Branch Manager: Arti, Tugas, Gaji, dan Skill yang Dibutuhkan

branch manager banner

Branch manager adalah orang yang mengurus kantor lapangan perusahaan. Biasanya, posisi ini dapat ditemui di industri seperti bank dan retail. 

Tugas branch manager melibatkan berbagai hal yang ada di kantor, seperti keuangan, pemasaran, kualitas produk atau layanan, dan sumber daya manusia.

Mereka memastikan bahwa kantor cabang tersebut telah mencapai tujuannya dengan efisien. Selain itu, mereka juga harus memperhatikan kebutuhan perusahaan, serta bertanggung jawab untuk melatih karyawan agar bisa bekerja dengan baik.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu branch manager, tugas dan tanggung jawab, skill, dan cara berkarier di bidang tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Branch Manager?

branch manager 1

Branch manager adalah karyawan yang bertanggung jawab atas kantor cabang dan memastikan semua kegiatan di cabang tersebut sesuai dengan kebijakan pusat.

Sebagai branch manager, Anda berperan sebagai pemimpin utama di suatu cabang dan bertanggung jawab penuh atas keberhasilan atau kegagalan cabang tersebut. Anda juga memiliki wewenang untuk membuat keputusan.

Selain itu, Anda juga bertanggung jawab untuk mengawasi semua kegiatan operasional agar dapat berjalan dengan baik, mulai dari mengatur janji dan memberhentikan karywaan, menyesuaikan diri dengan perubahan dari perusahaan pusat, memecahkan masalah, hingga mengatasi situasi krisis.

Tak lupa, Anda juga bertugas menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi kantor cabang.

Baca Juga: Hiring Freeze: Penyebab, Dampak, dan Tips untuk Rekruter

Apa Saja Jenis-Jenis Branch Manager?

branch manager 2

Jenis branch manager bergantung pada bidang spesialisasi dan industri tempat Anda bekerja. Beberapa jenisnya meliputi:

1. Branch Manager Bank

Sebagai branch manager bank, Anda bertugas untuk mengelola sebuah cabang atau divisi lokal di lembaga keuangan.

Anda harus membuat keputusan untuk cabang tersebut dan memastikan mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan.

2. Branch Manager Retail

Branch manager ini bertugas di supermarket dan toko retail yang memiliki cabang di berbagai wilayah. Di sini, tugas Anda bertugas mengelola operasional toko dan memastikan cabang tersebut mencapai tujuan perusahaan.

Selain itu, Anda juga akan meriset kondisi pasar lokal dan menyarankan produk terbaik untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Berapa Gaji Asisten Manager? Cek Kisarannya Berikut Ini

Apa Saja Tugas Branch Manager?

branch manager 3

Sebagai branch manager, Anda harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa cabang tempat Anda bekerja dapat berjalan dengan lancar dan berhasil.

Selain itu, tugas utama Anda adalah mengawasi semua kegiatan operasional di cabangnya dan memastikan kepuasan pelanggan.

Dengan demikian, Anda harus menyusun rencana secara efisien, mengatur sumber daya yang ada, merekrut karyawan yang kompeten, dan memotivasi mereka agar dapat bekerja dengan baik.

Di samping itu, berikut sejumlah tanggung jawab yang diemban oleh branch manager:

1. Mengarahkan Semua Operasi Perusahaan

Sebagai branch manager, Anda adalah pemimpin utama yang bertanggung jawab untuk memimpin semua kegiatan perusahaan.

Misalnya, dengan mengawasi operasi distribusi, layanan pelaggan, penjualan, dan administrasi untuk memastikan seluruh tim bekerja untuk mencapai tujuan.

Selain itu, Anda juga bertugas menetapkan target untuk setiap departemen dan meninjau kinerjanya setiap bulan untuk memastikan perusahaan terus berkembang.

2. Memahami Pasar Lokal

Selanjutnya, Anda harus mempelajari dan memahami pasar di daerah setempat, seperti mengetahui siapa pelanggannya dan apa yang mereka butuhkan.

Melalu informasi tersebut, Anda dapat menemukan peluang penjualan baru dan merencanakan strategi untuk memperluas pangsa pasar perusahaan.

3. Membuat Prediksi

Branch manager juga bertugas untuk membuat perkiraan tentang bagaimana performa perusahaan di masa yang akan datang. Anda pun berhak menentukan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Dengan memiliki visi yang jelas tentang masa depan, Anda dapat mengembangkan strategi untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Berapa Gaji Supervisor Produksi? Ini Kisarannya di Indonesia

4. Mengalokasikan Dana

Tugas selanjutnya adalah mengelola anggaran perusahaan. Dengan kata lain, Anda harus membuat keputusan tentang cara terbaik untuk menggunakan dana perusahaan agar mencapa tujuan yang ditetapkan.

Hal tersebut melibatkatkan kegiatan mengidentifikasi prioritas dan mengalokasikan sumber daya secara efisien.

5. Memberikan Pelatihan dan Bimbingan kepada Karyawan

Sebagai branch manager, tentunya Anda juga berperan penting dalam pengembangan tim. Anda harus memastikan bahwa setiap karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan mereka.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah menyediakan pelatihan tambahan atau memberikan bimbingan secara individu kepada karyawan yang membutuhkannya.

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut sejumlah jobdesk branch manager:

  • Memastikan semua operasi cabang berjalan lancar, termasuk layanan pelanggan, administrasi, dan penjualan.
  • Mengetahui kondisi pasar lokal dan mencari peluang penjualan baru.
  • Membuat rencana bisnis dan anggaran keuangan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Mengawasi pengeluaran dan alokasi dana dengan bijaksana.
  • Melatih dan memotivasi karyawan cabang.
  • Mencari cara untuk meningkatkan kinerja cabang dan memperbaiki masalah yang muncul.
  • Berbagi informasi dengan cabang lain dan kantor pusat.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan dan karyawan dengan baik.
  • Memastikan cabang mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.
  • Membangun reputasi baik untuk cabang dan perusahaan.

Baca Juga: Jobdesk Koordinator Produksi, Skill Penting, dan Kisaran Gajinya

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan oleh Branch Manager?

branch manager 4

Untuk menjadi seorang branch manager yang kompeten, ada beberapa pengetahuan dan skill yang Anda butuhkan, seperti:

1.  Pengetahuan Pengembangan Bisnis

Pengembangan bisnis melibatkan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi kegiatan operasional perusahaan.

Keterampilan ini mencakup strategi penjualan, pengembangan produk, supply chain management, dan manajemen vendor.

Dengan keterampilan pengembangan bisnis, Anda dapat lebih mudah dalam menjalankan dan mengawasi semua aspek ini agar kantor cabang yang menjadi tanggung jawab Anda bisa berkembang dan mencapai tujuan bisnisnya.

2. Keterampilan Pelayanan Pelanggan

Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara efektif, mendengarkan pertanyaan dan masalah mereka, serta memberikan solusi yang memuaskan.

Dengan menguasai keterampilan tersebut, Anda dapat memastikan pelanggan merasa didengar dan dihargai, sehingga mereka tertarik untuk menggunakan produk atau layanan perusahaan dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

3. Pemamahan tentang Tujuan Penjualan

Tujuan penjualan berkaitan dengan target yang telah ditetapkan untuk tim penjualan (sales) dalam periode waktu tertentu. Tujuan ini dapat memotivasi tim sales untuk bekerja keras dan mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan demikian, Anda harus bisa mengatur tuuan secara realistis dan memotivasi tim untuk mencapainya.

4. Keterampilan Manajemen SDM

Selain tim HR, branch manager juga bertanggung jawab pada pengelolaan manajemen SDM, yang bisa mencakup perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan pengelolaan karyawan.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki skill manajemen SDM, untuk memastikan bahwa cabang Anda memiliki tim yang berkualitas, terlatih, dan termotivasi.

Keterampilan ini juga melibatkan penanganan konflik atau pemecahan masalah terkait karyawan.

Untuk membantu Anda dalam pengelolaan SDM, Anda dapat mengandalkan software payroll dan HR dari Gajihub. Software ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada masalah SDM yang membutuhkan strategi dan pertimbangan lebih, seperti pengembangan dan pelatihan karyawan.

Sementara untuk masalah terkait administrasi seperti manajemen kehadiran karyawan, kelola cuti dan izin, payroll dapat Anda serahkan kepada Gajihub.

Cara daftarnya pun sangat mudah, berikut tutorialnya:

 

5. Pemahaman tentang Kebijakan Perusahaan

Kebijakan perusahaan adalah aturan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan pusat untuk membimbing karyawan dan menjaga operasi tetap efisien dan etis.

Anda harus memahami dan memastikan bahwa kebijakan tersebut ditaati oleh seluruh anggota tim di kantor cabang.

Baca Juga: 15 Jenis Kompetensi Kepemimpinan yang Wajib Dimiliki Manajer

6. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja dalah evaluasi resmi manajer terhadap kinerja seorang karyawan. Evaluasi ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan serta memberikan kritik yang berguna untuk membantu Anda dalam mengatasi kekurangan tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengevaluasi kinerja karyawan, untuk menetapkan tujuan jangka panjang dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan kinerja karyawan tersebut di masa depan.

7. Keterampilan Mitra dan Manajemen Bisnis

Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk bekerja sama dengan pemegang saham atau individu lain dalam sebuah perusahaan, di mana setiap orang memiliki kepentingan dalam keuntungan perusahaan dan berbagi tanggung jawab atas manajemennya.

Keterampilan ini melibatkan kemampuan bekerja sama, komunikasi efektif, manajemen konflik, manajaemen risiko, serta pemahaman mendalam tentang aspek keuangan perusahaan.

gajihub 3

8. Keterampilan Organisasi

Sebagian besar tugas branch manager membutuhkan kemampuan untuk menjaga organisasi.

Sebagai contoh, Anda harus mengelola berbagai informasi dan dokumen, sehingga Anda perlu memiliki cara kerja yang terorganisir agar dokumen tersebut terjaga dengan baik dan dapat diakses dengan mudah.

9. Detail Oriented

Anda juga harus memiliki keterampilan detail oriented untuk menjalankan berbagai tugas. Misalnya, dalam menyusun dan menganalisis laporan keuangan, Anda harus teliti agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berdampak buruk pada perusahaan.

10. Keterampilan Analisis

Untuk menyelesaikan sebagian besar tanggung jawab, Anda membutuhkan kemampuan analisis.

Sebagai contoh, dalam membuat keputusan bisnis, Anda harus mampu mengevaluasi data dan informasi untuk mengambil langkah-langkah yang tepat demi kemajuan perusahaan.

Kemampuan ini juga diperlukan untuk merencanakan strategi bisnis dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

Baca Juga: Jobdesk COO, Perbedaan dengan CEO, Skill, dan Gajinya

Pendidikan Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Branch Manager?

kepala cabang 5

Untuk menjadi seorang branch manager, ada beberapa jurusan relevan yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, seperti:

1. Manajemen Bisnis

Jurusan ini memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip bisnis, strategi manajemen, dan pengelolaan sumber daya yang efektif.

2. Bisnis Digital

Dalam era digital saat ini, pengetahuan tentang teknologi dan inovasi digital menjadi kunci dalam mengelola bisnis.

Jurusan ini membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan keunggulan kompetitif.

3. Manajemen Keuangan

Pengetahuan tentang manajemen keuangan sangatlah penting bagi seorang branch manager, sebab posisi ini bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan cabang dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Sistem Manajemen Bisnis: Pengertian, Kompenen, dan Fungsinya

Berapa Gaji Branch Manager?

kepala cabang 6

Mengutip Jobstreet, rata-rata gaji bulanan branch manager yang bekerja di Jakarta dapat mencapai Rp9.000.000 hingga Rp 12.000.000.

Sementara itu, berikut kisaran gaji branch manager untuk beberapa kota besar lain di Indonesia:

  1. Surabaya: Rp13.000.000.
  2. Bali: Rp13.000.000.
  3. Bandung: Rp12.000.000.
  4. Semarang: Rp12.000.000.
  5. Sulawesi Selatan: Rp11.000.000.
  6. Jakarta Selatan: Rp11.000.000.
  7. Jakarta Utara: Rp11.000.000.
  8. Jakarta Raya: Rp11.000.000.
  9. Pontianak: Rp10.000.000.
  10. Kalimantan Timur: Rp10.000.000.

Namun, besaran gaji seorang branch manager juga dapat ditentukan oleh kebijakan dari perusahaan tempat Anda bekerja dan juga keterampilan serta pengalaman yang dimiliki.

Baca Juga: Jobdesk Asisten Manajer, Skill Penting, dan Gajinya

Kesimpulan

Branch manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan operasional sebuah kantor cabang perusahaan.

Tugas utamanya meliputi mengawasi semua kegiatan di cabang tersebut, termasuk dalam aspek keuangan, pemasaran, kualitas layanan, dan SDM.

Selain itu, mereka juga harus bertanggung jawab dalam memastikan pencapain target dan tujuan perusahaan secara efisien, serta memastikan kebutuhan perusahaan terpenuhi.

Hal inilah yang membuat posisi branch manager memerlukan berbagai keterampilan penting seperti pengembangan bisnis, pelayanan pelanggan, analisis data, hingga manajemen SDM.

Untuk membantu kantor cabang dalam pengelolaan SDM, branch manager dapat memanfaatkan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan software ini, mereka tidak perlu kerepotan dalam mengurus administrasi karyawan yang meliputi absensi, kelola cuti dan izin, penghitungan PPh 21, hingga payroll. 

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *