13 Masalah HR dan Payroll di Industri FnB + Cara Mengatasinya

hr dan payroll di industri fnb banner

Meskipun fokus industri FnB terletak pada produk dan makanan yang diberikan, bisnis juga perlu memperhatikan pentingnya HR dan payroll. 

Apsek HR dan payroll di dalam industri FnB meliputi pengelolaan staf, penjadwalan gaji, dan kepatuhan terhadap aturan.

Dengan mengembangkan manajemen HR yang baik, Anda dapat memastikan binis FnB Anda berjalan dengan lancar dan sesuai aturan yang berlaku.

Melalui manajemen payroll FnB yang tepat, Anda juga dapat meningkatkan retensi karyawan dan mencegah turnover yang tinggi, dengan memberikan kompensasi secara adil kepada karyawan.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas pengertian HR untuk industri FnB, manfaat, serta masalah dan cara mengatasinya.

Apa yang Dimaksud HR dalam Industri FnB?

HR dan payroll industri fnb 1

HR dalam industri Food and Beverage (FnB) adalah seseorang atau tim yang bertanggung jawab untuk merekrut, mempekerjakan, dan melatih staf.

Selain itu, mereka juga mengelola kompensasi, menjaga agar bisnis FnB tetap patuh pada aturan kesehatan dan keselamatan, serta membantu menyelesaikan masalah karyawan, seperti keputusan terkait PHK dan kedisiplinan.

Jika Anda tidak memiliki kebijakan HR yang baik, bisnis FnB Anda bisa menghadapi masalah dengan peraturan, pelanggaran keselamatan, dan turnover karyawan yang tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja + 5 Tips untuk HR

Apa Tantangan HR dalam Industri FnB?

HR dan payroll industri fnb 2

Dibandingkan dengan industri lainnya, HR dan payroll dalam industri FnB kerap menghadapi berbagai tantangan unik, seperti:

1. Tantangan Staf

Industri FnB kesulitan dalam mencari tenaga kerja yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Tingkat turnover karyawan yang tinggi sering kali menjadi masalah besar bagi pemiliki restoran.

2. Jadwal yang Tidak Bisa Diprediksi

Industri FnB tidak memiliki jam kerja tetap seperti bisnis lainnya, sehingga HR harus bisa menyesuaikan jadwal karyawan yang terus berubah dan mengelola jadwal pekerja part time serta full time.

3. Masalah Interpersonal

Lingkungan FnB yang cepat dan penuh tekanan memerlukan manajer yang mampu mengatasi masalah interpersonal antara karyawan, misalnya seperti diskriminasi.

4. Keamanan Makanan dan Keselamatan Pekerja

Pemilik bisnis harus memastikan bahwa karyawan dilatih dengan baik dalam hal keamanan makanan agar pelanggan tidak terkena penyakit.

Selain itu, mereka juga harus memperhatikan keselamatan kerja untuk menghindari cedera bagi staf dapur dan pelayan.

Baca Juga: 8 Cara Menciptakan Psychological Safety di Tempat Kerja

Apakah HR dan Payroll Penting di Industri FnB?

HR dan payroll industri fnb 3

Ya, sangat penting. Meskipun tidak semua bisnis FnB memiliki staf HR secara khusus, namun berikut adalah sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan saat mengelola HR dengan baik:

  1. Membantu restoran tetap patuh terhadap undang-undang terkait ketenagakerjaan, seperti upah minimum, jam lembur, keselamatan kerja, dan sebagainya.
  2. Melatih pengelola restoran untuk menangani masalah HR mereka sendiri seperti perekrutan, orientasi, pemecatan, pencatatan, dan penggajian.
  3. Membantu restoran mengelola masalah interpersonal yang mungkin muncul antara karyawan.

Baca Juga: Aturan Upah Lembur Per Jam, Cara Hitung, dan Contoh Penghitungannya

Apa Saja Masalah HR dan Payroll dalam Industri FnB?

HR dan payroll industri fnb 4

Selain masalah yang berkaitan dengan pelayanan dan produk, industri FnB juga kerap dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan HR dan payroll. Di antaranya seperti:

1. Pelatihan yang Buruk

Pelatihan yang tidak memadai dapat mempengaruhi seluruh tim dan pelanggan bisnis. Karyawan yang tidak terlatih dengan baik dapat menyebabkan masalah yang berdampak pada pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik, berikan pelatihan yang menyeluruh dan berkelanjutan.

Pertimbangkan juga untuk melakukan pelatihan lintas karyawan agar staf dapat menggantikan saat ada yang sakit atau cuti.

Selain itu, Anda juga dapat mendorong mereka untuk melakukan beberapa pelatihan di luar, seperti mengikuti workshopseminar, dan sebagainya agar mereka dapat meningkatkan keterampilannya.

Baca Juga: 10 Kesalahan Training Karyawan dan Cara Mengatasinya

2. Protokol Keamanan yang Buruk

Kemanan makanan adalah hal yang sangat penting. Jika protokol keamanan tidak diikuti dengan baik, hal ini dapat mengaibatkan masalah kesehatan yang serius dan merugikan restoran secara finansial.

Oleh karena itu, jangan hanya memberikan pelatihan keamanan sekali saja, melainkan jadikan pelatihan ini bagian dari rotasi pelatihan rutin, seperti setiap 3 atau 6 bulan untuk memastikan staf selalu mengikuti prosedur terbaru.

3. Menghadapi Pelanggan yang Makan Tanpa Membayar

Saat menghadapi masalah ini, jangan mendorong staf untuk menghadapi pelanggan yang mencoba kabur tanpa membayar, karena hal ini bisa menimbulkan masalah lainnya.

Sebaliknya, buatlah kebijakan jelas tentang apa yang harus dilakukan jika seseorang mencoba meninggalkan restoran tanpa membayar dan latih para staf untuk mengikuti prosedur tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sistem pembayaran di awal, sehingga staf terhindari dari masalah makan tanpa bayar yang dapat merugikan mereka dan juga bisnis.

sdm food n beverage 7

4. Mengabaikan Feedback Staf

Mengabaikan feedback dari staf juga menjadi alah satu masalah HR dan payroll di industri FnB. Komunikasi yang baik penting untuk meningkatkan kinerja tim dan menciptakan suasana kerja yang positif.

Dorong staf untuk memberikan feedback yang membangun dan pastikan mereka merasa didengar. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan karyawan.

Baca Juga: Employee Feedback: Arti, Manfaat, Hingga Contohnya

5. Kekurangan Staf

Kekurangan staf dapat menyebabkan karyawan overwhelmed dan mempengaruhi pengalaman pelanggan.

Jadi, pastikan jumlah staf cukup misalnya dengan menggunakan software HR yang dapat mengelola jadwal shift. 

Upaya ini akan membantu Anda mengatur jadwal dengan efisien, mengoptimalkan biaya tenaga kerja, dan memastikan bisnis Anda siap menghadapi kebutuhan pelanggan.

Salah satu software payroll dan HR yang bisa Anda gunakan untuk mengelola jadwal shift karyawan adalah Gajihub.

Dengan fitur absensi yang dimilikinya, Anda dapat menerapkan peraturan jam kerja yang beragam dan menentukan jadwal shift masing-masing karyawan.

Caranya pun sangat mudah. Berikut tutorialnya:

Sementara itu, karyawan juga dapat melihat jadwal tersebut lewat smartphone mereka masing-masing.

6. Kedisiplinan yang Tidak Adil

Tindakan disiplin yang tidak adil dapat mempengaruhi moral dan kinerja staf. Alih-alih memberikan hukuman yang tidak adil, cari cara untuk memperbaiki kesalahan dan memberikan pelatihan ulang jika diperlukan.

Pendekatan ini lebih efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan dibandingkan dengan pengurangan gaji atau hukuman lainnya.

HR dan payroll industri fnb 5

7. Masalah Kepatuhan

Kepatuhan terhadap peraturan adalah kunci untuk menjaga bisnis FnB tetap bertahan. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku.

Apabila Anda gagal dalam memenuhi aturan, hal ini dapat mengakibatkan masalah hukum yang serius, jadi pastikan Anda tetap up-to-date dengan semua peraturan yang relevan.

8. Onboarding Karyawan

Proses onboarding yang baik sangat penting untuk mempersiapkan karyawan baru menghadapi tantangan kerja.

Banyak bisnis makanan dan minuman yang tidak memprioritaskan hal tersebut, sehingga menyebabkan staf kesulitan berkembang dalam peran mereka.

Oleh karena itu, pastikan proses onboarding dirancang dengan baik untuk mempersiapkan karyawan dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga: Download Survei Onboarding, Arti, Manfaat, dan Tips Optimalisasi

9. Masalah Payroll

Sistem payroll di industri FnB melibatkan berbagai komponen seperti gaji pokok, upah lembur, bonus, cuti, tip, dan sebagainya.

Inilah yang membuat Anda perlu memastikan sistem penggajian secara adil dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Pastikan proses penggajian ini berjalan dengan lancar dan transparan untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

Penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub juga dapat mendukung transparansi dan keakuratan dalam proses penggajian karyawan di industri FnB.

Dengan fitur payroll-nya, Anda dapat menghitung seluruh komponen penggajian karyawan, mulai dari gaji pokok, upah lembur, bonus, serta potongan-potongan lainnya.

Komponen tersebut akan dihitung secara otomatis dan akurat, serta nantinya dapat dicantumkan ke dalam slip gaji yang dapat diunduh karyawan dalam format PDF.

Tertarik mencoba Gajihub? Klik gambar berikut untuk informasi selengkapnya:

gajihub 2

10. Keselamatan di Tempat Kerja

Keselamatan di tempat kerja sangat penting dalam industri makanan dan minuman.

Anda perlu menerapkan protokol sanitasi yang ketat, pemeliharaan peralatan yang baik, dan penggunaan perlindungan yang sesuai untuk menjaga lingkungan kerja yang aman.

Ingatlah bahwa keselamatan karyawan dan pelanggan harus menjadi prioritas utama.

11. Retensi Karyawan

Mengelola retensi karyawan sangat penting karena staf di industri FnB seringkali menghadapi jam kerja panjang dan tuntutan tinggi.

Oleh karena itu, ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan, mengingat bahwa tingkat turnover karyawan di industri ini bisa tinggi.

Baca Juga: 9 Faktor yang Mempengaruhi Retensi Karyawan

12. Rekrutmen

Mencari talenta berkualitas di sektor FnB merupakan hal yang cukup sulit.

Jadi, gunakan strategi rekrutmen yang efektif untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang tepat, sambil menghadapi persaingan dari bisnis sejenis yang juga mencari tenaga kerja berkualitas.

13. Moral Staf

Moral staf dapat dipengaruhi oleh berbagai tantangan di tempat kerja, seperti perselisihan dengan pelanggan.

Jaga suasana kerja tetap positif untuk mencegah moral staf menurun, yang dapat berdampak negatif pada kinerja dan atmosfer kerja secara keseluruhan.

Baca Juga: Pahami Tahap Resolusi Konflik, Strategi, dan Manfaatnya

Bagaimana Tips HR dan Payroll di Industri FnB?

sdm food n beverage 6

Untuk menjaga kelancaran dalam kegiatan operasional bisnis FnB, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jujur dengan Karyawan

Kejujuran adalah kunci untuk menciptakan kebijakan HR yang efektif, dan kurangnya kejujuran dapat mempengaruhi budaya kerja.

Kejujuran terkait HR dan payroll dalam industri FnB meliputi transparansi dalam proses perekrutan, onboarding, dan pelatihan.

Hal ini termasuk memberikan informasi yang jelas tentang gaji dan bagaimana proses penggajian berlangsung.

Selain itu, akui jika terjadi konflik dan pelecehan di tempat kerj adan tunjukkan bahwa ada prosedur yang siap menangani masalah tersebut.

2. Pahami Hukum Ketenagakerjaan

Bisnis FnB di Indonesia harus tunduk pada undang-undang mengenai kompensasi, keselamatan kerja, dan anti-diskriminasi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengikuti uu ketenagakerjaan terbaru, seperti gaji minimum, lembur, dan aturan terkait lainnya yang mungkin dapat bervariasi di setiap daerah.

Penting juga untuk mematuhi peraturan lainnya seperti ketentuan tentang cuti, jam kerja, dan hak-hak karyawan lainnya.

3. Tawarkan Benefit yang Baik untuk Karyawan

Untuk meningkatkan retensi karyawan, tawarkan benefit yang menarik seperti:

  • Cuti berbayar
  • Penggantian biaya kesehatan
  • Penggantian biaya pendidikan
  • Penggantian biaya perawatan anak
  • Makanan gratis di tempat kerja

4. Kembangkan Program Pelatihan yang Komprehensif

Dengan memberikan pelatihan dan program pengembangan yang komprehensif, bisnis FnB dapat memastikan bahwa semua orang memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik, yang dapat mengurangi potensi terjadinya kesalahan.

5. Otomatisasi Penggajian

Menggunakan software payroll dapat menjadi solusi terbaik untuk memastikan staf dibayar dengan akurat dan tepat waktu.

Dengan berbagai masalah HR dan payroll di industri FnB, Anda harus mengambil langkah proaktif untuk memastikan karyawan dibayar secara adil dan tepat waktu.

Upaya mengotomatisasi proses penggajian, Anda juga akan terhindar dari kesalahan penghitungan gaji karyawan dan membuat prosesnya lebih transparan, yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan karyawan pada bisnis.

Baca Juga: Strategi Manajemen HR: Prinsip, Komponen, dan Langkahnya

Kesimpulan

Manajemen HR dan payroll yang efektif merupakan komponen penting dalam kesukesan bisnis di industri FnB.

Dengan mengelola aspek-aspek penting seperti pengelolaan staf, penjadwalan shift, penggajian, dan kepatuan terhadap aturan, bisnis FnB dapat berjalan lebih lancar dan terhindari dari masalah hukum serta operasional.

Industri FnB juga kerap menghadapi berbagai tantangan seperti tingkat turnover karyawan tinggi, jadwal yang tidak menentu, dan berbagai masalah lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR seperti Gajihub, yang dapat membantu dalam pengelolaan jadwal shift, penggajian, absensi karyawan, dan masih banyak lagi.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Amelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *