15 Tips LinkedIn Content Writer untuk Menarik Klien dan Rekruter

tips linkedin content writer banner

Selain membutuhkan kemampuan menulis dengan baik, untuk menjadi seorang content writer Anda perlu mempromosikan diri agar lebih banyak orang yang melihat hasil tulisan Anda. Untuk itu, Anda bisa mengoptimalkan profil LinkedIn dengan melakukan beberapa tips LinkedIn content writer. 

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas pentingnya membangun profil LinkedIn bagi content writer serta tips-tips terbaiknya.

Apakah Content Writer Penting untuk Mengoptimalkan LinkedIn?

Ya, ada beberapa alasan yang membuat Anda, sebagai content writer perlu mengoptimalkan penggunaan LinkedIn, yaitu:

1. LinkedIn Bukan Hanya Tempat Berinteraksi

Berbeda dengan Facebook atau Instagram yang fungsi utamanya menjadi wadah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna, LinkedIn merupakan media sosial di mana banyak orang yang mencari pekerjaan dan bakat terbaik.

Sebagai contoh, saat Anda mengetik “freelance content writer” ke dalam kotak pencarian, maka Anda akan melihat banyak daftar penulis. Artinya, Anda perlu membuat profil Anda yang mudah ditemukan dengan mengoptimalkannya, sehingga muncul di puncak hasil pencarian.

2. Lebih Banyak Kesempatan

Di LinkedIn, banyak rekruter yang mencari full time content writer aupun klien yang membutuhkan freelance writer. Data menunjukkan bahwa 87% rekruter secara rutin menggunakan LinkedIn. 

Artinya, profil yang dioptimalkan memiliki peluang lebih besar untuk membuat kesan yang kuat pada rekruter.

Perlu Anda ketahui bahwa menambahkan foto profil profesional meningkatkan jumlah orang yang melihat profil Anda hingga 14 kali, dan hanya dengan menambahkan lima keterampilan relevan, peluang Anda untuk ditemukan akan meningkat hinggga 31 kali lipat.

3. Membangun Citra yang Lebih Baik

Selain itu, mengoptimalkan profil LinkedIn Anda juga akan membantu Anda membangun citra diri sebagai seorang profesional di dunia content writing. 

Hal tersebut juga akan membantu Anda menjelaskan siapa, apa yang dilakukan, serta apa yang bisa Anda berikan sebagai seorang penulis.

4. Lebih Banyak Peluang

Profil yang dioptimalkan dengan baik akan mendatangkan lebih banyak prospek, dan jika Anda menawarkan layanan lain di samping menulis, seperti buku, webinar, atau kelas-kelas tertentu, Anda akan mendapatkan lebih banyak calon pembeli atau audiens.

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

tips linkedin content writer

Apa Saja Tips LinkedIn untuk Content Writer?

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan LinkedIn sebagai content writer:

1. Temukan Keyword

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari judul pekerjaan Anda di LinkedIn. Setelah itu, akan muncul daftar frasa pencarian, yang menujukkan apa yang orang lain cari.

Anda bisa menggunakan frasa-frasa tersebut sebagai kata kunci atau keyword. Selain itu, Anda juga bisa mencari postingan pekerjaan yang cocok dengan deskripsi pekerjaan Anda dan perhatikan kata-kata yangd igunakan oleh rekruter.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengumpulkan keyword dengan melihat profil pesaing terkemuka Anda. Apa yang mereka cantumkan dalam profil mereka, mulai dari keahlian, judul pekerjaan, dan istilah industri apayang sering muncul.

2. Judul Profil (Headline)

Judul profil adalah hal yang pertama kali dilihat orang saat mereka mengklik profil Anda. Bagian ini hanya bisa ditulis dalam 220 karakter, sehingga buatlah kesan pertama yang bagus dan sampaikan apa yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, dibandingkan menulis ‘Writer’, Anda bisa menulis ‘Content Writer’. Selain itu, jelaskan juga apakah Anda seorang freelance writer (penulis lepas) atau seorang content writer yang bekerja secara tetap.

Selain itu, berikut beberapa contoh lainnya:

  • SEO Content Writer | Real Estate and Home Improvement
  • Freelance Copywriter | Mental Health
  • Freelance Copywriter | Brand Voice Expert | Health and Wellness Startups

3. Gambar Header

Gunakan gamabr header kustom untuk mempromosikan diri Anda atau bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa mencantumkan beberapa perusahaan atau klien di mana Anda pernah bekerja dan jika diizinkan, Anda bisa menambahkan logo brand mereka. Jangan lupa untuk menambahkan informasi terkait kontak Anda.

4. Gambar Profil

Gunakan foto yang secara jelas memperlihatkan Anda. Ingatlah bahwa pengguna LinkedIn yang memiliki foto profil mendapatkan hingga 14 kali lebih banyak kunjungan dan 36 kali lebih banyak pesan.

5. Lokasi dan Posisi

Menyertakan lokasi tempat Anda tinggal, serta posisi dan perusahaan saat ini membantu profil Anda menjadi lebih terlihat dalam hasil pencarian, khususnya jika Anda sedang mencari pekerjaan di daerah tertentu.

Baca Juga: 13 Tips LinkedIn HR untuk Menarik Rekruter Hingga Bakat Terbaik

gajihub 3

6. Tambahkan Keahlian

Keahlian akan memberi gambaran kepada seseorang apa yang Anda kuasai. Jadi, pastikan untuk menyertakan semua keahlian yang dibutuhkan oleh klien atau rekruter dalam pekerjaan content writer. 

Search Engine Optimization (SEO) dan penulisan konten adalah keahlian penting yang bisa Anda cantumkan. Selain itu, Anda dapat mencantumkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan profesi Anda.

Namun, ingatlah untuk tidak mencantumkan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak Anda kuasai. Untuk itu, Anda perlu bersikap jujur dalam profil LinkedIn, karena melebih-lebihkan keahlian dapat mendatangkan masalah tertentu.

7. Sesuaikan URL

Mengubah URL profil LinkedIn memudahkan profil Anda untuk ditemukan di luar mesin pencari. Contohnya, jika seseorang mengetikkan nama Anda di Google, kemungkinan mereka juga akan menemukan akun LinkedIn Anda.

Anda dapat menyesuaikan URL dengan mengunjungi halaman profil, lalu klik tombol “Edit Profil Publik dan URL” yang ada di sisi kanan atas layar Anda.

8. Tulis Bagian “Tentang” yang Menarik

Bagian “Tentang” dapat diisi dengan 2.000 karakter untuk menceritakan diri Anda. Ceritakan pengalaman Anda, artikel yang pernah ditulis, buku yang sudah Anda terbitkan, filosofi Anda, strategi yang digunakan, dan berbagai hal lainnya.

Walaupun biasanya bagian “Tentang” ini tidak mendapatkan perhatian sebanyak headline profil atau daftar keahlian Anda, tetapi rekruter dan klien potensial tetap akan membaca bagian ini. Jadi, manfaatkan kesempatan ini dan jangan lupa gunakan keyword yang relevan.

9. Manfaatkan Bagian Featured

Tips LinkedIn content writer selanjutnya adalah menampilkan karya terbaik Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan bagian “Featured” yang terdapat pada profil untuk menunjukkan artikel terbaik Anda, seperti tulisan yang Anda hasilkan untuk klien atau artikel-artikel relevan di situs web perusahaan atau pribadi.

Saat mengunakan bagian “Featured”, Anda juga bbisa menambahkan link dari situs eksternal dan mempublikasikan artikel Anda secara langsung. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan media atau postingan lainnya.

Untuk mengakses semua fitur tersebut, klik ikon “+” yang berada di sudut kanan atas kotak tersebut.

10. Gunakan Fitur “Provide Services”

Gunakan fitur “Provide Services”  atau “Tambahkan Layanan” yang memungkinkan Anda untuk menampilkan layanan atau keahlian yang Anda tawarkan. Anda dapat memilih keahlian khusus dan memilih wilayah tempat Anda menerima pekerjaan.

Selain itu, LinkedIn juga memungkinkan Anda untuk menambahkan deskripsi singkat tentang apa yang Anda lakukan dengan lebih detail. Sebagai seorang content writer, Anda dapat menambahkan keterampilan seperti copywriting, blogging, dan SEO.

Untuk memperbarui fitur inni, Anda bisa menuju bagian “Tambahkan Layanan” di bagian atas halaman Anda. Perbarui semuanya sesuai kebutuhan Anda, lalu klik Simpan.

Baca Juga: 9 Tips LinkedIn Digital Marketing untuk Tingkatkan Peluang

tips linkedin content writer

11. Aktifkan Mode Kreator

Sebagai seorang content writer, pertimbangkan untuk mengaktifkan Mode Kreator, karena hal tersebut dapat membantu pengguna LinkedIn untuk memahami topik-topik apa yang akan Anda bahas di platform ini.

Anda dapat memilih hingga 5 topik yang akan Anda bicarakan di profil Anda, misalnya seperti topik content marketing, freelance content writer, SEO, dan sebagainya untuk menunjukkan keahlian menulis Anda.

Selain itu, dengan Mode Kreator Anda juga bisa membuat siaran langsung, yang dapat Anda gunakan jika ingin mengadakan seminar menulis.

Untuk mengaktifkan Mode Kreator, buka menu Sumber Daya > Mode Kreator. Kemudian, tambahkan semua informasi yang Anda inginkan dan aktifkan fitur ini.

12. Tambahkan Tautan Artikel ke Bagian Pengalaman

Salah satu fitur utama di LinkedIn adalah bagian Pengalaman. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin memberikan informasi lebih detail tentang tanggung jawab di setiap pekerjaan dan juga untuk menyoroti keterampilan yang Anda kuasai.

Nah, untuk mempromosikan pekerjaan Anda sebagai content writer, Anda bisa mempertimbangkan untuk membagikan beberapa contoh artikel yang Anda tulis sealam bekerja pada masing-masing perusahaan.

Hal tersebut akan mendukung apa yang Anda tulis pada kolom pengalaman dan menunjukkan keahlian, serta pencapaian Anda.

Untuk menambahkan tautan artikel ke Bagian Pengalaman:

  1. Pilih ikon pensil di bagian atas kotak tersebut.
  2. Klik tombol yang sama setelah menemukan area yang ingin Anda edit.
  3. Pilih Media > Tambah Media > Tambahkan Tautan.
  4. Salin dan tempel tautan artikel dan klik Tambahkan > Terapkan.
  5. Pilih Simpan di halaman berikutnya.

13. Menuis Artikel

Artikel dan postingan blog memiliki potensi luas untuk mendapatkan perhatian audiens. Di LinkedIn, Anda bisa memposting artikel secara langsung dengan menggunakan fitur blog yang tersedia di platform ini.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan teknik SEO agar tulisan Anda juga muncul di halaman pertama pada mesin pencarian.

Apabila saat ini Anda belum menguasai SEO, disarakan untuk mempelajarinya, sebab hal tersebut merupakan keteramapilan penting bagi seorang content writer. 

14. Rekomendasi Positif

LinkedIn menampilkan rekomendasi yang Anda terima dari rekan kerja dan klien, serta rekomendasi yang Anda berikan kepada orang lain.

Rekomendasi ini berperan penting dalam membangun kepercayaan rekruter maupun klien, untuk meyakinkan mereka bahwa Anda adalah seorang content writer profesional yang kompeten.

Selain menerima rekomendasi, memberikan rekomendasi kepada orang lain juga sangat penting. Apabila Anda memiliki pengalaman bekerja dengan seseorang yang berkinerja baik, Anda dapat memberi rekomendasi untuk memberikan pengakuan atas kerja kers dan dedikasai mereka.

15. Selalu Update Profil LinkedIn

Tips LinkedIn content writer yang terakhir adalah selalu update profil Anda, karena algoritma LinkedIn berubah, minat pengguna berubah, serta keyword yang efektif juga berubah seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui atau update profil LinkedIn Anda, serta meluangkan waktu untuk mencari katat kunci baru yang dapat Anda tambahkan ke beberapa bagian profil, seperti “Tentang Saya”, artikel, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara dan Tips LinkedIn Programmer untuk Menarik HRD

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda semakin memahami bahwa sebagai content writer, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan profil LinkedIn.

Sebab, LinkedIn bukan hanya tempat untuk berinteraksi, melainkan juga menjadi media untuk mencari pekerjaan sekaligus bakat terbaik.

Dengan melakukan beberapa tips LinkedIn content writer, Anda pun dapat meningkatkan peluang dalam mencari pekerjaan, serta lebih mudah ditemukan oleh rekruter dan klien potensial.

Sebagai salah satu pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, perusahaan tentunya juga perlu memberikan keleluasaan pada seorang content writer untuk mengerjakan tugas-tugasnya, dengan tetap mematuhi aturan perusahaan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang dapat memantau para content writer dalam bekerja, misalnya melihat kapan mereka mulai dan selesai bekerja dengan fitur absensi yang tersedia.

Selain itu, melalui fitur employee self service para content writer juga dapat melakukan presensi hingga pengajuan cuti dan izin secara praktis melalui aplikasi Gajihub yang dapat diunduh melalui smartphone masing-masing.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk, kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Catatan Kaki: 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *