kandidat potensial juga kerap membawa inovasi dan energi segar bagi perusahaan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam merekrut kandidat potensial, karakteristik, manfaat, hingga tips merekrutnya.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Merekrut Kandidat Potensial?

Proses seleksi karyawan melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan perusahaan memilih kandidat potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses seleksi:

1. Langkah Kunci dalam Proses Seleksi

1. Membaca Surat Lamaran

Bacalah surat lamaran kandidat dengan cermat untukmemahami motivasi mereka dan mengapa mereka tertarik pada posisi tersebut.

2. Mengumpulkan Informasi dari CV

Perhatikan pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan dari CV pelamar. Hal ini akan membantu Anda memahami latar belakang mereka.

3. Melakukan Wawancara

Wawancara adalah kesempatan untuk mengevaluasi kandidat secara lebih mendalam. Ajukan pertanyaan yang relevan untuk memahami lebih lanjut mengenai keterampilan dan kepribadian mereka.

4. Tes Keterampilan atau Bakat

Untuk beberapa posisi, tes keterampilan atau bakat dapat membantu Anda menilai kemampuan kandidat secara langsung.

5. Pemeriksaan Latar Belakang

Lakukan pemeriksaan latar belakang atau background check dan riset online terhadap media sosial kandidat Anda, untuk dapat memastikan kecocokan mereka dengan nilai dan budaya perusahaan.

Penting untuk menjalankan proses seleksi dengan efisien tanpa membuatnya terlalu rumit. Jika prosesnya terlalu panjang, Anda dapat kehilangan minat kandidat terbaik.

2. Etos Kerja

Selain itu, Anda juga perlu mengevaluasi etos kerja kandidat. Sebab, meskipun mereka memiliki keterampilan dan pengalaman yang hebat, Anda perlu memastikan bahwa mereka dapat mengelola beban kerja, berkomunikasi dengan baik, dan bekerja secara efisien.

3. Pencapaian Kandidat

Ajukan pertanyaan tentang pencapaian terbesar dalam hidup kandidat untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai kemampuan dan kinerja mereka.

Anda dapat menggunakan pendekatan STAR (Situational, Task, Action, Result) untuk mengetahui bagaimana mereka menghadapi tantangan dan upaya mereka dalam mencapai keberhasilan.

4. Pembelajaran

Saat melakukan screening CV, perhatikan apakah kandidat mencantumkan pengalaman mempelajari keterampilan baru. Sebab, hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa mereka akan tetap berusaha bejar saat bekerja untuk Anda.

Eksplorasi lebih lanjut mengenai hal ini selama wawancara, misalnya dengan mengajukan pertanyaan bagaimana mereka melakukan pembelajaran di tempat kerja, dan apakah mereka berminat untuk terus belajar selama proses onboarding. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi HR Training untuk Tim SDM

5. Minat dan Hobi Pribadi

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan yang lebih informal, misalnya tentang minat dan hobi kandidat di luar pekerjaan mereka.

Hal ini dapat membantu menciptakan suasana santai saat wawancara dan memungkinkan Anda mengetahui apakah mereka cocok dengan tim dan budaya perusahaan.

Selain itu, memahami minat pribadi kandidat juga membantu Anda memahami motivasi mereka. Dengan demikian, Anda bisa menentukan jenis kompensasi yang sesuai dengan minat mereka.

kandidat potensial

6. Pertanyaan Kandidat

Berikan kesempatan kandidaat untuk mengajukan pertanyaan, agar Anda dapat mengetahui motivasi mereka. Melalui hal ini, Anda dapat menilai tingkat ketertarikan, analitis, dan rasa ingin tahu mereka.

Pertanyaan yang diajukan juga dapat mencerminkan seberapa antusias mereka terhadap peran yang ditawarkan. Selain itu, pertanyaan tersebut juga bisa menunjukkan bagaimana mereka melakukan riset tentang peran dan perusahaan Anda.

Berbagai hal tersebut dapat menjadi indikator positif bahwa mereka serius dan tertarik terhadap peran yang ditawarkan dan perusahaan.

7. Pertanyaan Wawancara Berbasis Kompetensi

Pertanyaan wawancara berbasis kompetensi merupakan cara yang tepat untuk menggali lebih dalam mengenai kandidat potensil pada tingkat pemula.

Meskipun mereka mungkin tidak memiliki pengalaman yang luas, mereka mungkin memiliki karakter yang menarik dan semangat.

Beberapa pertanyaan berbasis kompetensi yang dapat Anda tanyakan:

  • Bisa ceritakan saat Anda berhasil mengatasi masalah sulit di tempat kerja?
  • Bagaimana Anda mengelola konflik dengan rekan kerja di masa lalu?
  • Ketika Anda dan tim Anda sibuk, bagaimana Anda mengatasi dan mengatur prioritas dalam pekerjaan?

8. Tes Penilaian Bakat atau Keterampilan

Apabila Anda ingin mengukur keterampilan kandidat secara langsung, Anda dapat melakukannya selama wawancara. Misalnya, Anda bisa menguji tata bahasa, ejaan, atau kecepatan mengetik kandidat sesuai dengan kebutuhan posisi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software atau alat penilaian khusus yang dapat membantu Anda dala menilai keterampilan karyawan.

Alternatif lain, Anda juga dapat memberikan tugas atau studi kasus selama wawancara untuk melihat bagaimana mereka menangani tugas tersebut secara langsung.

Baca Juga: 7 Jenis Tes Pre-Employment Assessment dan Toolsnya

9. Pertanyaan Lain yang Perlu Diajukan

Sebelum merekrut kandidat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah kandidat ini memiliki motivasi untuk belajar dan terus berkembang?
  • Apakah mereka akan cocok dengan tim yang ada?
  • Apakah nilai-nilai mereka sesuai dengan budaya perusahaan?
  • Apakah mereka siap untuk berkolaborasi dengan mentor atau pelatih?
  • Apakah mereka berkomitmen untuk membangun karier jangka panjang dengan perusahaan?
  • Apakah mereka memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas-tugas yang diperlukan untuk peran tersebut?

Melalai berbagai pertanyaan tersebut, Anda dapat memastikan bahwa kandidat yang Anda pilih akan mudah beradaptasi dengan peran mereka.

Selain itu, Anda dapat memastikan bahwa kandidat tidak hanya terlihat berpotensi di CV, melainkan Anda juga bisa melihat apakah mereka sesuai dengan budaya dan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: 10 Strategi untuk Meningkatkan Proses Rekrutmen Online

gajihub 3

Bagaimana Karakteristik Kandidat Potensial?

Ada banyak karakteristik atau sifat yang dimiliki oleh kandidat potensial. Namun, terlepas dari jenis pekerjaannya, berikut adalah karakteristik penting yang harus Anda pertimbangkan:

1. Kemampuan Kerja Sama Tim

Sebagian besar pekerjaan melibatkan kemampuan kerja sama tim (team work). Bahkan, pekerjaan seperti akuntansi atau software developer juga tetap membutuhkan kerjasama, misalnya dalam bentuk menerima masukan dari orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk merekrut kandidat yang dapat bekerjasama dengan baik.

2. Kemauan untuk Belajar

Kemampuan belajar sepanjang hayat merupakan sebuah keharusan. Hal ini didukung oleh teknologi dan pengetahuan yang terus berkembang, yang membuat perusahaan juga kerap mengalami perubahan.

Inilah yang membuat kandidat potensial perlu memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar. Selain diharuskan untuk menguasai keterampilan baru, mereka juga diwajibkan untuk tumbuh dan berkembang sebagai seorang profesional serta individu.

Kemampuan beradaptasi juga merupakan kualitas penting yang berkaitan dengan kemauan untuk belajar.

3. Kemampuan Komunikasi

Kemahiran berkomunikasi tidak hanya berarti berbicara dengan lancar, tetapi juga termasuk kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, serta kemampuan memahami pesan dari orang lain melalui pertanyaan yang bijaksana.

Hal ini disebabkan karena kesulitan dalam berkomunikasi dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

4. Motivasi Diri

Motivasi diri merujuk pada kesenangan dalam melakukan pekerjaan, sehingga seseorang ingin memberikan yang terbaik, terlepas dari imbalan yang diberikan.

5. Kesesuaian dengan Budaya

Kesesuaian dengan budaya merupakan pemahaman dan penerimaan terhadap lingkungan dan cara kerja di kantor, mulai dari tata letak ruangan hingga aturan berpakaian. Perlu Anda ketahui, bahwa setiap tim memiliki kesesuaian budaya yang berbeda.

Oleh karena itu, Anda perlu berdiskusi dengan anggota tim untuk mendefinisikan apa arti kesesuaian budaya dalam tim Anda dan mengidentifikasi ciri-ciri atau nilai-nilai tertentu yang relevan.

Baca Juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

kandidat potensial

Apakah Merekrut Kandidat Potensial itu Penting?

Ya, penting bagi perusahaan untuk merekrut kandidat potensial. Berikut sejumlah alasannya:

1. Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Merekrut kandidat yang tepat dapat menghemat waktu dan sumber daya. Dengan memiliki karyawan yang berkualitas, Anda tidak perlu mengulang proses rekrutmen. Artinya, Anda dapat menghemat biaya dan waktu, yang kemudian dialokasikan untuk pelatihan intensif.

2. Mengurangi Beban Kerja Karyawan Lain

Mempekerjakan kandidat potensial membantu mengurangi beban kerja karyawan yang sudah ada. Karyawan dengan keahlian dan kualifikasi yang berbeda dari yang sudah ada, dapat membantu mengisi kekosongan dalam tim.

Kemudian, saat setiap anggota tim dapat berfokus pada spesialisasi mereka, tingkat stres pun akan berkurang dan produktivitas cenderung meningkat.

3. Membawa Ide-Ide Segar

Karyawan baru biasanya membawa ide-ide segar yang dapat menguntungkan perusahaan. Mereka bisa membawa pengalaman dari perusahaan sebelumnya atau pemikiran baru dari lulusan baru.

Selain itu, inovasi adalah kunci untuk mencegah kejenuhan di tempat kerja dan meningkatkan semangat kerja, serta produktivitas.

Merekrut kandidat potensial dapat memberikan manfaat besar bagi perusahaan Anda, termasuk penghematan waktu dan sumber daya, mengurangi beban kerja karyawan saat ini, serta membawa ide-ide segar untuk pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Cara Menjawab Pertanyaan Kontribusi untuk Perusahaan dan Contohnya

Bagaimana Tips untuk Merekrut Kandidat Potensial?

Selain dengan memperhatian berbagai hal di atas, berikut adalah tips tambahan yang bisa Anda lakukan untuk merekrut kandidat potensial:

1. Terus Tingkatkan Proses Perekrutan

Meningkatkan proses rekrutmen adalah kunci untuk mendapatkan karyawan terbaik. Hindari strategi yang membingungkan dalam wawancara dan berfokus pada pengumpulan informasi yang relevan mengenai calon keryawan, termasuk kualifikasi, pengetahuan, pengalaman, kemampuan sosial, dan kemampuan belajar.

2. Lakukan Beberapa Wawancara

Setelah mengidentifikasi beberapa calon yang potensial, lakukan beberapa tahap wawancara untuk masing-masing kandidat. Hal ini membantu Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang kandidat yang paling cocok.

3. Libatkan Berbagai Pihak

Melibatkan berbagai pihak dalam proses rekrutmen, seperti manajer perekrutan, sumber daya manusia, atasan langsung, dan bahkan pemilik perusahaan, dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

4. Percayai Insting Anda

Meskipun penting untuk membuat keputusan berdasarkan data logis, Anda juga perlu yakin terhadap insting Anda. Sebab, terkadang firasat Anda dapat membantu Anda menemukan calon yang tepat.

5. Luangkan Waktu

Jangan terburu-buru untuk mengisi posisi kosong, melainkan sediakan waktu yang cukup untuk menemukan kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda semakin paham tentang pentingya kandidat potensial bagi perusahaan dan bagaimana cara merekrutnya. Anda perlu memperhatikan berbagai hal, mulai dari langkah-langkah kunci seleksi, etos kerja, kemauan belajar kandidat, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa menilai kandidat potensial melalui karakteristik umum yang perlu dimiliki seorang karyawan, seperti teamwork, kemampuan berkomunikasi, hingga kesesuaian kandidat dengan budaya perusahaan.

Nah, untuk memulai proses rekrutmen yang efisien dan mengelola karyawan dengan lebih baik, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub, yang menyediakan berbagai fitur canggih dan menarik.

Melalui fitur-fitur tersebut, Anda dapat mengelola SDM, mulai dari payroll, absensi, pengajuan cuti dan izin, dan masih banyak lagi.

Kemudian, Gajihub juga memiliki fitur employee self service (ESS) yang memungkinkan karyawan untuk secara mandiri melakukan presensi, mencatat jam lembur, dan juga mengunduh slip gaji setiap bulannya, yang membuat proses payroll lebih transparan.

Tertarik untuk menggunakannya? Yuk, kunjungi tautan ini dan coba gratis selama 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *