5 Manfaat Software Absensi Online untuk Bisnis

manfaat sofwtare absensi online

Pengelolaan kehadiran karyawaan saat ini menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. Anda bisa mendapatkan manfaat software absensi online dimana Anda akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan kehadiran karyawan.

Software absensi online menjadi pilihan terbaik untuk pencatatan kehadiran karyawan dimana karyawan bisa melakukan presensi melalui smartphone. Selain karyawan, perusahaan juga akan mendapatkan manfaat dengan adanya software absensi ini, yakni bisa dengan mudah melakukan approval dan akan mendapatkan laporan kehadiran karyawan secara otomatis.

Apakah Anda membutuhkan software absensi online untuk bisnis Anda tetapi masih bingung apa manfaat software absensi online ini?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat software absensi online dan Anda dapat memutuskan apakah software absensi ini sesuai kebutuhan Anda. Simak penjelasan lengkapnya hanya di artikel yang ada di bawah ini:

Mengapa Pengelolaan Kehadiran Karyawan Itu Penting?

manfaat sofwtare absensi online

Sebelum membahas mengenai manfaat dari software absensi online, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa pengelolaan kehadiran karyawan itu sesuatu yang penting? Mengapa Anda membutuhkan software absensi untuk pengelolaan kehadiran karyawan.

Software absensi merupakan perangkat lunak yang membantu melacak, memantau, dan mengelola kehadiran karyawan pada sebuah perusahaan. Untuk perusahaan yang berurusan dengan tenaga kerja kontrak atau terdistribusi, manajemen kehadiran secara langsung membantu meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan menutup kebocoran terkait kehadiran jika ada.

Alat manajemen kehadiran ini dapat membantu profesional HR atau pemilik bisnis melakukan hal-hal berikut ini:

  • Mengelola jam masuk dan jam pulang tim
  • Melacak cuti dan ketidakhadiran
  • Mengotomatiskan penjadwalan shift
  • Integrasi penggajian
  • Analisis dan pelaporan
  • Otomatisasi kepatuhan kehadiran
  • Meningkatkan produktivitas tenaga kerja
  • Dan masih banyak lagi

Jadi, mengapa perusahaan membutuhkan sistem manajemen kehadiran untuk tim mereka? Berikut adalah beberapa manfaat yang paling meyakinkan dari memiliki sistem manajemen kehadiran untuk tim Anda.

Baca Juga: 12 Fitur Software Payroll Ini Harus Ada, Apa Saja?

5 Manfaat Sistem Manajemen Kehadiran

manfaat sofwtare absensi online

Berikut 5 manfaat yang akan Anda dapatkan dengan adanya software absensi online:

1. Efisiensi pengelolaan kehadiran karyawan

Memiliki sistem manajemen kehadiran sangat efisien bagi tim dan manajer Anda. Banyak manajer HR yang menghabiskan beberapa jam dalam seminggu untuk membuat daftar shift secara manual, melacak ketidakhadiran dan cuti, dan mengelola kehadiran pekerja.

Dengan solusi manajemen kehadiran, Anda dapat mengotomatiskan dan menyederhanakan aktivitas seperti penjadwalan shift, pelacakan ketidakhadiran, dan masih banyak lagi. Efisiensi juga meningkat bagi karyawan Anda karena sekarang akan lebih mudah untuk mengajukan cuti, melacak jadwal mereka, dan melaporkan masalah kehadiran.

Ini berfungsi baik untuk tim online maupun offline karena perangkat lunak berbasis cloud juga dapat diberi geotag sehingga anggota tim hanya bisa absen saat mereka berada di sekitar kantor atau tempat kerja mereka.

2. Lebih hemat tenaga

Dengan efisiensi yang lebih tinggi, maka upaya yang diperlukan untuk memelihara dan mematuhi protokol manajemen kehadiran juga lebih sedikit atau bisa dikatakan Anda akan lebih hemat tenaga.

Bayangkan skenario ini, orang HR harus secara manual memeriksa kartu absensi setiap hari dan kemudian menghitung gaji secara manual.

Sekarang, dengan aplikasi absensi karyawan online, orang dapat melakukan absensi di cloud, dan kemudian manajer dapat mengakses dasbor analitik yang meringkas jam kerja dan ketidakhadiran sehingga admin akan lebih mudah menghitung gaji.

Banyak aplikasi manajemen kehadiran yang terintegrasi dengan perangkat lunak penggajian sehingga departemen SDM dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menghitung gaji dan lebih banyak waktu untuk mencairkannya dengan segera. Kasus penggunaan ini adalah salah satu dari banyak cara perangkat lunak pelacakan kehadiran tim membantu tim.

Hal ini juga dapat mengurangi upaya yang dihabiskan untuk membuat laporan kehadiran untuk evaluasi, penjadwalan shift, pelacakan cuti, dan banyak aspek lain dari pemantauan kehadiran.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Kontraktor Terbaik

3. Hasil yang lebih memuaskan

Sekarang manajer HR dan pemilik bisnis menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas administratif yang berkaitan dengan manajemen kehadiran, mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas-tugas tingkat tinggi yang memberikan lebih banyak hasil, seperti membangun jaringan, pengembangan produk, aktivitas keterlibatan karyawan, pemasaran, dan sebagainya.

Kita akan memasuki masa di mana budaya kerja akan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Manajer sumber daya manusia harus meluangkan lebih banyak waktu dan energi untuk menciptakan cara-cara membangun budaya kerja yang kuat.

Meluangkan waktu mereka untuk hal tersebut kini dapat dilakukan jika mereka mengotomatiskan bagian lain dari tugas-tugas SDM mereka seperti manajemen kehadiran sehingga mereka dapat mendorong hasil yang dibutuhkan untuk tim secara keseluruhan.

4. Kepuasan kerja yang meningkat

Keterlibatan yang lebih tinggi di tempat kerja dapat menurunkan tingkat ketidakhadiran hingga 41% dan meningkatkan keuntungan hingga 21%. Jadi, berfokus pada kebahagiaan di tempat kerja tidak hanya menguntungkan staf. Hal ini juga menguntungkan perusahaan.

Perangkat lunak manajemen kehadiran juga dapat berdampak langsung pada kepuasan kerja karyawan. Salah satunya, cuti akan lebih cepat disetujui karena perangkat lunak ini mengotomatiskan banyak tugas pemberitahuan dan persetujuan yang terlibat dalam manajemen cuti.

Ketika ada satu sistem terpadu, maka mudah untuk mengelola catatan yang sangat besar dan tidak perlu rekonsiliasi manual.

5. Peningkatan kesehatan karyawan

Perusahaan juga harus mulai melihat keterlibatan karyawan sebagai tujuan dan bukan hanya sarana untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Jadi, staf yang sehat adalah tujuan atau manfaat yang bagus untuk dicapai dengan manajemen kehadiran.

Terlalu banyak bekerja adalah salah satu penyebab utama kelelahan di tempat kerja, sebuah fenomena yang merugikan industri di Amerika Serikat lebih dari $300 miliar per tahun.

Perusahaan dan manajer memiliki tanggung jawab untuk melindungi kesehatan anggota staf mereka di tempat kerja, baik secara fisiologis maupun psikologis. Manajemen kehadiran adalah bagian dari proses tersebut-memeriksa siapa di antara anggota staf yang terlalu banyak bekerja dan mengatasinya dengan mengurangi beban kerja mereka atau memberi mereka cuti.

gajihub 1

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Online Terbaik untuk Semua Bisnis

Apa Saja Pertimbangan dalam Memilih Software Absensi Online?

aplikasi kehadiran

Memiliki sistem manajemen kehadiran online bisa memberikan berbagai macam manfaat bagi tim Anda. Jadi, bagaimana cara memilih dan mengatur perangkat lunak HR untuk manajemen kehadiran?

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda miliki saat memilih sistem manajemen cuti terbaik untuk tim atau perusahaan Anda:

1. Otomatisasi

Pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan dengan sistem manajemen waktu dan kehadiran Anda adalah otomatisasi yang tersedia. Anda menginginkan sesuatu yang memiliki otomatisasi paling banyak.

Tujuan dari solusi perangkat lunak adalah membuat hidup Anda atau tim Anda lebih mudah.

Otomatisasi dapat melakukannya dengan menghapus tugas-tugas manual dan menyiapkan peringatan dan pemberitahuan sehingga Anda dan tim Anda dapat mengalihkan pikiran dari bagian manajemen sumber daya manusia yang berulang-ulang dan lebih fokus pada hal-hal seperti:

  • Pelatihan
  • Evaluasi karyawan
  • Pembangunan tim
  • Pengembangan tim
  • Perekrutan dan perekrutan

Baca Juga: Kekurangan Mesin Absensi Dibanding Aplikasi Absensi, Apa Saja?

2. Fitur yang dimiliki

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah fitur-fitur yang diperlukan untuk konteks Anda. Tidak semua sistem dibuat dengan cara yang sama, dan tidak semua perusahaan membutuhkan fitur yang sama.

Setiap solusi perangkat lunak HR memiliki keunikan dan nilai jual tersendiri.

Jadi, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukan semua riset yang diperlukan untuk mengetahui solusi mana yang paling sesuai dengan konteks Anda.

Buatlah daftar tugas yang ingin Anda otomatiskan dalam sistem manajemen kehadiran, ubahlah menjadi daftar periksa, dan mulailah mencari solusi yang menyediakan fitur-fitur tersebut. Berikut adalah daftar fitur perangkat lunak HR yang bisa Anda lihat untuk membuat daftar tersebut.

Pertimbangkan juga pengaturan tim seperti apa yang Anda miliki. Jika Anda memiliki tim di lokasi, misalnya, maka Anda mungkin memerlukan sistem manajemen kehadiran biometrik.

3. Kemudahan Penggunaan

Pertimbangan terakhir dalam memilih sistem manajemen kehadiran adalah kemudahan penggunaan. Apakah perangkat lunak tersebut mudah diakses dan digunakan oleh manajer Anda?

Selain itu, apakah lebih mudah digunakan oleh anggota tim lainnya? Pilih sistem yang memiliki pengalaman pengguna yang paling sesuai dengan tim Anda.

Untuk tim dengan anggota yang kurang paham teknologi, Anda mungkin ingin memilih aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki fungsi yang lebih sedikit. Setiap tim akan memiliki preferensi tersendiri.

Anda juga bisa memilih solusi yang memungkinkan pelabelan putih sehingga perangkat lunak akan lebih sesuai dengan identitas perusahaan dan memberikan rasa kepemilikan yang lebih tinggi kepada pengguna.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Perusahaan Jasa Terbaik

Apa Rekomendasi Software Absensi Online Terbaik untuk Bisnis?

manfaat sofwtare absensi online

Setelah Anda mendapatkan penjelasan mengenai manfaat dari software absensi online, ini saatnya Anda memilii software absensi online untuk bisnis Anda. Lalu apa rekomendasi software absensi online untuk bisnis Anda?

Buat Anda yang membutuhkan rekomendasi software absensi online, Anda dapat memilih software absensi GajiHub. GajiHub merupakan software absensi yang dilengkapi berbagai fitur yang tidak hanya bisa untuk pengelolaan kehadiran karyawan, tetapi juga pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh GajiHub antara lain:

GajiHub juga memiliki harga terjangkau yakni mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan. Buat Anda yang tertarik menggunakan GajiHub dan membutuhkan konsultasi, Anda bisa jadwalkan demo bersama Tim Hebat GajiHub di tautan yang ada di sini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat software absensi online untuk Anda. Dari penjelasan yang ada di atas, dapat diketahui bahwa software absensi online merupakan pilihan terbaik yang akan memudahkan pengelolaan kehadiran karyawan Anda.

Software absensi online telah dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan kehadiran karyawan menjadi lebih mudah dan efektif.

GajiHub menjadi pilihan terbaik buat Anda yang sedang membutuhkan software absensi terbaik untuk memudahkan pengelolaan kehadiran karyawan di perusahaan Anda. Mengapa Anda harus memilih GajiHub?

Ini karena GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi telah dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan karyawan super mudah, mulai dari fitur payroll, absensi, BPJS, PPh 21. akuntansi, cuti dan izin, analisis data, Employee Self Service (ESS), hingga reimbursement dan kasbon.

Jadi tidak ada alasan lain bagi Anda untuk tidak memilih GajiHub. Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *