Gaji CTO di Indonesia dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

gaji CTO

CTO atau Chief Technology Officer merupakan posisi di sebuah perusahaan yang berhubungan dengan keputusan teknologi. CTO ada di jajaran C-level dan salah satu yang menarik dari posisi ini adalah gaji CTO.

Karena ada di jajaran C-level bersama dengan CEO, CFO, hingga COO, CTO memiliki gaji yang lumayan tinggi. Ini juga dibarengi dengan tanggung jawab CTO dan pengalaman kerja yang dimilikinya.

Apakah Anda tertarik untuk berkarir sebagai CTO ini? Apakah Anda ingin tahu besaran gaji CTO di Indonesia dan apa saja kualifikasi yang dibutuhkan?

Pada artikel ini GajiHub akan membahas mengenai CTO, mulai dari pengertian, tanggung jawab, gaji, hingga kualifikasi yang dibutuhkan.

Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Pengertian CTO?

gaji CTO

CTO atau Chief Technology Officer merupakan salah satu posisi eksklusif yang ada di perusahaan yang bertanggung jawab atas pengembangan, kebutuhan, dan penelitian teknologi di perusahaan tersebut.

Atas pekerjaannya ini, CTO akan melaporkannya langsung kepada CEO atau Chief Excecutive Officer. CTO menjadi posisi tertinggi di divisi teknologi dan akan memimpin seluruh tim yang ada di divisi tersebut.

Selain langsung kepada CEO, CTO juga bisa melaporkan hasil pekerjaannya kepada CIO. Makanya tidak heran jika banyak yang sulit membedakan antara CTO dengan CIO dan mengira keduanya adalah hal yang sama, padahal jelas CTO berbeda dengan CIO.

CTO berfokus kepada pengembangan produk atau layanan pelanggan yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan perusahaan. Sedangkan CIO berfokus kepada pengelolaan infrastruktur dan operasional informasi teknologi di dalam sebuah perusahaan.

Tujuannya adalah untuk penerapan produk dan sistem teknologi untuk menyederhanakan proses bisnis internal. Pada awalnya CIO memang memegang dua peranan sekaligus yakni sebagai CIO dan CTO, namun seiring berjalannya waktu, keduanya dipisahkan karena perannya sangat penting bagi perusahaan.

Baca Juga: Jobdesk CTO, Jenis, dan Skill yang Dibutuhkan

Apa Saja Tanggung Jawab CTO

gaji CTO

Tugas dan tanggung jawab CTO yang tepat cenderung bervariasi, tergantung pada perusahaan dan industrinya. Tanggung jawab utama mereka adalah memandu departemen TI perusahaan untuk memenuhi kebutuhan strategis dan teknologi perusahaan secara keseluruhan untuk memastikan perusahaan tetap mengikuti perkembangan teknologi dan layanan sisi klien tetap aman dan relevan.

Tugas dan tanggung jawab tambahan mereka mungkin termasuk yang berikut ini:

  • Mengembangkan dan mengawasi strategi untuk memaksimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan hasil.
  • Menjabarkan dan mengimplementasikan tujuan untuk departemen penelitian dan pengembangan perusahaan.
  • Memastikan bahwa karyawan menggunakan teknologi perusahaan dengan cara yang efisien dan menguntungkan.
  • Mengembangkan dan menerapkan proses perlindungan data dan jaminan kualitas.
  • Memantau dan menilai anggaran TI.
  • Mengkomunikasikan strategi teknologi kepada para pemangku kepentingan dan karyawan.
  • Menyetujui desain infrastruktur TI, sistem komunikasi, dan perangkat lunak baru.
  • Meneliti dan tetap waspada terhadap tren dan platform teknologi yang sedang berkembang dan memudar, serta menggabungkan pengetahuan ini ke dalam pendekatan teknologi organisasi.

Baca Juga: Berapa Gaji CEO di Indonesia? Ini Rata-ratanya di Indonesia

Apa Perbedaan CIO vs CTO?

Meskipun peran CTO dan CIO sama-sama melibatkan informasi dan teknologi, fokus dan tujuan utama mereka berbeda dalam beberapa hal. Seorang CIO menggunakan teknologi untuk meningkatkan fungsi karyawan internal dan departemen dalam sebuah organisasi.

Mereka juga dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk mencoba meningkatkan laba perusahaan, yang mengacu pada pendapatan bersih setelah dikurangi biaya untuk mendapatkan pendapatan tersebut. Biasanya, CIO lebih tinggi dalam hierarki perusahaan daripada CTO.

Jika CIO berfokus pada kebutuhan teknologi internal, CTO adalah individu yang berfokus ke luar dan bekerja secara langsung dengan pelanggan, vendor, dan individu atau organisasi lain yang membeli produk perusahaan.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menentukan bagaimana memastikan penawaran produknya tetap inovatif dan menarik. Selain itu, CTO sering kali mengelola beberapa departemen, sementara CIO terutama mengelola departemen TI perusahaan.

Baca Juga: Berapa Gaji CFO di Indonesia? Cek Kisarannya Berikut Ini

Apa Saja Jenis-jenis CTO?

chief technology officer

Berikut jenis-jenis CTO yang wajib Anda ketahui:

1. CTO Tradisional

CTO tradisional bertanggung jawab atas strategi dan implementasi teknologi organisasi secara keseluruhan. Mereka sering kali berfokus pada pengembangan dan pendistribusian teknologi untuk pelanggan eksternal, vendor, dan klien lain untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis.

Selain itu, mereka juga dapat menangani operasi TI internal jika perusahaannya kecil dan tidak memiliki chief information officer. CTO tradisional sering kali merupakan anggota kunci dari tim eksekutif dan bekerja sama dengan departemen lain dalam organisasi untuk memastikan bahwa solusi teknologi sesuai dengan tujuan bisnis.

2. CTO Infrastruktur

CTO infrastruktur secara khusus berfokus pada pengembangan dan pengelolaan infrastruktur teknologi dalam sebuah organisasi, seperti jaringan, pusat data, dan layanan cloud.

Posisi ini juga terkadang disebut sebagai Chief Infrastructure Officer (CIO). CTO infrastruktur bertanggung jawab untuk memastikan bahwa infrastruktur teknologi organisasi aman dan dapat diandalkan serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan internal.

Hal ini berbeda dengan CTO tradisional yang terutama berfokus pada pengembangan dan penyebaran teknologi untuk pelanggan dan vendor eksternal. Penting untuk dicatat bahwa jabatan dan tanggung jawab dapat sangat bervariasi di seluruh organisasi, sehingga tugas spesifik CTO infrastruktur bergantung pada perusahaan yang bersangkutan.

gajihub 3

3. CTO yang berhadapan dengan pelanggan

CTO yang berhadapan langsung dengan pelanggan bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan pelanggan eksternal dan vendor. Mereka mengumpulkan umpan balik tentang solusi teknologi, mengomunikasikan pembaruan dan perubahan pada solusi ini, dan memastikan bahwa solusi tersebut memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan eksternal.

Jenis CTO ini terkadang disebut Chief Customer Officer (CCO). CTO yang berhadapan langsung dengan pelanggan sering kali merupakan anggota tim penjualan dan pemasaran utama dan bekerja sama dengan departemen lain dalam organisasi untuk memastikan bahwa solusi teknologi selaras dengan tujuan bisnis.

4. CTO Perencana Strategis

Perencana strategis adalah jenis CTO yang merencanakan bagaimana sebuah bisnis dapat menggunakan teknologi untuk mencapai visi jangka panjang.

Mereka juga dapat menentukan teknologi yang digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam suatu industri. CTO yang merupakan perencana strategis sering kali bekerja di perusahaan rintisan atau organisasi baru yang membutuhkan strategi teknologi yang lebih baik.

5. CTO Pemikir

Tipe CTO ini menentukan cara untuk memperluas teknologi yang digunakan bisnis dan memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Mereka dapat meneliti perkembangan teknologi terbaru, menganalisis target pasar yang berbeda, dan berkolaborasi dengan CEO dan eksekutif senior lainnya untuk mengembangkan strategi perusahaan yang lebih inovatif.

Tidak seperti jenis CTO lainnya, pemikir biasanya memiliki keterlibatan paling langsung dengan eksekutif senior lainnya.

Baca Juga: Berapa Gaji Komisaris di Indonesia? Ini Rata Ratanya di Indonesia

Berapa Gaji CTO di Indonesia?

gaji CTO

Buat Anda yang tertarik berkarir sebagai CTO, mengetahui gaji CTO bisa menjadi motivasi dan gambaran gaji yang akan Anda diterima. Lalu berapa besaran gaji CTO di perusahaan yang ada di Indonesia?

Berikut daftar gaji CTO di perusahaan yang ada di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda:

1. Bank Central Asia

Untuk CTO di BCA memiliki gaji yang terbilang besar yakni hingga Rp120 juta per bulan. Ini menyesuaikan dengan tanggung jawab CTO yakni memimpin divisi IT atau teknologi di perusahaan. (Sumber: Hops.id)

2. Tokopedia

Untuk CTO di Tokopedia memiliki gaji hingga Rp50 juta per bulan. Besaran gaji ini menyesuaikan tanggung jawab CTO. Terlebih, Tokopedia merupakan startup teknologi yang produknya sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan CTO. (Sumber: upahkerja.com)

3. Shopee

CTO yang bekerja di Shopee bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp4 miliar hingga Rp8 miliar per tahunnya. Sama seperti Tokopedia, Shopee juga merupakan startup teknologi dimana peran CTO sangat penting untuk pengembangan produk. (Sumber: lokerswasta.co.id)

4. Lazada

CTO yang bekerja di Lazada memiliki gaji antara Rp3 miliar hingga Rp5 miliar per tahunnya. Gaji ini menyesuaikan pengalaman kerja CTO dan tanggung jawab yang dimilikinya. (Sumber: lokerswasta.co.id).

Baca Juga: Berapa Gaji Sosmed Marketing? Berikut Rata-ratanya di Indonesia

Apa Saja Kualifikasi untuk CTO?

gaji CTO

Selain memiliki keterampilan teknologi yang kuat, banyak chief technology officer yang sukses memiliki kualifikasi berikut ini:

1. Keterampilan Kepemimpinan

Seorang CTO bekerja di tingkat eksekutif, sering disebut C-suite di perusahaan yang lebih besar, yang berarti mereka sering bertanggung jawab atas banyak manajer dan tim di seluruh organisasi.

Seorang CTO yang sukses menggunakan keterampilan kepemimpinan untuk mendelegasikan tugas, berkomunikasi dengan tim, dan memberikan bimbingan kepada karyawan saat dibutuhkan.

Keterampilan ini membantu mereka memastikan bahwa semua karyawan yang mereka kelola melakukan tugas mereka dengan kemampuan terbaik.

2. Keterampilan Komunikasi

Karena mereka secara teratur berkomunikasi dengan manajer, pemimpin tim, dan eksekutif lainnya dalam sebuah organisasi, akan sangat bermanfaat bagi seorang CTO untuk memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik.

Para profesional ini menggunakan keterampilan komunikasi untuk menyampaikan kebutuhan teknologi organisasi kepada khalayak eksternal dan berkolaborasi dengan orang lain saat mengimplementasikan sistem baru atau memodifikasi sistem yang sudah ada. Mereka juga menggunakan keterampilan ini saat membuat laporan tentang kinerja teknologi perusahaan dan menyiapkan umpan balik tertulis.

3. Keterampilan dalam Membuat Keputusan

CTO membuat keputusan penting yang berkaitan dengan teknologi yang digunakan dalam organisasi.

Misalnya, mereka dapat memutuskan untuk membeli teknologi baru atau mengalokasikan sumber daya dengan cara yang berpotensi meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Keterampilan ini sangat penting ketika membuat pilihan komprehensif yang dapat memengaruhi seluruh organisasi.

4. Keterampilan Bisnis

CTO adalah pemimpin dalam organisasi yang mempekerjakan mereka dan harus memahami bagaimana sebuah bisnis beroperasi. Setidaknya, mereka harus memahami kebutuhan organisasi dan pelanggan yang dilayaninya. Mereka kemudian dapat menggunakan keterampilan bisnis mereka untuk mengembangkan dan mengelola strategi untuk meningkatkan operasi organisasi.

5. Keterampilan Organisasi

Karena kompleksitas sebagian besar teknologi, CTOS harus memiliki keterampilan organisasi yang baik untuk memahami dan mengimplementasikan sistem yang berbeda secara efektif.

Dengan memiliki keterampilan ini, mereka dapat mengatur waktu sehingga dapat menyelesaikan banyak tugas dengan lebih efisien. Keterampilan ini juga membantu mereka mengembangkan strategi teknologi yang kohesif dan menentukan aspek teknologi mana yang akan diterapkan.

Baca Juga: Berapa Gaji Konsultan Keuangan di Indonesia? Berikut Kisarannya

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai gaji CTO yang dapat menjadi referensi buat Anda yang tertarik berkarir sebagai CTO. Sebagai salah satu bagian c-level, CTO memang memiliki gaji yang besar, namun ini menyesuaikan pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki CTO.

Penetapan gaji karyawan, termasuk CTO ini memang harus menyesuaikan kualifikasi yang dimiliki karyawan tersebut. Ini dilakukan dengan tidak sembarangan dan harus melalui pengelolaan yang baik.

Agar perusahaan bisa tepat dalam memberikan gaji dan tunjangan karyawan, perusahaan wajib melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan proses pengelolaan karyawan.

Di GajiHub Anda bisa mendapatkan pengalaman perhitungan gaji dengan sangat mudah. Daftar GajiHub sekarang di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *