Corporate Stockholm Syndrom: Bagimana Cara Menanganinya?

corporate stockholm syndrom

Toxic workplace kenyataannya bisa terjadi di perusahaan mana pun dan siapapun bisa menjadi pelakunya. Salah satu yang membuat tempat kerja menjadi beracun adalah corporate stockholm syndrom.

Corporate stockholm syndrom merupakan istilah yang diberikan ketika ada karyawan yang diam saja terhadap pelecehan dan eksploitasi di tempat kerja. Bahkan mereka turut membela perilaku rekan kerja yang mengancam dan berbahaya.

Karena corporate stockholm syndrom bisa membahayakan karyawan, ini harus bisa diatasi baik oleh pemberi kerja ataupun sesama karyawan. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai corporate stockholm syndrom mulai dari pengertian hingga bagaimana mencegah dan mengatasinya. Baca selengkapnya penjelasannya hanya di bawah ini:

Apa Pengertian Corporate Stockholm Syndrom?

corporate stockholm syndrom

Corporate stockholm syndrom merupakan istilah yang diberikan ketika karyawan hanya diam saja bahkan turut mendukung terhadap praktek pelecehan dan eksploitasi yang terjadi di tempat kerja.

Sindrom Stockholm bukanlah hal yang baru. Namun secara resmi dikenal pada awal tahun 1970-an setelah insiden penyanderaan yang terjadi di Stockholm.

Ditawan selama seminggu oleh seorang perampok bank, empat tahanan yang diancam dan diteror oleh penculiknya, akhirnya membelanya di persidangan dan bahkan membayar pengacaranya.

Tampaknya tidak rasional di permukaan, perasaan kesetiaan (bahkan cinta) yang dialami oleh para korban terhadap pelaku kekerasan berasal dari rasa takut, ancaman, dan naluri untuk bertahan hidup.

Namun, bagaimana hal ini bisa diterapkan di tempat kerja? Apa saja perilaku beracun yang ada dan mengapa karyawan menerima dan bahkan menyambut baik perilaku kasar di tempat kerja?

Nah, jika berbicara tentang perilaku toxic, ini bisa berbentuk perilaku yang merusak dalam bentuk yang “lebih kecil” seperti pelecehan verbal, komentar yang meremehkan, dan tuntutan dan tugas yang tidak masuk akal.

Atau, perilaku yang lebih keras dan terang-terangan mengancam, seperti kontrol yang berlebihan, paksaan, penindasan, intimidasi, penindasan, dan pelecehan.

Baca Juga: Pelecehan Verbal di Kantor: Bentuk, dan Cara Mencegahnya

Apa Penyebab Munculnya Corporate Stockholm Syndrom?

corporate stockholm syndrom

Ada sejumlah alasan mengapa karyawan Anda mungkin ragu-ragu untuk berbicara. Atau bahkan membela dan membentuk keterikatan yang kuat dengan rekan kerja mereka yang kasar.

Kelangsungan hidup adalah faktor besar. Bagi sebagian besar karyawan, pekerjaan menjadi bahan bakar keberadaan mereka.

  • Rasa takut akan kehilangan pekerjaan, ini termasuk dilewatkan untuk promosi dan bonus, atau ancaman tinjauan kinerja yang buruk. Semuanya merupakan ancaman nyata terhadap mata pencaharian karyawan yang dapat memicu sindrom Stockholm.
  • Alasan kesehatan mental. Beberapa karyawan Anda mungkin pernah berada dalam hubungan yang kasar atau mengontrol sebelumnya, baik di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi mereka.
  • Mengalami trauma. Mengalami trauma ini lagi dapat memicu perasaan keraguan diri, rasa bersalah, dan tidak berharga yang biasa terjadi dan menghasilkan pola perilaku yang menjadi ciri khas sindrom Stockholm.
  • Perasaan putus ada.  Seringkali (tidak selalu) pelaku kekerasan berada di posisi yang lebih tinggi dalam hierarki perusahaan. Perbedaan status ini dapat membuat karyawan merasa tidak berdaya dan rentan. Jadi, alih-alih menantang dan melaporkan pelecehan yang mereka alami, mereka menemukan cara untuk membenarkan (dan hidup dengan) hal tersebut.

Baca Juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Apa Ciri Karyawan dengan Corporate Stockholm Syndrom?

corporate stockholm syndrom

Sama halnya dengan sindrom lainnya, corporate stockholm syndrom juga muncul dengan adanya beberapa ciri atau gejala.

Anda bisa mengenali corporate stockholm syndrom ini ada di perusahaan Anda atau tidak dari cir-ciri yang muncul berikut ini:

1. Komunikasi antar karyawan buruk

Gejala pertama yang bisa Anda lihat dari karyawan dengan corporate stockholm syndrom adalah komunikasi antar karyawan yang buruk. Ini terjadi saat seseorang dengan sindrom ini akan memilih diam ketika melihat adanya ketidakadilan di tempat kerja.

Ini pada akhirnya membuat komunikasi antar karyawan menjadi buruk. Karyawan dengan sindrom ini lebih banyak diam karena tidak mau terlibat dan menjadi korban.

2. Karyawan kehilangan semangat

Selain komunikasi antar karyawan yang menjadi buruk, dengan adanya sindrom Stockholm di tempat kerja juga membuat karyawan menjadi kehilangan semangat. Karyawan tampak lesu dan tidak ada semangat dalam bekerja.

Ini dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang beracun, dimana karyawan tidak memiliki pilihan lain selain diam atau mendukung pelaku karena harus bertahan hidup di tempat kerja.

3. Karyawan sulit berkonsentrasi

Pada kenyataannya corporate stockholm syndrom menimbulkan perasaan cemas dan gelisah. Karyawan takut akan kembali berada di posisi korban dan ini membuat mereka sulit untuk berkonsentrasi.

Ada perasaan terancam yang membuat mereka senantiasa berhati-hati untuk setiap perilaku orang lain kepadanya. Karyawan dengan sindrom ini juga mudah curiga kepada rekan kerja atau kepada atasan, dimana alih-alih membuat mereka fokus bekerja justru malah menimbulkan sulit berkonsentrasi karena selalu waspada.

4. Karyawan memutuskan resign

Pada akhirnya tidak ada karyawan yang betah berada di lingkungan kerja yang toxic selamanya. Meski awalnya gejala sindrom ini sulit disadari oleh orang yang bersangkutan, namun lama-lama mereka akan sadar.

Ketika mereka sadar dan tidak bisa memperbaiki keadaan di tempat kerja, pada akhirnya resign adalah keputusan terbaik yang bisa diambil.

Jika karyawan Anda memutuskan resign setelah Anda mengenali ciri-ciri sebelumnya, bisa jadi mereka mengalami sindrom Stockholm ini. Terimalah kenyataan dan perbaiki hal ini jika Anda tidak ingin karyawan Anda meninggalkan perusahaan karena tidak tahan dengan budaya toxic yang ada.

gajihub 1

Baca Juga: 10 Perbedaan Bos dan Leader, Mana Karakter Anda?

Bagaimana Cara Menangani Corporate Stockholm Syndrom?

sindrom

Pelecehan tumbuh subur dalam keheningan. Ketika pelecehan itu terjadi di tempat kerja, memecah keheningan itu jarang terjadi kecuali jika ada budaya yang tepat.

Jika seorang karyawan percaya bahwa kekhawatiran mereka tidak akan didengarkan atau ditanggapi dengan serius, mereka tidak akan berbicara.

Lagi pula, mereka berisiko kehilangan segalanya-pekerjaan, karier, tunjangan kesehatan, dan stabilitas keuangan serta ketahanan emosional mereka.

Tidak hanya itu, pelaku kekerasan telah membuat mereka bergantung secara emosional juga. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi para pemberi kerja untuk:

  • Mendapatkan informasi dan edukasi tentang sindrom Stockholm di perusahaan
  • Mencari tahu (dan melatih orang lain untuk mengenali) tanda-tanda sindrom Stockholm, tempat kerja yang beracun, dan pelecehan di tempat kerja secara umum
  • Menciptakan lingkungan dan budaya yang aman, mendukung, dan penuh pengertian yang mendorong semua orang (apa pun status atau posisinya) untuk terbuka tentang apa pun yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Namun, seperti apa hal tersebut dalam praktiknya? Hanya dengan mengatakan bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan karyawan atau memberikan pelatihan umum tentang topik tersebut tidak akan cukup.

Anda bisa menunjukkan komitmen Anda dan membuat perbedaan nyata dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1.Tetapkan batasan

Perkenalkan dan promosikan kebijakan yang ketat untuk mencegah penindasan, pelecehan, dan perilaku lain yang tidak dapat diterima. Kebijakan-kebijakan ini harus secara jelas menjelaskan bagaimana karyawan dapat melaporkan insiden:

  • Kepada siapa mereka dapat melapor
  • Langkah-langkah apa yang akan diikuti
  • Bagaimana investigasi akan dilakukan
  • Dukungan apa yang tersedia

Pada saat yang sama, bersikaplah terbuka tentang perilaku yang ingin Anda lihat di tempat kerja. Berikan contoh yang baik dengan mengakui dan menghargai perilaku seperti kerja sama tim, rasa hormat, dan empati secara terbuka.

Pastikan juga sikap terbuka ini Anda berikan secara konsisten.

Ketika Anda menunjukkan bahwa Anda berpegang teguh pada nilai-nilai Anda, Anda mendorong lebih banyak orang untuk bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut-dan menolak perilaku yang tidak sesuai.

Baca Juga: Crab Mentality: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengatasi

2. Edukasi karyawan Anda

Untuk dapat melaporkan perilaku pelecehan, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan perilaku pelecehan. Sering kali, istilah-istilah seperti pelecehan atau pengeroyokan menimbulkan kebingungan.

Namun Anda perlu memastikan bahwa istilah-istilah tersebut memiliki arti yang sama bagi semua orang di perusahaan Anda. Anda harus menyamakan persepsi mengenai arti pelecehan ini ke seluruh karyawan.

Untuk menyaman persepsi ini, Anda bisa melakukannya melalui pelatihan.

Tawarkan pelatihan yang ditargetkan pada topik seputar pelecehan di tempat kerja dan perilaku beracun di tempat kerja. Dengan cara ini, orang-orang akan dapat mengidentifikasi perilaku tersebut-tanpa khawatir bahwa mungkin “mereka melebih-lebihkan” atau “salah paham”.

Kemudian, beralihlah dari bagian teoritis ke saran yang lebih praktis. Misalnya, Anda bisa menjalankan kampanye komunikasi internal yang menyoroti masalah sindrom Stockholm perusahaan.

Sebagai bagian dari hal ini, gunakan studi kasus fiksi (atau kehidupan nyata, jika Anda bisa mendapatkannya) untuk mengilustrasikan bagaimana sindrom ini dapat muncul dan bagaimana para korban dapat menemukan jalan keluarnya.

Kisah-kisah ini akan membantu karyawan yang mungkin mengalami sindrom Stockholm di tempat kerja untuk mengenali tanda-tandanya, menerapkannya pada situasi mereka sendiri, dan mendapatkan kepercayaan diri untuk menantangnya.

3. Berikan dukungan

Apakah Anda telah memperhatikan beberapa perilaku beracun di tempat kerja Anda atau Anda hanya ingin bersikap proaktif, mengambil tindakan untuk membantu karyawan Anda sangatlah penting.

Pertama, berikan karyawan Anda alat untuk mengidentifikasi dan mengatasi (atau bahkan mencegah) perilaku kasar. Alat-alat ini dapat berupa kursus dan lokakarya tentang ketahanan, kecerdasan emosional, dan keberanian.

Anda juga dapat memperluas paket tunjangan Anda dengan menyertakan dukungan kesehatan mental dan psikologis saat mereka membutuhkannya. Hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang telah menunjukkan perilaku beracun.

Untuk pelanggaran serius, seperti pelecehan, kamu perlu mengambil tindakan drastis. Namun, jika mereka sesekali bersikap kasar, misalnya, Anda dapat menggali lebih dalam dan mencari solusinya.

Dalam beberapa kasus, karyawan yang menunjukkan perilaku beracun pernah dilecehkan di masa lalu dan membutuhkan bantuan untuk mengatasinya.

Baca Juga: 15 Contoh Red Flag di Dunia Kerja Beserta Artinya

4. Mencegah lebih baik daripada mengobati

Setiap pemberi kerja yang menjalankan tugas kepedulian terhadap karyawannya dengan serius harus mengambil langkah-langkah untuk memahami dan mengidentifikasi tanda-tanda sindrom Stockholm di tempat kerja. Namun, itu baru permulaan.

Setelah Anda menemukan tanda-tanda tersebut, proses selanjutnya tidak dapat disangkal akan sangat sulit-bagi semua orang, terutama bagi para korban.

Menyelidiki dan menangani masalah-masalah yang ada, lalu mencoba menyelesaikan situasi yang ada merupakan hal yang rumit, menguras emosi bagi semua pihak yang terlibat, dan merupakan pengalihan (meskipun sangat penting dan tidak dapat dihindari) dari “bisnis seperti biasa”.

Itulah sebabnya taktik terbaik adalah menghentikan perilaku bullying tersebut sebelum dimulai. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ya. Terutama jika Anda menjalankan organisasi yang lebih besar. Namun layak untuk dicoba.

Kiat-kiatnya? Lakukan uji kelayakan saat merekrut dengan melihat kesesuaian budaya dan menguji perilaku dan sikap. Pastikan program pelatihan Anda kuat dan mendukung nilai-nilai dan perilaku Anda.

Kemudian perkuat hal ini melalui kampanye komunikasi internal dan tujuan manajemen kinerja.

Anda mungkin tidak akan menghilangkan perilaku beracun sepenuhnya dari awal, namun Anda akan berada di jalur yang benar sehingga perilaku beracun di tempat kerja dapat dicegah dengan baik.

Baca Juga: Hustle Culture, Apa itu dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai corporate stockholm syndrom untuk Anda. Sebagai pemberi kerja, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan supportif adalah tanggung jawab Anda.

Anda harus bisa memastikan seluruh karyawan dapat bekerja dengan nyaman tanpa adanya gangguan atau rasa tidak nyaman. Untuk mendukungnya, Anda harus melakukan pengelolaan karyawan dengan baik.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Dengan fitur Cuti dan Izin misalnya, karyawan bisa dengan mudah mengajukan izin dan cuti dari aplikasi GajiHub dan HRD bisa menyetujui atau menolaknya. Karyawan juga akan mendapatkan notifikasi di email dan aplikasi terkait pengajuan cuti ini.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *