7 Cara Meningkatkan Kinerja Tim dan Mengapa Itu Penting

kinerja tim

Kinerja tim menjadi bagian penting bagi sebuah bisnis atau organisasi. Kinerja tim ini akan menentukan apakah sebuah tim mampu melakukan tugas dengan baik.

Untuk mendukung kinerja tim yang baik, sebuah tim harus bisa berinteraksi dan mengkoordinasikan pekerjaan mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Ketika kinerja tim mengalami peningkatan, maka akan berpengaruh kepada produktivitas, efisiensi, dan juga kualitas dari kerja tim. Lalu bagaimana cara meningkatkan kinerja tim ini?

Pada artikel ini, GajiHub akan menjelaskan mengenai kinerja tim mulai dari pengertian hingga cara meningkatkannya. Baca selengkapnya hanya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Kinerja Tim?

kinerja tim

Pengertian kinerja tim merupakan hasil kerja yang didapatkan sebuah tim dalam mencapai tujuannya dengan bekerja sama. Tim yang berkinerja tinggi dapat melakukan bekerja sama untuk mengatasi tantangan dan menyelesaikan masalah dengan sukses sekaligus memenuhi tujuan, misalnya tetap berada dalam anggaran.

Terkadang sebuah tim memiliki seorang supervisor, yang mungkin bukan anggota dari tim tersebut namun bertanggung jawab atas keberhasilan tim secara keseluruhan. Seorang supervisor dapat berpengaruh pada hasil kerja tim, dan manajemen mereka berdampak pada hasilnya.

Berikut adalah beberapa karakteristik kinerja tim yang kuat:

  • Setiap anggota tim mengetahui dengan jelas apa peran mereka. Mereka tahu tugas-tugas apa saja yang termasuk dalam pekerjaannya dan bagaimana melakukannya.
  • Anggota tim mengetahui dan mendukung tujuan dan misi proyek secara keseluruhan. Tujuan yang jelas yang terkait dengan tujuan individu dari setiap peran dapat meningkatkan motivasi tim secara keseluruhan.
  • Anggota tim mengetahui siapa saja yang memiliki keterampilan yang relevan. Merekrut dan memilih orang-orang yang ahli dalam pekerjaan mereka juga dapat meningkatkan semangat tim karena setiap orang fokus pada tugas mereka, daripada menutupi kesenjangan keterampilan.
  • Anggota tim bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri dan orang lain. Setiap anggota berkomitmen untuk melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk mencapai tujuan.

gajihub 2

Baca Juga: 14 Cara Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Tim?

kinerja tim

Meskipun beberapa tim secara alami dapat bekerja sama dengan baik, namun ada tim lain mungkin merasa lebih sulit untuk terhubung. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja tim:

1. Tetapkan tujuan

Tinjau bagaimana tujuan proyek atau tugas sesuai dengan tujuan organisasi yang lebih luas. Hal ini dapat membantu Anda menentukan hasil yang diinginkan untuk tim.

Memiliki kejelasan atas tujuan akan menunjukkan tujuan tim dalam menggabungkan upaya mereka yang dapat membantu melacak keberhasilan, terutama jika tujuannya SMART. Dengan menetapkan tujuan ini juga Anda juga dapat memprioritaskan tujuan untuk meningkatkan fokus pada bagian terpenting dari proyek.

Strategi lainnya adalah dengan membuat tujuan yang lebih luas, yang dapat meningkatkan tantangan proyek dan dapat memotivasi anggota tim untuk melampaui kinerja mereka saat ini. Ini adalah salah satu cara untuk menciptakan tim berkinerja tinggi yang berfokus pada kesuksesan.

Jika orang-orang dalam tim mencapai stretch goal, hal ini dapat menimbulkan perasaan bangga akan kompetensi dan kemampuan mereka. Ini adalah pengalaman yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan mengarah pada motivasi untuk mencapai tujuan berikutnya.

Baca Juga: 13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

2. Mengidentifikasi keberhasilan

Pastikan bagian dari rencana Anda berfokus pada apa itu kesuksesan dan bagaimana tim dapat mencapainya. Hal ini akan memberikan kejelasan tambahan mengenai apa yang dapat dilakukan setiap anggota tim untuk mencapai tujuan.

Metrik yang terukur dan spesifik dengan jelas menunjukkan apakah mereka berhasil. Penting juga untuk menjaga agar tujuan-tujuan ini tetap fleksibel karena tantangan dan ide baru mungkin muncul selama proses pencapaiannya.

Jika demikian, akan sangat berguna untuk mengadaptasi tujuan untuk mencerminkan perubahan tujuan.

Baca Juga: 4 Jenis dan 17 Indikator Penilaian Kinerja Karyawan

3. Berikan umpan balik yang berkelanjutan

Umpan balik yang berguna adalah informasi yang relevan dan sesuai dengan cara kerja tim. Memberikan umpan balik secara berkala akan sangat membantu untuk membahas indikator-indikator utama yang dapat meningkatkan atau memperkuat upaya dan kinerja.

Seorang supervisor dapat memberikan umpan balik, bersama dengan pemangku kepentingan utama, dan mungkin ada umpan balik internal di antara anggota tim.
Umpan balik yang sedang berlangsung juga dapat mengatasi kinerja yang tidak memenuhi standar yang diharapkan.

Misalnya, jika seorang anggota tim tidak mencapai target mereka untuk menutup panggilan penjualan, memberikan umpan balik di awal proses dapat membantu anggota tim menyesuaikan upaya mereka dan menyusun strategi untuk meningkatkan hasil.

Supervisor dan anggota tim lainnya juga dapat berkolaborasi untuk menentukan perbaikan apa yang harus dilakukan dan bagaimana menerapkannya.

Baca Juga: Sasaran Kinerja Karyawan: Arti, Manfaat, Hingga Contohnya

4. Selesaikan setiap konflik yang muncul

team

Konflik antar anggota bisa menghambat kinerja tim. Tim yang berkinerja tinggi tahu bagaimana menyelesaikan konflik dengan cepat dan penuh hormat.

Mereka sadar bagaimana bekerja sama dengan baik sambil tetap mengizinkan adanya perbedaan di antara masing-masing anggota. Salah satu cara untuk menghindari konflik adalah dengan memastikan bahwa anggota tim merasa percaya diri dalam menyuarakan pendapat mereka dan merasa bahwa anggota lain mendengarkan dan mengakui mereka.

Tim yang kuat tidak takut dengan perbedaan pendapat. Diskusi dan perbedaan pendapat dapat menghasilkan wawasan dan ide baru. Bisa jadi sebuah inisiatif muncul dari penggabungan perspektif yang berbeda dalam sebuah diskusi, yang dapat bermanfaat bagi keseluruhan proyek.

Misalnya, perbedaan pendapat tentang cara menarik kandidat untuk sebuah lowongan pekerjaan bisa mengarah pada jalan dan sumber yang sebelumnya tidak diketahui untuk menemukan pelamar yang baru dan menarik.

Saat melakukan percakapan ini, penting bagi semua anggota tim untuk bersikap tenang untuk memastikan percakapan tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: Contoh Evaluasi Kinerja Karyawan dan Tips Mengoptimalkannya

5. Mendorong kepercayaan

Kepercayaan adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja tim. Kepercayaan dapat berasal dari hal-hal berikut ini:

  • Konsistensi: Jika seorang anggota tim mengatakan bahwa mereka akan menyelesaikan suatu tugas, tim yang berkinerja tinggi percaya bahwa orang tersebut dapat menyelesaikannya tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa anggota tim dapat saling bergantung satu sama lain.
  • Membangun hubungan: Tim yang saling mengenal di luar konteks profesional dapat mengembangkan hubungan yang sehat, yang dapat meningkatkan kepercayaan.
  • Membicarakan tentang hobi dan minat, selain bertemu untuk menjalin hubungan di luar pekerjaan, dapat memperkuat hubungan ini.
  • Pengetahuan dan keterampilan: Anggota tim cenderung memiliki kepercayaan yang lebih tinggi satu sama lain jika mereka tahu bahwa mereka bekerja dengan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik untuk peran mereka.
  • Menunjukkan keahlian Anda dalam tim dan menyelesaikan tantangan dengan menggunakan keahlian Anda dapat membantu meningkatkan kepercayaan.

Baca Juga: Download Form Penilaian Kinerja Karyawan

6. Berikan penghargaan kepada tim dengan kinerja yang baik

Jika kinerja memenuhi atau melampaui harapan, memberikan penghargaan kepada anggota tim dan mengakui upaya mereka dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terus berkinerja baik.

Hal ini dapat berupa mengirimkan umpan balik positif kepada manajer mereka, hingga memberikan bonus atau menawarkan promosi. Penghargaan juga bisa dikaitkan dengan tinjauan kinerja yang merinci aktivitas apa yang paling efektif dan menyarankan area mana yang bisa difokuskan oleh anggota tim untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Umpan balik yang jelas dan dapat ditindaklanjuti yang terhubung dengan penghargaan untuk tujuan dapat meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

Baca Juga: Metode Kuesioner Kinerja Karyawan, Manfaat, dan Tahapannya

7. Bekerja dengan seluruh tim

Ketika melatih tim untuk meningkatkan kinerja mereka, akan sangat membantu jika Anda menangani mereka sebagai sebuah tim, bukan sebagai sekelompok individu. Hal ini dapat menciptakan rasa kekompakan, dengan tim yang bekerja sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan.

Salah satu strategi untuk menangani tim sebagai sebuah unit adalah dengan memastikan semua anggota tim mematuhi standar yang sama. Orang lebih cenderung mengikuti aturan dan permintaan jika mereka melihat orang lain melakukan hal yang sama.

Jika Anda melatih tim untuk meningkatkan kinerjanya, adakan pertemuan dengan setiap individu secara pribadi selain pertemuan tim. Hal ini memberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik mengenai kinerja mereka dan mengatasi masalah yang muncul.

Ini juga merupakan waktu untuk mendiskusikan pujian atau masalah yang berkaitan dengan kinerja tanpa melakukannya di depan tim, yang mungkin lebih disukai oleh beberapa individu. Membicarakan tentang bagaimana tindakan mereka memengaruhi tim dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan karena setiap anggota menyederhanakan perilaku mereka.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Karyawan Bangga Bekerja di Perusahaan

Mengapa Kinerja Tim Itu Penting?

kinerja tim

Kinerja tim dapat membantu meningkatkan kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Kinerja yang kuat di mana tim mencapai hasil dapat menunjukkan bahwa para anggota bekerja untuk mencapai tujuan bersama dan mereka mencurahkan waktu dan tenaga untuk memberikan hasil kerja yang baik.

Ini juga merupakan tanda bahwa anggota tim dengan keahlian yang saling melengkapi bekerja sama satu sama lain. Energi gabungan dari sebuah tim lebih besar daripada upaya individu-individu yang bekerja sendiri-sendiri, dan oleh karena itu, beberapa tim yang kuat dapat menghasilkan hasil yang sukses.

Selain menguntungkan organisasi, kinerja tim juga dapat mempengaruhi dan menguntungkan individu. Menjadi bagian dari sebuah tim dapat menciptakan rasa memiliki dan komitmen, yang keduanya dapat meningkatkan kepuasan karyawan.

Kerja tim juga memungkinkan terjadinya saling belajar dan mendukung, terutama ketika anggota tim yang memiliki keahlian berbeda bekerja bersama satu sama lain. Sebuah tim dapat memicu kreativitas, membantu orang berkembang, menciptakan komitmen, dan menggabungkan berbagai keterampilan yang melampaui upaya satu individu.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Karyawan Unggul di Perusahaan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai kinerja tim yang bisa menjadi referensi Anda dalam meningkatkan kinerja di dalam tim. Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa kinerja tim akan menunjukan hasil dari kerja sama yang dilakukan sebuah tim.

Ini penting mengingat dengan melakukan kerja sama, sebuah tim menjadi lebih kuat. Untuk mendukung peningkatan kinerja ini, tidak hanya dilakukan oleh anggota tim, tetapi juga perlu dukungan dari perusahaan.

Perusahaan harus memberikan fasilitas yang memadai yang membuat tim merasa nyaman dalam bekerja sama. Salah satu fasilitas yang bisa diberikan perusahaan adalah dengan penggunaan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Fitur-fitur yang dimiliki GajiHub ini di antaranya fitur payroll atau penggajian, absensi, kelola PPH 21, kelola BPJS, integrasi akuntansi, kelola izin dan cuti, ESS atau Employee Self Service, analisis data, hingga pengajuan reimbursement, dan kasbon.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *