Job Board: Pengertian, Manfaat, dan 7 Cara Menggunakannya

job board

Mencari lowongan pekerjaan saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui job boardJob board atau papan pengumuman kerja ini akan membantu memudahkan mencari lowongan kerja yang selama ini Anda impikan.

Keberadaan job board ini merupakan bentuk dari kemajuan di tengah perkembangan digital sekarang ini. Mencari pekerjaan bukan menjadi hal sulit karena Anda diberikan kemudahan untuk mengaksesnya di internet.

Lalu bagaimana cara menggunakan job board ini? Apa saja manfaat yang dimilikinya?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap tentang job board, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara menggunakannya. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Job Board?

job board

Job board atau papan lowongan kerja adalah situs web yang menampilkan dan mempromosikan lowongan pekerjaan. Biasanya, pemberi kerja akan menempatkan lowongan pekerjaan di situs tersebut untuk membantu memastikan kandidat yang memenuhi syarat melihat lowongan tersebut dan melamar posisi tersebut.

Papan lowongan kerja ini berguna dari sudut pandang kandidat ataupun dari sudut pandang HRD, karena mereka dapat menawarkan posisi yang sesuai dengan lokasi dan bidang yang mereka sukai. Sedangkan bagi HRD, job board ini dapat digunakan secara gratis.

Biasanya, papan lowongan kerja menampilkan beberapa posting dari berbagai perusahaan yang menjelaskan posisi, kualifikasi yang diperlukan, dan tanggung jawab potensial dari kandidat yang berhasil.

Kandidat dapat melamar posisi tersebut baik melalui papan lowongan kerja atau melalui situs web perusahaan. Papan lowongan kerja bisa bersifat umum atau khusus.

Papan umum memuat lowongan kerja di berbagai industri dan bidang, dan papan khusus memuat lowongan kerja yang berhubungan dengan bidang atau industri tertentu.Contohnya, papan lowongan kerja yang hanya memuat lowongan yang berhubungan dengan teknologi adalah papan lowongan kerja khusus.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

Bagaimana Sejarah Job Board?

job board

Sejarah job board dimulai pada awal tahun 1300-an ketika manufaktur kertas pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat. Tak lama setelah itu, papan iklan pertama muncul di tempat-tempat umum, yang memuat berbagai macam pengumuman, termasuk lowongan pekerjaan.

Dengan munculnya penerbitan surat kabar sekitar tahun 1695-1700, iklan Help Wanted pertama kali muncul di salinan yang diterbitkan, kemudian menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap surat kabar dan surat kabar utama.

Pada abad ke-19 dan sampai awal abad ke-20, iklan ini menjadi bentuk iklan rekrutmen yang paling luas.

Dari tahun 1995 hingga 2000, ketika internet menjadi sumber informasi dan alat komunikasi yang paling penting, iklan lowongan kerja berpindah dari surat kabar ke platform online ini.

Perusahaan-perusahaan mulai mencantumkan lowongan yang tersedia di perusahaan mereka di situs web mereka sendiri sebelum papan lowongan kerja online pertama mulai mengambil alih industri lowongan kerja.

Pada tahun 1999, salah satu situs web lowongan kerja global pertama, Monster.com, diluncurkan, di mana para karyawan dapat menemukan lebih dari satu juta lowongan kerja setiap harinya. Selama tahun 2000-an, industri ini mulai berkembang dengan kecepatan kilat, menghasilkan peluncuran LinkedIn Jobs (2003), Indeed (2004), Glassdoor (2007), dan banyak situs lowongan kerja lainnya.

Sejak saat itu, industri papan lowongan kerja mulai tumbuh lebih cepat, menghasilkan pendapatan yang sangat besar.

Saat ini, ada lebih dari 50.000 situs lowongan kerja, dan jumlahnya masih terus bertambah.

Baca Juga: Pahami Arti Confidential Company dalam Lowongan Kerja

Apa Manfaat dari Job Board?

job board

Papan lowongan kerja bisa menjadi sumber yang berguna saat mencari pekerjaan karena alasan-alasan berikut ini:

1. Meningkatkan Peluang Menemukan Lowongan Kerja Terbaru

Biasanya, pemberi kerja memposting lowongan baru di job board. Menggunakan papan lowongan kerja selama pencarian kerja meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja terbaru.

Misalnya, Anda dapat membuat pemberitahuan untuk daftar pekerjaan baru. Biasanya, Anda akan menerima notifikasi dalam beberapa menit setelah lowongan tersebut diposting, sehingga Anda bisa menjadi salah satu orang pertama yang melamar.

Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda di mana lamaran lebih awal sangat penting. Selain itu, papan ini biasanya menyertakan fitur filter yang memungkinkan Anda untuk mencari berdasarkan kriteria tertentu

2. Memudahkan Menemukan Pekerjaan sesuai Minat

Papan lowongan kerja juga memudahkan Anda untuk menemukan pekerjaan yang disesuaikan dengan minat dan industri Anda. Sebagian besar situs web yang berfungsi sebagai papan lowongan kerja memungkinkan Anda untuk mengunggah resume atau menentukan minat Anda.

Mereka kemudian dapat mengirimkan notifikasi yang telah dipersonalisasi ketika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi Anda. Perusahaan juga dapat menggunakan papan ini untuk mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat.

Untuk membantu memastikan Anda memanfaatkan peluang ini, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan resume dan memasukkan kata kunci yang populer di bidang yang Anda minati untuk membantu menarik perhatian manajer perekrutan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan, Tips, Dan Contohnya

3. Kemudahan Akses Riset Pekerjaan

Mempelajari cara menggunakan job board memungkinkan Anda mengakses sumber daya tambahan selama pencarian kerja. Misalnya, jika Anda tertarik dengan industri tertentu, Anda dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi lowongan yang relevan, peran yang sedang tren, dan persyaratan pekerjaan.

Selain itu, setelah mengidentifikasi tujuan karier Anda, papan lowongan kerja dapat menjadi sumber daya yang berguna untuk membantu Anda mengidentifikasi kualifikasi yang diperlukan untuk maju di bidang tersebut.

4. Meningkatkan Proses Pencarian Kerja

Papan lowongan kerja berkontribusi pada proses lamaran kerja Anda dengan membantu mempermudah prosesnya. Dengan papan lowongan kerja, Anda biasanya bisa mendapatkan akses ke ratusan lowongan kerja dari rumah Anda.

Anda juga dapat mengatur peringatan, sehingga mengurangi kebutuhan untuk melakukan pencarian manual. Papan lowongan kerja sering kali memungkinkan Anda untuk menghemat waktu selama proses pencarian kerja dan memaksimalkannya untuk kegiatan produktif lainnya, seperti meningkatkan keterampilan dan jaringan Anda.

gajihub 2

Baca Juga: Campus Hiring: Arti, Manfaat, Kekurangan, dan Strateginya

Bagaimana Cara Menggunakan Job Board?

Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda menggunakan job board:

1. Cari Job Board

Langkah pertama dalam menggunakan papan lowongan kerja adalah mencarinya. Berbagai pilihan tersedia secara online, dan Anda bisa menggunakan lebih dari satu untuk meningkatkan akses Anda ke kesempatan kerja.

Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan papan umum yang menyediakan akses ke lowongan pekerjaan di berbagai industri. Anda kemudian dapat mencari papan khusus yang terkait dengan industri dan tingkat pengalaman Anda.

Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kesempatan Anda menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda.

Anda juga bisa menggunakan papan lowongan kerja khusus. Biasanya, papan ini tersedia melalui perkumpulan, asosiasi, dan institusi pendidikan tempat Anda menjadi anggota. Papan-papan ini menyediakan informasi yang ditargetkan yang memungkinkan Anda menghemat waktu dalam pencarian kerja.

2. Buat Resume dan Unggah

Anda bisa membuat profil di papan lowongan kerja dan menampilkan pengalaman dan kualifikasi Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melamar posisi secara langsung melalui papan pekerjaan.

Mengunggah resume Anda biasanya merupakan persyaratan saat melengkapi profil Anda. Pada tahap ini, Anda membutuhkan resume terbaru yang berisi kualifikasi akademik, keahlian, pengalaman kerja, dan prestasi Anda yang terbaru dan relevan.

Selain itu, karena resume Anda tidak berlaku untuk lowongan pekerjaan tertentu pada tahap ini, Anda dapat membuat resume khusus industri untuk meningkatkan peluang Anda.

Setelah Anda menerima permintaan untuk melamar dari manajer perekrutan atau pemberitahuan tentang lowongan pekerjaan, Anda dapat membuat resume khusus untuk pekerjaan tersebut dan mengunggahnya.

Bahkan ketika Anda tidak menerima pemberitahuan yang relevan, Anda dapat memperbarui resume dan mengunggahnya dengan pencapaian baru. Selalu memperbarui resume Anda menunjukkan komitmen Anda terhadap pengembangan pribadi dan profesional.

Hal ini juga sering kali dapat meningkatkan peluang Anda untuk dilirik oleh calon pemberi kerja.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Word, Download di Sini

3. Persempit Pencarian Anda Berdasarkan Lokasi

Saat menggunakan papan lowongan kerja, mempersempit pencarian kerja agar sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda adalah hal yang penting. Selain mempersempit pencarian Anda ke industri Anda, Anda juga bisa mempersempitnya menggunakan filter lokasi.

Mulailah dengan memilih lokasi Anda saat ini sebagai nilai dalam pencarian Anda. Kemudian, jika Anda tidak menemukan postingan yang menarik, Anda dapat memilih kriteria lokasi yang lebih luas.

Anda juga bisa memasukkan lokasi spesifik jika Anda berniat untuk pindah karena peluang kerja dan gaji yang lebih baik dan sudah memiliki lokasi yang diinginkan.

4. Masukkan Kata Kunci Saat Mencari

Salah satu tips terpenting untuk meningkatkan hasil pencarian Anda adalah dengan menggunakan kata kunci saat melakukan pencarian. Kata kunci mengacu pada kata atau frasa umum yang penting untuk industri atau area tertentu.

Biasanya, kata kunci penting dalam sistem pencarian situs web dan membantu Anda melihat hasil yang terkait. Misalnya, dengan memasukkan jabatan dalam pencarian, situs web akan menampilkan lowongan pekerjaan yang menyertakan jabatan tersebut.

Anda juga dapat menggunakan kata kunci yang terkait dengan keahlian yang relevan, tanggung jawab terkait, perusahaan, dan kualifikasi akademis. Anda bisa menggunakannya secara terpisah atau menggabungkannya untuk melakukan pencarian yang lebih efisien. Hal ini dapat memberi Anda peran yang sesuai berdasarkan minat dan kualifikasi Anda.

Baca Juga: 20 Contoh CV Menarik dan Download Templatenya di Sini

5. Pasang Pengingat untuk Pekerjaan yang Dituju

Setelah memasukkan kata kunci di profil Anda, Anda bisa mengatur pengongat pekerjaan untuk membantu pencarian kerja Anda. Hal ini sering kali melibatkan pendaftaran untuk menerima notifikasi email setelah ada lowongan pekerjaan baru yang sesuai dengan profil Anda.

Hal ini membantu mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pencarian manual. Saat membuat notifikasi lowongan kerja, Anda bisa mengatur notifikasi umum dan khusus agar pilihan Anda tetap terbuka.

Saat mengatur notifikasi lowongan kerja, pastikan Anda mempertimbangkan frekuensinya. Anda biasanya dapat meminta peringatan bulanan, dua mingguan, mingguan, atau harian berdasarkan preferensi Anda.

Hindari jarak yang terlalu jauh antara notifikasi, karena Anda dapat kehilangan informasi yang berguna atau terlambat melamar. Mungkin yang terbaik adalah menerima notifikasi mingguan atau dua mingguan.

6. Tinjau Sumber Daya yang Relevan

Sebagian besar situs lowongan kerja menyediakan lebih dari sekadar akses ke lowongan kerja, dan penting bagi Anda untuk memaksimalkan sumber daya lain yang tersedia. Tinjau situs web untuk mengidentifikasi sumber daya lain dan memaksimalkannya saat membuat profil dan melamar pekerjaan.

Misalnya, Anda bisa menemukan artikel yang memberi saran tentang praktik terbaik untuk mencari pekerjaan, membuat lamaran khusus, dan persiapan wawancara. Anda bahkan dapat menemukan templat untuk surat lamaran dan resume.

Anda juga bisa menemukan ulasan perusahaan dan pekerjaan untuk menentukan lingkungan kerja yang ideal bagi Anda.

7. Bangun Koneksi Pribadi

Saat melamar pekerjaan melalui papan lowongan kerja, Anda bisa menampilkan diri Anda sebagai kandidat yang unik dengan membangun hubungan pribadi dengan pemberi kerja. Beberapa pemberi kerja menyertakan informasi kontak dalam posting mereka.

Jika tersedia, Anda bisa mencari situs web pemberi kerja atau karyawan saat ini di perusahaan tersebut di situs jejaring profesional. Mintalah tips untuk membantu Anda membuat lamaran yang mengesankan dan unik.

Jika Anda memiliki akses ke manajer perekrutan, kirimkan pesan yang jelas dan ringkas untuk menunjukkan ketertarikan Anda pada posisi tersebut dan lamaran Anda melalui papan lowongan kerja.

Baca Juga: 10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

Apa Saja Contoh Job Board?

papan lowongan kerja

Berikut beberapa contoh job board yang bisa menjadi tempat Anda mencari lowongan pekerjaan:

1. Indeed

Indeed mungkin adalah job board yang paling populer. Pertama kali diluncurkan sebagai agregator papan pekerjaan, situs ini sebagian besar mengimpor pekerjaan dari berbagai halaman perusahaan dan papan pekerjaan.

Kemudian, dengan menggunakan konten yang diimpor itu, situs ini berhasil menjadi situs lowongan kerja yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan 250 juta pengunjung per bulan.

Meskipun saat ini Indeed masih terus mengambil pekerjaan dari situs web lain, sebagian besar pendapatannya berasal dari pekerjaan berbayar yang diposting langsung di platform ini. Karena pekerjaan berbayar lebih banyak terlihat di Indeed dan menerima lebih banyak lamaran, para perekrut tidak ragu untuk membayar iklan lowongan kerja di situs ini.

2. Monster

Monster adalah salah satu papan pekerjaan internasional pertama, yang menghubungkan karyawan dan pencari kerja dari berbagai belahan dunia. Situs ini memiliki 24 juta pengunjung setiap bulannya, menawarkan opsi posting lowongan kerja gratis dan berbayar, serta basis data yang kaya.

3. CareerBuilder

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, CareerBuilder adalah papan pekerjaan terkenal yang membantu pemberi kerja mempekerjakan pencari kerja dari hampir seluruh belahan dunia. Mereka menawarkan jaringan internasional yang luas, alat pemasaran, dan beberapa paket posting pekerjaan.

Baca Juga: 10 Contoh CV Digital Marketing Terbaik dan Templatenya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan tentang job board yang bisa menjadi panduan Anda dalam menemukan informasi lowongan pekerjaan. Dari penjelasan di atas job board yang berarti papan lowongan kerja ini akan membantu Anda memudahkan mencari lowongan sesuai pekerjaan yang Anda minati.

Ini adalah bentuk kemajuan era digitalisasi dimana Anda bisa mencari informasi lowongan pekerjaan secara online dan untuk melamarnya pun, Anda bisa mengirimkannya secara online.

Selain job board, terdapat juga job portal yang akan membantu Anda menemukan pekerjaan impian Anda. Salah satu rekomendasi job portal adalah sekerja. Sekerja merupakan job portal dengan informasi lowongan kerja yang lengkap, baik untuk pekerjaan kantor, hybrid, hingga remote.

Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahakn pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur terbaik yang akan memudahkan pengelolaan karyawan, mulai dari payroll, absensi, PPh 21, BPJS, akuntansi, cuti dan izin, analisis data, hingga reimbursement dan kasbon.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *