25 Tips Morning Routine untuk Lebih Produktif

morning routine

Tahukah Anda bahwa morning routine menjadi bagian penting untuk produktivitas selama seharian? Apa yang Anda lakukan di pagi hari Anda akan berdampak kepada keseluruhan hari Anda.

Untuk itu penting bagi Anda untuk memiliki morning routine yang baik agar suasana hati Anda selama sehari penuh juga ikut baik.

Lalu bagaimana cara agar Anda bisa memiliki morning routine yang baik? Mengapa kebiasaan di pagi hari ini sangat penting bagi hidup Anda?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai morning routine. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Mengapa Morning Routine Itu Penting?

morning routine

Morning routine atau kebiasaan yang Anda lakukan di pagi hari akan memberikan pengaruh kepada kehidupan Anda selama sehari penuh, bahkan untuk hari-hari Anda berikutnya.

Ketika Anda memiliki kebiasaan di pagi hari yang baik, maka Anda akan mendapatkan energi untuk aktivitas Anda selama seharian. Ini tentunya akan memberikan dampak positif yakni meningkatkan produktivitas Anda.

Misalnya Anda di pagi hari memiliki kualitas tidur yang baik, maka tubuh Anda akan terasa segar dan Anda dapat bersemangat menjalani hari Anda.

Kenyataannya morning routine ini harus dibangun dan diusahakan. Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk memiliki kebiasaan pagi yang baik.

Baca Juga: Minggu Produktif: Ini Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

Apa Saja Tips Morning Routine yang Mendukung Produktivita?

morning routine

Rutinitas pagi terbaik adalah rutinitas yang cocok untuk Anda. Apakah Anda seorang yang suka bangun pagi atau lebih suka menekan tombol tunda, memiliki rutinitas dapat menjadi dasar untuk pagi yang lebih bahagia dan produktif.

Selain menjaga kesehatan, rutinitas harian yang sehat juga dapat memberikan keajaiban bagi perawatan diri Anda. Anda akan merasa lebih berenergi dan lebih bahagia sebelum memulai hari kerja Anda.

Jadi, bagaimana Anda dapat membuat rutinitas pagi yang sempurna? Mari kita mulai dengan saran kami untuk hal-hal produktif yang dapat dilakukan di pagi hari:

1. Tidurlah dengan nyenyak di malam hari

Tidur malam yang nyenyak adalah awal yang kita semua butuhkan. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan rata-rata tujuh jam tidur setiap malam untuk menyegarkan diri. Namun, sekitar 35% orang dewasa di Amerika tidur kurang dari jumlah yang disarankan.

Sedikit perencanaan bisa sangat membantu Anda untuk mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan. Redupkan lampu, matikan ponsel Anda, dan mandi air hangat agar lebih mudah tertidur, dan Anda akan bangun dengan kondisi yang lebih segar.

2. Jangan menekan tombol tunda

Menekan tombol tunda dapat dengan cepat mengubah waktu lima menit menjadi satu jam. Jason Aten, kolumnis teknologi dari Inc, merekomendasikan untuk menyetel dua alarm dengan jarak tiga menit. Setel alarm kedua untuk waktu yang Anda inginkan untuk bangun.

Aturan dua kali tiga membuat pikiran Anda untuk bangun pada waktu tertentu dan secara efektif mencegah Anda untuk tidur! Lain kali jika Anda ingin menekan tunda saat alarm berbunyi, cobalah aturan dua-dua-tiga, dan lihat apakah itu membuat perbedaan pada pagi hari Anda.

Baca Juga: 8 Manajemen Karyawan Remote untuk Tetap Produktif

3. Mulailah hari Anda dengan segelas air putih

Saat Anda bangun, aroma kopi atau teh yang menyegarkan bisa jadi sangat menggoda! Namun, cobalah memulai hari Anda dengan segelas air putih untuk menghidrasi diri Anda.

Selain membantu Anda menghindari dehidrasi, minum air putih adalah cara yang efektif untuk meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja kognitif, dan membuat pagi hari Anda lebih produktif.

4. Buatlah daftar tugas harian

Banyak orang yang membenci ide untuk memulai pekerjaan di pagi hari. Kami tidak menyuruh Anda untuk melakukan hal itu!

Namun, Anda dapat menggunakan waktu pagi hari yang tenang untuk menyusun strategi dan menuangkan pemikiran Anda di atas kertas, di Google Doc, atau di papan Kanban visual. Anda tidak ingin mengabaikan tugas-tugas penting pada hari itu, jadi rencanakanlah segala sesuatunya daripada mengikuti arus.

Seperti yang dikatakan oleh penulis buku “Essentialism”, Greg McKeown, “Jika Anda tidak membuat keputusan dengan sengaja, orang lain yang akan melakukannya untuk Anda.”

Baca Juga: Work Life Integration: Pengertian dan Cara Melakukannya

5. Makanlah sarapan yang sehat

Hari kerja yang produktif dimulai dengan bahan bakar yang tepat untuk pikiran dan tubuh Anda. Isi kembali energi Anda dengan sarapan yang sehat dan bergizi.

Ambil kopi atau teh favorit Anda, tetapi sertakan juga makanan yang lebih sehat dalam menu Anda, seperti smoothie buah, oatmeal, atau roti lapis. Hemat waktu dengan menyiapkan makanan pada malam sebelumnya sehingga Anda bisa menyiapkan sarapan dalam waktu kurang dari 15 menit.

Dengan makan sarapan yang sehat bisa mendukung Anda memiliki morning routine yang penuh semangat.

6. Aktiflah setiap pagi

Cobalah untuk melakukan olahraga pagi untuk memulai hari Anda dengan benar. Ini bisa berupa sesuatu yang kecil seperti peregangan, beberapa pose yoga, 30 menit di atas treadmill di rumah, atau berjalan-jalan di sekitar blok.

Lakukan apa saja yang membuat darah Anda mengalir. Lompatan dalam langkah Anda akan menghilangkan rasa kaku dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi hari kerja.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Fokus Kerja + 5 Tips Terbaiknya

7. Ambil napas dalam-dalam

Pernapasan secara sadar memiliki manfaat. Luangkan waktu untuk bernapas dengan sengaja setelah Anda bangun tidur. Perhatikan setiap tarikan dan hembusan napas. Baik Anda bekerja dari rumah atau bepergian ke tempat kerja, luangkan waktu lima menit setiap pagi untuk melakukan aktivitas ini.

Selain menenangkan Anda, bernapas dalam-dalam adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, membantu Anda fokus, dan membawa energi positif ke sekeliling Anda.

8. Jadilah orang yang penuh perhatian

Latihlah kesadaran dengan menjadi sadar akan semua yang Anda lakukan. Mulailah dengan membumi dan tenangkan pikiran Anda saat berpindah dari satu hal ke hal lainnya.

Anda ingin berada dalam kondisi pikiran yang baik agar berhasil menjalani hari dan menyelesaikan berbagai hal.

Baca Juga: 6 Teknik Pomodoro dan Manfaatnya, Apa Saja?

9. Selesaikan hal yang paling penting terlebih dahulu

Ini adalah salah satu tips yang paling penting dalam daftar rutinitas pagi hari. Ini sangat sederhana sehingga Anda mungkin merasa bahwa Anda sudah melakukan hal ini. Banyak orang menganggap diri mereka produktif jika mereka menyelesaikan banyak pekerjaan dalam sehari. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Ya, produktivitas adalah tentang menyelesaikan sesuatu. Namun, fokusnya haruslah menyelesaikan hal-hal yang paling penting, bukan hanya pada sembarang tugas. Anda harus memulai hari dengan niat, bukan asal-asalan.

Sebagian besar penulis, ilmuwan, dan pengarang paling terkenal di dunia secara konsisten melakukan hal ini sebagai bagian dari rutinitas pagi mereka, sesuai dengan buku Mason Currey, “Ritual Harian: Bagaimana Seniman Bekerja.”

10. Hindari media sosial

kebiasaan pagi

Jauhi ponsel Anda saat Anda bangun tidur. Tahan keinginan untuk menjawab email, pesan teks, atau pemberitahuan media sosial.

Membaca atau menelusuri feed media sosial tanpa berpikir mungkin terlihat seperti cara yang baik untuk bangun tidur, tetapi hal ini akan mengurangi produktivitas dan membuang banyak waktu.

Baca Juga: 10 Tanda Anda Seorang People Pleaser di Tempat Kerja + Tipsnya

11. Ikuti jadwal khusus

Mengikuti jadwal khusus bisa menjadi tips morning routine yang baik. Bangun pada waktu yang sama setiap hari baik untuk ritme sirkadian Anda, siklus tidur-bangun yang diikuti oleh tubuh setiap 24 jam.

Proses alami dan internal ini mengontrol tubuh dan pikiran Anda untuk bangun dan tidur.

12. Berlatihlah untuk bersyukur

Rasa syukur itu penting setiap saat sepanjang hari. Namun, hal ini menjadi lebih kuat dan menggembirakan ketika Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi hari yang akan datang dengan mengucap syukur.

Penelitian dari Harvard Business School menemukan bahwa bersyukur berhubungan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Siapa pun akan senang mendapatkan getaran positif ini di pagi hari mereka!

Baca Juga: 15 Cara Memotivasi Karyawan dan Keuntungannya

13. Rileks secara mental dan fisik

Menurut prinsip-prinsip Buddhis, pikiran manusia itu seperti seekor monyet. Pikiran manusia itu tidak tenang, gelisah, bingung, aneh, dan masih banyak lagi! Oleh karena itu, mengistirahatkan pikiran kita secara mental dan fisik sangatlah penting.

Tenangkan obrolan di dalam diri dengan melakukan aktivitas solo di pagi hari. Misalnya, cobalah membaca buku yang Anda sukai atau membuat jurnal jika Anda lebih suka menulis. Berlatih meditasi di pagi hari juga merupakan cara yang didukung oleh ilmu pengetahuan untuk merilekskan pikiran dan tubuh Anda.

14. Fokus pada kesehatan mental Anda

Prioritaskan kesehatan mental Anda. Melakukan praktik perawatan diri yang sederhana untuk memulai hari Anda dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental Anda. Bagi orang yang berjuang melawan depresi atau kecemasan, tindakan sederhana untuk bangun dari tempat tidur bisa jadi sulit.

Britt Reints, penulis “Panduan Amatir untuk Mengejar Kebahagiaan,” merekomendasikan untuk memiliki tujuan yang jelas di pagi hari. Buatlah pilihan secara sadar untuk mendahulukan diri sendiri dan memiliki rutinitas pagi yang teratur yang membuatnya lebih mudah untuk memahami hari kerja Anda.

15. Kelola energi Anda

Ingin lebih fokus? Jangan mengatur waktu, tapi aturlah energi Anda. Mulailah melakukan manajemen energi dan lihat hasilnya. Manajemen energi adalah praktik mengelola total energi Anda pada waktu tertentu. Praktik ini merekomendasikan untuk melakukan aktivitas tertentu pada waktu tertentu untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Sebagai contoh, banyak penulis menemukan bahwa pekerjaan mereka memiliki kualitas yang lebih baik ketika mereka menulis di pagi hari ketika tidak ada gangguan di sekitar mereka.

Baca Juga: 15 Tips Meningkatkan Motivasi Karyawan dan Strateginya

16. Mempersiapkan diri untuk hari berikutnya lebih awal

morning routine

Tips memiliki morning routine yang baik selanjutnya adalah dengan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya lebih awal. Mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu untuk hari berikutnya adalah praktik yang bagus untuk memanfaatkan waktu Anda secara optimal.

Selain efisien, Anda juga akan merasa tidak terlalu stres dan dapat menyelesaikan daftar tugas Anda lebih cepat.

17. Fokus pada apa yang penting, bukan yang mendesak

Banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa segala sesuatu itu mendesak. Padahal tidak.

Cobalah untuk membedakan mana yang penting dan mana yang mendesak. Kemudian, gunakan matriks Eisenhower untuk mengidentifikasi apa yang perlu Anda perhatikan sekarang dan apa yang bisa dilakukan nanti.

18. Hindari memeriksa email Anda

Perhatian dan waktu setiap orang terbatas. Hindari menyia-nyiakannya untuk hal-hal yang tidak perlu dilakukan di pagi hari.

Terkadang, penundaan bisa menjadi hal yang baik – Merlin Mann berpendapat demikian. Pakar produktivitas ini berjasa dalam memperkenalkan konsep “Kotak Masuk Nol” untuk manajemen email. Dia percaya bahwa orang tidak perlu khawatir dengan memeriksa email mereka sepanjang waktu.

Jadikan pagi hari Anda tentang Anda dan bukan tentang pekerjaan dengan menjauhi email pekerjaan Anda. Sebaliknya, gunakan waktu kerja resmi untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti menjawab email dan mengirim balasan.

Baca Juga: 6 Strategi Manajemen Waktu untuk Tingkatkan Produktivitas

19. Ketahui tujuan Anda

Memiliki tujuan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Sebelum Anda mengatur atau mengubah rutinitas pagi Anda untuk sukses, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda capai dalam setiap bidang kehidupan Anda – pribadi dan profesional.

Apakah Anda ingin menghabiskan waktu sendirian, menjadi lebih sehat, lebih produktif, atau merasa lebih bahagia?

Misalnya, menjadwalkan olahraga atau berjalan-jalan di pagi hari adalah hal yang mudah dilakukan jika Anda ingin menjadi lebih sehat. Pertimbangkan untuk meluangkan waktu untuk hobi favorit Anda, seperti mencorat-coret, membuat jurnal, atau mendengarkan episode podcast yang Anda sukai. Tentukan tujuan yang ingin Anda capai dan mulailah dari sana.

20. Hilangkan stres

Tidak ada yang menyukai pagi yang penuh tekanan. Untuk fokus sepenuhnya pada tugas dan tujuan hari itu, Anda harus berada di saat ini dan tidak mengkhawatirkan sesuatu di masa lalu atau masa depan.

Stres adalah pembunuh produktivitas terbesar. Terburu-buru menyelesaikan pekerjaan di pagi hari adalah cara yang pasti untuk membuat Anda stres. Sebagai gantinya, luangkan waktu untuk menyiapkan perlengkapan, sarapan, atau peralatan olahraga Anda pada malam sebelumnya sehingga Anda siap untuk mengatur pagi Anda.

21. Bangun kebiasaan

Kelelahan mengambil keputusan bisa terjadi. Energi yang dihabiskan untuk membuat keputusan sehari-hari membuat Anda memiliki lebih sedikit energi untuk sisa hari Anda.

Dengan kebiasaan sehari-hari yang sederhana, Anda dapat dengan mudah menghemat energi karena keputusan telah dibuat.

Baca Juga: 15 Aplikasi Perkantoran untuk Meningkatkan Produktivitas

22. Dengarkan musik

Jadi, Anda sudah mengetahui jadwal harian Anda. Namun, bagaimana Anda dapat memfokuskan pikiran Anda untuk memastikan bahwa semua yang ada dalam daftar tersebut dapat diselesaikan?

Cobalah mendengarkan musik yang diprogram untuk membantu Anda fokus dan menghilangkan gangguan dari lingkungan Anda. Sebagai contoh, Focus@Will adalah aplikasi dengan musik yang dirancang secara ilmiah yang memungkinkan Anda untuk fokus dan menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.

Sebuah makalah penelitian dari Cornell University menegaskan pengaruh positif dari musik yang ramping, yang meningkatkan pemikiran kreatif dan fokus yang dirasakan serta memperbaiki suasana hati para partisipan.

Apa lagi yang Anda tunggu? Buatlah daftar putar lagu-lagu favorit Anda dan mainkan lagu-lagu tersebut secara berulang-ulang!

23. Berdayakan diri Anda dengan nyanyian

Perawatan diri harus menjadi bagian inti dari rutinitas pagi Anda. Jadilah pemandu sorak Anda sendiri dengan memvisualisasikan tujuan-tujuan Anda. Ucapkan mantra atau afirmasi untuk memberdayakan diri Anda sebagai bagian dari latihan kesehatan harian Anda.

Menurut bahasa Sansekerta kuno, mantra adalah afirmasi positif. Mantra telah digunakan untuk kesehatan spiritual oleh orang-orang yang mempraktikkan agama Hindu dan Buddha. Penelitian Macquarie University menegaskan bahwa mantra membantu menenangkan pikiran, meningkatkan fokus, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati Anda.

“Saya bebas menjadi diri saya sendiri” atau ‘Saya akan memilih untuk bahagia hari ini’ adalah beberapa afirmasi positif untuk membantu Anda memulai.

Baca Juga: 12 Metrik Produktivitas yang Harus Diketahui Tim HR

24. Peluklah hewan peliharaan, anak, atau pasangan Anda

Pelukan bisa dibilang merupakan cara terbaik untuk memulai hari Anda dengan nada yang positif. Pelukan secara universal dapat membuat Anda merasa nyaman dan hampir seketika membuat Anda merasa baik.

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa berpelukan dapat mengurangi stres, melindungi Anda dari penyakit, dan meningkatkan kesehatan jantung. Luangkan waktu beberapa menit untuk memeluk pasangan, anak, atau hewan peliharaan Anda untuk mendapatkan perasaan hangat dan nyaman dan memulai hari dengan benar!

25. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Beri diri Anda waktu yang cukup untuk melakukan rutinitas pagi Anda sebelum berangkat kerja. Berbaik hatilah pada diri sendiri dan berikan diri Anda ruang untuk menyelesaikan sesuatu. Terlalu banyak bekerja atau terburu-buru di pagi hari bisa membuat Anda kelelahan dan mencegah Anda menjalani hari yang produktif.

Oscar Wilde, penyair Irlandia yang terkenal, pernah berkata, “Mencintai diri sendiri adalah awal dari sebuah romantisme seumur hidup.” Berhentilah menghakimi diri sendiri jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana.

Semua orang membuat kesalahan. Terimalah kenyataan bahwa tidak ada orang yang sempurna. Tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain dan bersikap suportif juga membantu Anda untuk berbelas kasih dan merasa damai.

Ingat, perlu waktu untuk menerapkan kebiasaan baru dan mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tetaplah berpikir positif dan pertahankan pola pikir yang positif!

gajihub 1

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai morning routine untuk Anda. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa morning routine menjadi kebiasaan yang penting untuk mendukung produktivitas selama sehari penuh.

Jadi pastikan Anda memiliki morning routine yang baik agar hari Anda dapat berjalan dengan produktif dan penuh energi.

Bagi perusahaan, untuk mendukung morning routine karyawan, dibutuhkan dukungan melalui pengelolaan karyawan yang baik dan tepat. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk mendukung karyawan Anda memiliki morning routine yang baik.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan. Misalnya dengan fitur absensi yang dimiliki GajiHub, karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah sehingga tidak perlu buru-buru berangkat ke kantor karena absensi bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *