10 Bentuk Apresiasi Karyawan Terbaik

bentuk apresiasi karyawan

Memberikan apresiasi kepada karyawan memiliki dampak yang baik, entah itu dari sisi karyawan ataupun untuk perusahaan. Bentuk apresiasi karyawan ini bisa berbagai macam, mulai dari perkataan hingga dalam bentuk penghargaan.

Meski kelihatannya sederhana namun dengan memberikan apresiasi karyawan dalam berbagai bentuk ini bisa memacu semangat karyawan. Dengan begitu karyawan bisa memberikan kontribuasi terbaik dan akan berpengaruh ke pendapatan perusahaan.

Jika Anda ingin memberikan apresiasi kepada karyawan Anda, Anda berada di artikel yang tepat. Di artikel ini GajiHub akan menjelaskan bentuk apresiasi karyawan, lengkap dengan mengapa apresiasi perlu diberikan kepada karyawan.

Diharapkan dengan adanya artikel ini Anda bisa memberikan apresiasi terbaik untuk karyawan sehingga karyawan bisa memacu semangat dan meningkatkan kinerja yang dimiliki.

Untuk selengkapnya mengenai bentuk apresiasi karyawan ini, Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Apresiasi kepada Karyawan?

bentuk apresiasi karyawan

Tahukah Anda bahwa karyawan bisa bekerja lebih keras ketika merasa diharga? Berdasarkan penelitian dari Hubspot, sebanyak 69% karyawan bersedia bekerja lebih keras ketika perusahaan menghargai pekerjaannya.

Ini dikarenakan karyawan merasa jerih payah yang dilakukannya diakui oleh karyawan dan ia merasa perusahaan memang membutuhkannya. Tidak hanya dari sisi karyawan, perusahaan juga diuntungkan ketika memberikan apresiasi kepada karyawan.

Perusahaan bisa menurunkan turnover karyawan sebesar 31% dengan memberikan apresiasi kepada karyawan. Memberikan apresiasi ini ternyata sepenting ini, lalu apakah Anda sudah memahami apa itu apresiasi kepada karyawan?

Apresiasi kepada karyawan merupakan sebuah tindakan yang diberikan sebagai rasa terima kasih perusahaan kepada karyawan atas kontribusi yang telah diberikan. Apresiasi ini juga sebagai bentuk pengakuan, penghargaan, dan penilaian yang positif terhadap kinerja karyawan dan performa terbaik kepada perusahaan.

Apresiasi karyawan ini bisa diberikan dalam berbagai bentuk, mulai dari melalui ucapan, memberikan cuti, hingga bonus tahunan. Mengenai bentuk apresiasi ini akan lebih lanjut di bahas di bawah ini.

Baca Juga: Perbedaan Kompensasi dan Apresiasi, Mana yang Lebih Penting?

Mengapa Apresiasi Diberikan kepada Karyawan?

bentuk apresiasi karyawan

Berikut alasan mengapa apresiasi perlu diberikan kepada karyawan di perusahaan Anda:

1. Untuk Meningkatkan Loyalitas

Dengan memberikan apresiasi kepada karyawan, Anda dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Dengan peningkatan loyalitas karyawan ini, perusahaan dapat lebih mudah mencapai tujuan.

Bagaimana pun kehadiran karyawan adalah hal yang sangat penting yang akan mendukung kemajuan perusahaan. Peningkatan loyalitas ini dilakukan karyawan karena merasa dihargai oleh perusahaan melalui apresiasi yang diberikan.

Jadi jika Anda ingin karyawan di perusahaan Anda layal, maka jangan ragu untuk memberikan apresiasi kepada mereka.

2. Untuk Meningkatkan Produktivitas

Selain meningkatkan loyalitas, pemberikan apresiasi juga bisa membantu meningkatkan produktivitas. Ini merupakan salah satu dampak dari perasaan dihargai yang didapatkan karyawan.

Karyawan merasa ia bekerja di perusahaan yang tepat dan tidak ingin posisinya digantikan oleh orang lain. Untuk mempertahankan pekerjaannya saat ini, karyawan akan meningkatkan produktivitas.

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Siapa sih karyawan yang tidak mau bekerja di perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang positif? Ketika perusahaan mampu memberikan apresiasi kepada karyawan dalam berbagai bentuk, maka dengan sendirinya karyawan akan bersemangat dan ini akan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Semangat karyawan ini akan menyebar kepada karyawan lainnya dan ini akan menumbuhkan lingkungan kerja yang positif yang dipenuhi oleh karyawan produktif.

Baca Juga: 20 Ide Kreatif Penghargaan Pegawai dan Strateginya

4. Membentuk Kedisiplinan

Ketika karyawan merasa bekerja di perusahaan yang tepat, karyawan tersebut akan bekerja dengan baik dan meminimalisir kesalahan yang ada. Ini akan membentuk kedisiplinan di dalam diri karyawan dan di lingkungan kerja.

Karyawan akan dengan senang hati untuk bekerja tepat waktu dan melakukan tugas sesuai tenggat yang diberikan.

5. Branding Perusahaan

Perusahaan yang bisa memberikan apresiasi kepada karyawan akan memiliki branding yang baik. Branding ini bisa dibentuk melalui employee branding dimana karyawan akan menyebarkan kabar tentang apresiasi yang diberikan perusahaan.

Selain untuk kebutuhan penjualan, branding yang baik juga akan membantu proses rekrutmen karyawan. Anda bisa mendapatkan lebih banyak calon kandidat potensial ketika memiliki branding yang baik.

Baca Juga: Sense of Belonging Karyawan, Bagaimana Cara Membentuknya?

6. Mengurangi Konflik yang Bisa Terjadi

Tahukah Anda bahwa apresiasi yang diberikan karyawan bisa membuat hubungan antara karyawan ataupun karyawan dengan perusahaan menjadi lebih baik. Ketika karyawan mendapatkan apresiasi, hubungan baik akan terjalin antara karyawan dengan karyawan lainnya dan juga dengan atasan.

Ini dapat mengurangi konflik yang bisa terjadi. Bagaimana pun konflik pekerjaan sering kali terjadi karena adanya perselisihan antara karyawan dengan karyawan lainnya ataupun karyawan dengan atasa.

Dengan adanya apresiasi ini, konflik dapat dikurangi dan hubungan baik dapat terjalin.

7. Mendukung Kesejahteraan Karyawan

Alasan mengapa apresiasi perlu diberikan kepada karyawan adalah untuk mendukung kesejahteraan karyawan. Karyawan yang mendapakan apresiasi akan memiliki stres yang lebih rendah dibandingkan yang tidak dapat.

Karyawan tidak perlu merasa cemas atas pekerjaan mereka karena mereka merasa dihargai. Selain itu, apresiasi yang diberikan dalam bentuk uang juga bisa menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan hidup karyawan.

gajihub 3

Baca Juga: Highly Sensitive Person adalah Aset Perusahaan, Mengapa?

Bagaimana Bentuk Apresiasi Karyawan?

bentuk apresiasi karyawan

Berikut bentuk apresiasi karyawan yang bisa Anda berikan kepada karyawan di perusahaan Anda:

1. Kartu Hadiah

Bentuk apresiasi yang pertama adalah dengan memberikan kartu hadiah kepada karyawan. Kartu ini memungkinkan karyawan untuk memilih hadiah yang mereka anggap bermakna atau yang mereka butuhkan.

Bentuk apresiasi ini diberikan dalam bentuk kartu hadiah dimana ada beberapa pilihan hadiah di dalam kartu tersebut. Anda bisa berkreasi dengan isi hadiah ini, misalnya berupa peralatan masak, voucher liburan, hingga bisa juga berupa voucher kursus.

Jadi, karyawan bisa memilih sesuai kebutuhan. Ini juga bisa menjadi semangat karyawan karena karyawan yang ingin mendapatkan hadiah lainnya bisa berusaha untuk periode berikutnya.

2. Manjakan Karyawan dengan Perawatan Tubuh

Anda juga bisa memberikan apresiasi berupa voucher perawatan tubuh. Ini bisa diberikan di hari perusahaan memberikan apresiasi.

Ini adalah kesempatan Anda untuk memanjakan tim Anda dan beristirahat sejenak dari kerja keras mereka. Anda bisa mengundang seorang ahli manikur, pemijat, atau ahli tulang untuk datang ke kantor.

Selain itu, Anda juga bisa memberikannya dalam bentuk voucher perawatan tubuh yang bisa digunakan di luar jam kerja.

Baca Juga: 15 Aplikasi Perkantoran untuk Meningkatkan Produktivitas

3. Berikan Penghargaan

Ingatkah Anda tentang kenaikan kelas di akhir tahun ajaran? Semua orang menantikan hari itu dengan cemas, begitu pula di tempat kerja.

Jadilah kreatif dan buatlah beberapa penghargaan yang benar-benar dihargai oleh karyawan, seperti karyawan terbaik bulan ini atau employee of the month. Pada kesempatan tersebut, perusahaan bisa memberikan piala, piagam penghargaan, hingga selempang untuk mengapresiasi karyawan.

4. Kirimkan Makanan kepada Tim

Jika apresiasi diberikan kepada tim, bentuk apresiasi bisa berupa mengirimkan makanan kepada tim atau memberikan budget khusus untuk makan bersama tim.

Makanan adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk memberi penghargaan kepada karyawan Anda. Ketika makan bersama tim, setiap anggota tim juga saling berinteraksi dan ini bisa membuat hubungan tim menjadi semakin baik.

Baca Juga: 12 Metrik Produktivitas yang Harus Diketahui Tim HR

5. Kegiatan Menyenangkan

Karyawan ingin menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan rekan-rekan satu timnya. Adakan pesta pizza di ruang istirahat atau area umum dengan berbagai permainan kartu.

Anda juga dapat membuat stan foto, permainan antara tim, atau kontes bakat. Dan jika tenaga kerja Anda sebagian besar bekerja dari rumah, adakan permainan virtual dan kesenangan di sore hari, lengkap dengan paket hadiah yang sudah dikirimkan sebelumnya.

6. Kesempatan Pengembangan Diri

Pekerjaan seharusnya tidak menghabiskan waktu karyawan Anda. Mereka harus memiliki waktu dan ruang untuk mengejar hasrat dan minat mereka di luar tempat kerja.

Ini bisa berarti menjadi sukarelawan atau mengerjakan proyek independen. Banyak organisasi menyisihkan hari apresiasi karyawan untuk kegiatan yang selalu ingin dicoba oleh anggota tim mereka.

Selain memberikan karyawan istirahat dari pekerjaan, hobi dapat menginspirasi ide-ide inovatif dan mengajarkan karyawan keterampilan baru yang membantu organisasi Anda dalam jangka panjang.

Baca Juga: Manfaat Pemantauan Produktivitas Karyawan dan Caranya

7. Ucapkan Terima Kasih

appreciation

Hanya dengan mengucapkan “terima kasih” bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi karyawan Anda, seperti dapat meningkatkan segala hal mulai dari produktivitas, retensi, hingga keterlibatan.

Biasakan tenaga kerja Anda untuk sering mengucapkan terima kasih secara langsung dan jika ini dilakukan setiap hari, maka akan terasa seperti hari penghargaan karyawan.

Mintalah para pemimpin untuk mengambil bagian dalam inisiatif ini – pengakuan dari para manajer dan eksekutif sangat berarti bagi karyawan – dan Anda akan menciptakan hari apresiasi karyawan dengan dampak yang mendalam dan bertahan lama.

Untuk memudahkan pemberian penghargaan di era kerja jarak jauh ini, carilah alat bantu penghargaan yang terintegrasi dengan cara Anda berkomunikasi setiap hari, entah itu Zoom, Google Meet, atau platform lainnya.

Selain itu Anda juga bisa memberikan apresiasi ini dalam bentuk kartu ucapan. Meski terlihat sederhana dan ketinggalan jaman, namun kartu ucapan bisa dipajang dan menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi karyawan.

8. Berikan Cuti Tambahan

Bagi karyawan hari libur adalah hari yang sangat berharga. Beberapa karyawan dibandingkan hadiah uang atau barang, lebih suka diberikan hadiah hari libur tambahan atau cuti tambahan.

Ini bisa menjadi ide bentuk apresiasi karyawan yang Anda berikan. Berikan karyawan cuti tambahan untuk bisa beristirahat dari penatnya kehidupan kerja mereka.

Dengan pemberikan cuti ini diharapkan karyawan bisa semangat lagi ketika kembali bekerja.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

9. Berikan Pujian dan Feedback

Mengumpulkan umpan balik dari karyawan untuk perusahaan saja tidak cukup. Perusahaan juga harus membuat sekaliknya yakni dengan memberikan pujian dan feedback kepada karyawan.

Jangan ragu untuk memberikan pujian atas kinerja karyawan dan juga berikan umpan balik atas pekerjaan karyawan. Meski tampak sederhana namun pujian bisa memacu semangat karyawan untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

10. Dukung Work Life Balance

Anggota tim yang cukup istirahat dan memiliki waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman akan lebih terlibat dan produktif.

Membiarkan karyawan Anda memiliki kehidupan di luar pekerjaan sangat penting untuk mencegah kelelahan. Jika memungkinkan, berkompromilah dengan karyawan Anda mengenai jadwal mereka.

Misalnya, karyawan yang memiliki anak mungkin ingin datang dan pulang lebih awal. Karyawan lain yang memiliki kegiatan lain mungkin ingin datang terlambat, atau bahkan beralih ke empat hari kerja dalam seminggu.

Memberikan work life balance ini bisa membuat karyawab merasa dihargai. Terlebih untuk generasi Z saat ini, keseimbangan kehidupan pribadi dan kerja adalah hal yang sangat penting.

Baca Juga: Cara Menghitung Produktivitas dan Rumus Menghitungnya

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai bentuk apresiasi karyawan yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawan. Berdasarkan penjelasan di artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa pemberian apresiasi kepada karyawan adalah hal yang cukup penting bagi perusahaan dan bagi karyawan itu sendiri.

Apresiasi akan membuat karyawan merasa dihargai dan mereka dengan senang hati akan meningkatkan produktivitas. Ini pastinya akan membantu pengembangan perusahaan hingga bisa lebih maju lagi.

Untuk mendukung pemberikan apresiasi karyawan ini, Anda bisa melakukannya dengan penggunaan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub akan membantu Anda memudahkan pengelolaan karyawan sehingga Anda bisa tahu mana karyawan yang produktif dan layak diberikan apresiasi.

Anda bisa mendaftar GajiHub melalui tautan ini dan nikmati semua fitur-fitur yang ada di GajiHub dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa menikmati coba gratis selama 14 hari ketika daftar GajiHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *