20+ Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji dan Alasannya

fasilitas yang diharapkan

Gaji menjadi bagian penting bagi karyawan untuk memutuskan bekerja di sebuah perusahaan. Namun selain gaji, fasilitas yang diharapkan juga menjadi tolak ukur bagi karyawan untuk bekerja.

Fasilitas yang diharapkan ini biasanya akan dipaparkan oleh karyawan ketika melakukan negosiasi gaji. Oleh karenanya wajib bagi perusahaan untuk mengetahui gambaran apa saja fasilitas yang diharapkan karyawan sebelum memutuskan bergabung ke perusahaan Anda.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa Saja Fasilitas yang Diharapkan Karyawan Selain Gaji?

Selain mendapatkan gaji, karyawan juga berharap bisa mendapatkan fasilitas lain yang akan memudahkan pekerjaannya dan juga menjamin kesejahteraan. Lalu apa saja fasilitas yang diharapkan karyawan selain gaji ini?

1. Pertanggungan kesehatan

Tunjangan karyawan paling umum yang ditawarkan perusahaan adalah asuransi kesehatan. Biasanya, asuransi kesehatan karyawan menanggung biaya yang terkait dengan janji temu dengan dokter, pemeriksaan rutin, dan prosedur medis dasar.

Di Indonesia, asuransi perusahaan yang sering diberikan adalah BPJS. Setiap bulan perusahaan akan memotong gaji 1% untuk pembayaran BPJS Kesehatan.

Karyawan bisa menggunakan BPJS ini untuk berobat. Asuransi ini juga mencakup kunjungan ke ruang gawat darurat dan berbagai jenis prosedur pembedahan. Selain BPJS Kesehatan, perusahaan juga memberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Asuransi ini diberikan untuk karyawan yang telah bekerja minimal satu tahun.

Baca Juga: Agility bagi Karyawan, Komponen, dan Cara Meningkatkannya

2. Asuransi gigi

Banyak perusahaan memberikan pertanggungan gigi sebagai bagian dari tunjangan kesehatan karyawan secara keseluruhan, tetapi terkadang asuransi gigi merupakan tunjangan terpisah.

Tergantung pada tempat kerja Anda, Anda mungkin memiliki paket tunjangan lengkap termasuk medis atau gigi atau dua polis asuransi terpisah untuk rencana medis dan gigi Anda.

Rencana perawatan gigi umumnya mencakup pemeriksaan gigi rutin, pembersihan dan rontgen serta prosedur gigi seperti saluran akar, penambalan dan operasi mulut.

3. Asuransi penglihatan

Asuransi penglihatan biasanya merupakan rencana asuransi terpisah selain tunjangan kesehatan karyawan. Pemeriksaan mata, resep lensa, prosedur mata, dan pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata adalah prosedur umum yang ditanggung oleh asuransi penglihatan.

Rencana semacam ini biasanya mencakup pemeriksaan satu kali dalam setahun.

4. Polis asuransi jiwa

Banyak perusahaan menyediakan paket asuransi jiwa sebagai bagian dari paket tunjangan karyawan. Seringkali, polis asuransi jiwa ini adalah asuransi jiwa berjangka kelompok, yang berarti perusahaan asuransi memberikan kontrak induk kepada pemberi kerja yang memperluas cakupan asuransi jiwa untuk semua anggota staf dan berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Biasanya, jangka waktu asuransi jiwa berlangsung selama karyawan bekerja untuk perusahaan. Paket asuransi jiwa lainnya mungkin tersedia tergantung pada perusahaan, tetapi paket jangka waktu kelompok biasanya lebih murah daripada polis asuransi individu.

Baca Juga: 10 Contoh Perkenalan Diri bahasa Inggris untuk Interview Kerja

5. Tunjangan resep dan farmasi

Banyak paket asuransi kesehatan menawarkan tunjangan resep, seperti pembayaran bersama yang lebih rendah untuk obat-obatan dan bahkan resep tanpa biaya. Banyak tunjangan farmasi berisi formularium rencana bersama dengan harga berjenjang untuk obat resep.

Formularium paket mencantumkan daftar obat yang tersedia di bawah rencana resep khusus Anda dan sering kali mencakup obat yang diperlukan untuk penyakit kronis dan akut.

Selain itu, sebagian besar paket resep menawarkan tiga tingkatan harga obat yang berbeda, dengan obat generik sebagai pilihan biaya terendah. Biaya bersama untuk obat resep tertentu dapat bervariasi, tergantung pada tingkatan di mana obat tersebut terdaftar.

fasilitas yang diharapkan

6. Layanan spesialis

Layanan spesialis, termasuk rujukan dari dokter layanan primer, merupakan bagian dari banyak paket tunjangan karyawan. Dari layanan kesehatan dermatologis hingga spesialis tidur, banyak pilihan pertanggungan kesehatan yang mencakup pertanggungan untuk pemeriksaan dan prosedur spesialis yang tidak rutin.

Hal ini dapat bermanfaat bagi karyawan yang mencari perawatan khusus untuk kondisi kesehatan mereka.

7. Pertanggungan kesehatan mental

Beberapa rencana kesehatan karyawan juga mencakup perlindungan kesehatan mental dan emosional. Rencana asuransi dapat mencakup janji temu dengan praktisi kesehatan mental, layanan terapi perilaku dan kognitif serta kesedihan, perceraian, dan konseling keluarga. Ini juga dapat mencakup resep obat untuk kondisi mental.

Baca Juga: Cara Membalas Email Interview, Contoh, dan Manfaatnya

8. Perencanaan pensiun

Perencanaan pensiun juga bisa menjadi fasilitas yang diharapkan oleh karyawan. Perencanaan pensiun ini bermanfaat bagi karyawan ketika sudah tidak bekerja lagi.

Ada berbagai tujuangan untuk pensiun ini, namun biasanya perusahaan menggunakan BPJS Ketenagakerjaan dimana salah satu program yang dimilikinya adalah Jaminan Hari Tua.

9. Cuti berbayar

Selain tunjangan kesehatan, sebagian besar perusahaan menawarkan cuti berbayar, yang memungkinkan karyawan untuk menjadwalkan cuti pribadi dari pekerjaan tanpa harus potong gaji. Cuti berbayar ini telah diatur dalam Undang-Undang dimana setiap karyawan yang telah bekerja selama lebih dari satu tahun berhak cuti tahunan sebanyak 12 hari.

Selain cuti tahunan, karyawan juga berhak atas cuti lainnya, seperti cuti sakit, cuti haid, cuti melahirkan dan gugur kandung, cuti besar, hingga cuti untuk keperluan penting. Terkait cuti ini Anda bisa membaca selengkapnya di sini.

10. Waktu liburan berbayar

Umumnya, liburan adalah tunjangan karyawan yang dapat menjadi pilihan selain cuti berbayar Karyawan yang memiliki tunjangan liburan akan memperoleh sejumlah jam tertentu setiap periode pembayaran, mirip dengan tunjangan cuti berbayar.

Salah satu perbedaan utama antara rencana cuti berbayar dan waktu liburan berbayar adalah bahwa karyawan dapat menggunakan cuti berbayar untuk semua jenis cuti, sedangkan tunjangan liburan hanya dapat digunakan untuk liburan.

Ketika perusahaan menawarkan tunjangan liburan, mereka biasanya juga menawarkan cuti sakit berbayar.

Baca Juga: 10 Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

11. Tunjangan disabilitas

Tunjangan disabilitas menjamin gaji karyawan jika mereka mengalami cedera atau sakit dan tidak dapat bekerja. Beberapa pemberi kerja mungkin menawarkan program asuransi cacat sementara yang memberikan dukungan pendapatan kepada karyawan yang mengalami cedera atau sakit di luar pekerjaan.

Meskipun tunjangan disabilitas dapat bervariasi di antara pemberi kerja, banyak yang menawarkan beberapa bentuk cakupan disabilitas jangka pendek jika Anda terluka di tempat kerja.

Di Indonesia sendiri, BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan asuransi untuk kecelakaan kerja. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membacanya di sini.

12. Kompensasi pekerja

Program kompensasi pekerja biasanya merupakan bagian dari paket tunjangan karyawan. Kompensasi pekerja mencakup kecelakaan, penyakit, dan cedera yang diderita saat bekerja. Tunjangan ini biasanya menawarkan cakupan hingga 100 minggu, tergantung pada paketnya.

13. Tunjangan hidup

Beberapa perusahaan menawarkan tunjangan hidup sebagai bagian dari paket tunjangan mereka, terutama jika karyawan dapat pindah untuk mengisi posisi di perusahaan. Tergantung pada perusahaannya, karyawan dapat menerima tunjangan bulanan atau tahunan yang mencakup beberapa biaya hidup seperti biaya pindahan, penyiapan kantor di rumah, cakupan utilitas, dan sewa.

14. Pembayaran pinjaman mahasiswa

Banyak karyawan yang baru saja lulus dari perguruan tinggi mungkin memiliki pinjaman mahasiswa yang harus dilunasi. Pemberi kerja yang menawarkan tunjangan pelunasan pinjaman mahasiswa menawarkan untuk membayar kembali pinjaman mahasiswa karyawan, biasanya dengan jumlah tertentu per bulan.

Jumlah yang dikontribusikan oleh pemberi kerja dapat bergantung pada jumlah pinjaman dan minimum pembayaran bulanan.

Baca Juga: 10 Tahapan Interview Kerja dan Tips Mempersiapkannya

15. Hibah dan beasiswa perguruan tinggi

Tergantung pada pemberi kerja Anda, Anda mungkin dapat menerima hibah atau beasiswa untuk kuliah. Banyak perusahaan mengembangkan program beasiswa yang memungkinkan karyawan untuk kembali ke sekolah atau menyelesaikan gelar mereka.

Jumlah yang Anda terima dapat berbeda tergantung pada pemberi kerja, program beasiswa mereka, dan bagaimana mereka mensponsori program beasiswa tersebut.

16. Pelatihan dan pengembangan berbayar

Banyak perusahaan membayar karyawan mereka untuk menghadiri pelatihan dan pengembangan profesional. Selain itu, mungkin ada persyaratan bagi karyawan baru untuk mengikuti pelatihan karyawan baru, dan pemberi kerja membayarnya.

Tunjangan lain yang mungkin ditawarkan perusahaan selain pelatihan berbayar adalah pengembangan profesional berbayar, di mana karyawan dapat menghadiri pengembangan wajib tanpa perlu khawatir harus menggunakan cuti tahunan atau cuti liburan untuk menghadiri acara tersebut.

17. Tunjangan pendidikan berkelanjutan

Bersamaan dengan pengembangan profesional dan pelatihan berbayar, banyak perusahaan menawarkan tunjangan berbayar bagi karyawan untuk mendapatkan jam kredit pendidikan berkelanjutan untuk pekerjaan mereka.

Sama seperti pengembangan profesional berbayar, pendidikan berkelanjutan berbayar dapat membantu karyawan menghindari penggunaan waktu pribadi atau liburan mereka untuk hari-hari yang berhubungan dengan pekerjaan di luar kantor. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk tetap mengikuti perkembangan berita dan peraturan industri.

18. Biaya perjalanan dan pengeluaran

Banyak bisnis yang mengharuskan para eksekutif dan profesional melakukan perjalanan untuk menyelesaikan tugas-tugas bisnis. Dalam kasus ini, perusahaan biasanya menanggung biaya perjalanan, penginapan dan biaya pengeluaran untuk karyawan yang melakukan perjalanan jauh untuk melakukan pekerjaan mereka.

Tunjangan ini biasanya juga mencakup biaya makanan dan transportasi.

Baca Juga: Download Exit Interview Template dan Tips Memaksimalkannya

19. Peralatan perusahaan

Tergantung pada peran dan industrinya, pemberi kerja dapat menawarkan peralatan perusahaan sebagai bagian dari tunjangan karyawan. Barang-barang seperti komputer, ponsel, dan tablet mungkin merupakan peralatan yang disediakan perusahaan kepada karyawan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka.

Biasanya, ketika pemberi kerja menyediakan peralatan perusahaan, karyawan memiliki akses ke peralatan tersebut selama masa kerja mereka.

20. Transportasi perusahaan

Beberapa perusahaan menyediakan kendaraan perusahaan untuk digunakan oleh karyawan. Fasilitas ini biasa terjadi di industri perdagangan seperti konstruksi, di mana karyawan datang ke tempat kerja dengan kendaraan pribadi mereka dan kemudian menggunakan kendaraan perusahaan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan mereka.

Hal ini dapat membantu karyawan menghemat uang untuk membeli bensin dan menghindari keausan pada kendaraan pribadi mereka.

21. Fleksibilitas kerja jarak jauh

Banyak perusahaan menawarkan fasilitas fleksibilitas kerja jarak jauh, yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah satu hari atau lebih dalam seminggu. Mereka juga mengizinkan karyawan untuk memilih jam dan jadwal mereka sendiri.

Dalam kasus ini, karyawan bisa bekerja kapan pun mereka mau selama mereka menyelesaikan tugasnya tepat waktu.

22. Peluang investasi

Banyak bisnis dan organisasi perusahaan menawarkan cara bagi karyawan untuk berinvestasi di saham perusahaan, saham, atau peluang pertumbuhan laba lainnya. Berinvestasi di perusahaan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan dan profitabilitasnya. Hal ini juga dapat meningkatkan kekayaan bersih pribadi Anda.

fasilitas yang diharapkan

Baca Juga: 20 Pertanyaan dan Jawaban Interview Panel dan Tips Menghadapinya

Mengapa Fasilitas Kerja Penting untuk Karyawan?

Berikut beberapa alasan mengapa fasilitas jadi hal yang dipertimbangkan karyawan dalam memilih pekerjaan:

1. Kepuasan kerja

Paket tunjangan yang baik menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan karyawannya. Tunjangan seperti cuti berbayar, tunjangan di tempat kerja, program kesehatan, dan penggantian biaya pendidikan dapat membuat karyawan merasa dihargai.

Hal ini dapat membuat karyawan senang dengan pekerjaannya, loyal terhadap perusahaan dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Tunjangan karyawan juga penting untuk moral di tempat kerja karena tim yang bahagia dan positif cenderung produktif dan bekerja sama dengan baik. Selain itu, kepuasan kerja dari tunjangan yang baik dapat mengurangi tingkat perputaran karyawan, yang mengarah pada dinamika yang lebih kuat dan lebih stabil di dalam departemen.

2. Work life balance

Work life balance, atau keselarasan antara karier dan kehidupan pribadi Anda, menjadi semakin penting bagi karyawan. Tunjangan yang meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja termasuk waktu liburan, cuti yang tidak terbatas atau banyak, jam kerja yang fleksibel, dan kemampuan untuk bekerja dari rumah.

Jenis tunjangan ini dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan karyawan serta mencegah kelelahan. Karyawan pun akan menjadi lebih produktif di tempat kerja dan di rumah.

Manfaat seperti jam kerja yang fleksibel dan waktu liburan juga memungkinkan karyawan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman mereka, sehingga mereka dapat memiliki kehidupan pribadi yang lebih memuaskan.

Tunjangan ini juga sangat penting bagi orang tua yang harus menyeimbangkan karier mereka dengan pengasuhan anak atau komitmen keluarga lainnya.

3. Perlindungan kesehatan

Tunjangan biasanya mencakup beberapa bentuk cakupan kesehatan, yang penting untuk menjaga karyawan, dan seringkali keluarga mereka, tetap sehat dan membantu mereka membayar biaya pengobatan.

Tunjangan kesehatan membantu karyawan dan keluarga mereka untuk membayar pemeriksaan kesehatan rutin, perawatan pencegahan, resep obat dan perawatan medis. Jika seorang kandidat atau tanggungannya membutuhkan perawatan kesehatan rutin, mereka mungkin akan memprioritaskan pekerjaan yang menawarkan paket asuransi kesehatan yang komprehensif.

Lebih jauh lagi, jika karyawan didorong untuk tetap sehat dan diberikan alat untuk melakukannya, mereka cenderung merasa lebih energik, memiliki lebih sedikit hari sakit dan lebih efektif dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Cara Menjawab Pekerjaan yang Tidak Disukai Saat Interview

4. Peningkatan produktivitas

Fasilitas yang didapatkan juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas. Paket tunjangan yang baik yang menawarkan tunjangan seperti cuti berbayar, asuransi kesehatan dan asuransi disabilitas dapat mencegah karyawan mengkhawatirkan hal-hal seperti keuangan, biaya pengobatan dan perawatan anak.

Jika karyawan lebih percaya diri tentang masalah pribadi sebelum, selama atau setelah bekerja, mereka dapat lebih fokus pada tugas dan kemajuan karier mereka.

5. Menabung untuk masa pensiun

Beberapa perusahaan menawarkan tunjangan pensiun seperti program pensiun karyawan memungkinkan karyawan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan mereka untuk tabungan pensiun. Perusahaan dapat berkontribusi atau menyamai jumlah tertentu dari dana tersebut.

Jenis program pensiun lainnya termasuk bagi hasil, bonus saham, kepemilikan saham karyawan, dan program saldo tunai.

Tunjangan pensiun dapat membantu memberikan karyawan cara yang terorganisir dengan baik dan dapat diandalkan untuk menabung dan merencanakan masa depan keuangan mereka untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Ketika karyawan pensiun, mereka akan memiliki anggaran yang telah ditentukan sebelumnya untuk hidup, tergantung pada seberapa banyak uang yang mereka tabung melalui program pensiun perusahaan atau opsi pensiun lain yang mereka pilih.

gajihub 3

Baca Juga: Group Interview: Arti, Kelebihan dan Kekurangan, Hingga Tips Suksesnya

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa fasilitas yang diharapkan karyawan jadi bagian penting yang akan dipertimbangkan untuk bergabung di perusahaan. Jadi, perusahaan wajib mengusahakan fasilitas-fasilitas ini agar didapatkan oleh karyawan.

Selain fasilitas, pastikan perusahaan juga melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS untuk memudahkan pengelolaan karyawan ini.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. Fitur-fitur yang dimiliki ini antara lain payroll, absensi, BPJS, PPh 21, Employee Self Service, akuntansi, cuti dan izin, hingga analisis data.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *