Berapa Gaji Asisten Manager? Cek Kisarannya Berikut Ini

berapa gaji asisten manager banner

Dalam suatu kegiatan operasional, asisten manager memegang peranan penting untuk membantu manajer dalam melaksanakan tugas-tugasnya, mulai dari mengawasi dan mengkoordinasi karyawan hingga menangani situasi darurat. Dengan tanggung jawab yang begitu besar, kira-kira berapa gaji seorang asisten manager?

Sebelum membahas hal tersebut, perlu Anda ketahui bahwa asisten manajer sering kali menjadi penghubung antara manajemen tingkat atas dan karyawan serta memfasilitasi komunikasi yang efektif di dalam organisasi, sehingga tak heran jika banyak perusahaan yang menawarkan gaji tinggi untuk posisi tersebut.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu asisten manager, kisaran gajinya di Indonesia, tugas, dan kualifikasi penting.

Apa yang Disebut dengan Asisten Manager?

Asisten manager adalah orang yang membantu menjalankan tugas-tugas perusahaan di bawah arahan seorang manajer.

Sebagai asisten manager, Anda akan melakukan berbagai hal, seperti merekrut dan melatih karyawan baru, serta membantu pelanggan.

Selain itu, Anda juga perlu memantau pengeluaran dan mengatur anggaran perusahaan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan karyawan, serta memastikan tim bekerja dengan efisien.

Tentunya, Anda juga memiliki tanggung dan peran kepemimpinan terhadap karyawan lain, misalnya dengan menugaskan pekerjaan kepada mereka dan memastikan tugas-tugas tertentu selesai tepat waktu.

Artinya, sebagian besar asisten manajer bekerja untuk membantu para eksekutif dalam menjaga kelancaran operasional. Saat eksekutif atau manajer utama tidak bisa hadir di tempat, Anda akan bertangung jawab atas kepemimpinan tim.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki keterampilan organisasi yang baik, problem solving, dapat memberikan arahan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Berapa Gaji HRD? Berikut Kisarannya di Beberapa Perusahaan di Indonesia

berapa gaji digital asisten manager 1

Apa Saja Tugas Asisten Manager?

Sebagai asisten manager, Anda berperan penting dalam menjaga kelancaran operasional perusahaan. Berikut sejumlah tugas yang menjadi tanggung jawab Anda:

1. Pengawasan Tim

Tanggung jawab utama seorang asisten manjer adalah mengawasi tim, yang melibatkan tugas seperti menyusun jadwal kerja, mengelola cuti karyawan, menangani pertanyaan staf, dan mengambil tindakan disipliner jika diperlukan.

Selain itu, asisten manajer juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan merancang program pelatihan serta pengembangan untuk meningkatkan produktivitas.

Uuntuk memudahkan Anda dalam bekerja, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR  Gajihub.

Melalui software ini, Anda dapat menyusun jadwal kerja melalui sistem drag and drop, sementara para karyawan dapat melihat jadwal tersebut pada smartphone masing-masing.

Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot dalam hal pengelolaan cuti, karena Gajihub memiliki fitur employee self service (ESS) yang memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti dan izin secara mandiri melalui aplikasi.

Anda pun dapat melakukan approval melalui website Gajihub, yang membuat Anda lebih hemat waktu dalam bekerja.

Dengan demikian, Anda akan lebih fokus terhadap pekerjaan yang membutuhkan strategi dan pertimbangan secara matang.

Tertarik untuk mencobanya? Klik gambar di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

gajihub 2

2. Pertemuan dan Acara

Selanjutnya, Anda juga perlu mengelola pertemuan, konferensi, atau cara perusahaan, yang mencakup menyusun undangan, mempersiapkan materi presentasi, dan menangani berbagai kebutuhan untuk memastikan kelancaran acara tersebut.

3. Administratif dan Dukungan Kantor

Tugas administratif meliputi menangani panggilan telepon, menerima tamu, dan menjaga kelancaran administrasi harian.

Anda juga akan bertanggung jawab untuk memproses dokumen dan menyusun laporan yang diperlukan guna mendukung kegiatan operasional kantor.

4. Penyusunan Dokumen dan Laporan

Sebagai pendukung manajer, tugas Anda juga mencakup menyusun, mengedit, dan mengelola dokumen penting, laporan, serta surat-menyurat yang dibutuhkan.

Dalam melaksanakan tugas, penting bagi Anda untuk memastikan keakuratan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi pada dokumen tersebut.

Baca Juga: Jobdesk Asisten Manajer, Skill Penting, dan Gajinya

berapa gaji digital asisten manager 2

5. Pengelolaan Jadwal dan Janji

Merencakan dan mengelola jadwal harian juga merupakan jobdesk asisten manager. Hal ini termasuk mengatur perjalanan bisnis, penjadwalan pertemuan, serta memastikan koordinasi yang baik antara manajemen dan pihak terkait.

6. Tugas Tambahan berdasarkan Permintaan

Asisten manajer seringkali diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai permintaan manajemen, seperti melakukan riset pasar, analisis data, atau tugas khusus lainnya untuk mengurangi beban kerja manajer.

Baca Juga: Jobdesk Koordinator Produksi, Skill Penting, dan Kisaran Gajinya

Berapa Gaji Asisten Manager?

Mengutip Jobstreet, rata-rata gaji asisten manager di Indonesia mencapai Rp8.500.000 hingga Rp11.500.000 setiap bulannya.

Jobsreet juga memberikan daftar beberapa daerah dengan gaji tertinggi untuk posisi asisten manager yang meliputi:

  1. Karawang: Rp14.000.000.
  2. Jakarta Selatan: Rp13.000.000.
  3. Jakarta Pusat: Rp12.000.000.
  4. Kabupaten Bekasi: Rp12.000.000.
  5. Medan: Rp11.000.000.
  6. Tangerang: Rp11.000.000.
  7. Jakarta Timur: Rp10.000.000.
  8. Bekasi: Rp10.000.000.

Selain berdasarkan wilayahnya, perbedaan berapa gaji asisten manager juga ditentukan oleh industri dan kebijakan perusahaan.

Sebagai gambaran, berikut gaji asisten manager di beberapa perusahaan ternama di Indonesia:

  1. PT Astra International Tbk: Rp8.000.000 – Rp18.000.000.
  2. BCA: Rp13.500.000.
  3. Bank Indonesia: Rp10.000.000 – Rp17.000.000.
  4. Bank Mandiri: Rp6.000.000.
  5. PT Bursa Efek Indonesia: Rp23.500.000.
  6. Gojek Indonesia: Rp13.600.000.
  7. HM Sampoerna Tbk: Rp10.000.000.
  8. PLN: Rp6.000.000 – Rp13.000.000.
  9. PT Jasa Marga Tbk: Rp24.200.000.
  10. PT Telekom Indonesia: Rp11.500.000.
  11. Shopee: Rp34.500.000.
  12. Unilever Indonesia: Rp20.899.386 per bulan.

Baca Juga: Jobdesk Supervisor Produksi, Skill Penting, dan Gajinya

berapa gaji digital asisten manager 3

Apa Saja Kualifikasi untuk Menjadi Seorang Asisten Manager?

Untuk menjadi seorang asisten manager, ada beberapa kualifikasi yang perlu Anda penuhi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pendidikan

Untuk menjadi asisten manajer, beberapa perusahaan mungkin lebih menyukai kandidat yang memiliki gelar sarjana di bidang manajemen keuangan, ekonomi, bisnis, dan bidang relevan lainnya, agar lebih mudah dalam melaksanakan perannya.

2. Sertifikasi

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti sertifikasi dalam bidang manajemen untuk meningkatkan peluang. Saat ini, ada banyak kursus sertifikasi baik offline maupun online yang bisa Anda selesaikan dalam beberapa bulan.

3. Pengalaman Magang

Pengalaman magang dapat membantu Anda memahami tugas dna lingkungan kerja di sebuah perusahaan. Dengan mencantumkan pengalaman magang di CV, Anda juga dapat membuktikan keterampilan dan kinerja Anda.

4. Pengalaman Kerja

Untuk melamar sebagai asisten manajer di perusahaan besar, Anda biasanya memerlukan beberapa tahun pengalaman kerja. Referensi dari pekerjaan sebelumnya dan testimoni dari klien bisa meningkatkan peluang Anda.

Selain memenuhi beberapa kualifikasi umum seperti di atas, setiap perusahaan kemungkinan memiliki kualifikasi lain yang sesuai dengan bidang industrinya.

Sebagai referensi, berikut kualifikasi untuk posisi asisten manager di PT. Dojako Kosmetik Indonesia sesuai yang tercantum pada job portal Glints.

Kualifikasi:

  • Gelar sarjana di bidang terkait, seperti Manajemen Bisnis, Pemasaran, atau bidang terkait lainnya.
  • Pengalaman kerja min. 1 tahun di industri perawatan kecantikan atau penjualan ritel, dengan pengalaman manajerial diutamakan.
  • Keterampilan kepemimpinan yang kuat, dengan kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi staf.
  • Kemampuan komunikasi yang luar biasa, baik lisan maupun tertulis, serta kemampuan untuk berinteraksi dengan berbagai tingkat organisasi.
  • Keterampilan analitis yang baik dengan kemampuan untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada data dan analisis pasar.
  • Pengetahuan yang kuat tentang produk skincare dan tren industri kecantikan akan dianggap sebagai keuntungan tambahan

Baca Juga: 10 Cara Melatih Manajer Baru dan Tips Suksesnya

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa berapa gaji seorang asisten manager dapat bervariasi tergantung pada faktor lokasi, industri, hingga kualifikasi individu.

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji untuk posisi ini mencapai Rp8.500.000 hingga Rp11.500.000 setiap bulannya. Namun, gaji tersebut dapat lebih tinggi terutama di daerah tertentu atau perusahaan yang lebih besar.

Perusahaan-perusahaan ternama atau multinasional cenderung menawarkan kompensasi yang lebih besar untuk posisi ini.

Faktor lain yang memengaruhi besarnya gaji termasuk tingkat pendidikan, sertifikasi tambahan, serta jumlah tahun pengalaman kerja yang dimiliki oleh seorang asisten manager.

Nah, dengan banyaknya tanggung jawab yang diemban oleh asisten manager, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub yang dapat mempermudah mereka dalam mengelola jadwal karyawan dan urusan administrasi lainnya.

Tertarik mencoba? Yuk, kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *