6 Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja

hari pertama kerja

Hari pertama kerja menjadi hari yang dinantikan sekaligus hari yang mendebarkan. Sebagai karyawan baru, Anda pastinya ingin mendapatkan kesan yang baik di hari pertama Anda bekerja.

Tidak heran jika banyak yang bingung menghadapi hari pertama kerja. Keinginan Anda memberikan kesan yang baik tidak jarang membuat Anda merasa takut dan merasa was-was.

Untuk itu Anda membutuhkan tips menghadapi hari pertama kerja agar bisa memberikan kesan yang baik di mata atasan dan juga rekan kerja. Bagaimana pun kesan pertama akan menjadi kunci kehidupan kerja Anda selanjutnya.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai tips menghadapi hari pertama kerja agar Anda bisa memberikan kesan yang baik. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

1. Buat Persiapan yang Baik

hari pertama kerja

Tahukah Anda, bahwa kunci sukses hari pertama kerja adalah tentang persiapan. Semakin baik persiapan Anda, semakin baik pula Anda dalam menyambut hari pertama kerja Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda datang dengan persiapan yang baik dan percaya diri di hari pertama kerja:

a. Pahami budaya dan ekspektasi perusahaan

Anda mungkin sudah melakukan riset tentang perusahaan selama proses wawancara, karena ini adalah cara yang baik untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Namun, menambah pemahaman Anda tentang budaya dan ekspektasi perusahaan sebelum hari pertama kerja dapat membantu Anda menyelaraskan perilaku dan pola pikir Anda dengan nilai-nilai yang ada di perusahaan.

Berikut adalah cara untuk membantu memahami perusahaan Anda sebelum memulai bekerja:

  • Kunjungi situs web dan media sosial perusahaan: cari pernyataan misi perusahaan, nilai-nilai dan berita terbaru.
  • Dapatkan informasi tentang karyawan: jika memungkinkan, hubungi karyawan saat ini melalui jaringan profesional seperti LinkedIn. Mereka dapat memberikan wawasan yang tak ternilai tentang lingkungan perusahaan dan apa yang diharapkan dari Anda.
  • Pahami aturan berpakaian: apakah formal, kasual bisnis, atau santai? Berpakaian yang tepat di hari pertama Anda adalah bagian dari membuat kesan yang baik. Lebih baik sedikit berlebihan dalam berpakaian daripada terlalu kasual di hari pertama Anda.

Baca Juga: Sistem Kerja Roster: Ini Strategi dan Cara Memaksimalkannya

b. Barang-barang penting yang harus dibawa di hari pertama kerja

Sebelum hari pertama Anda, ada baiknya Anda mengumpulkan semua yang Anda perlukan dan mengemasnya. Hal ini tidak hanya dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi pada hal-hal lain di pagi hari, tetapi juga dapat membantu Anda menghindari melupakan sesuatu.

Berikut adalah beberapa barang penting yang harus dibawa:

  • Dokumen yang diperlukan, seperti tanda pengenal untuk proses SDM
  • Buku catatan/perencana dan pulpen, untuk membuat catatan selama rapat atau sesi pelatihan (perusahaan Anda seharusnya menyediakannya, tetapi tidak selalu demikian)
  • Botol air, makanan ringan, makan siang, dan barang pribadi apa pun yang mungkin Anda perlukan sepanjang hari
  • Obat-obatan atau barang penghilang rasa sakit (pemberi kerja tidak diizinkan memberi Anda obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, misalnya)
  • Daftar pertanyaan yang Anda miliki tentang peran, tim, atau proses perusahaan Anda

c. Rencanakan perjalanan ke kantor sebelum hari pertama kerja

Perjalanan yang lancar dapat membuat perbedaan besar pada hari pertama Anda. Tidak ada yang lebih buruk daripada tiba dalam keadaan lelah dan kewalahan karena perjalanan yang menegangkan atau, lebih buruk lagi, datang terlambat.

Sebaiknya Anda menguji perjalanan Anda sebelum hari pertama. Pastikan Anda berangkat pada waktu yang tepat, karena lalu lintas dan perjalanan pada jam sibuk dapat membuat perbedaan besar pada perjalanan Anda.

Anda juga dapat berangkat kerja lebih awal pada hari pertama dan berencana untuk menikmati secangkir kopi di kafe terdekat sebelum berangkat kerja. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk menghilang stres dan siap untuk bekerja.

Baca Juga: Kerja Tidak Sesuai Minat, Bagaimana Cara Menghadapinya?

2. Berikan Kesan Pertama yang Baik

hari pertama kerja

Anda bisa saja merasa tegang di hari pertama Anda bekerja. Anda mungkin merasa bingung apa yang harus dikatakan dan juga Anda lakukan saat pertama kali bekerja.

Terlebih jika ini adalah pengalaman bekerja pertama Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kesan baik di hari pertama Anda bekerja:

a. Perkenalkan diri Anda secara efektif

Memperkenalkan diri Anda secara efektif lebih dari sekadar menyebutkan nama dan peran Anda. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meninggalkan kesan yang mendalam. Berikut ini cara melakukannya dengan benar:

  • Siapkan perkenalan singkat yang mencakup nama Anda, peran baru Anda, dan sedikit tentang latar belakang atau minat Anda.
  • Tunjukkan antusiasme terhadap peran baru Anda dan menjadi bagian dari tim.
  • Saat bertemu dengan seseorang, Anda bisa mengatakan, Hai, saya [nama], [posisi] yang baru. Saya sangat senang berada di sini dan belajar dari semua orang.
  • Anda juga bisa bertanya terkait pekerjaan rekan kerja Anda? Hal ini tidak hanya memperkenalkan Anda, namun juga menunjukkan ketertarikan pada rekan kerja Anda dan akan membantu Anda mengingat siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.

Baca Juga: Cara Menolak Panggilan Kerja, Contoh, dan Templatenya

b. Bahasa tubuh

Bahasa tubuh Anda menunjukkan kepercayaan diri dan sikap Anda. Berikut adalah beberapa tips agar bahasa tubuh Anda bisa memberikan kesan yang baik di hari pertama kerja:

  • Pertahankan postur tubuh yang baik: berdiri dan duduk dengan tegak untuk menunjukkan rasa percaya diri.
  • Kontak mata: lakukan kontak mata saat berbicara atau mendengarkan seseorang. Ini menunjukkan perhatian dan rasa hormat.
  • Senyum: senyum yang ramah dapat membuat Anda terlihat mudah didekati dan terbuka.
  • Hindari ruang pribadi karyawan lain: hormati ruang pribadi orang lain untuk menghindari ketidaknyamanan.

Etika profesional di tempat kerja memiliki pan penting dalam membuat kesan pertama yang baik. Secara umum, bersikaplah sopan dan hormat dalam semua interaksi Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Manfaat Pelatihan Kerja bagi Karyawan dan Perusahaan

3. Lakukan Interaksi dengan Rekan Kerja

Hari pertama Anda di pekerjaan baru bukan hanya tentang pekerjaannya, tetapi juga tentang orang-orang yang akan bekerja dengan Anda.

Memiliki interaksi yang positif dengan rekan kerja baru adalah hal yang penting untuk membangun hubungan kerja yang kuat. Berinteraksi dengan kolega baru Anda bisa jadi menyenangkan sekaligus menakutkan.

Meskipun hal ini bisa jadi menakutkan, ambillah inisiatif untuk memulai percakapan saat istirahat atau di area umum. Tanyakan tentang peran mereka di perusahaan hingga pengalaman kerja mereka.

Anda juga bisa memperhatikan apa yang rekan kerja kerjakan. Jika Anda ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya. Buatlah diri Anda menjadi sosok yang mudah didekati dan juga terbuka dengan beberapa cara berikut ini:

  • Pertahankan sikap positif, karena hal ini membuat orang lain merasa lebih nyaman di sekitar Anda.
  • Tunjukkan bahwa Anda ingin belajar dan terbuka terhadap pengalaman baru.
  • Gunakan bahasa tubuh yang terbuka. Hindari menyilangkan tangan atau menunduk, karena ini biasanya dianggap sebagai sikap tertutup.

Ingatlah, tujuannya bukan untuk menjadi teman baik dengan semua orang di hari pertama, namun untuk meletakkan dasar bagi hubungan kerja yang positif dan produktif.

Baca Juga: 8 Cara Menciptakan Psychological Safety di Tempat Kerja

4. Pahami Peran dan Tanggung Jawab Anda

hari pertama kerja

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari di hari pertama Anda bekerja dan sering kali terasa membingungkan. Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan di hari pertama kerja, ada baiknya Anda melihat kembali deskripsi pekerjaan Anda untuk mengingatkan diri sendiri tentang tanggung jawab Anda.

Jadwalkan pertemuan dengan manajer Anda untuk mendiskusikan peran Anda dan mencari tahu apa yang diharapkan dari Anda.

Meskipun terkadang Anda tergoda untuk menundukkan kepala dan bekerja, untuk menunjukkan kemampuan Anda tanpa bantuan, hal ini dapat menyebabkan kesalahan.

Orang-orang mengharapkan pemula untuk meminta bantuan ketika ada sesuatu yang mereka tidak yakin. Mengajukan pertanyaan saat Anda membutuhkannya akan membantu Anda belajar melakukan sesuatu dengan lebih cepat daripada harus belajar dari kesalahan yang Anda lakukan.

Anda dapat menetapkan tujuan pribadi sehingga bisa membantu Anda tetap fokus dan termotivasi. Berikut tips yang bisa Anda ikuti:

  • Selaraskan tujuan dengan tujuan perusahaan: pastikan tujuan pribadi Anda berkontribusi pada tujuan perusahaan secara keseluruhan.
  • Tetapkan tujuan yang SMART: buatlah tujuan Anda menjadi Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan berdasarkan waktu.
  • Tinjau dan sesuaikan secara teratur: ketika Anda semakin memahami peran Anda, tinjau kembali dan sesuaikan tujuan Anda sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

5. Mulai Beradaptasi

hari pertama kerja

Setiap lingkungan kerja baru membawa tantangan baru, seperti memahami ruang baru, memahami kebijakan dan peraturan perusahaan. Berikut ini adalah cara agar Anda dapat lebih memahami ruang kerja baru Anda:

a. Biasakan diri Anda dengan tata letak dan fasilitas kantor

Hari pertama Anda adalah waktu terbaik untuk mengenal tata letak fisik tempat kerja baru Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu:

  • Ikuti tur kantor untuk mengetahui letak berbagai hal, seperti pantry, ruang rapat, toilet, dan area istirahat.
  • Cari tahu tentang fasilitas yang tersedia seperti printer, mesin kopi, dan fasilitas lain yang mungkin Anda perlukan.
  • Demi keselamatan Anda, cari tahu lokasi pintu keluar darurat, alat pemadam kebakaran, dan kotak P3K.

Baca Juga: 15 Contoh Red Flag di Dunia Kerja Beserta Artinya

b.Memahami kebijakan dan peraturan perusahaan

Jika tersedia, bacalah buku panduan karyawan secara menyeluruh. Buku ini biasanya berisi informasi penting tentang kebijakan perusahaan, jam kerja, kebijakan cuti, dan panduan penting lainnya.

Jangan ragu untuk bertanya kepada departemen SDM jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan klarifikasi tentang kebijakan tertentu.

c. Amati dan mulai beradaptasi dengan budaya kerja di hari pertama kerja

Perhatikan bagaimana rekan kerja berinteraksi satu sama lain. Hal ini dapat memberi Anda wawasan tentang norma-norma informal dan gaya komunikasi di kantor.

Pelajari apakah perusahaan lebih menyukai email, pesan instan, pertemuan tatap muka, atau bentuk komunikasi lainnya. Ikutlah dalam kegiatan sosial atau pertemuan informal, karena ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk mengamati dan beradaptasi dengan budaya perusahaan.

Baca Juga: Penalti Kontrak Kerja: Aturan dan Cara Menghindarinya

6. Atasi Tantangan yang Ada

first day at work

Hari pertama di pekerjaan baru memiliki tantangan umum yang dihadapi banyak orang. Selain kegelisahan di hari pertama, karyawan baru juga sering kali harus mengatasi ketidakpastian tentang peran mereka atau merasa gugup karena takut membuat kesalahan.

Anda harus mempelajari sistem dan proses unik dari perusahaan baru Anda, yang bisa memakan waktu untuk menguasainya. Ini termasyk dinamika tempat kerja dan politik internal yang harus dihadapi.

Ini merupakan hal yang wajar jika Anda harus menghadapi tantangan-tantangan ini dan lebih banyak lagi saat Anda mulai beradaptasi dengan posisi baru Anda. Berikut adalah beberapa strategi untuk membantu Anda mengelola perasaan ini:

  • Biasakan diri Anda dengan perusahaan dan peran Anda sebanyak mungkin sebelum hari pertama.
  • Bawalah buku catatan untuk mencatat informasi penting, seperti nama dan peran. Hal ini dapat membantu Anda mengingat detail-detail di sepanjang jalan.
  • Pahami bahwa Anda tidak akan mengetahui semuanya di hari pertama atau bahkan minggu pertama. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri saat Anda belajar.
  • Jangan ragu untuk mencari bimbingan saat Anda membutuhkannya. Jika Anda tidak yakin tentang sesuatu, tanyakan kepada rekan kerja atau atasan Anda – ini menunjukkan keinginan Anda untuk belajar dan melakukan sesuatu dengan benar.
  • Beberapa perusahaan juga memiliki sistem bimbingan atau teman untuk karyawan baru. Jika ada, manfaatkan program-program ini untuk mendapatkan dukungan.

Departemen SDM adalah sumber daya berharga lainnya untuk setiap masalah atau pertanyaan tentang kebijakan perusahaan atau peran Anda. Jika ragu, bicaralah.

Sebagian besar karyawan akan dengan senang hati membantu Anda. Memulai pekerjaan baru adalah awal dari babak baru yang menarik dalam hidup Anda, jadi jika Anda merasa gugup di hari pertama kerja Anda itu adalah hal yang wajar terjadi.

Baca Juga: Toxic Workplace: Pengertian, Tanda, dan Cara Menghadapinya

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips hari pertama kerja yang bisa menjadi referensi Anda dalam menghadapi hari pertama kerja Anda. Menghadapi hari pertama kerja memang bukan hal yang mudah.

Anda bisa merasa cemas dan was-was, namun pastikan Anda tetap percaya diri dan menjadi diri sendiri di hari pertama kerja Anda. Karena pada akhirnya rasa percaya diri ini yang akan membantu Anda lebih mudah memulai interaksi di tempat kerja yang baru.

Untuk perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *