Talent Management Model: Pengertian dan Cara Membangunnya

talent management model

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat, perusahaan harus memiliki strategi untuk memanfaatkan potensi dan bakat yang dimiliki karyawan. Talent management model adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan dan mempertahankan karyawan berkinerja tinggi.

Tidak hanya itu, talent management model juga membantu memastikan karyawan mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara maksimal.

Sebagai perusahaan yang tidak mau kehilangan karyawan bertalenta dan berkinerja tinggi, Anda wajib memahami mengenai talent management model ini, baik itu pengertian, proses, hingga manfaat yang dimilikinya.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai talent management model, mulai dari pengertian, proses, hingga sistem yang dimilikinya. Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Pengertian Talent Management Model?

talent management model

Talent management model adalah sebuah pendekatan strategis yang digunakan perusahaan untuk menarik dan mengembangkan karyawan yang sangat produktif untuk tetap bekerja dalam jangka panjang.

Menurut Gartner, talent management adalah “penarikan, seleksi, dan retensi karyawan, yang melibatkan kombinasi proses SDM di seluruh siklus hidup karyawan. Hal ini mencakup perencanaan tenaga kerja, keterlibatan karyawan, pembelajaran dan pengembangan, manajemen kinerja, perekrutan, orientasi, suksesi, dan retensi.”

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa sebenarnya manajemen talenta itu, akan sangat membantu jika kita memikirkan apa yang bukan manajemen talenta. Inilah perbedaan manajemen talenta dengan beberapa istilah lain yang terdengar mirip:

Manajemen talenta versus talent acquisition:

Akuisisi talenta atau talent acquisition adalah tentang merekrut, mempekerjakan, dan orientasi kandidat internal dan eksternal. Sementara manajemen talenta berfokus pada mengeluarkan yang terbaik dari tenaga kerja Anda dan mengidentifikasi jalur karier serta keterampilan yang dibutuhkan karyawan untuk berkembang.

Manajemen talenta versus manajemen kinerja:

Manajemen talenta adalah istilah yang lebih luas yang mencakup perekrutan, retensi, pengembangan, dan pengakuan. Sedangkan manajemen kinerja lebih khusus dan didedikasikan untuk mengukur bagaimana karyawan berkontribusi pada organisasi mereka berdasarkan metrik dan umpan balik

Manajemen talenta versus pengembangan talenta:

Sementara pengembangan talenta berfokus pada bagaimana karyawan membangun keterampilan dan koneksi, manajemen talenta adalah istilah yang lebih luas yang menggambarkan komitmen organisasi terhadap perekrutan, kepegawaian, dan perencanaan suksesi.

Baca Juga: Talent Management Metrics: Arti, Manfaat, dan Contoh Metriksnya

Bagaimana Perkembangan Talent Management Model?

Praktik manajemen talenta telah berkembang jauh sebelum COVID-19 dan pandemi hanya mempercepat perubahan ini. Di masa lalu, strategi manajemen talenta pada dasarnya bersifat preskriptif dan administratif.

Karyawan berpartisipasi dalam serangkaian praktik manajemen talenta yang sama, seperti tinjauan kinerja tahunan dan kurikulum L&D, dan fokus utamanya adalah mengelola kinerja.

Sebaliknya, pendekatan manajemen talenta saat ini jauh lebih personal, digerakkan oleh tujuan, dan didukung oleh teknologi baru. Alih-alih mengharapkan anggota tim untuk menaiki jenjang karier tradisional yang linier, perusahaan mengkalibrasi ulang pendekatan mereka untuk memberdayakan karyawan agar bertanggung jawab atas pengembangan profesional mereka sendiri.

Ada juga penekanan yang lebih besar untuk membantu karyawan menemukan dan mengidentifikasi peluang yang selaras dengan ambisi pribadi dan prioritas bisnis mereka. Seiring dengan pergeseran ini, percakapan tentang manajemen talenta dan kinerja bertransisi dari yang bersifat top-down menjadi semakin terbuka, dan terkadang dipimpin oleh karyawan.

Sebagian besar dari perubahan ini didorong oleh munculnya teknologi baru yang memungkinkan karyawan untuk melihat berbagai peluang yang tersedia di dalam organisasi mereka dan keterampilan yang mereka perlukan untuk melangkah ke peran baru.

Pasar talenta adalah contoh utama dari jenis teknologi disruptif yang mendasari perubahan signifikan pada strategi manajemen talenta tradisional.

Baca Juga: Talent Mapping: Arti, Manfaat, Hingga Langkah-Langkahnya

Mengapa Talent Management Model Itu Penting?

talent management model

Talent management model adalah salah satu komponen terpenting dalam strategi bisnis yang menyeluruh, karena pada akhirnya, karyawan Anda adalah jantung dari perusahaan Anda. Tanpa talenta yang tepat, Anda tidak akan mampu memuaskan pelanggan, dapat terus berinovasi dalam industri Anda, dan memenuhi tolok ukur yang ditetapkan oleh tim kepemimpinan Anda.

Lebih buruk lagi, budaya perusahaan dan moral kerja Anda akan terpengaruh jika Anda tidak merekrut karyawan yang Anda butuhkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Lanskap talenta tidak pernah sekompleks ini, yang berarti para pemimpin harus bekerja lebih keras untuk memastikan strategi manajemen talenta mereka mutakhir dan berpusat pada karyawan.

Bisnis yang berkomitmen untuk mengelola talenta dengan baik akan mendapatkan keunggulan kompetitif yang signifikan. Ini karena perusahaan-perusahaan dapat mempertahankan karyawan terbaik mereka dan memastikan bahwa orang-orang terus tumbuh dalam organisasi mereka.

Di masa lalu, banyak perusahaan berusaha menekan biaya yang berkaitan dengan karyawan dalam upaya meningkatkan laba mereka. Namun dalam lanskap kompetitif saat ini, berinvestasi pada karyawan Anda menjadi semakin penting.

Daripada memprioritaskan tunjangan dan manfaat dalam upaya mempertahankan talenta terbaik, perusahaan perlu melakukan investasi yang sesuai dengan apa yang sebenarnya dicari oleh karyawan mereka: pekerjaan yang memiliki tujuan dan kesempatan untuk terus tumbuh dan mengembangkan keahlian mereka.

Baca Juga: Succession Management: Arti, Manfaat, Hingga Hambatannya

Apa Saja Manfaat Talent Management Model?

manajemen talenta

Strategi manajemen talenta yang unggul adalah keunggulan kompetitif utama yang dapat membantu Anda mendapatkan talenta dan memastikan Anda memiliki keterampilan yang Anda butuhkan untuk menyiapkan bisnis Anda. Berikut 4 manfaat dari model manajemen talenta:

1. Meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan

Mengidentifikasi dan membina keterampilan dan pengembangan karyawan merupakan inti dari setiap strategi manajemen talenta yang sukses. Model manajemen talenta memastikan bahwa orang-orang dari seluruh organisasi memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek yang selaras dengan tujuan dan prioritas bisnis mereka.

Pendekatan ini kemungkinan besar akan menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan, karena Gallup mencatat bahwa memanfaatkan keterampilan dan kekuatan karyawan secara teratur dapat meningkatkan keterlibatan mereka hingga enam kali lipat.

2. Memungkinkan perencanaan suksesi untuk posisi-posisi penting

Strategi manajemen talenta yang tepat juga akan mempermudah pembuatan rencana suksesi yang akan mempersiapkan generasi penerus untuk posisi kepemimpinan di masa mendatang. Selama ekspansi bisnis atau pergantian manajemen, perencanaan suksesi memastikan bahwa produktivitas dan moral karyawan tidak terpengaruh.

Pelatihan dan peningkatan keterampilan harus menjadi komponen inti dari perencanaan suksesi, dan strategi manajemen talenta yang kuat akan memastikan bahwa peluang pertumbuhan ini tersedia bagi generasi pemimpin Anda berikutnya.

Baca Juga: 12 Fungsi Human Resource Management (HRM)

3. Meningkatkan retensi

Saat ini, memperbaiki tingkat pergantian karyawan dan meningkatkan retensi berada di urutan teratas dalam daftar prioritas setiap pemimpin, dan dengan alasan yang bagus. Sepanjang tahun lalu, lebih dari 38 juta orang mengundurkan diri secara sukarela dari pekerjaan mereka.

Untuk mencegah tsunami pergantian karyawan agar tidak menimbulkan malapetaka di organisasi Anda, Anda perlu memastikan bahwa strategi manajemen talenta Anda dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman karyawan di setiap tahap siklus hidup karyawan.

Jika Anda memprioritaskan peluang pertumbuhan dan mendorong karyawan untuk berperan aktif dalam pengembangan profesional mereka, Anda akan mampu melindungi organisasi Anda dari lonjakan pengunduran diri terburuk yang dialami banyak bisnis.

4. Meningkatkan agile

Agile atau ketangkasan bukan sekadar kata, ketangkasan merupakan prasyarat untuk sukses di dunia kerja yang baru. Seiring dengan semakin cepatnya laju perubahan, setiap organisasi harus berubah dengan cepat untuk merespons situasi yang berkembang.

Komponen inti dari ketangkasan adalah kemampuan untuk mengalokasikan talenta dengan cepat seiring dengan perubahan prioritas bisnis, dan hal ini hanya dapat dilakukan dengan strategi manajemen talenta yang efektif.

Ketika Anda memprioritaskan pengembangan keterampilan yang sesuai untuk masa depan, Anda akan memiliki talenta dan sumber daya yang dibutuhkan untuk merespons perubahan dengan cepat dan mengungguli pesaing Anda.

Baca Juga: Human Experience Management: Arti, Manfaat, & Elemennya

Bagaimana Proses Talent Management Model?

talent management model

Proses talent management model setiap organisasi akan terlihat sedikit berbeda berdasarkan faktor-faktor seperti prioritas bisnis dan industri tempat mereka berada. Namun, secara umum, proses manajemen talenta dapat dibagi ke dalam beberapa langkah berikut:

1. Perencanaan

Perencanaan termasuk menentukan keterampilan yang dimiliki kandidat ideal Anda, mengembangkan deskripsi pekerjaan, dan membuat panduan untuk perekrutan.

2. Menarik talenta

Selanjutnya, tim akuisisi talenta akan mencari kandidat yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi yang ingin diisi oleh para pemimpin.

3. Menyeleksi

Setelah proses lamaran yang biasanya mencakup wawancara, tes tertulis, dan evaluasi, manajer perekrutan akan memilih kandidat yang mereka yakini paling cocok untuk peran tersebut.

Baca Juga: Manajemen Bakat: Pengertian, Proses, dan Strateginya

4. Mengembangkan

Ketika kandidat terpilih masuk ke dalam posisi tersebut, keterampilan mereka akan dikembangkan sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan. Biasanya, langkah pertama yang dilakukan adalah menyelesaikan proses orientasi untuk membiasakan diri dengan peran dan budaya perusahaan.

5. Mempertahankan

Manajemen talenta tidak berakhir setelah karyawan menyelesaikan proses orientasi. Sebaliknya, organisasi perlu melakukan upaya bersama untuk mempertahankan talenta terbaik dengan memberikan kesempatan berkembang serta penghargaan dan pengakuan.

6. Transisi

Langkah terakhir terjadi saat karyawan keluar dari perusahaan. Tim SDM biasanya melakukan wawancara keluar dan membuat keputusan tentang bagaimana mengisi lowongan yang akan datang.

gajihub 2

Baca Juga: 10 HR Framework Model yang Harus Diketahui Praktisi HR

Bagaimana Cara Membangun Talent Management Model?

Setiap elemen dari strategi tenaga kerja perlu ditingkatkan untuk dunia kerja yang baru dan pendekatan Anda terhadap manajemen talenta tidak terkecuali. Seiring berkembangnya ekspektasi karyawan dan model operasi yang dikalibrasi ulang, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun model manajemen talenta yang unggul, termasuk:

1. Buat deskripsi pekerjaan secara terperinci

Baik Anda berharap untuk mengisi peran Anda secara internal maupun eksternal, Anda perlu melakukan pencarian kandidat dengan garis besar yang jelas tentang keterampilan dan kemampuan yang Anda cari.

Deskripsi pekerjaan harus mengartikulasikan tanggung jawab yang akan dilakukan kandidat yang Anda inginkan, kompetensi apa yang harus mereka miliki, dan menyinggung peluang potensial untuk pertumbuhan di masa depan.

2. Cek kecocokan karyawan dan perusahaan

Sangatlah penting bagi karyawan untuk merasa terhubung dengan budaya dan nilai-nilai organisasi mereka. Oleh karena itu, tim HRD perlu memastikan bahwa keyakinan kandidat selaras dengan misi perusahaan.

3. Beri penghargaan dan pengakuan

Pengakuan harus menjadi bagian dari strategi manajemen talenta Anda, terutama karena perang untuk mendapatkan talenta semakin meningkat. Gallup menemukan bahwa karyawan yang merasa tidak diakui secara memadai di tempat kerja memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk mengatakan bahwa mereka akan berhenti bekerja di tahun depan.

4. Kesempatan untuk perbaikan berkelanjutan

Penelitian mengungkapkan kurangnya kesempatan untuk berkembang adalah alasan paling umum kedua yang disebutkan karyawan dalam keputusan mereka untuk berpindah kerja. Jika Anda ingin karyawan Anda tetap bertahan di perusahaan Anda, Anda perlu menunjukkan bahwa masa depan mereka bersama perusahaan.

Baca Juga: Mengetahui GRPI Model untuk Efektivitas Kinerja Tim

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa talent management model jadi bagian penting yang akan membantu mendapatkan dan mempertahankan karyawan dengan kinerja tinggi. Talent management model ini dilakukan dengan cara melakukan perencanaan, menarik talenta, memilih, pengembangkan, mempertahankan, hingga melakukan transisi.

Bagi perusahaan ini adalah cara terbaik yang bisa ditembuh mengingat karyawan adalah aspek penting yang akan berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa memfasilitasi manajemen talenta ini dengan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi GajiHub yang akan membantu memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. Tidak hanya perusahaan, dengan penggunaan software ini karyawan juga akan dimudahkan.

Karyawan bisa dengan mudah melakukan presensi online melalui smartphone yang dimiliki. Pengajuan cuti dan izin juga lebih mudah dengan aplikasi GajiHub.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *