10 Rekomendasi Mesin dan Aplikasi Absensi Touchless Terbaik

mesin absensi touchless

Selama pandemi Covid-19, mesin absensi touchless merupakan faktor penting untuk memastikan lingkungan kerja yang sehat dan bebas dari penyakit. Ini karena dalam beberapa tahun terakhir, banyak hal yang telah berubah terkait perilaku pribadi dan profesional kita karena pandemi yang sedang berlangsung.

Khususnya cara karyawan bekerja di ruang kerja mereka telah berubah dengan menjaga jarak sosial dan sanitasi menjadi aturan baru yang banyak diterapkan. Ini menajdi cara termudah bagi virus corona untuk menyebar adalah ketika seseorang menyentuh permukaan yang terkontaminasi oleh orang yang terinfeksi.

Ini menjadi alasan kuat bagi perusahaan-perusahaan beralih dari mesin absensi sidik jari menjadi mesin absensi touchless.

Pada artikel ini akan dijelaskan 10 rekomendasi mesin absensi touchless yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk tetap bisa melakukan presensi dengan mudah dan tetap terhindar dari bahaya penularan virus Covid-19.

Mengapa Mesin Absensi Touchless Menjadi Pilihan Terbaik Saat Ini?

mesin absensi touchless

Mesin absensi sidik jari bekerja saat Anda menekan jari Anda ke pemindai dan membandingkan sidik jari Anda dengan basis data yang tersimpan untuk menemukan kecocokan.

Ini mungkin merupakan kelemahan terbesar dari penggunaan sistem absensi dalam skenario saat ini, jika orang yang terinfeksi virus corona bersin ke tangan mereka dan kemudian menyentuh biometrik, virus akan ditransfer ke permukaan pemindai, diperkirakan virus corona bertahan di permukaan selama beberapa jam.

Oleh karena itu, semua karyawan yang menyentuh pemindai yang terinfeksi akan berisiko tertular penyakit ini. Inilah alasan mengapa negara-negara seperti Amerika Serikat dan organisasi swasta seperti Google, Paytm, dan Dell mendesak untuk menggunakan sistem absensi touchless atau tanpa sentuhan.

Ini mungkin merupakan kelemahan terbesar dari penggunaan sistem absensi dalam skenario saat ini. Oleh karena itu perusahaan saat ini membutuhkan mesin absensi touchless.

Selain dapat membuat Anda terhindar dari risiko penularan Covid-19, mesin absensi touchless juga lebih mudah dan praktis untuk digunakan.

Baca Juga: 15 Fitur Software Absensi Online Ini Harus Ada, Apa Saja?

Apa Saja Teknologi Terbaru yang Dimiliki Mesib Absensi Touchless?

mesin absensi touchless

Ada beberapa sistem absensi terbaik tanpa kontak yang tersedia untuk memastikan bahwa karyawan dapat menandai kehadiran mereka tanpa bersentuhan secara fisik dengan perangkat atau orang lain. Ini adalah sebagai berikut:

1. Sistem absensi pengenalan wajah

Ini adalah sistem absensi tanpa sentuhan di mana wajah karyawan dipindai untuk menandai kehadiran mereka.

Dengan menggunakan sistem otentikasi pengenalan wajah tanpa kontak, admin dapat melakukan pemindaian wajah dan memantau waktu masuk dan keluar karyawan dan pengunjung.

2. Sistem abuse detection

Mesin absensi terkini telah dilengkapi dengan abuse detection. Abuse detection merupakan fitur yang akan menolak presensi ketika data yang digunakan untuk presensi tidak sesuai.

Kemampuan ini akan menghindari perusahaan dari tindakan fraud atau pecurangan dari karyawan. Dengan begitu karyawan tidak bisa melakukan presensi jika tidak dilakukan secara langsung.

3. Sistem absensi berbasis GPS

Dalam sistem absensi seperti itu, kehadiran karyawan ditandai berdasarkan lokasi mereka. Jenis sistem absensi nirsentuh karyawan ini menggunakan koordinat GPS dari perangkat seluler karyawan untuk memastikan apakah seorang karyawan hadir di kantor atau tidak, sistem absensi seperti ini juga cocok untuk karyawan yang bekerja dari lokasi selain kantor seperti lokasi klien.

Baca Juga: 5 Manfaat Software Absensi Online untuk Bisnis

Apa Saja Rekomendasi Mesin Absensi Touchless?

Setelah mengetahui kelebihan dari mesin absensi touchless, ini saatnya Anda memilih mesin absensi touchless terbaik. Berikut 10 rekomendasi mesin absensi touchless untuk Anda:

1. GajiHub

aplikasi absensi gajihub

Rekomendasi pertama adalah dari GajiHub. GajiHub merupakan “mesin” absensi berbasis aplikasi. GajiHub memungkinkan Anda melakukan presensi tanpa harus instalansi dan tanpa perlu bersentuhan dengan orang lain.

Ini karena aplikasi GajiHub akan diinstal di smartphone masing-masing karyawan dan karyawan dapat melakukan presensi langsung dari aplikasi GajiHub yang ada di smartphone mereka.

Fitur-fitur yang dimiliki GajiHub antara lain:

Aplikasi absensi mudah dan praktis

GajiHub merupakan aplikasi absensi yang mudah dan praktis. Jika sebelumnya Anda harus mengakses mesin absensi yang ditempel di dinding kantor, dengan GajiHub Anda tidak perlu menempelkan jari Anda untuk melakukan presensi.

Anda cukup mengakses aplikasi GajiHub dari smartphone dan presensi dapat dilakukan dnegan selfie.

Kemudahan perhitungan gaji

Fitur kedua adalah fitur payroll dimana akan memudahkan Anda dalam perhitungan gaji. Anda tidak perlu khawatir dengan perhitungan gaji karyawan karena akan dilakukan perhitungan secara akurat dengan aplikasi GajiHub.

Pengelolaan data karyawan yang lebih baik

Fitur HRIS dari GajiHub akan membuat pengelolaan data karyawan Anda menjadi lebih akurat. Mulai dari data laporan HR, rekrutmen dan tunjangan yang telah terintegrasi, hingga manajemen dan database karyawan dalam satu platform yang mudah.

Kemudahan pengelolaan PPh 21

Pengelolaan PPh 21 sering kali menjadi permasalahan bagi perusahaan. Dengan GajiHub Anda bisa dengan mudah melakukan pajak karyawan dengan mudah dan praktis.

Kelola BPJS lebih mudah

BPJS juga menjadi fitur penting yang dimiliki GajiHub. Dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan BPJS sehingga karyawan mendapatkan haknya dengan baik.

Lebih mudah untuk pengajuan cuti dan izin

Bagaimana dengan pengajuan cuti dan izin? GajiHub juga telah dilengkapi dengan fitur cuti dan izin yang akan memudahkan karyawan dalam pengajuan cuti dan izin. Perusahaan juga bisa dengan mudah melakukan approval setelah cuti diajukan.

Integrasi software akuntansi

Fitur selanjutnya adalah fitur integrasi software akuntansi. Dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan karyawan dan pengelolaan keuangan dengan aplikasi yang saling terintegrasi.

Employee self service

Di era modern seperti saat ini penting bagi perusahaan untuk memberikan fasilitas agar karyawan bisa melakukan layanan mandiri. GajiHub mendukung ini dengan adanya fitur employee self service dimana dengan fitur ini karyawan dapat dengan mudah melakukan layanan mandiri dengan pemantauan langsung dari perusahaan.

Pantau produktivitas karyawan dengan live tracking

Fitur live tracking GajiHub memudahkan Anda melacak karyawan secara real time, terutama untuk mereka yang melakukan pekerjaan lapangan atau remote. Jika perusahaan Anda menerapkan sistem kerja remote, GajiHub adalah pilihan terbaik untuk Anda.

gajihub 3

Baca Juga: 13 Tips Memilih Software Absensi dan Fitur Pentingnya

2. Incubsence

mesin absensi touchless

Sistem absensi tanpa sentuh Incubsence telah dikembangkan dan diproduksi di India untuk menyediakan manajemen absensi tanpa sentuhan. Dengan sistem absensi ini karyawan dan pengunjung dapat mengunduh aplikasi seluler Incubsence dan kemudian mengetuk ponsel mereka pada perangkat absensi karyawan Incubsence yang dipasang di titik masuk untuk check-in tanpa sentuhan.

Saat ini sistem absensi tanpa sentuhan Incubsence digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di seluruh dunia seperti Bosch, Brentagg, Canara HSBC, dan masih banyak lagi. Perangkat lunak ini berfungsi dengan baik sebagai perangkat absensi karyawan yang efisien.

Fitur Sistem Absensi Tanpa Sentuhan Karyawan Incubsence

Mudah digunakan

Sistem kontrol akses nirkontak ini memiliki antarmuka yang interaktif, sehingga mudah digunakan bahkan oleh pengguna yang baru pertama kali menggunakannya.

Desain Tahan Gores

Sistem absensi nirsentuh Incubsence memiliki permukaan yang tahan gores dan juga tahan cipratan air.

Desain yang ringkas

Sistem absensi biometrik nirkontak ini memiliki bodi yang ringkas sehingga lebih mudah dipasang. Selain itu, sistem ini juga mengkonsumsi daya yang lebih sedikit sehingga memastikan efisiensinya.

Aplikasi seluler

Sistem absensi nirsentuh Incubsence di India memiliki aplikasi IncubXSSwagat yang memudahkan karyawan untuk masuk dan keluar serta vendor dan pengunjung.

Kontrol Admin yang lebih baik

Incubsense, melalui Incubsense Shakti, memberikan kontrol yang lebih baik kepada Admin seperti dasbor yang dapat disesuaikan dan ekspor catatan kehadiran ke format yang dapat dibaca seperti PDF, DOC, Excel, dll.

Baca Juga: 10 Manfaat Software Absensi untuk Bisnis

3. Truein

truein

Mesin absensi touchless Truein memastikan pelacakan kehadiran 100 persen akurat dengan sistem pelacakan kehadiran Truein yang didukung AI. Sistem absensi tanpa kontak ini selanjutnya memastikan kebijakan dan laporan kehadiran otomatis untuk memudahkan operasi.

Truein adalah sistem absensi tanpa perangkat keras, yang hanya membutuhkan smartphone untuk melacak kehadiran staf jarak jauh atau roaming Anda. Selain itu, fasilitas seperti pabrik dan gudang tempat pekerja datang secara bergiliran, Truein, sistem absensi yang berkelanjutan dan tidak ada kontak membantu melacak kehadiran mereka secara akurat dengan geo-pemagaran.

Akurasi Pengenalan Wajah 100%

Bahkan ketika karyawan atau pengunjung Anda mengenakan masker atau berdiri dalam kondisi kurang cahaya.

Entri Berbasis Ponsel & Tablet

Tidak memerlukan perangkat keras dan berjalan dengan mudah di perangkat Android & iOS.

Pemindaian Wajah Bertenaga AI

Fitur pemindaian wajah yang kuat untuk mendeteksi orang dengan kulit yang menua.

Keamanan Data Tingkat Perusahaan

Sistem absensi nirsentuh Truein menyediakan fitur keamanan yang ketat dan sistem pemulihan data: Harga tersedia berdasarkan permintaan di Techjockey.

4. Aplikasi Kehadiran Tanpa Kontak Vizitor

mesin absensi touchless

Saat ini, keamanan karyawan Anda di kantor sama pentingnya dengan produktivitas mereka. Mengelola kehadiran karyawan Anda secara nirsentuh adalah salah satu syarat untuk memastikan keamanan.

Sistem absensi nirsentuh pengunjung menggunakan kode QR untuk pemantauan hunian aktif, karyawan Anda hanya perlu memindai kode QR dari aplikasi Vizitor di ponsel mereka untuk check-in di lokasi kantor.

Mode COVID

Mode ini membantu pemeriksaan kesehatan yang efektif bagi karyawan Anda untuk mengetahui apakah mereka berasal dari zona yang terkontaminasi.

Pelacakan Kontak

Fitur ini membantu mendeteksi jika ada karyawan Anda yang melakukan kontak dengan pengunjung yang memiliki gejala COVID.

Pelacakan Waktu yang Akurat

Dengan dasbor web Vizitor, Anda dapat melacak waktu check-in dan check-out yang akurat dari karyawan Anda, sambil menggunakan sistem manajemen pengunjung tanpa kontak.

Pemantauan Hunian Langsung

Aplikasi Vizitor sebagai perangkat absensi karyawan membantu mencegah kepadatan di kantor Anda dengan mengirimkan peringatan berdasarkan pemantauan hunian langsung.

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Kontraktor Terbaik

5. LeewayHertz

mesin absensi touchless

Leewayhertz adalah sistem absensi terbaik di covid, mencatat informasi masuk/keluar karyawan dengan menangkap id wajah mereka. Sistem pengenalan wajah AI LeewayHertz memanfaatkan teknologi RTSP untuk menangkap pindaian wajah dan membandingkannya dengan database untuk menandai kehadiran karyawan.

Fitur Sistem Absensi Tanpa Sentuh LeewayHertz:

Nyaman digunakan

Personel dari HR dapat dengan cepat menambahkan nama lengkap karyawan beserta detail wajah dan id karyawan

Dasbor yang disempurnakan

Sistem pengenalan wajah AI ini secara otomatis memperbarui waktu check-in dan check-out karyawan berdasarkan gambar wajah mereka. Informasi ini dapat diakses oleh admin melalui dasbor.

Integrasi yang lebih baik

Sistem absensi tanpa sentuhan ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan penggajian dan layanan lain dari departemen SDM.

Perangkat keras minimum yang dibutuhkan

Tidak perlu memasang kamera baru atau khusus untuk sistem absensi nirsentuh ini di India. Sistem ini bekerja dengan baik dengan kamera yang sudah ada yang bekerja pada teknologi RTSP.

Memantau produktivitas karyawan

Dengan sistem absensi tanpa kontak yang bekerja pada pengenalan wajah AI ini, pengusaha dapat memantau produktivitas karyawan mereka berdasarkan jumlah jam yang dihabiskan di kantor.

6. E-Gatepass

e-gatepass

E-Gatepass adalah sistem absensi tanpa sentuhan yang dikembangkan untuk check-in dan check-out tanpa sentuhan oleh karyawan. Sistem absensi tanpa sentuh berbasis pemindaian wajah ini menyimpan catatan waktu check-in dan check-out semua karyawan serta pengunjung dan mengirimkan peringatan kepada admin jika terjadi ketidaksesuaian.

Fitur Sistem Absensi Tanpa Sentuhan E-Gatepass

Pengoperasian yang mudah

Sistem absensi tanpa sentuhan ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna pertama kali. Sistem ini bekerja sama baiknya di internet seperti halnya di LAN perusahaan.

Pra-pendaftaran pengunjung

Menggunakan sistem absensi biometrik tanpa sentuhan ini, pengguna bisa memasukkan detail pengunjung sebelum kedatangan mereka, sehingga menghemat waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi

Sangat aman

Sistem absensi tanpa kontak ini efisien dalam mencegah akses yang tidak sah dan dapat digunakan oleh perusahaan besar maupun usaha kecil.

Manajemen kehadiran yang lebih baik

Sistem kontrol akses nirsentuh ini membantu departemen SDM dalam mengelola catatan kehadiran karyawan. Sistem ini juga memungkinkan ekspor laporan kehadiran dalam berbagai format seperti PDF, Doc, Excel, dll.

Fungsionalitas yang lebih baik untuk karyawan

Karyawan dapat memeriksa kehadiran mereka dengan masuk ke portal web E-Gatepass. Melalui portal tersebut, mereka juga dapat mengirimkan aplikasi cuti kepada atasan mereka: Demo sistem absensi E-Gatepass dan detail harga tersedia di Techjockey.com.

Baca Juga: 10 Aplikasi Absensi Online Terbaik untuk Semua Bisnis

7. Facetek

mesin absensi touchless

Sistem pemantauan kehadiran tanpa sentuh Facetek adalah solusi sistem absensi tanpa sentuh berbasis cloud di India. Karena berbasis cloud, semua data mengenai kehadiran karyawan disimpan dengan aman dan ada risiko pelanggaran minimum.

Perangkat lunak absensi tanpa sentuh Facetek menandai kehadiran karyawan baik melalui pemindaian wajah atau melalui ponsel mereka untuk menentukan lokasi mereka.

Akses yang aman

Sistem absensi otentikasi pengenalan wajah ini memberikan akses yang aman kepada karyawan karena menggunakan layanan Microsoft untuk hosting dan pengenalan wajah.

Penandaan kehadiran jarak jauh

Karyawan yang bekerja dari rumah atau dari lokasi klien dapat menandai kehadiran mereka dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi seluler Facetek.

Kinerja yang efisien

Sistem pengenalan wajah Facetek AI memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan sistem manajemen kehadiran lainnya karena FRR (tingkat penolakan palsu) yang tinggi dan FAR (tingkat penerimaan palsu) yang rendah.

Deteksi langsung

Sistem absensi nirsentuh ini dapat dengan mudah mengidentifikasi perbedaan antara gambar seseorang dan orang yang sebenarnya karena fitur deteksi langsung. Hal ini memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak berwenang yang bisa mendapatkan akses.

Deteksi kehidupan 3D

Sistem absensi tanpa sentuhan ini membandingkan peta wajah 3D karyawan dengan gambar yang terdaftar pada saat autentikasi. Jika keduanya tidak cocok, maka akses tidak diberikan.

Fitur dinding bata

Fitur dinding bata pada sistem absensi pemindaian wajah ini berguna untuk mencegah akses ke orang-orang yang mungkin terlihat mirip dengan karyawan asli serta memblokir bot atau peretas agar tidak dapat melewati otentikasi: Demo sistem absensi Facetek dan rincian harga sistem absensi nirsentuh ini tersedia di Techjockey.com

8. Sistem Absensi Tanpa Sentuhan Iris

mesin absensi touchless

Sistem absensi tanpa sentuhan Iris memungkinkan karyawan dan pengunjung untuk menandai kehadiran mereka tanpa menyentuh perangkat apa pun atau bersentuhan dengan personel mana pun.

Sistem absensi tanpa sentuhan Iris bekerja dengan teknologi pengenal wajah dan memanfaatkan fungsi titik akses untuk memberikan akses berdasarkan id wajah. Sistem absensi ini bahkan dapat digunakan oleh perguruan tinggi dan komunitas perumahan yang terjaga keamanannya.

Integrasi dengan sistem manajemen pengunjung

Sistem pemantauan kehadiran ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan VMS untuk memungkinkan akses ke pengunjung melalui pemindaian kode QR

Pemantauan suhu

Sistem absensi tanpa sentuh Iris menyediakan alat pembacaan suhu IR gratis untuk memantau suhu karyawan yang masuk. Orang dengan suhu tinggi tidak diizinkan masuk.

Aplikasi seluler

Sistem absensi tanpa sentuhan ini dilengkapi dengan aplikasi seluler khusus yang dapat digunakan karyawan untuk melakukan check-in dan check-out dengan mudah.

Mudah digunakan

Sistem absensi pemindaian wajah ini dilengkapi dengan antarmuka interaktif yang mudah digunakan untuk pengguna pertama.

Penyiapan yang mudah

Perangkat absensi karyawan dapat digunakan segera setelah penyiapan untuk menyediakan layanan akses hingga 10 karyawan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Tambang dan Tips Memilihnya

9. Sistem Absensi Tanpa Sentuhan Trakom untuk Sekolah

trakom

Rekomendasi mesin absensi touchless selanjutnya adalah Trakom. Trakom adalah sistem absensi RFID yang dikembangkan untuk menyimpan catatan kehadiran di sekolah. Ini adalah sistem absensi bebas sentuh yang diaktifkan dengan GPS. Dengan menggunakan sistem absensi seluler Trakom, orang tua dapat memantau lokasi anak mereka secara real time.

Sistem ini juga memfasilitasi pengiriman peringatan kepada admin untuk memastikan bahwa anak-anak aman.

Fitur Sistem Absensi Jarak Jauh Trakom

Pemantauan aktivitas di dalam busOrang tua dapat memantau aktivitas anak mereka bahkan di dalam bus dan melihat estimasi waktu kedatangan mereka karena fitur pelacakan GPS dari perangkat lunak absensi nirsentuh ini. Pengemudi bus dapat mengirimkan peringatan menggunakan fitur pelacakan bus dari perangkat lunak ini.

Akses dari berbagai perangkat

Sistem absensi tanpa sentuh Trakom memberikan kemudahan akses karena dapat diakses oleh orang tua dari berbagai perangkat.

Aplikasi seluler

Sistem absensi tanpa sentuh Trakom memiliki aplikasi seluler khusus yang kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

erencana rute tingkat lanjut

Admin sekolah dapat mengatur rute bus, mengatur titik penjemputan dan pengantaran untuk setiap anak, dan mendapatkan peringatan jika bus mengambil rute yang tidak direncanakan melalui sistem absensi nirsentuh ini.

Kehadiran tanpa hambatan Sistem absensi

Trakom memanfaatkan teknologi RFID untuk menandai kehadiran siswa. Hal ini juga memungkinkan orang tua dan guru untuk memantau catatan kehadiran ini untuk mengetahui keberadaan siswa.

10. CheckTime

mesin absensi touchless

CheckTime adalah sistem absensi pengenalan wajah yang membantu tim HR dan CRM dalam memungkinkan pemeriksaan tanpa sentuhan. CheckTime memiliki basis data terpusat yang menyimpan catatan kehadiran di seluruh lokasi organisasi.

CheckTime adalah salah satu sistem absensi terbaik di Covid-19 karena memiliki tingkat pengenalan palsu yang tinggi dan tingkat penerimaan palsu yang rendah.
Pengenalan wajah dengan kecerdasan buatan

Fitur Sistem Absensi CheckTime

Integrasi dengan layanan penggajian

Perangkat lunak manajemen kehadiran CheckTime dapat diintegrasikan dengan layanan penggajian untuk menghitung gaji bulanan karyawan, cuti yang diambil, lembur, dll.

Check-in yang aman dan cepat

Sistem absensi tanpa sentuhan ini memastikan proses absensi yang cepat dan aman karena karyawan tidak perlu menyentuh perangkat atau pemindai secara fisik.

Tidak perlu catatan kehadiran dalam bentuk cetak

Dengan sistem pengenalan wajah biometrik CheckTime, tidak perlu lagi menggunakan kertas untuk mencetak catatan kehadiran karena catatan tersebut secara otomatis tersimpan di basis data pusat.

Pemantauan jarak jauh

Melalui sistem pemindaian wajah CheckTime, departemen sumber daya manusia dapat melihat kehadiran karyawan dari jarak jauh.

Mencegah korupsi waktu

Sistem kontrol akses nirsentuh CheckTime mendorong penandaan kehadiran yang benar oleh setiap karyawan, sehingga menghindari praktik yang tidak etis seperti mencolek teman, dll.

Baca Juga: Kekurangan Mesin Absensi Dibanding Aplikasi Absensi, Apa Saja?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai mesin absensi touchless yang bisa menjadi referensi Anda. Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa mesin absensi touchless menjadi pilihan terbaik karena dapat meminimalisir kontak langsung antara satu karyawan dengan karyawan lain.

Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari tersebarnya penyakit yang disebabkan oleh kontak dengan orang lain, seperti halnya Covid-19.

GajiHub menjadi rekomendasi terbaik untuk mesin absensi touchless Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang telah dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pencatatan kehadiran karyawan.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memilih GajiHub. Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan Anda akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *