Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Tim HR dan Pelamar Kerja

manfaat menggunakan linkedin banner 1

Selain sebagai tempat job seeker untuk mencari pekerjaan, tim HR juga dapat memperoleh manfaat dari menggunakan LinkedIn.

Sebagai tim HR, Anda dapat menggunakan jaringan profesional terbesar di dunia ini untuk mencari calon karyawan, menilai profil mereka, dan bahkan menghubungi kandidat secara langsung.

Tak hanya itu, LinkedIn juga memberikan insight tentang tren industri, yang membantu Anda untuk membangun branding perusahaan.

Sementara bagi job seeker atau pencari kerja, LinkedIn dapat menjadi sumber informasi tentang peluang karir, memperluas jaringan profesional, dan membuat profil yang menarik perhatian rekruter.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat menggunakan LinkedIn bagi tim HR maupun job seeker serta tips mengoptimalkannya.

Apa yang Dimaksud dengan LinkedIn?

manfaat menggunakan linkedin 1

Linkedin adalah situs jaringan sosial yang dirancang khusus untuk para profesional dan bisnis. Tujuan dari situs atau media sosial ini adalah untuk membangun relasi dengan sesama rekan kerja atau rekan bisnis.

LinkedIn juga dapat menjadi sumber informasi bagi para profesional untuk menemukan lowongan pekerjaan, melakukan riset terkait perusahaan tertentu, dan mendapatkan berita tentang industri secara up-to-date.

Tak hanya itu, LinkedIn juga mampu menghadirkan wawasan berbasis data, di mana platform ini dapat menyediakan informasi tentang kapan orang biasanya mencari pekerjaan baru, tren pekerja di suatu daerah, serta kebutuhan keahlian yang dibutuhkan dalam suatu industri.

Dengan demikian, LinkedIn bukan hanya tempat untuk mencari pekerjaan, melainkan juga menjadi sumber informasi yang berharga mengenai dunia kerja.

Baca Juga: 7 Cara Membuat LinkedIn Profile yang Menarik dan Dilirik HRD

Apa Saja Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Tim HR?

manfaat menggunakan linkedin 2

Dengan begitu banyak fitur dan pilihan yang tersedia, LinkedIn mendatangkan banyak manfaat bagi para penggunanya, termasuk tim HR.

Tak hanya membantu dalam hal perekrutan, LinkedIn juga membantu Anda, sebagai tim HR untuk mengembangkan branding perusahaan.

Berikut penjelasan lengkap menenai manfaat menggunakan LinkedIn:

1. Pererkutan

Salah satu manfaat terbaik dari menggunakan LinkedIn adalah untuk mencari kandidat potensial. Melalui platform ini, Anda dapat memasang iklan lowongan pekerjaan.

LinkedIn memungkinkan para profesional HR dan rekruter untuk mencari calon karyawan berdasarkan berbagai kriteria seperti job title, industri, lokasi, dan pendidikan.

Hal ini mempermudah Anda untuk menemukan orang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan secara cepat dan tepat.

Selain itu, Anda juga dapat meriset informasi terkait kandidat seperti pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan dukungan dari rekan kerja.

Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan perekrutan yang lebih baik berdasarkan informasi yang ada.

2. Membangun Branding Perusahaan

LinkedIn juga bisa digunakan untuk memperkenalkan branding perusahaan kepada publik.

Misalnya, dengan membagikan informasi tentang budaya kerja, nilai-nilai, dan keuntungan yang ditawarkan perusahaan, Anda dapat menarik perhatian bakat terbaik dan menunjukkan lingkungan kerja yang aman kepada mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak karyawan yang sudah ada untuk membagikan pengalaman mereka selama bekerja di perusahaan Anda lewat postingan LinkedIn.

Dengan demikian, Anda dapat membangun citra perusahaan yang positif dan terpercaya di mata calon karyawan.

3. Pengembangan Karyawan

LinkedIn juga dapat digunakan untuk pengembangan karyawan.

Dengan mendorong karyawan untuk membuat profil  dan terhubung dengan para profesional lain di bidang mereka, Anda dapat membantu mereka tetap up to date dengan tren dan perkembangan terbaru.

Selain itu, Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk menawarkan peluang pelatihan dan pengembangan kepada karyawan Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat memposting tautan ke artikel, webinar, atau sumber daya lainnya di LinkedIn.

4. Memperluas Networking

LinkedIn merupakan platform yang sangat bermanfaat bagi para profesional HR untuk memperluas jaringan di bidang mereka.

Dengan terhubung oleh tenaga profesional HR lainnya, Anda dapat meminta saran dan dukungan dari mereka yang memiliki pengalaman serupa.

Berikut beberapa tips sederhana untuk para profesional HR yang ingin memanfaatkan LinkedIn secara efektif:

  • Buat profil yang kuat: Pastikan profil LinkedIn Anda lengkap dan terperinci. Sertakan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan prestasi Anda.
  • Gunakan kata kunci: Gunakan kata kunci yang relevan dalam profil Anda agar mudah ditemukan oleh rekruter dan manajer perekrutan ketika mereka mencari kandidat.
  • Aktiflah di LinkedIn: Bagikan konten yang bermanfaat tentang industri Anda, perusahaan Anda, atau posisi Anda. Ini akan membantu Anda membangun reputasi sebagai ahli di bidang Anda dan menarik perhatian calon karyawan atau rekruter.
  • Terhubung dengan sesama profesional: Terhubunglah dengan profesional HR lainnya, rekruter, dan individu-individu penting lainnya di bidang Anda. Jaringan yang luas dapat membuka pintu untuk peluang-peluang baru.
  • Manfaatkan alat-alat perekrutan: LinkedIn menyediakan berbagai alat perekrutan yang dapat membantu Anda menemukan dan terhubung dengan calon karyawan yang potensial.

Baca Juga: 35 Contoh Motto Profesional LinkedIn dan Cara Menulisnya

jaringan profesional 5

6. Memperkuat Personal Branding

Melalui LinkedIn, Anda dapat menunjukkan keahlian dan kualitas Anda secara optimal, sebab platform ini memberikan Anda kesempatan untuk terhubung secara pribadi dengan orang lain dan membangun komunitas.

Selain itu, Anda juga dapat membagikan artikel, postingan, dan update tentang topik yang relevan dengan industri Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih menonjolkan keahlian dalam bidang Anda.

Fitur-fitur seperti “endorsement” dan “rekomendasi” juga memungkinkan rekan kerja atau klien untuk memberikan pengakuan atas keterampilan dan keahlian Anda sebagai HR, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi.

7. Akses yang Lebih Luas dengan Opsi Berbayar

Anda bisa menggunakan opsi berbayar di LinkedIn untuk mendapatkan banyak manfaat.

Misalnya, dengan keanggotaan premium, Anda bisa melakukan pencarian kandidat lebih mendalam, mengirim pesan langsung tanpa perlu terhubung, dan mendapatkan akses ke daftar karyawan di industri tertentu.

Dengan jutaan pengguna, LinkedIn memberi Anda akses ke basis data profesional yang besar.

Anda pun dapat menelusuri koneksi dari orang lain untuk memperluas jaringan Anda sendiri dan mengetahui peran dan tanggung jawab pekerjaan orang lain dengan lebih baik.

Baca Juga: 11 Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Peran Data Analyst

Apa Saja Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Pelamar Kerja?

manfaat menggunakan linkedin 3

Selain memiliki manfaat bagi HR, LinkedIn juga memberikan sejumlah manfaat bagi para pelamar kerja.

Tak hanya untuk mendapatkan pekerjaan, LinkedIn juga dapat menjadi wadah mereka untuk menonjolkan diri di antara pelamar kerja lainnya.

Berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan LinkedIn bagi pelamar kerja:

1. Meningkatkan Visibilitas oleh Calon Pemberi Kerja

Sebagai pelamar kerja, jika Anda mengoptimalkan profil LinkedIn Anda dengan baik, Anda dapat meningkatkan visibilitas oleh calon pemberi kerja.

Seperti yang Anda ketahui, LinkedIn merupakan platform jaringan profesional yang digunakan rekruter untuk menemukan kandidat yang sesuai.

Dengan membuat profil yang komprehensif dan up-to-date, Anda akan lebih mudah untuk ditemukan rekruter.

2. Menonjolkan Pengetahuan, Pengalaman, dan Keahlian Anda

LinkedIn adalah tempat di mana Anda bisa menunjukkan latar belakang profesional, pendidikan, sertifikasi, dan pencapaian Anda.

Dengan mempresentasikan keahlian dan prestasi yang relevan, Anda bisa membuktikan diri sebagai tenaga profesional yang kredibel dan berharga di industri Anda.

Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk meningkatkan citra profesional Anda dan mempermudah Anda dalam mendapatkan peluang menarik.

3. Membangun Kredibilitas dengan Fitur Endorsement

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, LinkedIn memiliki fitur endorsement yang memungkinkan Anda untuk menerima bukti atas keahlian dan pengalaman kerja Anda dari rekan kerja, atasan, dan klien.

Testimoni tersebut nantinya dapat meningkatkan kredibilitas profil Anda dan memberikan bukti kepada calon pemberi kerja tentang kemampuan Anda.

4. Manfaatkan LinkedIn sebagai Alat Riset

LinkedIn dapat membantu Anda dalam melakukan riset. Artinya, Anda dapat menggunakan platform ini untuk memperoleh wawasan mendalam tentang calon pemberi kerja dengan menjelajahi halaman perusahaan mereka.

Dengan memahami budaya perusahaan dan melakukan riset terhadap para karyawannya, Anda pun dapat menemukan perusahaan yang cocok dengan keinginan Anda.

5. Terhubung dengan Perusahaan Potensial

LinkedIn menyediakan platform jaringan yang kuat, yang memungkinkan Anda terhubung langsung dengan perusahaan-perusahaan potensial.

Dalam hal ini, Anda dapat mengikuti halaman-halaman perusahaan yang Anda minati, terlibat dengan konten mereka, dan bahkan menghubungi karyawan atau rekruter yang bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: 15 Tips LinkedIn Content Writer untuk Menarik Klien dan Rekruter

gajihub 1

6. Bergabung dengan Grup untuk Memperoleh Wawasan Industri

Grup-grup LinkedIn adalah komunitas di mana profesional dengan minat dan industri yang serupa dapat berbagi pengetahuan, wawasan, dan peluang kerja.

Dengan bergabung dalam grup yang relevan dengan bidang Anda, Anda dapat memperoleh wawasan industri yang berharga atau tetap up to date dengan tren terbaru.

7. Memperkenalkan Bisnis atau Layanan Anda

Jika Anda seorang pencari kerja yang memiliki bisnis atau bekerja sebagai freelancer, Anda bisa memperkenalkan produk atau layanan melalui LinkedIn.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat postingan yang relevan dengan hal tersebut atau menautkan portofolio ke profil Anda untuk memudahkan klien atau rekruter untuk melihatnya.

8. Membangun Personal Branding

Dengan memiliki profil LinkedIn, Anda dapat membangun personal branding yang dapat membuktikan keahlian Anda.

Anda bisa menyesuaikan profil Anda dengan memasang foto profesional, headline yang menarik, dan ringkasan/ summary yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa membangun personal branding dengan membagikan konten yang relevan dan terlibat dengan konten-konten profesional lain.

9. Terhubung dengan Pengguna Lain atau Klien Potensial

LinkedIn dapat menjadi wadah terbaik untuk terhubung dengan profesional lain di industri Anda, seperti individu dengan posisi yang sama, pemimpin industri, dan klien potensial.

Anda bisa mengirimkan pesan secara personal, bergabung dalam percakapan, dan menjalin hubungan yang bisa mengarah pada peluang karier.

10. Membagikan Portofolio

Jika Anda seorang job seeker yang ingin menunjukkan karya Anda, Anda dapat membagikan portofolio atau sampel pekerjaan Anda dengan menambahkan tautan ke situs web atau konten di profil Anda.

Hal tersebut memungkinkan calon pemberi kerja melihat bukti nyata tentang keterampilan dan keahlian Anda.

Baca Juga: 10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

Bagaimana Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Pelamar Kerja?

jaringan profesional 4

LinkedIn adalah platform yang sangat bermanfaat untuk mencari kerja dan membangun jaringan profesional Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan profil LinkedIn Anda untuk menonjolkan diri di antara pelamar kerja lainnya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Perbarui Foto Profil

Unggahlah foto profil terbaru yang jelas dan memberikan kesan profesional. Hal ini memudahkan orang lain untuk mengenal Anda dan menciptakan kesan positif kepada rekruter.

Jadi, pastikan foto tersebut berkualitas tinggi dengan pencahayaan yang baik, dan tunjukkan wajah Anda secara jelas. Hindari menggunakan foto selfie atau yang terlalu santai.

2. Lengkapi Seluruh Profil Anda

Pastikan setiap bagian profil Anda diisi secara lengkap dan terkini, mulai dari pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan prestasi untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang diri Anda kepada calon pemberi kerja.

3. Dapatkan URL Kustom

Buat URL LinkedIn kustom dengan nama Anda agar lebih mudah diingat dan terlihat profesional. Hal ini dapat membantu Anda dalam mempromosikan profil di luar platform LinkedIn dan meningkatkan keterlibatan dengan pihak-pihak yang berpotensi.

4. Gunakan Headline yang Menarik

Headline yang menarik akan membantu Anda untuk menonjol di antara para pencari kerja lainnya. Tuliskan posisi pekerjaan yang ingin Anda capai dan keterampilan utama sebagai panduan.

Selain itu, hindari penggunaan kata-kata yang tidak relevan atau klise.

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

5. Sertakan Kata Kunci

Sisipkan kata kunci yang relevan dalam profil Anda agar lebih mudah ditemukan oleh calon pemberi kerja.

Perhatikan kata kunci yang sering muncul dalam deskripsi pekerjaan yang Anda minati dan pastikan kata kunci tersebut tercantum dalam profil Anda.

6. Perbarui Ringkasan LinkedIn

Buat ringkasan singkat yang mencakup pengalaman, keterampilan, dan keahlian Anda. Jelaskan tujuan karier Anda dan nilai yang dapat Anda tambahkan pada perusahaan.

Ringkasan yang baik akan menarik perhatian rekruter dan memberikan gambaran yang jelas tentang diri Anda.

7. Soroti Keterampilan Anda

Selanjutnya, soroti keterampilan kunci Anda dalam bagian keterampilan LinkedIn dan jelaskan bagaimana hal tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

8. Ikuti Grup yang Relevan

Bergabunglah dengan grup LinkedIn yang relevan dengan bidang pekerjaan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan infromasi terbaru.

Libatkan diri Anda dalam diskusi-diskusi tertentu dan berbagilah wawasan untuk membangun reputasi sebagai ahli di bidang Anda.

9. Dapatkan Rekomendasi

Terakhir, mintalah rekomendasi dari mantan karyawan atau rekan kerja untuk meyakinkan para rekruter. Rekomendasi yang baik dapat memberikan bukti konkret tentang keterampilan dan kemampuan Anda.

Baca Juga: 13 Tips LinkedIn HR untuk Menarik Rekruter Hingga Bakat Terbaik

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa LinkedIn memberikan manfaat yang besar bagi tim HR dan pelamar kerja.

Bagi tim HR, LinkedIn dapat membantu dalam perekrutan, membangun branding perusahaan, mengembangkan karyawan, dan memperluas jaringan profesional.

Sementara bagi pencari kerja, LinkedIn membantu meningkatkan visibilitas, menonjolkan keahlian, membangun kredibilitas, mengakses informasi indutri, hingga memperkuat personal branding. 

Dengan mengoptimalkan profil dan memanfaatkan fitur-fitur LinkedIn secara efektif, baik tim HR maupun pencari kerja dapat merasakan berbagai manfaat dari platform ini.

Nah, untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan tenaga kerja, selain menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan kandidat potensial, tim HR juga perlu mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui software ini, sebagai tim HR Anda tidak perlu mengurus data kehadiran karyawan, karena Gajihub memiliki fitur ESS yang memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi hingga pengajuan cuti dan izin secara mandiri.

Selain itu, dengan fitur payroll Gajihub, Anda juga tidak akan kesulitan dalam mengelola seluruh komponen gaji karyawan, yang umumnya terdiri dari gaji pokok, bonus, upah lembur, hingga potongan-potongan seperti iuran BPJS dan PPh 21.

Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus dalam proses rekrutmen, misalnya dalam hal mencari kandidat melalui LinkedIn atau pun media-media lainnya.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *