Crab Mentality: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengatasi

crab mentality

Crab mentality merupakan salah satu sifat negatif yang menghalangi seseorang meraih keberhasilannya.

Sifat ini dianalogikan sebagai mentalitas kepiting karena ketika kepiting berada di sebuah ember dan ada kepiting yang berhasil naik untuk keluar, kepiting lain akan mencapit dan menariknya kembali ke dalam ember.

Ini adalah sifat negatif karena ketika seseorang memilikinya, ia tidak akan merasa bahagia ketika orang lain meraih keberhasilan dan berupaya untuk menghalangi keberhasilan tersebut.

Lalu bagaimana mengatasi crab mentality ini dan apa saja ciri-ciri dari mentalitas kepiting ini? Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai crab mentality mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga cara mengatasinya.

Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Crab Mentality?

crab mentality

Crab mentality atau mentalitas kepiting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pola pikir atau perilaku tertentu pada individu atau kelompok di mana mereka menunjukkan kecemburuan, daya saing, dan hal-hal negatif terhadap mereka yang mencapai kesuksesan, kemajuan, atau pertumbuhan dalam hidup mereka.

Istilah ini dianalogikan dalam sebuah ember yang berisi banyak kepiting dan tidak ada satupun dari mereka yang bisa naik ke tepi ember.

Sebaliknya, mereka menunjukkan perilaku yang dikenal sebagai mentalitas kepiting, di mana upaya satu kepiting untuk melarikan diri digagalkan oleh kepiting lain yang menariknya ke bawah dan membuatnya kembali berada di dalam ember.

Tidak hanya terjadi pada kepiting, mentalitas kepiting ini juga bisa terjadi pada manusia. Manusia dengan mentalitas kepiting tidak merasa senang terhadap keberhasilan orang lain.

Mereka jutsru berusaha agar orang-orang di sekelilingnya tidak bisa meraih kesuksesan dan berusaha menjatuhkannya. Hidup orang dengan mentalitas kepiting ini dipenuhi rasa iri hati dan kecemburuan.

Baca Juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Mengapa Crab Mentality Ada?

crab mentality

Mari kita bahas sedikit tentang mengapa dinamika ini muncul dalam kelompok. Ini adalah fenomena yang menarik berdasarkan perilaku manusia.

Dalam kehidupan, kita sering mengelompokkan orang ke dalam ember yang berbeda berdasarkan status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan penampilan.

“Teman satu ember” kita adalah orang-orang yang paling kita perhatikan karena kita merasa setara dan memiliki.

Ketakutan yang mendalam dapat muncul ketika seseorang yang berada di ember kita tampaknya mencoba memanjat keluar untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Seseorang yang berada di ember kita mendapatkan “sedikit lebih banyak” daripada kita sebenarnya lebih menyakitkan daripada melihat seorang selebriti atau orang asing mencapai kesuksesan hanya karena mereka yang berprestasi “lain” tidak pernah berada di ember kita.

Rasa perih muncul ketika teman satu ember mulai naik lebih tinggi dari pinggiran ember. Inilah sebabnya mengapa banyak orang sukses yang terkejut ketika mengetahui bahwa orang asing sering kali lebih mendukung kesuksesan mereka daripada teman dekat dan anggota keluarga.

Kebenaran yang tidak menyenangkan tentang mentalitas kepiting adalah bahwa kebanyakan orang merasa tidak nyaman ketika seseorang yang dekat dengan mereka mulai melakukan hal yang lebih baik daripada mereka. Meskipun orang-orang yang peduli dengan Anda ingin melihat Anda sukses, mereka tidak selalu ingin melihat Anda melakukan yang lebih baik dari mereka.

Ketika seekor kepiting melihat kepiting lain meloncat-loncat di sisi ember, mereka melihat seseorang yang dulunya adalah teman yang disayangi tiba-tiba berubah menjadi pesaing. Istilahnya yang bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan ini adalah, “Jika saya tidak bisa mendapatkannya, orang lain juga tidak boleh mendapatkannya.”

Mentalitas kepiting ini membuat seseorang tidak dapat berkembang. Lebih luasnya, sebuah kelompok tidak dapat berkembang.

Ini dikarenakan mereka terbiasa hidup berkelompok dan saling menggantungkan satu sama lain. Mereka juga menghalangi anggota di dalam kelompok untuk maju, sehingga dalam satu kelompok mereka sama-sama tidak bisa berkembang.

Baca Juga: 15 Contoh Red Flag di Dunia Kerja Beserta Artinya

Apa Saja Contoh Crab Mentality?

crab mentality

Crab mentality dapat terjadi dalam situasi apa pun di mana seseorang atau kelompok merasa terancam oleh kesuksesan orang lain.

Mentalitas ini berasal dari pola pikir kompetitif yang membuat seseorang merasa kehilangan sesuatu ketika orang lain mendapatkan sesuatu.

Berikut ini adalah beberapa contoh crab mentality yang terjadi di tempat kerja, keluarga, dan lingkungan sosial:

1. Crab Mentality di Tempat Kerja

Crab mentality merajalela di tempat kerja. Salah satu skenario yang umum terjadi adalah ketika seorang karyawan merasa bahwa seorang rekan kerja berusaha untuk mengungguli mereka.

Ketakutan akan rekan kerja yang diakui atau dipromosikan di atas mereka akan menyebabkan kepiting yang ketakutan menyebarkan rumor tentang apa yang mereka anggap sebagai rekan kerja yang terlalu ambisius.

Dalam kasus lain, aktivitas ember dapat diaktifkan ketika seorang anggota tim dipromosikan. Merasa tertinggal, anggota tim yang lain akan melakukan yang terbaik untuk “menghukum” anggota tim yang berani bercita-cita lebih.

2. Crab Mentality dalam Keluarga

Crab mentality yang terjadi dalam dinamika keluarga sering kali merupakan manifestasi yang paling menyakitkan dan merusak dari fenomena ini. Dalam keluarga, “kepiting pelarian” dapat berupa siapa saja yang berusaha untuk meningkatkan status keuangan, pendidikan, sosial, atau kesehatan mereka.

Bagi kepiting dalam ember, ada ketakutan yang mendalam bahwa anggota keluarga mereka yang ambisius akan meninggalkan mereka.

Aktivitas ember bisa jauh lebih halus dalam skenario keluarga dibandingkan dengan skenario di tempat kerja. Bahkan, sering kali terlihat seperti bentuk sabotase yang diam-diam.

Jika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan, anggota keluarga yang merasa terancam oleh hal ini mungkin akan mulai membawa pulang makanan cepat saji atau makanan penutup untuk menggoda anggota keluarga yang berpikiran fitnes.

Mereka mungkin juga akan marah saat orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan mencoba meninggalkan rumah untuk pergi ke gym.

Teknik lain yang umum digunakan untuk menyabotase orang yang dicintai adalah mencoba membuat mereka merasa sangat kalah sehingga mereka menyerah. Mereka mungkin mengatakan kepada orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan bahwa mereka “tidak akan pernah mencapai tujuan mereka.”

Mengejek dan menanamkan benih keraguan digunakan untuk mencoba menjatuhkan orang yang dicintai karena takut kehilangan mereka jika mereka mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Hustle Culture, Apa itu dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

3. Crab Mentality di Lingkungan Sosial

Ketika mentalitas kepiting muncul dalam kelompok sosial atau lingkaran profesional, gejalanya hampir tidak terdeteksi. Bahkan, biasanya orang bertanya-tanya apa yang mereka “lakukan salah” setelah teman-teman mereka mengabaikannya.

Tanda-tanda kecemburuan sering kali berupa sikap diam. Sebagai contoh, seseorang mungkin memutuskan untuk memulai bisnis online yang menjual perhiasan.

Mereka meminta semua teman mereka untuk “menyukai” halaman Facebook mereka untuk membantu menarik perhatian bagi bisnis baru mereka. Tindakan ini pada dasarnya tidak memerlukan biaya atau usaha.

Namun, sebagian besar teman akan mengabaikan permintaan tersebut dan bukannya menawarkan dukungan gratis kepada seseorang yang seharusnya mereka sayangi.

Tanda-tanda lain dari perilaku kepiting adalah menahan diri untuk menjalin hubungan. Beberapa orang mungkin menolak untuk menawarkan rekomendasi atau perkenalan untuk seorang teman atau rekan kerja karena mereka khawatir orang tersebut akan menjadi lebih sukses.

Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki koneksi akan mencari-cari alasan mengapa mereka tidak dapat “mewujudkannya” ketika ditanya oleh teman atau rekannya. Orang lain hanya akan menyimpan kontak atau informasi yang berguna tentang peluang untuk diri mereka sendiri ketika mereka dapat membagikannya kepada orang-orang dalam hidup mereka yang akan mendapatkan keuntungan.

Ada satu lagi kebiasaan crab mentality yang perlu Anda ketahui jika Anda menemukan perlawanan saat Anda mencoba untuk sukses dalam hidup.

Ketika orang merasa terancam oleh kesuksesan orang lain, mereka akan menahan pujian. Ini adalah respons terhadap perasaan rendah diri.

Mereka tidak bisa tidak membandingkan kesuksesan orang lain dengan kegagalan mereka sendiri. Sebagai mekanisme pertahanan terhadap perasaan buruk tentang diri mereka sendiri, orang yang merasa kesal saat melihat orang lain berhasil akan sering membuat “alasan” untuk kesuksesan orang tersebut.

Mereka akan mengatakan bahwa orang tersebut hanya “beruntung”. Mereka bahkan mungkin mengaitkan kesuksesan tersebut dengan kecurangan atau perilaku tidak etis meskipun mereka tidak memiliki bukti untuk mendukung tuduhan tersebut.

Benang merahnya adalah orang dengan pola pikir kepiting akan mengaitkan kesuksesan kepiting yang mengancam dengan hal lain selain kerja keras.

gajihub 3

Baca Juga: Pahami Tahap Resolusi Konflik, Strategi, dan Manfaatnya

Apa Saja Ciri-Ciri Crab Mentality?

Berikut beberapa ciri yang mendefinisikan crab mentality:

1. Iri hati dan Kebencian

Salah satu ciri utama dari mentalitas kepiting adalah iri hati. Individu yang menunjukkan perilaku ini sering kali menyimpan kebencian terhadap orang lain yang mencapai tujuan mereka atau mencapai kesuksesan.

Alih-alih merayakan kesuksesan orang lain, mereka justru merasa terancam dan tidak bahagia karenanya.

2. Ketidakamanan

Mentalitas kepiting sering kali berasal dari rasa tidak aman pribadi. Individu yang kurang percaya diri mungkin merasa sulit untuk melihat orang lain berhasil, karena hal itu mengingatkan mereka akan kekurangan mereka sendiri atau aspirasi yang belum terpenuhi.

Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak mampu dan kebencian.

3. Merusak Keberhasilan

Orang dengan mentalitas kepiting mungkin secara aktif mencoba untuk merusak kesuksesan orang-orang di sekitar mereka. Hal ini dapat berupa menyebarkan rumor, menyabotase kesempatan, atau dengan sengaja meremehkan pencapaian orang lain.

4. Enggan Memberikan Dukungan

Alih-alih menawarkan dukungan dan dorongan kepada mereka yang berjuang untuk sukses, individu dengan mentalitas kepiting sering kali mematahkan semangat dan menghalangi mereka untuk mengejar tujuan mereka.

Mereka mungkin memberikan umpan balik negatif atau bahkan menciptakan rintangan di jalan mereka.

Baca Juga: 6 Jenis Konflik di Tempat Kerja dan Tips Mengelolanya

5. Daya Saing

Mentalitas kepiting berkaitan erat dengan persaingan yang tidak sehat. Alih-alih berfokus pada pengembangan diri dan pertumbuhan pribadi, individu dengan pola pikir ini memandang kesuksesan sebagai sumber daya yang terbatas dan percaya bahwa kesuksesan orang lain akan mengurangi peluang mereka sendiri.

6. Dinamika Kelompok

Mentalitas kepiting dapat muncul di dalam kelompok, seperti tempat kerja, lingkaran sosial, atau komunitas. Ketika beberapa individu dalam sebuah kelompok memiliki pola pikir negatif ini, hal ini dapat menciptakan lingkungan yang beracun di mana kerja sama dan dukungan sangat kurang.

7. Kurangnya Kolaborasi

Orang dengan mentalitas kepiting sering kali menolak untuk berkolaborasi. Mereka mungkin ragu untuk bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan bersama karena mereka takut kontribusi mereka tidak akan diakui secara memadai atau rekan kerja mereka akan mengungguli mereka.

8. Dampak pada Hubungan Pribadi

Mentalitas kepiting dapat merenggangkan hubungan pribadi, menyebabkan keretakan. Siapa sih yang masih mau berteman baik dengan orang yang berusaha menjatuhkannya?

Orang dengan mentalitas kepiting akan dijauhi karena bisa memberikan dampak buruk terhadap kehidupan orang lain.

Baca Juga: Pahami Peran Penting HR dalam Penerapan Etika Organisasi

Bagaimana Cara Mengatasi Crab Mentality?

mentalitas kepiting

Realitas dari fenomena crab mentality adalah bahwa kita semua memiliki kapasitas untuk menjadi pelaku dan korban.

Faktanya, sebagian besar dari kita pernah berada di kedua sisi ember tersebut pada titik-titik yang berbeda dalam hidup. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk mengatasi crab mentality ini:

1. Adopsi Pola Pikir Merasa Cukup

Langkah pertama adalah hidup dengan pola pikir bahwa Anda hanya bersaing dengan diri Anda sendiri dalam hidup ini.

Ketika kita melakukan hal ini, kita dapat mengukur kemajuan dengan melihat seberapa jauh kita telah berkembang dibandingkan dengan versi diri kita yang dulu, bukan dengan membandingkan diri kita dengan orang lain.

Pola pikir berkelimpahan juga menempatkan kita pada posisi ingin membantu orang lain. Ketika kita percaya bahwa ada cukup banyak kesuksesan yang bisa kita raih, kita mulai merasa senang ketika orang lain mencapai tujuan mereka.

2. Rangkullah Timbal Balik, Bukan Kecemburuan

Satu hal yang dimiliki oleh hampir semua orang sukses adalah mereka tahu bagaimana memanfaatkan hubungan.

Ketika kita membantu orang lain, kita menciptakan semangat timbal balik yang sebenarnya membuat mereka yang kita bantu senang untuk membantu kita. Timbal balik membangun tangga yang dapat digunakan semua kepiting untuk naik ke puncak ember!

Dengan berfokus pada membantu orang lain untuk mencapai impian mereka, kita menyatakan bahwa kita memiliki kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencapai tujuan kita tanpa menjatuhkan orang lain.

3. Tetapkan Tujuan Anda Sendiri

Kita sering merasa iri ketika orang lain mencapai tujuan mereka karena kita bergumul dengan perasaan bingung dan lesu yang disebabkan oleh kurangnya visi kita sendiri.

Ketika Anda memiliki visi untuk hidup Anda, Anda dapat mulai membuat rencana yang memiliki tujuan yang realistis dan terukur. Ketika Anda memiliki tujuan Anda sendiri, Anda mungkin akan menemukan bahwa melihat kesuksesan orang lain sebenarnya memberi Anda cetak biru untuk kesuksesan Anda sendiri, bukannya menjadi sumber keputusasaan.

4. Pilihlah Hubungan Anda dengan Bijak

Meskipun kita tidak selalu dapat menghindari pemikiran crab mentality dalam keluarga, kita memiliki kendali dalam hal orang-orang yang bergaul dengan kita. “Kepiting” sering kali akan menunjukkan sifat asli mereka dalam perkataan dan perbuatan jauh sebelum mereka berbalik menyerang Anda.

Perhatikan saja bagaimana orang-orang yang bergaul dengan Anda membicarakan orang lain.

Baca Juga: Switch Career: Pengertian, Alasan, dan Caranya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai crab mentality yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk tidak bermentalitas kepiting, baik di tempat kerja, di keluarga, ataupun di lingkungan sosial. Dari artikel ini dapat diketahui bahwa crab mentaliy terjadi pada orang yang merasa tidak percaya diri.

Orang dengan mentalitas ini pada akhirnya akan ditinggalkan karena memberikan dampak buruk kepada orang lain dan lingkungan sekitar.

Karena ini sering terjadi di tempat kerja, sebagai pemberi kerja, Anda harus bisa mengatasi mentalitas kepiting ini. Caranya adalah dengan memberikan transparasi atas keberhasilan yang didapatkan karyawan.

Misalnya untuk naik jabatan, berikan aturan yang jelas apa saja yang harus dilakukan karyawan. Ini dapat menjadi dasar bahwa ketika karyawan naik jabatan dikarenakan mereka telah bekerja keras.

Untuk mewujudkan hal itu, Anda bisa mendukungnya dengan melakukan pengelolaan karyawan bersama software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *