Human Resource Adalah Bagian Penting Dalam Organisasi Bisnis, Berikut Fungsinya

Human Resource 2

Human resource (HR) atau dalam biasa Indonesia biasa dikenal manajemen sumber daya manusia (SDM), penting bagi setiap organisasi yang memiliki karyawan, karena HR menangani berbagai tugas yang terkait dengan operasi bisnis.

Human resource dapat membantu merekrut dan mempertahankan karyawan berkualitas tinggi yang membuat bisnis lebih efektif. HR juga memastikan kepatuhan dengan cara yang terkait dengan peraturan perusahaan, baik peraturan Negara maupun peraturan daerah.

Dalam artikel ini, kami membahas apa yang dilakukan oleh divisi human resource atau HR, mengapa divisi ini penting dalam sebuah bisnis, dan bagaimana caranya menjadi HR manajer yang profesional.

Apa itu Human Resource Management?

Human resource management adalah proses yang digunakan untuk mengelola karyawan yang bekerja untuk suatu organisasi.

Kinerja departemen HR atau sumber daya manusia sangat penting untuk keberhasilan karyawan, umur bisnis, pertumbuhan jangka panjang dan pelaksanaan tujuan yang ditetapkan oleh manajer departemen.

Profesional HR memainkan peran sentral dalam mendorong pertumbuhan budaya perusahaan dan keterampilan karyawan.

Karyawan yang bekerja dalam departemen HR dapat melakukan dan menciptakan peraturan yang mendorong kolaborasi antar karyawan, menggunakan metrik statistik untuk melacak kinerja karyawan dan mengambil tindakan relevan yang memelihara perkembangan karyawan.

Tugas lainnya dalam human resource departement adalah menangani banyak aspek perekrutan karyawan, pelatihan, tunjangan dan resolusi konflik. HR mungkin satu orang atau departemen sendiri dengan banyak orang tergantung pada ukuran perusahaan.

Karena sebagian besar perusahaan tidak dapat beroperasi tanpa karyawan, HR penting untuk memastikan karyawan tersebut memiliki akses penuh ke semua informasi gaji dan tunjangan mereka, mengetahui peraturan perusahaan, dan memahami cara melakukan pekerjaan mereka.

Tidak jarang, seorang karyawan di HR departement dapat membuat job description, meninjau resume yang dikirimkan, merencanakan acara di tempat kerja, bertemu dengan karyawan untuk membahas konflik dan bergabung dengan sekelompok karyawan baru.

Untuk lebih jelasnya apa saja tugas HR, kita akan bahas secara lengkap di bawah.

Human Resource 1

Mengapa Human Resource Penting dalam Organisasi Bisnis?

Human resource dapat membantu mempertahankan tenaga kerja yang loyal, legal, dan efektif. Berikut ini adalah alasan pentingnya HR departement bagi sebuah perusahaan:

Perekrutan

Profesional dalam HR merekrut karyawan untuk organisasi mereka melalui berbagai metode, termasuk dengan cara online dan tatap muka, job fair, dan rujukan karyawan. Profesional HR sering mengikuti rencana rekrutmen formal, terutama di industri di mana tenaga kerja dibutuhkan.

Jika Anda bekerja sebagai profesional HR, Anda dapat menyaring resume dan melakukan wawancara pertama untuk menemukan kandidat terbaik bagi departement yang relevan untuk mengadakan wawancara berikutnya.

Profesional HR juga melacak pelamar melalui proses perekrutan agar tetap terorganisir sehingga manajer perekrutan bisa mendapatkan informasi relevan yang mereka butuhkan. HR menangani perekrutan memungkinkan karyawan lain untuk melakukan pekerjaan mereka lebih efektif.

Hiring

Seringkali, HR akan mengelola semua langkah perekrutan, termasuk membuat penawaran, mengoordinasikan negosiasi yang diperlukan, dan mendapatkan dokumen yang diperlukan.

Mereka mungkin membuat rekomendasi tentang nilai gaji yang akan ditawarkan kepada kandidat berdasarkan ketentuan perusahaan yang ada dan memberikan panduan kepada manajer perekrutan tentang proses yang diperlukan. Mereka juga akan mengomunikasikan tanggal mulai kerja kepada kandidat setelah berdiskusi dengan anggota staf terkait.

Onboarding

Onboarding adalah proses adaptasi karyawan baru saat memulai peran mereka di perusahaan. Tahap ini terjadi saat dokumen yang diperlukan sudah lengkap, pendidikan tentang manfaat, set-up peralatan dan pelatihan.

Onboarding tidak selalu merupakan proses formal, tetapi banyak departemen HR bekerja untuk mengubahnya guna meningkatkan retensi karyawan.

Karyawan yang memahami dengan jelas apa yang diharapkan perusahaan dari mereka sering kali lebih baik dalam peran mereka, sehingga profesional HR dapat mengurangi retensi karyawan dengan proses onboarding yang tepat.

Baca juga: Apa itu Performance Management System? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Staf pelatihan

Pelatihan terjadi setelah proses orientasi atau onboarding sebagai karyawan dam pindah ke peran atau tanggung jawab baru, dan departemen HR sering bertanggung jawab untuk inisiatif pelatihan.

Ini mungkin termasuk pelatihan di seluruh perusahaan tentang topik seperti pelecehan atau etika, atau mungkin termasuk pelatihan khusus karyawan.

Tidak semua pelatihan memerlukan keterlibatan human resource, tetapi profesional HR sering mengikuti pelatihan yang mereka atau penyelia lain laksanakan untuk memastikan bahwa karyawan baru bertransisi dengan lancar ke dalam tanggung jawab pekerjaan penuh mereka.

Mengatur manfaat yang didapatkan karyawan

Banyak orang mengasosiasikan human resource departement dengan tunjangan seperti asuransi kesehatan dan BPJS, karena HR sering bertanggung jawab untuk memberikan informasi tunjangan, melacak dokumen tunjangan dan mengingatkan karyawan tentang periode pendaftaran.

HR memang sering mengatur asuransi dan tunjangan lainnya. Mereka dapat berkoordinasi dengan penyedia manfaat bagi perusahaan mereka untuk mendapatkan nilai terbaik untuk apa yang dibutuhkan karyawan mereka, dan mereka juga dapat membantu menetapkan berapa banyak benefit atau tunjangan yang ditawarkan perusahaan kepada karyawan.

Menulis buku pegangan karyawan

Buku pegangan karyawan adalah alat yang berharga untuk mengomunikasikan aturan, prosedur, dan informasi manfaat kepada karyawan mereka.

Dokumen-dokumen ini berfungsi sebagai panduan referensi yang mudah diakses yang menstandardisasi harapan di seluruh organisasi. Karena buku pegangan berisi aturan dan pedoman yang berkaitan dengan tugas pekerjaan, profesional HR sering kali membantu membuat dan merevisi buku pegangan karyawan perusahaan.

Ini mungkin memerlukan pembuatan buku pegangan baru, melakukan pembaruan rutin saat terjadi perubahan dan memberi nasihat kepada manajemen tentang cara menulis buku pegangan.

Membangun budaya organisasi yang baik

SDM adalah titik awal untuk budaya perusahaan, karena mereka sering menetapkan dan menegakkan aturan yang terkait dengan hal-hal seperti kehadiran atau pelecehan.

Profesional HR juga bekerja untuk mengurangi konflik di tempat kerja dan mendengarkan masalah karyawan. Selain itu, jika Anda bekerja di bagian HR departemen, Anda dapat memengaruhi bagaimana seluruh perusahaan merespons keadaan yang melibatkan SDM dan mengethaui bagaimana perasaan karyawan atas aturan yang Anda buat.

Hal ini sangat penting karena semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk membangun inisiatif keragaman, kesetaraan, dan inklusivitas dalam organisasi bisnis mereka.

Menyelenggarakan acara karyawan

Acara karyawan dapat mencakup pesta, upacara penghargaan, happy hour, pembicara, perayaan ulang tahun, dan program pembangunan tim.

Beberapa organisasi memiliki kelompok karyawan yang mengatur jenis acara tertentu, tetapi untuk beberapa organisasi, ini adalah tanggung jawab departemen human resource.

Acara adalah bagian dari budaya perusahaan, sehingga profesional HR dapat memberikan dampak positif pada perasaan karyawan tentang organisasi melalui perencanaan acara yang menyenangkan dan bermakna.

Menyelesaikan konflik

Menyelesaikan konflik adalah tugas yang diasosiasikan banyak orang sebagai tugas HR karena merupakan tanggung jawab departemen ini untuk memastikan keadilan di tempat kerja.

Ini mungkin terjadi karena perselisihan antara dua teman kerja, atau mungkin situasi di mana telah terjadi pelecehan atau diskriminasi. Tugas HR adalah untuk menemukan resolusi terbaik dalam aturan hukum dan perusahaan.

Tergantung pada ukuran dan keseriusan masalah, HR mungkin perlu membawa bantuan dalam bentuk penyelidik atau ahli pada jenis konflik tertentu.

Memastikan kepatuhan

Tim human resource management seringkali bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan mereka mematuhi undang-undang daerah dan Negara dalam berbagai cara.

Ini mungkin termasuk menyelesaikan dokumen untuk memverifikasi kewarganegaraan atau status visa karyawan asing, mengatur pelatihan yang diperlukan untuk karyawan atau meninjau undang-undang ketenagakerjaan untuk mengonfirmasi kepatuhan.

Jika bisnis Anda beroperasi di industri yang diatur oleh pemerintah, HR mungkin perlu bekerja dengan manajemen untuk mengajukan dokumen yang diperlukan dan melacak informasi apa pun yang dibutuhkan pemerintah.

Human Resource 3

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Human Resource (HR) Manager

Berikut adalah keterampilan yang akan membantu Anda menjadi HR manajer yang sukses:

Keterampilan kepemimpinan

HR manajer perlu membuat keputusan cepat dan memimpin proyek yang meningkatkan vitalitas dan keterampilan karyawan dan manajer mereka.

Program yang diterapkan oleh HR manajer harus memotivasi karyawan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan organisasi dan membantu mengembangkan nilai profesional mereka.

Buat catatan tentang alur kerja tugas Anda untuk melihat apakah Anda dapat merampingkan atau mendelegasikan tugas yang sesuai.

Keterampilan organisasi

Peran HR manajer mengharuskan mereka mahir dalam mengatur seluruh anggota organisasi, sehingga mereka dapat tetap fokus pada tugas dengan prioritas lebih tinggi dan mengalokasikan cukup waktu untuk menyelesaikannya.

Anda mungkin berada dalam posisi untuk mengatur jika Anda bekerja dengan sejumlah besar data yang terkait dengan kompensasi atau resume dan surat lamaran pelamar.

Periksa kembali untuk melihat apakah Anda dapat mengotomatiskan banyak tugas Anda dan apakah Anda perlu menerapkan sistem manajemen proyek untuk memvisualisasikan daftar tugas Anda.

Untuk proses HR yang lebih baik, Anda juga menggunakan software HR dan payroll seperti GajiHub yang memiliki fitur terbaik dan harga yang terjangkau. Jika Anda tertarik, Anda bisa menggunakan GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

Keterampilan komunikasi

Mampu berkomunikasi secara efektif adalah inti dari menjadi human resource manager.

Anda berkomunikasi dengan anggota staf garis depan, manajer, dan eksekutif setiap hari. Oleh karena itu, Anda harus hadir dengan siapa Anda berinteraksi sambil memperhatikan tugas yang akan datang.

Situasi yang tidak terduga mungkin muncul ketika Anda akan berbicara di depan umum tentang suatu peristiwa yang juga mempengaruhi perusahaan.

Anda harus siap untuk mengatasi emosi karyawan dan berempati terhadap sudut pandang mereka tentang situasi tersebut.

Ingatlah, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam dialog jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu mengamati dan mendengarkan karyawan.

Keterampilan kolaboratif

HR manajer sangat bergantung pada anggota timnya. Mereka bekerja dengan karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka di tempat kerja dan dengan manajer tentang tujuan yang ingin mereka capai selama tahun mendatang.

Luangkan waktu untuk membimbing karyawan tingkat pemula dan pekerja magang di departemen Anda untuk menunjukkan minat Anda pada kemajuan mereka.

Keterampilan memecahkan masalah

Karyawan akan mendekati dan meminta bantuan Anda jika mereka mengalami masalah atau menyaksikan suatu peristiwa penting di tempat kerja.

Anda perlu menggabungkan keterampilan komunikasi Anda dengan keterampilan memecahkan masalah Anda untuk secara akurat mendokumentasikan semua perspektif dan mengambil tindakan.

Anda dapat berkoordinasi dengan CEO dan staf eksekutif perusahaan Anda jika  membutuhkan umpan balik, tetapi Anda perlu menunjukkan penilaian terbaik Anda untuk mendapatkan hasil terbaik bagi organisasi dan karyawan.

gajihub 1

Kesimpulan

Pentingnya human resource dalam sebuah bisnis memang tidak bisa disepeleken. Hal ini karena berkaitan dengan budaya organisasi, kelancaran operasional usaha, dan juga manajemen karyawan yang sangat penting bagi bisnis Anda.

Jika Anda adalah adalah pemilik bisnis atau seorang HR manager, Anda harus menggunakan sistem untuk membantu Anda dalam menyederhanakan proses HR management dalam bisnis Anda. Salah satu software HR yang bisa Anda gunakan adalah GajiHub.

Dengan menggunakan GajiHub, proses manajemen SDM Anda akan lebih mudah dan praktis sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk organisasi atau bisnis Anda secara keseluruhan.

Jadi tunggu apalagi? Mudahkan human resource management dalam bisnis Anda dengan menggunakan GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Human Resource Adalah Bagian Penting Dalam Organisasi Bisnis, Berikut Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *