13 Cara Meningkatkan Kualitas SDM di Perusahaan Anda

cara meningkatkan kualitas sdm

Sumber daya manusia atau SDM adalah aset yang dimiliki perusahaan. Perusahaan harus bisa mendukung SDM ini, salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas SDM.

Semakin berkualitas SDM yang dimiliki perusahaan, maka kesempatan bagi perusahaan untuk berkembang akan semakin besar. SDM ini pada akhirnya akan menjadi garda terdepan yang mendukung kemajuan perusahaan.

Tugas Anda sebagai pemberi kerja adalah mencari cara meningkatkan kualitas SDM ini, baik dapat berupa kebijakan ataupun program yang ada di perusahaan.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara meningkatkan kualitas SDM. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Mengapa Meningkatkan Kualitas SDM Itu Penting?

cara meningkatkan kualitas sdm

Richard Branson berkata, “Jaga karyawan Anda, dan mereka akan menjaga bisnis Anda.” Dari quotes ini menunjukan bahwa karyawan memegang peranan penting bagi sebuah bisnis dan organisasi.

Karyawan akan menjadi garda terdepan yang mendukung kemajuan sebuah perusahaan. Oleh karenanya sudah tugas perusahaan untuk mencari cara meningkatkan kualitas SDM yang ada di perusahaan.

Terlebih saat ini dunia semakin berkembang dan jika tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM, maka perusahaan Anda akan tertinggal. SDM yang ada di perusahaan harus bisa membawa perusahaan dan produk Anda untuk bersaing dengan kompetitor.

Meningkatkan kualitas SDM juga berhubungan langsung dengan karyawan. Setiap SDM atau karyawan pasti ingin berkembang menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Jika karyawan merasa perusahaan tempatnya bekerja tidak bisa mendukung peningkatan kualitas diri mereka, karyawan bisa memutuskan untuk meninggalkan perusahaan dan beralih ke perusahaan yang mendukung peningkatan kualitas SDM.

Jadi, jika Anda ingin perusahaan Anda berkembang lebih baik lagi dan karyawan Anda loyal, maka mencari cara meningkatkan kualitas SDM adalah hal yang harus Anda lakukan.

Baca Juga: Manajemen SDM: Pengertian, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas SDM?

cara meningkatkan kualitas sdm

Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di perusahaan Anda:

1. Berikan Pelatihan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan memberikan pelatihan. Meski berasal dari sekolah atau universitas terkemuka, tidak menjamin seseorang memiliki kualitas yang memadai.

Terlebih dunia semakin berkembang dan jika tidak dilatih, maka kualitas akan tertinggal. Pelatihan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas agar SDM atau karyawan tidak tertinggal zaman.

Anda bisa memberikan pelatihan yang relevan sesuai bidang masing-masing karyawan. Misalnya untuk karyawan bagian digital marketing, perusahaan memberikan fasilitas pelatihan copywriting atau manajemen media sosial.

Dengan adanya fasilitas pelatihan ini karyawan merasa perusahaan mendukung kemajuan dan ini akan menciptakan perasaan loyal kepada perusahaan.

2. Beri Tugas sebagai Bentuk Rasa Percaya

Selain dalam bentuk pelatihan, mendukung peningkatan kualitas SDM juga bisa dilakukan dengan memberi tugas kepada karyawan. Tugas ini bisa sebagai bentuk rasa percaya perusahaan kepada karyawan.

Mintalah setiap manajer atau pimpinan divisi untuk memberikan tugas kepada karyawan di bawahnya. Ini bisa menjadi kesempatan belajar karyawan langsung kepada atasannya.

Berikan tugas ini secara bertahap dari yang paling mudah sampai yang lebih sulit. Dari sini karyawan bisa mulai berdiskusi dan belajar dengan atasan secara langsung.

Baca Juga: Contoh 10 Karier Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Berikan Penghargaan

Memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki prestasi atau performa tinggi juga bisa menjadi cara meningkatkan kualitas SDM. Anda bisa membuat acara untuk memberikan penghargaan ini dan berikan apresiasi atas komitmen karyawan atas pekerjaan mereka.

Dengan memberikan penghargaan, karyawan akan merasa dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan. Mereka akan merasa apa yang selama ini mereka kerjakan tidaklah sia-sia.

Dari sini karyawan bisa mendapatkan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

4. Beri Kesempatan Menempuh Pendidikan

Di sebuah perusahaan biasa ada karyawan yang memiliki performa tinggi, rajin, disiplin, dan memiliki skil yang bagus. Kekurangannya adalah mereka masih kurang dalam hal pendidikan.

Tugas perusahaan adalah memberikan kesempatan kepada karyawan tersebut untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Jika memungkinkan, perusahaan juga bisa memberikan fasilitas pembiayaan pendidikan, dengan syarat karyawan tersebut akan mengabdi di perusahaan.

Dengan begini, karyawan akan memiliki peningkatan kualitas. Bagaimana pun pendidikan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas SDM.

Baca Juga: Mengetahui 5 Spesialisasi dalam Bidang Sumber Daya Manusia

5. Dukung untuk Melek Teknologi

Tahukah Anda bahwa tidak semua karyawan melek akan teknologi? Padahal teknologi ini adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia kerja saat ini.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas karyawan adalah dengan mendukung mereka untuk melek teknologi. Ini berlaku bagi seluruh karyawan baik yang masih muda atau senior.

Jangan sampai SDM di perusahaan Anda tidak bisa menggunakan teknologi dan kalah persaingan. Karena pastinya nantinya perusahaan Anda bisa kalah saing dengan kompetitor jika tidak melek teknologi.

6. Berikan Kenaikan Gaji

Kenaikan gaji menjadi salah satu yang akan meningkatkan motivasi kerja karyawan. Ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas karyawan.

Siapa sih karyawan yang tidak ingin gajinya mengalami kenaikan. Kenaikan gaji karyawan ini akan membuat karyawan merasa mereka bekerja di perusahaan yang tepat.

Dari sini perasaan loyal akan tumbuh dan dari sini karyawan akan semakin produktif.

Baca Juga: Siklus Sumber Daya Manusia dalam Bisnis yang Wajib Anda Tahu

7. Motivasi dengan Program yang Menarik

Tidak semua karyawan merasa kenaikan gaji adalah hal yang menarik. Ada beberapa karyawan yang lebih tertarik dengan program yang ada di perusahaan.

Program seperti bonus akhir tahun, tunjangan hari tua, hingga bonus liburan bisa menjadi cara memotivasi karyawan. Dengan motivasi ini nantinya karyawan akan bersemangat untuk meningkatkan kualitas agar bisa terus bekerja di perusahaan Anda.

cara meningkatkan kualitas sdm

8. Beri Hadiah Liburan

Siapa sih yang tidak tertarik dengan hadiah liburan dari perusahaan? Semua karyawan pasti akan senang ketika menerimanya.

Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung peningkatan kualitas SDM. Bekerja setiap hari dari Senin hingga Jum’at (ada yang hingga Sabtu) tidak jarang membuat karyawan penat dan stres.

Jika karyawan bisa mendapatkan hadiah libur, ini bisa menjadi cara melepas penat dan stres. Berikan ini kepada karyawan yang memiliki performa terbaik, agar karyawan bersemangat untuk terus berdedikasi terhadap perusahaan.

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Pemberdayaan Karyawan

9. Berikan Fasilitas yang Lengkap

Memberikan fasilitas yang lengkap juga bisa jadi salah satu cara meningkatkan kualitas SDM. Pastinya fasilitas ini di luar inventaris dan peralatan kerja dari perusahaan.

Anda bisa memberikan fasilitas seperti ruangan ber-AC, dapur lengkap dengan alat untuk membuat kopi atau teh, ruang istirahat, dan lainnya.

Dengan adanya fasilitas ini, karyawan Anda betah berada di kantor dan bersemangat untuk bekerja.

10. Hilangkan Sistem Senioritas

Tahukah Anda bahwa produkivitas karyawan bisa menurun seiring lamanya waktu bekerja? Salah satu penyebabnya karena karyawan tersebut bisa memerintahkan pekerjaan ke karyawan baru.

Tidak jarang ini membuat karyawan baru merasa tidak betah dan memilih resign. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menghilangkan senioritas di dalam perusahaan.

Setiap karyawan memiliki hak yang sama dalam bekerja, baik yang senior atau masih baru. Bangun solidaritas antar karyawan agar sesama karyawan saling mendukung.

Baca Juga: 12 Jenis Budaya Organisasi dan Peran HR dalam Membentuknya

11. Beri Feedback atas Pekerjaan Karyawan

Cara meningkatkan kualitas SDM selanjutnya adalah dengan memberikan feedback kepada karyawan. Lakukan evaluasi atas kinerja karyawan agar karyawan bisa meningkatkan performa pekerjaan mereka.

Anda bisa memberikan evaluasi atas pekerjaan karyawan Anda setiap dua minggu. Berikan masukan dan solusi atas masalah yang dialami karyawan.

12. Tanamkan Rasa Tanggung Jawab di Diri Karyawan

Meningkatkan kualitas SDM juga dapat dilakukan dengan menananmkan rasa tanggung jawab di dalam diri karyawan. Karyawan harus bisa bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka miliki.

Anda bisa mendukungnya dengan menggunakan absensi dengan selfie, sehingga tidak ada lagi titip absen antar karyawan.

13. Gunakan Sistem Rekrutmen yang Ketat

Untuk menjaring karyawan baru dengan kualitas terbaik pastinya dibutuhkan sistem rekrutmen yang ketat. Anda bisa melakukannya dengan memberikan pertanyaan saat wawancara yang tidak bisa ditemukan di internet.

Selain cara itu, cara lainnya yang bisa digunakan dalam sistem rekrutmen yang ketat adalah dengan memberikan tugas baru untuk menyeleksi calon kandidat. Misalnya untuk bagian penulis konten, Anda bisa meminta calon kandidat menuliskan artikel baru dengan pedoman yang Anda tentukan.

gajihub 3

Baca Juga: Cara Membangun Budaya Kerja yang Positif dan Contohnya

Apa Saja yang Mempengaruhi Kualitas SDM?

sumber daya manusia

Setelah Anda mengetahui cara meningkatkan kualitas SDM, kini saatnya Anda mengetahui apa saja yang mempengaruhi kualitas SDM yang ada di perusahaan dan di Indonesia. Data sumber daya manusia ini dapat diukur berdasarkan indikator kualitas sumber daya manusia yang disebut dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Sumber daya manusia ini nantinya yang akan berpengaruh dalam pengolahan sumber daya alam. Ada 3 (tiga) indikator yang mempengaruhi kualitas sumber data manusia, yakni:

1. Kesehatan

Kesehatan menjadi indikator penting dalam menilai kualitas sumber daya manusia. Kesehatan ini ditentukan oleh umur panjang dan hidup sehat yang dimiliki seseorang.

Semakin banyak orang yang berumur panjang dan menjalani hidup sehat, maka semakin berkualitas SDM yang dimiliki.

2. Pendidikan

Indikator kedua adalah dengan pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka akan semakin berkualitas SDM yang dimiliki.

3. Standar Hidup Layak

Terakhir adalah standar hidup layak. Ini adalah penilaian penting dari kualitas SDM dimana semakin seseorang memiliki hidup yang layak, maka semakin berkualitas hidup mereka.

Perusahaan tempat bekerja haruslah bisa mendukung 3 (tiga) indikator ini, yakni melalui program jaminan kesehatan, fasilitas pelatihan dan pendidikan, hingga memberikan gaji yang layak kepada karyawan.

Baca Juga: 15 Cara Memotivasi Karyawan dan Keuntungannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara meningkatkan kualitas SDM yang bisa Anda jadikan referensi dalam program peningkatan SDM di perusahaan Anda. Perusahaan memiliki kewajiban untuk mendukung peningkatan kualitas SDM, namun tentunya ini harus didukung dari berbagai aspek, salah satunya dengan memberikan sistem pengelolaan karyawan terbaik.

GajiHub menjadi software payroll dan aplikasi HRIS yang direkomendasikan sebagai sistem pengelolaan karyawan terbaik. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Salah satunya adalah fitur aplikasi absensi online dengan selfie. Fitur ini mengharuskan karyawan presensi dengan cara selfie sehingga karyawan tidak bisa memalsukan data presensi ataupun titip absen.

Jadi, tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *