Berapa Gaji Sosmed Marketing? Berikut Rata-ratanya di Indonesia

berapa gaji sosmed marketing

Sosmed marketing merupakan bagian dari digital marketing yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan. Buat Anda yang tertarik berkarir di bidang sosmed marketing mengetahui berapa gaji sosmed marketing membantu Anda mempertimbangkannya.

Sebagai salah satu pekerjaan yang memiliki karir menjanjikan, peminat sosmed marketing semakin hari semakin bertambah. Apakah Anda salah satu orang yang tertarik berkarir di bidang sosmed marketing ini?

Lalu berapa gaji dari sosmed marketing ini? Buat Anda yang ingin mengetahuinya Anda bisa membaca penjelasan di bawah ini:

Apa Itu Sosmed Marketing?

Pemasar media sosial atau sosmed marketer adalah spesialis pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan, membangun citra merek, dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Saat ini banyak organisasi dan perusahaan di semua industri memprioritaskan kehadiran media sosial mereka, ini dilakukan karena media sosial memungkinkan mereka untuk menjangkau audiens target mereka melalui platform yang sering mereka gunakan.

Digital marketer yang berspesialisasi dalam media sosial biasanya bekerja secara lepas atau menjadi bagian dari divisi pemasaran perusahaan dengan tuga mengembangkan strategi media sosial yang efektif. Mereka bertanggung jawab untuk menjalankan akun media sosial perusahaan, menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk terus meningkatkan penjualan perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di bidang sosmed marketing, Anda bisa memulainya dengan menempuh pendidikan pemasaran, ekonomi, hingga komunikasi. Sebagai tambahan Anda bisa mulai mengelola media sosial pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai portofolio.

Baca Juga: Berapa Gaji Digital Marketing Manager? Ini Kisarannya di Indonesia

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Sosmed Marketing?

berapa gaji sosmed marketing

Seseorang yang bekerja di bidang sosmed marketing bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui akun media sosial. Secara umum, peran ini dapat mencakup:

1. Membuat strategi media sosial

Sosmed marketing bertanggung jawab dalam menguraikan bagaimana brand atau perusahaan akan menggunakan saluran media sosial untuk memasarkan produk atau layanannya. Sebagai pemasar, Anda bertanggung jawab untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang menargetkan audiens target organisasi dan menghasilkan prospek.

Hal ini dapat berupa pembelian produk, membuat janji temu, berlangganan buletin, atau kerjasama dengan brand lainnya. Selain itu Anda juga akan bertugas mendefinisikan tujuan kampanye pemasaran, menguraikan kalender posting, dan merinci cara mengukur keberhasilan kampanye.

Hal ini dilakukan untuk menginformasikan pemasaran di masa depan, pengembangan produk, dan perkiraan penjualan, sehingga organisasi selalu dapat melampaui harapan pelanggannya.

2. Menargetkan demografi yang sesuai

Sangatlah penting memilih saluran media sosial yang digunakan oleh sebuah organisasi populer di kalangan audiens target produk atau layanan. Sebagai bagian dari digital marketing, peran Anda sebagai sosmed marketing adalah untuk selalu mengikuti perkembangan tren terbesar dalam demografi target Anda, sehingga Anda dapat membuat konten yang menarik bagi mereka.

Hal ini dapat melibatkan pembuatan persona untuk digunakan oleh departemen pemasaran ketika mereka sedang mengembangkan kampanye dan menganalisis respons untuk terus membuat konten yang diinginkan oleh demografi Anda.

Anda dapat memperoleh wawasan tentang demografi Anda melalui interaksi audiens dengan konten Anda, baik melalui suka, komentar, postingan yang disimpan, tautan yang diklik, atau langganan. Memahami demografi utama Anda dapat mencegah membuang-buang waktu dan uang untuk mengejar saluran yang salah.

Baca Juga: Berapa Gaji Motion Desainer? Cek Kisarannya Berikut Ini

3. Melakukan analisis data

Tugas dan tanggung jawab selanjutnya adalah melakukan analisis data. Seorang marketer yang berspesialisasi dalam media sosial bertanggung jawab untuk menganalisis respons dan keberhasilan kampanye pemasaran online.

Saluran media sosial sudah menawarkan kumpulan data siap pakai dan dasbor yang menguraikan metrik utama dan mengukur kinerja. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan pengukuran kinerja di media sosial.

Kombinasikan ini dengan alat tambahan untuk mendapatkan pemahaman tentang keterlibatan, lalu lintas, ROI, data layanan pelanggan, corong prospek, dan sasaran konversi. Kemudian Anda dapat menggunakan informasi ini untuk melacak kinerja pemasaran dan menyelaraskan strategi dengan sasaran pemasaran dan KPI yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Membuat konten

Memposting konten berkualitas tinggi secara teratur adalah aspek mendasar dari peran pemasaran media sosial. Seorang yang bekerja di medsos marketing membuat konten yang menarik audiens target organisasi, apakah itu gambar, posting blog, atau video.

Semua konten membutuhkan ajakan bertindak yang mendorong pemirsa untuk terlibat lebih jauh dengan merek melalui menyukai, berbagi, mengklik tautan, atau melakukan pembelian.

gajihub 3

Baca Juga: Berapa Gaji Asisten Manager? Cek Kisarannya Berikut Ini

Berapa Kisaran Gaji Sosmed Marketing di Perusahaan Indonesia?

Buat Anda yang ingin berkarir di bidang medsos marketing, Anda pasti penasaran berapa gaji sosmed marketing. Seperti halnya berapa gaji copywriter, dalam menentukan berapa gaji sosmed marketing, Anda harus menentukan dimana Anda bekerja.

Misalnya sosmed marketing yang bekerja di Jakarta akan memiliki gaji yang berbeda dengan sosmed yang bekerja di Yogyakarta. Untuk rata-rata gaji sosmed marketing di Indonesia berdasarkan Indeed yakni Rp3.932.991/bulan.

Angka tersebut adalah rata-rata gaji di Indonesia, dimana akan berbeda sesuai dengan tempat kerja. Untuk sosmed marketing yang bekerja di Jakarta memiliki gaji Rp5.911.412/bulan dan ini berbeda dengan sosmed marketing yang bekerja di Yogyakarta yakni Rp2.575.062/bulan.

Gaji ini juga bisa meningkat seiring dengan pengalaman kerja dan jabatan yang dipegang. Semakin berpengalaman dan semakin tinggi jabatan yang dipegang, maka gaji akan semakin besar.

Sebagai gambaran berikut kisaran gaji sosmed marketing di perusahaan yang ada di Indonesia:

  1. Tokopedia: Rp5.000.000.
  2. Gojek: Rp8.000.000.
  3. Shopee: Rp6.000.000.
  4. PT Mayora: Rp7.500.000.
  5. Traveloka: Rp5.650.000.
  6. Bank Jago: Rp5.700.000.

Baca Juga: Berapa Gaji UI/UX Designer? Ini Rata-ratanya di Indonesia

Apa Saja Kualifikasi untuk Sosmed Marketing?

Buat Anda yang ingin berkarir di bidang sosmed marketing, berikut kualifikasi yang harus Anda miliki:

1. Kreativitas yang tinggi

Seorang medsos marketing akan membuat konten yang menarik untuk dipublikasikan di berbagai saluran. Kreativitas adalah keterampilan yang dibutuhkan yang akan memudahkan medsos marketer membuat konten orisinal yang menarik pelanggan baru dan yang sudah ada untuk terlibat dengan brand, yang pada akhirnya mendorong penjualan perusahaan.

Karena ada kejenuhan konten di platform media sosial, keterampilan kreatif yang kuat membantu tim membuat konten yang unik.

2. Komunikasi yang sangat baik

Peran seorang pemasar media sosial melibatkan hubungan dengan kolega dan departemen lain serta copywriter untuk blog dan postingan media sosial. Kemampuan literasi dan komunikasi yang kuat sangat berharga di sini untuk menyampaikan pesan yang dimiliki oleh brand.

Keterampilan komunikasi yang sangat baik juga memungkinkan medsos marketer untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif secara online.

3. Keterampilan digital yang kuat

Keterampilan digital yang kuat sangat penting saat bekerja dalam peran ini, karena Anda menavigasi berbagai saluran dan alat digital. Contoh alat termasuk alat analisis, perangkat lunak pengeditan gambar dan video, dan sistem manajemen konten.

Beberapa pemasar mungkin mengkhususkan diri pada satu platform media sosial, tetapi pengetahuan umum tentang semua saluran media sosial utama sangat bermanfaat.

4. Kemampuan beradaptasi

Tim media sosial mendapat manfaat dari kemampuan beradaptasi sehingga mereka dapat bereaksi terhadap pembaruan dan informasi baru. Misalnya, jika ada berita yang relevan, medsos marketing akan menandai dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi.

Kemampuan adaptasi ini juga sangat dibutuhkan mengingat media sosial memiliki algoritma yang cepat berubah. Dengan adanya perubahan algoritma, kemampuan adaptasi akan membantu tim medsos marketing bisa tetap bersaing.

Selain kualifikasi yang dijelaskan di atas, biasanya perusahaan memiliki kualifikasi khusus yang disebutkan di informasi lowongan pekerjaan. Berikut contoh dari kualifikasi untuk posisi social media specialist (sosmed marketing) dari Gojek pada Tribun News:

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun dari biro iklan atau start-up.
  • Memiliki keterampilan menulis, mengedit, ataupun membaca yang baik.
  • Memiliki kemampuan dalam hal mengkomunikasikan ide dengan jelas, termasuk di dalamnya pola pikir analitis yang kuat dan didorong oleh data.
  • Memiliki pengetahuan luas tentang lanskap media sosial, platform, dan teknologi.
  • Memiliki minat pada platform digital, khususnya di media sosial, dan berkeinginan untuk mempelajari bidang ini lebih lanjut.
  • Memiliki sikap proaktif dan dapat berpikir kreatif atau inovatif untuk berkolaborasi dengan banyak pemangku kepentingan.
  • Memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk membaca, menafsirkan, dan memanfaatkan data.
  • Kuat dan berorientasi pada detail untuk menangani banyak pekerjaan.

berapa gaji sosmed marketing

Baca Juga: Berapa Gaji SEO Specialist? Cek Rata-Ratanya Berikut Ini

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa berapa gaji sosmed marketing berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp5,9 juta per bulan. Besaran gaji ini ditentukan oleh dimana tempat kerja hingga posisi pekerjaan dan pengalaman yang dimiliki.

Jadi, buat Anda yang tertarik untuk berkarir di bidang ini dan mendapatkan gaji yang tinggi, Anda harus terus meningkatkan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki.

Agar perusahaan bisa dengan mudah mengelola gaji sosmed marketing dan tim lainnya yang ada di perusahaan, perusahaan bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HR dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Misalnya dengan fitur aplikasi absensi, karyawan sosmed marketing dapat melakukan absensi dengan mudah dari smartphone.

Dengan fitur slip gaji, karyawan akan mendapatkan slip gaji yang dapat diunduh dalam format PDF. Selain bisa diunduh dari aplikasi GajiHub, perusahaan juga akan mengirimkan slip gaji ini melalui email.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *