10 Jenis Pembinaan Karir, Arti, Manfaat, Hingga Tips Memilihnya

pembinaan karir banner

Pembinaan karir merupakan suatu proses yang sangat penting bagi Anda karena dapat membantu mengenali dan mengembangkan potensi serta tujuan dalam karier Anda.

Selain itu, pembinaan tersebut juga membantu Anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan nilai-nilai Anda, sehingga nantinya Anda akan lebih puas dan termotivasi dalam bekerja.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu pembinaan karir, manfaat, jenis, hingga tips memilih program pembinaan secara tepat.

Apa yang Dimaksud dengan Pembinaan Karir?

Pembinaan karir atau career coaching adalah saat seseorang mendapatkan bantuan dari seorang ahli untuk mengembangkan karier mereka dengan lebih baik. Hal ini melibatkan berbagai jenis bantuan dan strategi untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan.

Ada banyak jenis pelatih karier atau career coach yang bisa membantu seseorang dalam pekerjaannya, tergantung pada apa yang mereka butuhkan. Berikut adalah beberapa contoh hal yang bisa dicapai dengan bantuan career coach:

  1. Menentukan apa yang Anda inginkan dalam karier Anda.
  2. Menemukan kebutuhan khusus Anda dalam pekerjaan.
  3. Meningkatkan dokumen-dokumen penting seperti CV dan surat lamaran.
  4. Membangun rasa percaya diri untuk sukses dalam wawancara pekerjaan.
  5. Memahami proses wawancara dengan lebih baik.
  6. Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.
  7. Melamar dan berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.
  8. Meningkatkan keterampilan untuk membangun jaringan yang efektif.
  9. Meningkatkan keterampilan kepemimpinan.
  10. Berpindah ke pekerjaan baru dengan lancar.
  11. Mengejar peluang pengembangan profesional.
  12. Belajar keterampilan dan pengetahuan baru.

Apa Saja Jenis Pembinaan Karir?

Ada beberapa jenis pembinaan karier yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya adalah:

1. Pembinaan Penemuan Karier

Pembinaan ini membantu Anda menemukan karier yang sesuai dengan minat, keahlian, motivasi, dan tujuan Anda. Pelatih akan membantu Anda memahami apa yang mungkin cocok dan membuat Anda sukses.

2. Pembinaan Pengembangan Resume

Pembinaan ini berfokus pada penyusnan resume dan surat lamaran yang efektif. Anda akan belajar membuat berbagai dokumen tersebut agar dapat mencerminkan pengalaman Anda dengan maksimal dan membuat diri Anda menonjol.

3. Bimbingan

Pembinaan karir jenis ini memberikan wawasan dan bimbingan terkait perkembangan dan kemajuan terkait karier Anda. Mereka membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang jalur karier Anda.

4. Pelatihan Wawancara

Hal ini membantu Anda mempersiapkan dan meningkatkan ketermapilan wawancara. Career coach akan memberikan sumber daya dan strategi terkait cara berbicara dengan percaya diri mengenai kemampuan Anda selama wawancara kerja.

5. Pelatihan Pencarian Kerja

Pembinaan ini membantu Anda mengidentifikasi lebih banyak peluang kerja dan strategi yang efisien dalam mencari pekerjaan. Hal ini juga bisa mencakup aspek seperti penyusnan CV dan surat lamaran.

Baca Juga: Pengembangan Soft Skill di Tempat Kerja: Cara dan Manfaatnya

6. Pembinaan Jaringan

Pelatih akan membantu Anda memahami pentingnya jaringan dalam berkarier. Di sini, mereka akan mengajarkan cara membangun dan memelihara hubungan profesional yang kuat.

7. Pembinaan Pengembangan Karier

Pembinaan ini membantu Anda menjelajahi pilihan karier baru, meningkatkan produktivitas, atau mendapatkan promosi. Di sini, Anda akan memperoleh panduan untuk mencapai pertumbuhan karier seperti yang Anda inginkan.

8. Pembinaan Kepemipinan

Jika Anda baru saja terjun dalam peran kepemipminan atau ingin meningkatkan kemampuan leadership Anda, pembinaan ini akan membantu Anda membangun kepercayaan diri dan strategi yang efektif dalam mengelola tim.

9. Pembinaan Eksekutif

Sebagai profesional tingkat senior, Anda juga bisa memanfaatkan pembinaan ini untuk membantu mengoptimalkan pendekatan terhadap pekerjaan dan mencapai work life balance. 

10. Pembinaan Suksesi

Pembinaan ini membantu perusahaan menerapkan perubahan struktural dengan efektif dan mengembangkan rencana suksesi atau succession planning untuk pemimpin baru.

 

Baca Juga: Workshop Adalah: Arti, Manfaat, Langkah, Hingga Contohnya

pembinaan karir

Apakah Pembinaan Karir dan Konseling Karir itu Sama?

Tidak, meskipun terkesan sama, pembinaan karir dan konseling karir memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasannya:

1. Pendekatan

Pembinaan karir memiliki pendekatan yang membangun kesehatan mental dan berfokus pada masa depan. Hal ini melibatkan berbagai aspek karier dan membantu Anda mengembangkan keterampilan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Sementara konseling karir lebih berfokus pada perbaikan jangka pendek dan tujuan jangka pendek. Hal ini mungkin lebih beriorentasi pada masalah tertentu yang terjadi saat ini.

2. Fokus

Pembinaan karir memiliki fokus yang lebih luas, mencakup berbagai aspek kehidupan karier an pandangan secara jangka panjang. Pembinaan ini membantu Anda berkembang sebagai individu sekaligus profesional.

Di sisi lain, konseling karier lebih berorientasi pada pemecahan masalah konkret seperti wawancara pekerjaan atau negosiasi gaji, yang tidak selalu melibatkan perencanaan jangka panjang.

3. Waktu

Pembinaan karier merupakan hubungan jangka panjang yang tumbuh seiring waktu. Dengan demikian, pembinaan ini bisa berlangsung selama beberapa tahun. Sementara konseling karier mungkin lebih singkat dan berfokus pada masalah tertentu yang perlu diatasi saat ini.

Pada intinya, pembinaan karier lebih luas dan berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang, sementara konseling karier lebih fokus pada pemecahan masalah sekarang. Keduanya memiliki manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Coaching Karyawan Hingga Tips Optimalisasinya

Apakah Pembinaan Karir itu Penting?

Ya, pembinaan karir penting bagi Anda, karena memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah:

1. Dukungan Emosional

Seorang career coach selalu siap untuk mendengarkan Anda tanpa menghakimi. Mereka akan menciptakan suasana yang aman agar Anda merasa nyaman saat berbicara tentang perasaan Anda mengenai karier.

Hal ini disebabkan karena terkadang mencari pekerjaan bisa membuat Anda merasa sendirian, dan pelatih akan memberikan dukungan yang Anda butuhkan agar dapat memperoleh pekerjaan.

Selain itu, pembinaan karier juga membantu Anda untuk mengidentifikasi hambatan dalam diri Anda dan pekerjaan Anda, serta menjadi petunjuk mengenai apa yang sebenarnya Anda inginkan.

2. Pandangan dari Luar

Seorang career coach melihat situasi Anda dari sudut pandang yang berbeda. Oleh karena itu, mereka dapat memberikan perspektif yang berharga dan peluang yang mungkin tidak Anda lihat sendiri.

Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi hambatan yang menghalangi Anda mencapai pekerjaan impian Anda.

3. Struktur dan Tanggung Jawab

Pelatih akan merencanakan pertemuan rutin dengan Anda dan membantu Anda membuat rencana untuk mencapai tujuan karier Anda. Hal ini menjaga Anda untuk tetap fokus dalam mencapai tujuan.

Selain itu, pembinaan karir juga memberikan akuntabilitas yang diperlukan untuk memastikan Anda terus maju.

4. Fokus pada Tujuan

Career coach membantu Anda menemukan apa yang benar-benar Anda ingin lakukan dalam karier Anda. Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi nilai-nilai, minat dan bakat, sehingga Anda bisa mengejar karier yang sesuai dengan keinginan.

5. Peningkatan Kepercayaan Diri dan Citra Diri

Saat Anda tidak memiliki pekerjaan, mungkin Anda akan kehilangan kepercayaan diri. Dengan pembinaan karier, Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih positif tentang diri Anda dan mengenali kekuatan, serta pencapaian Anda.

Dalam hal ini, career coach akan membantu Anda membangun citra diri yang kuat, sehingga memmudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Pelatihan Manajerial: Arti, Manfaat, Teknik, Hingga Langkahnya

gajihub 3

Kapan Seseorang Harus Mengikuti Pembinaan Karir?

Ada beberapa tanda yang membuat Anda harus mengikuti pembinaan karier, yaitu ketika

1. Merasa Terjebak

Jika Anda merasa karier Anda seperti berhenti di tempat, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang ingin mengubah arah karier mereka, dan pembinaan karir ini bisa membantu Anda untuk mengarahkan perubahan tersebut.

2. Tidak Yakin dengan Pilihan Karir

Tidak peduli berapa lama Anda sudah bekerja, terkadang Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan sebuah perubahan.

Dalam hal ini, career coach dapat membantu Anda membuat keputusan sulit terkait jalan karier Anda dan mendukung Anda menuju kesuksesan baru.

3. Menginginkan Work Life Balance yang lebih Baik

Mencari work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi merupakan hal yang sangat penting. Pembinaan karir dapat membantu Anda untuk berpikir dan mengatasi krisis tersebut.

4. Ingin Belajar dan Berkembang

Sebagian besar karyawan ingin terus berkembang adlam karier mereka. Jika Anda ingin memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda, career coach dapat membantu Anda merencanakan langkah-langkah pengembangan diri secara efektif.

Baca Juga: 8 Langkah Melakukan Pengembangan Kompetensi secara Efektif

Baca Juga: Succession Management: Arti, Manfaat, Hingga Hambatannya

pembinaan karir

Bagaimana Tips Mememukan Pembinaan Karir yang Tepat?

Berikut langkah-langkah untuk menemukan pembinaan karir yang tepat:

1. Kenali Jenis Dukungan yang Anda Butuhkan

Pertama-tama, Anda perlu menentukan apa yang Anda harapkan dari pembinaan karier. Apakah Anda berencana melakukan perubahan karier, pengembangan keahlian, atau dukungan dalam mencapai tujuan tertentu?

Hal ini disebabkan karena beberapa pelatih memiliki spesialisasi di bidang tertentu, sehingga Anda perlu mempertimbangkan jenis dukungan yang dibutuhkan.

2. Tentukan Kriteria Pembinaan Karir Anda

Pikirkan juga tentang sumber daya yang relevan, seperti apakah Anda ingin pertemuan tatap muka atau secara online. Selain itu, pertimbangkan apakah Anda ingin bekerja dengan pelatih yang memiliki sertifikasi khusus.

3. Pertimbangkan Anggaran

Pembinaan karier merupakan sebuah investasi, sehingga Anda perlu menentukan berapa banyak sesi yang diperlukan, seberapa sering Anda ingin berkomunikasi dengan pelatih, dan berapa anggaran yang perlu Anda siapkan.

Berbagai hal tersebut akan membantu Anda menemukan career coach yang sesuai dengan budet Anda.

4. Temukan Career Coach

Mulailah mencari career coach atau pelatih karier yang sesuai dengan kriteria Anda. Anda dapat mencari referensi dari orang yang pernah menggunakan layanan pembinaan karir atau melalui website-website tertentu.

5. Jadwalkan Sesi Perkenalan

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan pelatih tertentu, Anda perlu menjadwalkan sesi perkenalan atau konsultasi. Gunakan kesempatan ini untuk menenal pelatih Anda dan memastikan Anda merasa cocok dengan layanan yang disediakan sebelum memulai pembinaan karier.

Baca Juga: 7 Langkah Melakukan Perencanaan Pelatihan Karyawan dan Tipsnya

Bagaimana Langkah Mempersiapkan Sesi Pembinaan Karir?

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mempersiapkan diri dalam sesi pembinaan karier:

1. Lakukan Refleksi atas Perjalanan Karier Anda

Pertimbangkan perjalanan karier Anda sejauh ini. Pikirkan bagaimana Anda mencapai posisi saat ini dalam karier ini. Hal tersebut akan membantu Anda memahami di mana Anda berada sekarang dan apa yang ingin Anda capai melalui pembinaan karier.

2. Pola Pikir Berkembang

Siapkan diri Anda untuk sebuah perubahan, sebab pembinaan karier sering kali melibatkan perubahan dalam cara Anda berpikir dan bertindak. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman Anda dan terima tantangan untuk tumbuh dan berkembang.

3. Tumbuhkan Komitmen

Kesuksesan dalam pembinaan karier memerlukan komitmen. Anda perlu memiliki niat kuat untuk berinvestasi dalam diri sendiri dan bekerja keras untuk mengembangkan keterampilan serta mencapai tujuan Anda.

Perlu Anda ingat, pembinaan memang bisa memberikan dukungan bagi Anda, tetapi motivasi harus datang dari dalam diri masing-masing individu

Melalui berbagai persiapan di atas, Anda pun dapat memperoleh pembinaan karir yang lebih efektif.

Baca Juga: 20 Contoh KPI Departemen Produksi untuk Kesuksesan Bisnis

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda semakin memahami betapa pentingnya pembinan karir, baik bagi mereka yang baru akan memasuki dunia kerja maupun tenaga profesional yang berencana untuk meningkatkan atau merubah jalan karier mereka.

Namun, agar pembinaan karier dapat berjalan secara efisien, Anda perlu memahami bagaimana cara memilihnya secara tepat. Dengan demikian, Anda pun dapat merasakan berbagai manfaatnya, seperti mendapat dukungan hingga meningkatkan kepercayaan dan citra diri.

Selain itu, melalui berbagai manfaat dari pembinaan karier, juga dapat membantu Anda untuk mencapai karier yang lebih cemerlang, sehingga berkempatan untuk mendapatkan promosi dan kompensasi yang lebih menjanjikan.

Nah, apabila Anda memutuhkan software payroll dan HR yang dapat membantu pengelolaan kompensasi dengan lebih otomatis dan efisien, Anda dapat mencoba Gajihub.

Dengan Gajihub, Anda akan merasakan kemudahan melalui berbagai fitur seperti absensi, payroll, BPJS, analis data, hingga kasbon.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, kunjungi tautan ini sekarang juga untuk daftar dan coba gratis selama 14 hari.

 

Catatan Kaki: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *