Daftar Hari Libur Nasional 2024 dan Rekomendasi Kegiatannya

libur nasional 2024

Libur nasional 2024 menjadi momen penting di dunia kerja, baik itu oleh karyawan ataupun pihak perusahaan. Karyawan bisa mendapatkan waktu libur tambahan di luar akhir pekan dan perusahaan bisa mempersiapkan diri menjelang libur nasional, terlebih jika berhubungan dengan libur hari raya keagamaan.

Mengetahui tanggal-tanggal libur nasional tersebut adalah langkah awal yang penting jika ingin merencanakan sesuatu tahun depan. Oleh karena itu, informasi tentang daftar libur nasional 2024 sangat dibutuhkan.

Di antara momen-momen penting tersebut adalah libur hari raya keagamaan yang memiliki makna spiritual bagi banyak orang. Dengan mengetahui jadwal libur nasional, karyawan dan perusahaan dapat lebih mudah merencanakan aktivitas atau acara yang sesuai dengan waktu tersebut.

Lalu kapan saja nih libur nasional 2024? Di sini GajiHub akan menjelaskan daftar libur nasional 2024 dan tips kegiatan yang dapat Anda lakukan:

Bagaimana Libur Nasional Ditetapkan?

Dalam menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama, pemerintah akan melakukan rapat yang dihadiri oleh tiga menteri yakni Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dalam rapat ini Menko PMK hingga dibuat ketetapan yang tertuang dalam Keputusan Bersama.

Daftar libur nasional 2024 ditetapkan pada tanggal 12 September 2023 dan berjumlah sebanyak 27 hari. Penjelasan mengenai libur nasional 2024 ini tertuang dalam Keputusan Bersama No. 855/2023, No. 3/2023, dan No. 4/2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Penetapan hari libur nasional menjadi upaya efesiensi dan efektivitas hari kerja juga dapat digunakan sebagai pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama. Bagi unit kerja yang memberikan pelayanan dasar bisa membuat aturan mengenai penugasan pegawai, karyawan, dan pekerja pada hari libur.

libur nasional 2024

Baca Juga: Form Cuti Karyawan: Manfaat, Contoh, dan Unduh Template Gratis

Apa Saja Daftar Hari Libur Nasional 2024 dan Cuti Bersama 2024?

Beriut daftar hari libur nasional 2024 di Indonesia:

Tanggal Nama Hari Libur Nasional
1 Januari Tahun baru masehi
8 Februari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
10 Februari  Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili
11 Maret Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946
29 Maret Wafat Isa Al Masih
31 Maret Hari Paskah
10-11 April Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah
1 Mei Hari Buruh Internasional
9 Mei Kenaikan Isa Al Masih
23 Mei Hari Raya Waisak 2568 BE
1 Juni Hari Lahir Pancasila
17 Juni Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah
7 Juli Tahun Baru Islam 1446 Hijriah
17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
16 September Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember Hari Raya Natal

Untuk cuti bersama tahun 2024, berikut daftarnya:

Tanggal Nama Cuti Bersama
9 Februari: Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili
12 Maret Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946
8, 9 12, 15 April Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah
10 Mei Kenaikan Isa Al Masih
24 Mei Hari Raya Waisak
18 Juni Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah
26 Desember Hari Raya Natal

kalender

Baca Juga: Cuti Duka Cita, Ketahui Pentingnya Hingga Aturannya di Indonesia

Bagaimana Cara Mengajukan Cuti Sebelum Hari Libur Nasional?

Menjelang hari libur nasional, tidak jarang karyawan ingin mengajukan cuti untuk menambah waktu liburan. Di momen libur nasional ini biasanya karyawan akan menggunakannya untuk liburan ke tempat wisata, ke luar kota, hingga berkumpul bersama keluarga.

Lalu bagaimana cara mengajukan cuti di antara libur nasional dan cuti bersama ini? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar pengajuan cuti Anda di antara hari libur nasional dan cuti bersama dapat di-ACC oleh perusahaan:

1. Ajukan dari Jauh Hari

Cara mengajukan cuti mendekati liburan yang pertama adalah dengan mengajukannya dari jauh-jauh hari. Setiap perusahaan biasanya memiliki ketentuan sendiri mengenai waktu pengajuan cuti seperti diajukan minimal 3 hari sebelumnya.

Nah, pastikan Anda melakukannya ini saat mengajukan cuti. Terlebih jika cuti yang diajukan mendekati hari libur nasional, pengajuan cuti bisa lebih sulit karena banyaknya pengajuan cuti dari karyawan lain.

Jadi penting bagi Anda untuk mengajukan cuti dari jauh-jauh hari agar pengajuan cuti Anda lebih dipertimbangkan oleh HRD.

2. Ikuti Peraturan Perusahaan

Cara kedua adalah dengan mengikuti aturan yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan memiliki peraturan cuti harus diajukan minimal 3 hari sebelumnya, Anda wajib mengikutinya.

Misalnya juga perusahaan tidak memberikan cuti bersama dan mewajibkan karyawan mengajukan cuti tahunan mandiri, Anda juga harus menaatinya. Ini dilakukan agar pengajuan cuti Anda akan disetujui oleh HRD.

3. Pastikan Tidak Ada Pekerjaan Tertunda Saat Cuti

Saat Anda mengajukan cuti khususnya di antara hari libur nasional, pastikan tidak ada pekerjaan tertunda saat Anda sedang cuti. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu sebelum mengajukan cuti.

Dengan memastikan pekerjaan tidak ada tang tertunda atau terhambat akan membuat kesempatan cuti Anda di-ACC oleh HRD lebih besar.

4. Alihkan Pekerjaan ke Rekan Kerja

Jika Anda masih memiliki pekerjaan yang belum selesai dan cukup darurat untuk cuti, Anda bisa meminta bantuan rekan kerja untuk handle pekerjaan Anda untuk sementara waktu. Anda bisa memilih rekan kerja yang Anda percayai untuk handle pekerjaan sementara waktu.

5. Beri Tanggal Alternatif Jika Cuti Ditolak

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengajukan cuti di antara hari libur nasional adalah dengan memberikan tanggal alternatif lain seandainya pengajuan cuti pertama Anda ditolak.

Dengan memberikan alternatif lain bisa memungkinkan pengajuan cuti Anda diterima oleh HRD.

libur nasional 2024

Baca Juga: Pengertian Cuti Alasan Penting Ini Wajib Dipahami Karyawan

Apa Saja Rekomendasi Kegiatan di Hari Libur Nasional?

Menjelang hari libur nasional biasanya karyawan akan bersuka cita karena akan libur dari rutinitas pekerjaan. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan selama masa libur nasional:

1. Liburan Bersama Keluarga

Rekomendasi kegiatan saat libur nasional yang pertama adalah dengan liburan bersama keluarga. Waktu libur bisa Anda manfaatkan dengan liburan bersama keluarga Anda dan menikmati waktu bersama.

Kegiatan ini bisa mengobati waktu Anda yang jarang digunakan bersama keluarga. Anda bisa mengajak keluarga liburan ke pantai, taman kota, kebun binatang, dan tempat wisata lainnya. Ini bisa jadi momen tidak terlupakan dan membuat Anda semangat bekerja kembali.

2. Solo Traveling

Rekomendasi kedua adalah dengan melakukan solo traveling. Anda bisa melakukan perjalanan seorang diri ke tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, seperti ke pantai, taman kota, toko buku, perpustakaan, hingga menikmati perjalanan dengan transportasi umum.

Melakukan solo traveling bisa jadi cara untuk mengembalikan energi dengan cara menikmati hidup dari sudut pandang berbeda. Biar hidup nggak melulu kerja dan kerja.

3. Movie Time

Selain traveling, Anda juga bisa menggunakan waktu liburan Anda untuk movie time baik bersama keluarga ataupun sendirian. Anda bisa movie time di bioskop atau sekadar menonton TV di rumah.

Saat ini ada banyak pilihan film dan series di berbagai platform streaming seperti Netflix, VIU, Disney+, Prime Video, Vidio, dan lainnya. Buat Anda yang malas keluar rumah untuk nonton di bioskop, menonton film dan series di platform streaming bisa jadi pilihan terbaik.

4. Masak

Anda ingin melakukan kegiatan menyenangkan selama masa liburan dan kebetulan Anda hobi memasak atau ingin mempelajari resep baru? Anda bisa menjadikan masak sebagai pilihan kegiatan di hari libur nasional.

Masak bisa menjadi kegiatan refreshing di rumah dan bisa dilakukan bersama keluarga. Anda bisa belanja ke pasar dan membuat hidangan yang Anda sukai. Kegiatan ini bisa mengembalikan energi Anda yang biasanya dihabiskan di tempat kerja.

5. Berkemah

Berkemah juga bisa menjadi pilihan kegiatan di hari libur Anda. Anda bisa berkemah bersama keluarga, bersama teman, mengikuti grup kemah, ataupun sendirian.

Anda bisa memilih berkemah di gunung, pantai, tepi danau, ataupun di tempat yang menyediakan fasilitas kemah. Kegiatan ini cukup menyenangkan karena Anda akan merasakan bangun tidur di tengah alam terbuka, apalagi jika Anda memang menyukai kegiatan kemah.

Baca Juga: Mengetahui Cuti Alasan Penting dan Aturannya di Indonesia

6. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa menjadi pilihan kegiatan di hari libur nasional. Buat Anda yang hobi membaca buku, kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

Anda bisa membuat daftar buku yang akan Anda baca dan menyelesaikannya di hari libur. Jika sudah selesai baca, Anda bisa membeli buku baru atau meminjam di perpustakaan untuk dibaca kembali.

7. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi pilihan menyenangkan menghabiskan hari libur. Anda bisa olahraga ringan seperti lari pagi ataupun yoga.

Jika Anda suka olahraga di tempat gym, Anda juga bisa mencobanya. Selain bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan di hari libur, berolahraga juga bisa membuat Anda lebih sehat. Jadi, berani mencobanya?

8. Mempelajari Hobi Baru

Kesibukan di tempat kerja membuat Anda tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari hobi baru. Di momen libur nasional bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mempelajari hobi baru.

Misalnya menggambar digital atau bermain alat musik. Ini bisa jadi kegiatan menyenangkan yang akan menambah energi Anda untuk bekerja kembali.

9. Bersih-Bersih Rumah

Rekomendasi selanjutnya adalah dengan membersihkan rumah dan menata ulang kembali ruangan di rumah Anda. Meski kelihatannya kegiatan ini melelahkan namun ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan di hari libur.

Anda bisa mendapatkan suasana baru di rumah atau ruangan Anda. Dengan begitu Anda bisa merasa mendapatkan semangat baru dari energi ruangan yang kembali bersih dan rapi.

10. Tidur

Selain kegiatan di atas, Anda juga bisa memilih kegiatan tidur di hari libur Anda. Tidak semua orang menyukai kegiatan di luar rumah.

Tidur bagi beberapa orang khususnya introvert jadi kegiatan menyenangkan di hari libur yang akan membantu recharge energi untuk bekerja esok hari.

gajihub 1

Baca Juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut Undang-Undang Terbaru

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai hari libur nasional 2024 dan rekomendasi kegiatan selama hari libur yang dapat Anda lakukan. Anda bisa mengisi hari libur Anda dengan liburan bersama keluarga, traveling sendirian, berkemah, beberes rumah, hingga tidur seharian.

Jika Anda masih kurang dengan jatah libur, Anda bisa mengajukan cuti tahunan kepada perusahaan. Di era digitalisasi seperti sekarang ini, pengajuan cuti dapat dilakukan secara mudah dengan aplikasi.

GajiHub menjadi rekomendasi software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi fitur kelola izin dan cuti di dalam aplikasi. Anda bisa mengajukan cuti dengan mudah dari smartphone dan setelahnya perusahaan dapat melakukan approval di aplikasi yang sama.

Di dalam fitur izin dan cuti GajiHub ini, Anda juga bisa melampirkan berkas pendukung pengajuan cuti Anda. Ini tentunya akan mempermudah pengajuan cuti dan membuat pengajuan cuti jadi paperless.

Dengan semua fitur yang dimiliki GajiHub tersebut, jadi tidak ada alasan Anda untuk tidak menggunakan GajiHub sekarang juga. Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *