Visi Perusahaan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

visi perusahaan

Visi merupakan bagian penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. Visi perusahaan ini penting karena akan membuat perusahaan terhubung dengan pelanggan, khususnya dalam hal menyampaikan tujuan yang dimiliki perusahaan.

Visi perusahaan ini harus dibuat oleh perusahaan untuk melihat seberapa jauh tujuan dan ambisi perusahaan. Bagaimana pun setiap perusahaan pastinya memiliki tujuan jangka panjang dan ambisi yang ingin dicapai.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari visi perusahaan ini? Bagaimana cara membuat visi perusahaan dan apa saja contoh visi perusahaan yang ada di dunia nyata?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai visi perusahaan, mulai dari pengertian, cara membuat, hingga contohnya. Baca lebih lengkapnya tentang artikel ini hanya di penjelasan di bawah ini:

 

Apa Pengertian Visi Perusahaan?

visi perusahaan

Visi perusahaan merupakan tujuan di masa depan yang ingin diwujudkan atau dicapai oleh perusahaan. Untuk mencapainya, perusahaan akan melakukan berbagai tindakan yang dikenal dengan misi perusahaan.

Visi akan menguraikan tujuan jangka panjang perusahaan. Biasanya bersifat ambisius dan mengomunikasikan bagaimana perusahaan berencana untuk membuat perbedaan di dunia.

Visi ini dapat dianggap sebagai peta jalan untuk membuat keputusan yang selaras dengan filosofi dan tujuan perusahaan Anda. Tujuan dari pernyataan visi adalah untuk membedakan diri Anda dari para pesaing dan memfokuskan upaya untuk mencapai tujuan Anda.

Pernyataan visi bersifat aspiratif dan mengekspresikan rencana atau “visi” merek Anda untuk masa depan dan potensi dampaknya terhadap dunia. Pernyataan visi sering kali berfungsi sebagai panduan untuk tujuan masa depan merek dan menjelaskan mengapa pelanggan dan karyawan harus bertahan untuk jangka panjang.

Memiliki visi yang baik akan membantu Anda:

  • Menginspirasi tim dan membuat mereka tetap fokus
  • Terhubung dengan pelanggan di pasar khusus
  • Membuat keputusan yang lebih cerdas
  • Menarik talenta terbaik

Pernyataan visi biasanya dipasangkan dengan pernyataan misi untuk memandu perencanaan. Pernyataan visi dan misi tidak memiliki panjang tertentu.

Anda bisa membuat pernyataan satu kalimat atau menulis dokumen tiga halaman yang membahas masa depan perusahaan.

Baca Juga: 6 Cara Mensosialisasikan Perubahan Peraturan Perusahaan

Seperti Apa Visi Perusahaan yang Baik?

Pernyataan visi yang baik harus berani dan ambisius. Pernyataan ini dimaksudkan untuk menjadi pernyataan yang inspiratif dan memiliki gambaran besar tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan Anda di masa depan.

Hal ini akan memberi pelanggan gambaran tentang arah perusahaan Anda dan membangun loyalitas pelanggan dengan memungkinkan mereka menyelaraskan dukungan mereka dengan visi Anda karena mereka juga percaya pada masa depan merek Anda.

Baca Juga: 10 Cara Memberikan Masukan untuk Perusahaan dan Contohnya

Apa Saja Bagian dari Visi Perusahaan?

visi perusahaan

Visi perusahaan Anda haruslah inspiratif dan juga selaras dengan misi perusahaan. Pernyataan visi harus memiliki karakteristik berikut:

  • Aspiratif dan ambisius. Memiliki pandangan yang tinggi tentang apa yang ingin dicapai oleh bisnis Anda? Inilah tempatnya. Pernyataan visi Anda harus aspiratif dan menunjukkan bagaimana bisnis Anda akan tumbuh di masa depan.
  • Praktis dan dapat dicapai. Meskipun pernyataan Anda harus ambisius, namun seharusnya tidak mustahil. Tetapkan tujuan yang menantang dan praktis.
  • Umum. Visi Anda harus cukup luas untuk mencakup semua tujuan keseluruhan merek Anda. Anggap saja sebagai payung bagi pernyataan misi dan tujuan perusahaan Anda.

Baca Juga: Data Internal Perusahaan Bocor, Apa yang Harus Dilakukan?

Apa Perbedaan Visi dan Misi Perusahaan?

Selain visi perusahaan, pasti Anda tidak asing dengan misi perusahaan. Nah, apa sih sebenarnya perbedaan keduanya?

Pada misi perusahaan menjelaskan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan, siapa yang ingin didukung, dan mengapa mereka ingin mendukungnya. Di sisi lain, visi menggambarkan di mana perusahaan ingin komunitas, atau dunia, berada sebagai hasil dari layanan perusahaan.

Dengan demikian, misi adalah peta jalan untuk pernyataan visi perusahaan. Misi adalah kutipan harfiah yang menyatakan apa yang ingin dilakukan oleh sebuah merek atau perusahaan.

Hal ini memungkinkan publik mengetahui produk dan layanan yang ditawarkannya, untuk siapa produk dan layanan tersebut dibuat, dan mengapa mereka melakukannya.

Visi adalah sebuah merek yang melihat ke masa depan dan mengatakan apa yang ingin dicapai melalui pernyataan misinya. Hal ini lebih bersifat konseptual, karena ini merupakan gambaran sekilas tentang seperti apa merek tersebut di mata konsumen dan nilai yang akan diberikan dalam jangka panjang.

Singkatnya, perbedaan utama antara pernyataan misi dan pernyataan visi adalah:

Pernyataan misi menggambarkan tujuan perusahaan saat ini. Fungsi perusahaan, target audiens, dan penawaran utama adalah elemen-elemen yang sering disebutkan dalam pernyataan misi.

Pernyataan visi adalah pandangan ke masa depan perusahaan atau apa visi menyeluruhnya. Elemen yang sama dari pernyataan misi dapat dimasukkan dalam pernyataan visi, tetapi akan dijelaskan dalam bentuk waktu yang akan datang.

Baca Juga: 13 Cara Meningkatkan Kualitas SDM di Perusahaan Anda

Apa Saja Komponen Visi Perusahaan?

visi misi

Berikut beberapa komponen yang dimiliki oleh visi perusahaan:

1. Ditujukan untuk masa depan

Pernyataan visi Anda adalah template gambaran besar yang jelas untuk Anda dan para pemangku kepentingan. Pernyataan visi tidak boleh berisi tentang tujuan saat ini atau tujuan jangka pendek-serahkan saja pada pernyataan misi Anda.

Pernyataan tersebut harus menggambarkan sesuatu yang lebih signifikan.

Contoh yang bagus untuk hal ini adalah organisasi nirlaba Oxfam. Pernyataan visi Oxfam adalah untuk menjadi “orang-orang yang terorganisir secara aktif menciptakan dunia yang demokratis dan berkelanjutan yang adil di mana kekuasaan dan sumber daya dibagi, semua orang hidup bermartabat, dan kemiskinan serta ketidaksetaraan tidak ada lagi.”

Ini adalah tujuan yang sangat berorientasi pada masa depan. Tidak hanya berusaha mengentaskan kemiskinan secara individu, Oxfam ingin mengubah cara kerja dunia sehingga kemiskinan benar-benar diberantas.

Sama seperti Oxfam, jangan takut untuk bermimpi besar dengan pernyataan visi Anda. Ingat, ini adalah gambaran jangka panjang untuk perusahaan Anda, jadi akan sangat baik jika cita-cita tersebut memiliki jangkauan yang jauh.

2. Menunjukkan ambisi

Pernyataan visi menunjukkan bagaimana perusahaan Anda ingin tumbuh dan mencapai lebih dari sekadar bertahan dalam bisnis. Jika Anda tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai, akan sulit bagi bisnis Anda untuk memiliki pertumbuhan yang terfokus.

3. Menentukan arah Anda

Sulit untuk mencapai tujuan jika Anda bahkan tidak tahu arah mana yang ingin Anda tuju. Menetapkan proyeksi yang Anda miliki untuk bisnis e-niaga Anda memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat untuk menjaganya tetap di jalur yang tepat saat Anda tumbuh.

Keputusan seperti kemitraan apa yang Anda buat, apakah Anda memutuskan untuk membuat inisiatif kolaboratif atau tidak, bagaimana dan di mana Anda akan berekspansi-semua ini akan dipandu oleh pernyataan visi Anda.

4. Mencerminkan nilai-nilai perusahaan

Nilai-nilai perusahaan Anda penting bagi pelanggan Anda. Pernyataan visi Anda menggambarkan apa yang diprioritaskan oleh perusahaan Anda dan budaya perusahaan seperti apa yang Anda bawa kepada karyawan Anda.

4. Menginspirasi pelanggan

Pernyataan visi memotivasi pelanggan dan karyawan Anda. Pernyataan terbaik akan menginspirasi orang dan membuat mereka mengidentifikasikan diri dengan pernyataan visi Anda seolah-olah itu adalah milik mereka sendiri. Dengan begitu, pelanggan dan karyawan Anda menjadi sekutu Anda dalam membantu Anda mencapai impian tersebut.

Baca Juga: Manfaat Pelatihan Kerja bagi Karyawan dan Perusahaan

Bagaimana Cara Membuat Visi Perusahaan?

visi perusahaan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat visi:

1. Identifikasi tujuan Anda

Pernyataan visi Anda bukanlah dokumen strategis seperti rencana bisnis. Ini adalah visi yang jelas yang mengidentifikasi tujuan Anda. Ingat, ini bukan tujuan jangka pendek.

Tujuan pernyataan visi Anda seharusnya:

  • Jangka panjang (setidaknya lima hingga 10 tahun ke depan)
  • Selaras dengan nilai-nilai bisnis dan tujuan jangka pendek Anda
  • Berfokus pada kesuksesan
  • Ditulis dengan bahasa yang rapi, ringkas, dan bebas dari jargon
  • Menginspirasi

2. Tunjukkan tujuan Anda

Setelah Anda menentukan tujuan Anda, tunjukkan apa yang akan Anda lakukan untuk mencapainya. Intinya, seberapa besar komitmen Anda untuk mencapai visi Anda?

Mari kita lihat lagi Tesla: perusahaan ini ingin mengubah industri mobil dengan mengalihkannya ke mobil listrik.

Ini menetapkan tujuannya untuk merevolusi industri mobil, dan ia akan melakukannya dengan memproduksi mobil listrik yang membuat Anda ingin meninggalkan kendaraan boros bahan bakar.

3. Dapatkan umpan balik

Setelah Anda melakukan curah pendapat dan menyusun pernyataan visi Anda, mintalah umpan balik. Karyawan Anda adalah kelompok orang pertama yang harus ditanyakan.

Dari sana, tanyakan kepada teman, keluarga, pengikut media sosial Anda-siapa saja yang Anda percaya untuk berbagi pendapat jujur mereka.

Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan adalah:

  • Apakah visinya jelas?
  • Apakah Anda merasa terinspirasi oleh visi perusahaan ini?
  • Apakah mudah diingat?

Menurut pernyataan visi tersebut, menurut Anda, apa tujuan dari perusahaan ini?
Setelah Anda mendapatkan umpan balik, lakukan penyesuaian dan coba lagi. Ulangi proses ini sebanyak yang Anda butuhkan hingga visi Anda dikomunikasikan secara efektif.

4. Berikan visi yang spesifik

Salah satu kesalahan bisnis yang sering dialami oleh pengusaha baru adalah tidak memiliki tujuan yang spesifik. Ingat, Anda memproyeksikan lima hingga 10 tahun ke depan. Jadi, visi Anda bisa berubah dan disesuaikan seiring pertumbuhan bisnis Anda, namun intinya adalah memikirkan seperti apa bisnis Anda nantinya.

Jika Anda tidak jelas, akan lebih sulit untuk mengambil langkah konkret menuju pencapaian. Jauh lebih baik untuk lebih spesifik dan kemudian melakukan pivot jika keadaan berubah.

Sebagai contoh, ambil Patagonia. Awalnya, merek ini berfokus pada keberlanjutan. Namun seiring dengan pertumbuhan perusahaan, Patagonia mengubah pernyataan visi dan misinya menjadi lebih aktif dalam menyelamatkan Bumi.

Dan sekarang, mereka mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk menyelamatkan kehidupan di planet ini.

Baca Juga: Branding Perusahaan: Arti, Manfaat, Hingga Cara Membangunnya

Apa Saja Contoh Visi di Perusahaan Nyata?

vision

Berikut beberapa contoh visi pada perusahaan yang ada di dunia nyata:

  1. IKEA: “Our vision is to create a better everyday life for many people.” dimana dalam bahasa Indonesia artinya, “Visi kami adalah memberikan kehidupan yang lebih baik setiap harinya bagi banyak orang.”
  2. Nike: “Bring inspiration and innovation to every athlete* in the world. (*If you have a body, you are an athlete.)” dimana dalam bahasa Indonesia artinya “Membawa inspirasi dan inovasi bagi setiap atlet* di dunia. (*Jika Anda memiliki tubuh, Anda adalah seorang atlet).”
  3. McDonald’s: “To be the best quick service restaurant experience. Being the best means providing outstanding quality, service, cleanliness and value, so that we make every customer in every restaurant smile.” atau dalam bahasa Indonesia artinya “Memberikan pengalaman sebagai restoran cepat saji terbaik. Menjadi yang terbaik berarti memberikan kualitas, layanan, kebersihan, dan nilai yang luar biasa, sehingga kami membuat setiap pelanggan di setiap restoran tersenyum.”
  4. Amazon: “We strive to offer our customers the lowest possible prices, the best available selection and the utmost convenience.” atau dalam bahasa Indonesia artinya “Kami berusaha keras untuk menawarkan harga serendah mungkin kepada pelanggan kami, pilihan terbaik yang tersedia, dan kenyamanan terbaik.”
  5. Walmart: “Be the destination for customers to save money, no matter how they want to shop.” atau dalam bahasa Indonesia artinya “Jadilah tujuan bagi pelanggan untuk menghemat uang, bagaimana pun cara mereka berbelanja.”
  6. Google: “To provide access to the world’s information in one click” atau dalam bahasa Indonesia artinya “Menyediakan akses ke informasi dunia dalam satu klik”
  7. Microsoft: “To help people and businesses throughout the world realize their full potential.” dimana dalam bahasa Indonesia artinya, “Untuk membantu orang dan bisnis di seluruh dunia mewujudkan potensi penuh mereka.”
  8. Facebook: Facebook: “People use Facebook to stay connected with friends and family, to discover what’s going on in the world and to share and express what matters to them.”dimana artinya, “Orang-orang menggunakan Facebook untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia dan untuk berbagi serta mengekspresikan apa yang penting bagi mereka.”
  9. Coca-Cola: “Our vision is to craft the brands and choice of drinks that people love, to refresh them in body and spirit.” dimana artinya, “Visi kami adalah menciptakan merek dan pilihan minuman yang disukai orang, untuk menyegarkan tubuh dan jiwa mereka.”
  10. Starbucks: “Treat people like family, and they will be loyal and their all.” artinya, “Perlakukan orang seperti keluarga, dan mereka akan setia dan memberikan yang terbaik.”
  11. Tesla: “To create the most compelling car company of the 21st century by driving the world’s transition to electric vehicles.” artinya, “Untuk menciptakan perusahaan mobil yang paling menarik di abad ke-21 dengan mendorong transisi dunia ke kendaraan listrik.”
  12. Samsung: “Inspire the world with our innovative technologies, products and design that enrich people’s lives and contribute to social prosperity.” dimana artinya “Menginspirasi dunia dengan teknologi, produk, dan desain inovatif kami yang memperkaya kehidupan masyarakat dan berkontribusi pada kemakmuran sosial.”
  13. Netflix: “Becoming the best global entertainment distribution service.” dimana artinya, “Menjadi layanan distribusi hiburan global terbaik.”
  14. Zoom: “Zoom is for you.” artinya, “Zoom untuk Anda.”
  15. Patagonia: “We’re in business to save our home planet.” dimana artinya “Kami berbisnis untuk menyelamatkan planet tempat tinggal kita.”
  16. Oxfam: “A world without poverty.” artinya, “Dunia tanpa kemiskinan.”
  17. Disney: “To be one of the world’s leading producers and providers of entertainment and information.” dimana artinya “Menjadi salah satu produsen dan penyedia hiburan dan informasi terkemuka di dunia.”
  18. Instagram: “Capture and share the world’s moments.” dimana artinya, “Mengabadikan dan membagikan momen-momen dunia.”
  19. LinkedIn: “Create economic opportunity for every member of the global workforce.” artinya “Menciptakan peluang ekonomi bagi setiap anggota tenaga kerja global.”
  20. Meta: “Give people the power to build community and bring the world closer together.” artinya, “Memberi orang kekuatan untuk membangun komunitas dan mendekatkan dunia.”
  21. Shopify: “To make commerce better for everyone.” artinya dalam bahasa Indonesia yaitu, “Untuk membuat perdagangan menjadi lebih baik bagi semua orang.”
  22. Uber: “We ignite opportunity by setting the world in motion.” artinya, “Kami menciptakan peluang dengan menggerakkan dunia.”
  23. TED: “Spread ideas” artinya, “Menyebarkan ide”
  24. American Express: “Become essential to our customers by providing differentiated products and services to help them achieve their aspirations.” artinya, “Menjadi penting bagi pelanggan kami dengan menyediakan produk dan layanan yang berbeda untuk membantu mereka mencapai aspirasi mereka.”
  25. Sony: “To be a company that inspires and fulfills your curiosity.” artinya, “Menjadi perusahaan yang menginspirasi dan memenuhi keingintahuan Anda.”

gajihub 1

Baca Juga: Pentingnya Reward Management untuk Perusahaan dan Karyawan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai visi perusahaan yang wajib untuk Anda pahami. Visi perusahaan menjadi bagian penting yang akan menjelaskan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan.

Jadi, buat Anda yang sedang merintis atau baru membangun perusahaan, pastikan Anda memiliki visi perusahaan ini. Bagi perusahaan yang sudah lama beroperasi juga harus tetap memiliki visi ini.

Visi ini penting karena akan mempengaruhi ke berbagai aspek yang ada di perusahaan, salah satunya adalah dalam hal pengelolaan karyawan. Perusahaan dengan visi yang jelas akan memahami pentingnya keberadaan karyawan di perusahaan dan melakukan yang terbaik untuk mengelolanya.

Untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik, Anda membutuhkan perangkat yang mendukungnya. Software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub menjadi pilihan perangkat lunak terbaik yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan mendukung kemudahan pengelolaan karyawan, mulai dari payroll, absensi, PPh 21, akuntansi, BPJS, Employee Self Service, analisis data, hingga reimbusement, dan kasbon.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *