Human Resource Manager: Tugas, Skill. dan Cara Menjadi HR Manager

Human Resource Manager 1

Human resource manager, atau HR manager, adalah bagian penting dari banyak organisasi, dan bekerja dengan orang-orang yang dapat memiliki karier yang memuaskan dan sukses.

HR manager mengontrol pembuatan dan pengembangan banyak program yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Mereka juga memberikan pembaruan kepada eksekutif dan memberi tahu mereka tentang tujuan pertumbuhan perusahaan.

Dalam artikel ini, kami membahas apa yang dilakukan human resource manager, skill yang dibutuhkan jika Anda ingin menjadi HR manager, dan menjelaskan cara menjadi manajer sumber daya manusia.

Tugas Apa Saja yang Dilakukan Human Resource Manager?

Human resource manager memastikan bahwa anggota lain dari tim sumber daya manusia dapat berkolaborasi dengan baik satu sama lain dan bekerja secara efisien.

Mereka juga membantu mengelola departemen lain, merencanakan acara perusahaan untuk membangun moral, dan melatih manajer dan karyawan.

Beberapa tugas lain dari human resource manager meliputi:

Merekrut dan mempekerjakan karyawan

Manajer perekrutan bertanggung jawab untuk mempekerjakan karyawan, tetapi HR manager dan stafnya juga sering melihat lamaran kerja dan menghadiri pameran pekerjaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Jelas ini dua jabatan dan tujuan yang berbeda

Mereka sering menulis deskripsi pekerjaan atau mengeditnya untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan hukum dan memberikan gambaran yang jelas tentang setiap lowongan.

Mereka dapat menggunakan sistem pelacakan pelamar atau applicant tracking system (ATS) untuk memindai kata kunci dan membantu manajer sumber daya manusia menemukan aplikasi yang paling sesuai dengan perusahaan.

Manajer sumber daya manusia meneruskan aplikasi yang sesuai kepada manajer perekrutan untuk ditinjau lebih lanjut dan kemudian menjadwalkan wawancara.

Setelah manajer perekrutan memilih karyawan baru, manajer sumber daya manusia membantu menentukan tanggal mulai karyawan baru dan menyiapkan dokumen yang benar untuk karyawan baru.

Mereka juga memberikan informasi orientasi lain yang relevan, seperti aturan berpakaian bisnis dan tanggal serta waktu untuk sesi pelatihan. HR manager juga membantu anggota staf dan manajer perekrutan memberikan orientasi dan tur tempat kerja kepada karyawan baru.

Baca juga: Shift Kerja: Pengertian, Jenis, Cara Hitung dan Regulasi yang Mengaturnya

Menawarkan tunjangan karyawan

Human resource manager membantu eksekutif memilih paket manfaat karyawan terbaik untuk menarik karyawan berkualitas.

Mereka juga mendidik karyawan dan tim SDM tentang opsi tunjangan dan memastikan bahwa perusahaan mematuhi semua undang-undang yang berlaku.

HR manager biasanya menawarkan instruksi dan tip yang komprehensif untuk membantu karyawan menjadi terbiasa dengan pilihan mereka dan memahami cara mengakses dan mengklaim keuntungan mereka.

Menegosiasikan kompensasi karyawan

Human resource manager juga membantu manajer perekrutan memutuskan berapa banyak yang akan ditawarkan kepada karyawan baru sebagai kompensasi dan seberapa besar mereka bersedia meningkatkan tawaran itu jika orang tersebut ingin bernegosiasi.

Mereka bekerja dengan departemen penggajian dan keuangan untuk menentukan anggaran untuk karyawan baru di setiap departemen. Mereka juga berkonsultasi dengan kepala departemen dan eksekutif. HR manager juga membantu manajer menentukan bonus dan kenaikan kinerja yang sesuai.

Mengelola hubungan karyawan dan tenaga kerja

HR manager membantu manajer menjaga hubungan baik dengan karyawan mereka. Mereka menyelesaikan perselisihan di antara departemen dan individu, dan mengambil tindakan disipliner bila diperlukan.

Jika tempat kerja memiliki serikat pekerja, mereka sering mengambil bagian dalam negosiasi dan memastikan bahwa setiap orang mengikuti aturan kontrak yang ada.

gajihub 5

Memantau kepatuhan

Human resource manager memastikan bahwa manajer dan kepala departemen mengikuti peraturan keselamatan, menghindari diskriminasi, dan hanya memberhentikan karyawan dalam keadaan tertentu.

Mereka juga melacak jumlah waktu liburan yang dapat diambil orang. Ini berarti bahwa HR manager harus mempelajari semua peraturan perusahaan, ketentuan perjanjian serikat pekerja yang relevan, dan undang-undang provinsi dan Negara di industri mereka. Mereka juga melacak setiap perubahan peraturan untuk memastikan perusahaan tetap patuh.

 Baca juga: Pengertian Turnover Karyawan, Rumus, dan Tips Menurunkan Tingkat Turnover

Memutuskan struktur organisasi

HR manager sering membantu eksekutif memutuskan bagaimana mengatur perusahaan. Mereka menawarkan saran tentang berbagai topik, termasuk berapa banyak karyawan yang dapat diawasi secara langsung oleh setiap manajer.

Mereka juga menilai berapa banyak pertemuan yang harus diadakan setiap departemen, pemimpin mana yang harus hadir, dan siapa yang dapat bekerja dari rumah.

Bertindak berdasarkan umpan balik

Human resource manager bertindak sebagai penghubung antara karyawan dan pengusaha. Mereka meninjau evaluasi kinerja karyawan dari supervisor, dan mereka sering menyelidiki keluhan dari karyawan tentang manajer.

Mereka menggunakan informasi ini untuk membantu eksekutif memutuskan siapa yang pantas mendapatkan promosi atau kenaikan gaji dan kapan harus mendisiplinkan orang lain atau memberikan pelatihan tambahan.

Human Resource Manager 3

Keterampilan yang Penting Bagi Human Resource Manager

Berikut adalah beberapa jenis keterampilan yang dapat membantu Anda menjadi human resource yang sukses:

Kepemimpinan

Human resource manager harus membuat keputusan cepat dan memimpin berbagai proyek untuk memotivasi karyawan dan membantu mereka mengembangkan keterampilan mereka.

Mereka juga harus menemukan cara paling efisien untuk mendelegasikan tugas, memberikan panduan kepada karyawan, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas departemen sumber daya manusia. Beberapa keterampilan yang membuat seorang pemimpin yang efektif meliputi:

  • Kesabaran
  • Mendengarkan secara aktif
  • Empati
  • Keandalan
  • Kreativitas
  • Keteguhan
  • Sikap positif
  • Kerja tim
  • Kemampuan untuk membimbing dan mengajar orang lain

Organisasi

Human resource manager perlu diatur dan mampu menyeimbangkan banyak tugas dan tenggat waktu yang kompleks. Mereka harus dapat memastikan bahwa karyawan memenuhi tenggat waktu dan menerapkan sistem manajemen proyek bila diperlukan. Beberapa keterampilan organisasi termasuk pengaturan ruang kerja, pengarsipan, pencatatan, dan manajemen waktu.

Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif sangat penting bagi seorang human resource manager Mereka berkomunikasi dengan anggota staf garis depan, supervisor, dan eksekutif setiap hari.

Mereka juga dapat berbicara secara terbuka kepada para eksekutif, seluruh perusahaan, atau rekan kerja yang menghadiri konferensi sumber daya manusia. Beberapa keterampilan komunikasi yang penting antara lain:

  • Keramahan
  • Kepercayaan diri
  • Kemampuan untuk memberi dan menerima umpan balik
  • Tulisan dan ucapan yang jelas dan dapat dimengerti
    Kemampuan untuk memahami isyarat nonverbal seperti bahasa tubuh

Baca juga: Kepanjangan HRD, Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Tips Menjadi HRD

Penyelesaian masalah

Orang sering bekerja sebagai human resource manager untuk menyelesaikan konflik antara karyawan dan memecahkan masalah sebelum menjadi lebih parah.

Mereka harus fleksibel, berkonsultasi dengan eksekutif dan kepala departemen bila diperlukan, dan secara akurat mendokumentasikan masalah dan tanggapan Anda. Manajer SDM perlu mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan mereka dan menggunakan penalaran dan keterampilan berpikir kritis.

Memperhatikan setiap detail

Saat mengelola karyawan, perhatian terhadap detail sangat penting. Human resource manager membutuhkan keterampilan ini untuk menemukan pelanggaran hukum atau peraturan dan melihat kesalahan yang dibuat oleh anggota staf dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Kemampuan untuk fokus pada tugas untuk memastikan mereka dapat memberikan perhatian penuh mereka penting bagi orang-orang dalam profesi ini.

Human Resource Manager 2

Bagaimana Cara Menjadi Human Resource Manager?

Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda memulai karir Anda sebagai human resource manager:

1. Dapatkan gelar

Anda memerlukan setidaknya gelar sarjana untuk sebagian besar posisi HR manager. Gelar dalam manajemen sumber daya manusia, bisnis, dan bidang terkait sangat membantu.

Apa pun gelar yang Anda pilih, pertimbangkan untuk mengambil beberapa kursus komunikasi, bisnis, dan psikologi. Kelas online tersedia di banyak universitas, dan Anda dapat meneliti persyaratan untuk masuk sebelum mendaftar.

2. Temukan pengalaman tingkat pemula

Saat Anda kuliah, cari pekerjaan magang yang dapat membantu Anda melatih keterampilan Anda, mendapatkan pengalaman penting, dan membangun hubungan dengan profesional SDM lainnya untuk meningkatkan peluang jaringan Anda.

Ketika Anda lulus, Anda dapat meminta surat rekomendasi dari atasan Anda atau melamar posisi yang lebih jangka panjang.

Saat Anda mencari posisi sumber daya manusia tingkat pemula, lamar ke posisi meskipun Anda tidak memenuhi semua persyaratan.

Jika pemberi kerja memiliki daftar kriteria yang tidak terlalu detail, Anda masih bisa menjadi kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Orang-orang di posisi sumber daya manusia tingkat pemula sering menyelesaikan tugas administratif seperti pengarsipan catatan dan memfasilitasi program pelatihan.

3. Ikuti pelatihan tambahan

Ikuti pelatihan tambahan apa pun yang dapat membantu Anda berhasil sebagai HR manager. Anda dapat mempertimbangkan pelatihan dari atasan Anda atau dari organisasi kredibel lainnya, seperti asosiasi profesional.

Setelah beberapa kursus pelatihan, Anda dapat mengikuti ujian untuk menerima sertifikasi. Menambahkan sertifikasi ke resume Anda dapat membuat Anda lebih menarik bagi manajer perekrutan dan membantu Anda mendapatkan pekerjaan manajer sumber daya manusia pertama Anda.

4. Cari peran kepemimpinan

Cari cara untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam peran Anda saat ini dengan mendiskusikan ambisi Anda dengan penyelia Anda atau melamar promosi jika ada.

Anda juga dapat melamar posisi di perusahaan lain. Untuk menjadi manajer sumber daya manusia, sorot pengalaman terbaru Anda di bagian atas resume Anda.

Dengan setiap posisi, buatlah daftar pencapaian terpenting Anda. Jika memungkinkan, gunakan statistik untuk mengukur pencapaian Anda. Kemudian, sertakan pendidikan Anda dan keterampilan Anda yang paling berharga.

Baca juga: Human Resource Adalah Bagian Penting Dalam Organisasi Bisnis, Berikut Fungsinya

5. Pertimbangkan sekolah pascasarjana

Gelar master dapat membantu Anda mendapatkan posisi sebagai manajer sumber daya manusia dan terus memajukan karir Anda setelah Anda mendapatkan pekerjaan manajemen pertama Anda.

Diskusikan program yang tersedia dengan manajer dan mentor sumber daya manusia lainnya untuk memastikan bahwa Anda memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

6. Pelajari lebih lanjut tentang teknologi sumber daya manusia

Alat dan software HRIS membantu HR manager melakukan pekerjaan mereka secara efisien dengan mengotomatiskan banyak tugas sederhana.

Human resource manager menggunakan perangkat lunak ini untuk membantu mereka mengelola penggajian, pengeluaran bisnis, perekrutan, anggaran sumber daya manusia, dan banyak lagi.

Mempelajari software terbaru yang juga banyak digunakan perusahan dan mencantumkan keterampilan tersebut di resume  dapat membantu Anda mendapatkan wawancara untuk posisi human resource manager yang hebat.

Salah satu software payroll dan aplikasi HRIS yang wajib Anda coba gunakan adalaha GajiHub.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengelolaan human capital dengan fitur yang ada di dalamnya seperti: penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJS, pengelolaan akuntansi, reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Tertarik menggunakannya agar Anda bisa menjadi human resource manager yang profesional? Anda bisa mencoba GajiHub secara gratis melalui tautan ini

2 thoughts on “Human Resource Manager: Tugas, Skill. dan Cara Menjadi HR Manager

Comments are closed.