Career Development: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

career development

Perusahaan terus mencari cara untuk tetap menjadi yang terdepan dengan strategi pengembangan bakat. Seperti yang diketahui bakat atau kemampuan karyawan adalah aspek penting yang akan mendukung kemajuan perusahaan, salah satunya dengan career development.

Namun, meskipun strategi seperti mengoptimalkan proses dan meningkatkan kualitas produk dianggap penting, career development karyawan ini masih sering diabaikan.

Padahal ini adalah sarana bagi karyawan untuk bisa terus berkembang dan bergerak maju dan tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. Tidak hanya itu, dengan adanya career development ini perusahaan bisa meningkatkan retensi karyawan.

Pada artikel ini GajiHub akan membahas mengenai career development mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga cara memulai career development. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Pengertian Career Development?

career development

Career development atau pengembangan karir mengacu pada proses yang diterapkan organisasi untuk mendukung karyawan dan mendorong perkembangan karir mereka. Bisa dibilang karier jarang sekali bersifat statis.

Keterampilan, keadaan, keinginan, dan motivasi berubah seiring waktu dan memengaruhi apa yang orang inginkan dari kehidupan profesional mereka.

Karyawan mungkin memulai pekerjaan mereka dengan semangat untuk mempelajari peran dan tanggung jawab baru, dan seiring berjalannya waktu, motivasi berubah, dan mereka mulai melihat apa yang bisa mereka lakukan untuk naik ke posisi yang lebih senior.

Sebagai pemberi kerja, Anda dapat memfasilitasi proses ini untuk memastikan Anda mempertahankan staf yang ambisius yang ingin belajar dan maju ke posisi yang lebih senior. Ini termasuk memotivasi tim Anda dengan mengizinkan mereka mempelajari keterampilan baru, dan menjaga agar bisnis Anda tetap kompetitif.

Inisiatif pengembangan karier dapat mendukung karyawan secara strategis dengan menyusun tujuan dan menawarkan pelatihan internal, mentoring, coaching, dan program akselerasi.

Baca Juga: Personal Development: Manfaat, Cara, dan Tips Mengelolanya

Apa Saja Jenis-Jenis Career Development?

Pengembangan karir mengacu pada proses seumur hidup dalam mengelola pembelajaran, pekerjaan, waktu luang, dan transisi karier seseorang untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini mencakup berbagai kegiatan seperti pengembangan keterampilan, penetapan tujuan, membangun jaringan, dan mencari peluang untuk kemajuan profesional.

Pengembangan karir datang dalam berbagai bentuk. Bisa jadi sesuatu yang dilakukan oleh karyawan secara pribadi, atau bisa juga sesuatu yang perusahaan dukung untuk dilakukan oleh karyawan Anda. Perusahaan berkepentingan untuk meningkatkan keterampilan staf dan membuat mereka tetap termotivasi untuk berkembang.

Jenis-jenis peluang pengembangan karir yang dapat Anda pertimbangkan antara lain:

  • Penilaian dan ulasan
  • Program pendampingan
  • Membayangi
  • Pelatihan
  • Pelatihan internal
  • Hibah atau beasiswa pelatihan
  • Jaringan
  • Lokakarya dan konferensi
  • Penggantian biaya kuliah untuk program gelar

Baca Juga: Career Mentoring, Manfaat, Contoh, dan Cara Memilih Mentor

Apa yang Dimaksud dengan Pengembangan Karier dalam Organisasi?

career development

Dalam konteks organisasi atau perusahaan, pengembangan karir melibatkan inisiatif dan program yang dirancang untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman mereka untuk mencapai tujuan karir mereka di perusahaan.

Hal ini dapat mencakup program pelatihan, kesempatan bimbingan, rotasi pekerjaan, dan sesi perencanaan karir, yang semuanya membantu organisasi memanfaatkan potensi penuh tenaga kerja mereka dan mencapai kesuksesan baik di tingkat individu maupun organisasi.

Baca Juga: Jenjang Karir: Arti, Manfaat, Cara Membangun, dan Contohnya

Apa Manfaat Career Development?

Berinvestasi dalam career development karyawan akan memberikan banyak manfaat bagi individu dan organisasi. Bagi karyawan, hal ini menumbuhkan rasa pemberdayaan, motivasi, dan kepuasan kerja.

Mereka merasa dihargai oleh atasan mereka, yang dapat meningkatkan loyalitas dan keterlibatan. Selain itu, hal ini membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul dalam peran mereka saat ini dan mempersiapkan diri untuk peluang di masa depan.

Dari perspektif organisasi, memprioritaskan pengembangan karier akan menghasilkan tenaga kerja yang lebih terampil dan serba bisa. Karyawan menjadi lebih mahir dalam beradaptasi dengan perubahan kebutuhan bisnis, yang meningkatkan produktivitas dan inovasi secara keseluruhan bagi organisasi secara keseluruhan.

Selain itu, hal ini membantu menarik dan mempertahankan talenta terbaik, karena para pencari kerja sering kali tertarik pada perusahaan yang menawarkan peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Ketika organisasi membangun program pengembangan karier mereka, faktor kunci penting yang perlu diperhatikan adalah memastikan keadilan dan kesetaraan selama proses tersebut.

Pastikan untuk mengeksplorasi faktor hukum dan etika seperti menghindari diskriminasi, mematuhi hukum dan peraturan ketenagakerjaan yang relevan, dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua karyawan untuk pengembangan karir.

Tanpa komponen-komponen ini, manfaat dari memasukkan program pengembangan karir ke dalam budaya Anda akan hilang.

Organisasi dapat menggunakan pengembangan karier untuk mendukung karyawan, membantu mereka menemukan apa yang mereka inginkan dari karir mereka, dan memandu mereka melalui tujuan yang telah ditetapkan untuk mencapai kesuksesan.

Hal ini dapat melibatkan satu atau beberapa pendekatan, seperti:

  • Memperoleh sertifikasi.
  • Memperoleh gelar atau kredensial lainnya.
  • Naik jabatan ke posisi yang lebih senior.
  • Mencapai posisi kepemimpinan.
  • Mempelajari keterampilan baru.
  • Memperluas jaringan profesional.
  • Mengikuti perkembangan tren.
  • Mengembangkan rencana karier.

Baca Juga: 10 Jenis Pembinaan Karir, Arti, Manfaat, Hingga Tips Memilihnya

Industri Apa Saja yang Seharusnya Menawarkan Career Development?

Pengembangan karir adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan, apa pun industri Anda. Beberapa industri membutuhkan pendidikan berkelanjutan, yang dapat menjadi bentuk pengembangan profesional.

Dalam kasus ini, Anda akan melihat langkah-langkah logis yang harus diambil, seperti akuntan yang mendapatkan sertifikasi CPA untuk pindah ke posisi yang lebih senior atau naik level dalam profesi medis.

Selain itu, pengembangan karier merupakan hal yang umum di semua industri, dengan perusahaan mengakui manfaat dari membantu staf untuk tumbuh secara profesional. Memupuk bakat, mengembangkan karyawan secara internal, dan menaruh minat pada tujuan dan motivasi staf Anda bermanfaat bagi semua industri.

Baca Juga: 8 Langkah Melakukan Pengembangan Kompetensi secara Efektif

Apa Kelebihan dan Kekurangan Career Deveopment?

pengembangan karir

Manfaat pengembangan karir bagi karyawan sudah jelas. Menetapkan tujuan untuk berkembang dalam karier dapat membantu Anda mencapai posisi yang lebih senior, mempelajari keterampilan baru, merencanakan masa depan, menghasilkan lebih banyak uang, dan menikmati pekerjaan Anda.

Pengembangan karier juga bermanfaat bagi pemberi kerja dalam banyak hal. Mari kita lihat ini secara lebih rinci sambil mempertimbangkan kekurangannya:

Keuntungan pengembangan karier bagi perusahaan

Berikut keuntungan yang didaopatkan dari pengembangan karir bagi perusahaan:

1. Mempertahankan staf

Berinvestasi pada karyawan, menginspirasi mereka untuk berprestasi, dan membuat mereka merasa didukung akan meningkatkan motivasi, kepuasan kerja, dan produktivitas.

Pada gilirannya, hal ini akan mengurangi pergantian karyawan karena mereka merasa senang dan cenderung tidak ingin pindah ke tempat lain. Bisnis Anda menghemat waktu, uang, dan sumber daya yang seharusnya Anda habiskan untuk merekrut dan melatih karyawan baru.

2. Memimpin dalam tren dan inovasi industri

Mendukung staf untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaan mereka dan menjadi yang terdepan dalam tren dan perkembangan industri hanya akan berdampak positif bagi Anda sebagai pemberi kerja.

Semakin baik kinerja tenaga kerja Anda, semakin berpengetahuan dan kompetitif Anda sebagai perusahaan.

3. Menarik talenta terbaik

Sebagian besar karyawan menginginkan peluang career development, dan talenta terbaik akan mencarinya sebagai bagian dari peran mereka. Menurut survei terbaru, 63 persen karyawan yang meninggalkan pekerjaan mereka pada tahun 2021 melakukannya karena kurangnya peluang pengembangan karir.

4. Mengembangkan pemimpin

Mengenal karyawan Anda, mengembangkan bakat mereka, dan membentuk mereka sebagai pemimpin dari dalam berarti Anda menumbuhkan talenta yang memahami perusahaan Anda dan tetap berkomitmen.

Baca Juga: Pengembangan Soft Skill di Tempat Kerja: Cara dan Manfaatnya

Kekurangan pengembangan karier bagi perusahaan

Tidak hanya memiliki kelebihan, career development juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Biaya di muka

Pelatihan dan pelatihan ulang karyawan bisa jadi mahal, terutama jika mempekerjakan pelatih eksternal. Beberapa perusahaan kecil mungkin membutuhkan bantuan untuk biaya di muka ini, meskipun manfaatnya secara keseluruhan terlihat jelas.

2. Berkurangnya waktu untuk bekerja

Saat mengikuti kursus, lokakarya, atau program pengembangan, karyawan mungkin tidak berada di tempat kerja, yang berarti ada penurunan produktivitas sementara. Hal ini dapat menjadi masalah terutama untuk kursus atau program yang berlangsung lama.

3. Karyawan dapat keluar

Ada kemungkinan staf memilih untuk bekerja di perusahaan lain setelah Anda mengeluarkan uang untuk pelatihan mereka. Namun, memberikan kesempatan untuk maju dengan mendukung pengembangan karir mereka merupakan faktor penting dalam mempertahankan staf.

Baca Juga: Konseling Karir Karyawan: Panduan Lengkap untuk HR

Bagaimana Cara Memulai Career Development?

career development

Jika Anda berpikir untuk meningkatkan peluang pengembangan karir bagi staf di organisasi Anda, pertimbangkan opsi-opsi berikut ini dan sesuaikan dengan anggaran, kebutuhan staf, dan industri Anda:

1. Tawarkan rencana pengembangan karier

Bekerjalah dengan karyawan untuk memahami ambisi, kekuatan, dan kelemahan mereka, serta buatlah rencana untuk pengembangan karier mereka.

Hal ini akan menjadi unik bagi setiap individu. Temui mereka secara teratur untuk memantau kemajuan mereka dan lihat bagaimana Anda dapat terus mendukung mereka.

2. Tawarkan program mentoring

Mentoring adalah cara yang fantastis dan hemat biaya untuk memungkinkan karyawan belajar dari satu sama lain. Program mentoring bekerja dengan cara memasangkan karyawan baru dengan anggota staf yang lebih berpengalaman yang berada di atas mereka dalam lintasan karir yang ingin mereka tempuh.

Dalam program mentoring ini, mereka dapat memberikan saran, dukungan, dan kesempatan untuk menjadi panutan.

3. Menawarkan pelatihan internal

Pelatihan internal adalah cara yang hemat biaya untuk mengembangkan bakat karyawan dan melatih mereka untuk kemajuan karier. Hal ini memungkinkan tim Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan memanfaatkan keahlian anggota staf yang ada daripada membayar sesuatu dari luar.

4. Gunakan sistem penghargaan

Untuk mendorong dan memotivasi karyawan, jalankan sistem penghargaan untuk mengakui dan merayakan kontribusi dan pencapaian staf.

Memberikan penghargaan kepada karyawan dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi.

5. Mendukung pelatihan eksternal

Anda dapat membayar penyedia kursus eksternal untuk datang ke organisasi Anda, menawarkan untuk membayar program pelatihan individu, atau mengganti biaya pelatihan untuk mendapatkan gelar atau sertifikasi. Cara Anda melakukan hal ini adalah unik bagi organisasi, anggaran, dan kebutuhan pengembangan staf Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Manajemen Karir: Arti, Tujuan, Manfaat, hingga Tantangannya

Apa Saja Contoh Career Development dalam Organisasi?

Untuk menjawab lebih jauh pertanyaan apa itu pengembangan karir dan mengapa hal ini penting, mari kita lihat beberapa contoh pengembangan karir yang mengilustrasikan bagaimana hal ini dapat diterapkan.

Karyawan dapat mengejar pengembangan karir dalam organisasi mereka melalui berbagai cara, termasuk:

1. Rotasi pekerjaan

Program rotasi pekerjaan memungkinkan karyawan untuk mendapatkan pengalaman di berbagai departemen, peran, atau proyek di dalam organisasi. Jangka waktu untuk program ini dapat berlangsung dari enam bulan hingga satu tahun.

Hal ini membantu memperluas keahlian mereka, memperdalam pemahaman mereka tentang bisnis, dan mengidentifikasi area yang diminati untuk kemajuan karir.

2. Perencanaan karier

Organisasi dapat memfasilitasi diskusi perencanaan karir antara karyawan dan manajer mereka untuk menetapkan tujuan, mengidentifikasi peluang pengembangan, dan membuat rencana tindakan untuk mencapai tujuan karier. Percakapan ini dapat mencakup evaluasi kinerja, penilaian keterampilan, dan diskusi tentang peluang masa depan di perusahaan.

3. Promosi internal

Memberikan kesempatan untuk promosi internal memungkinkan karyawan untuk maju dalam organisasi berdasarkan keterampilan, kinerja, dan potensi mereka. Jalur yang jelas untuk maju, kriteria promosi yang transparan, dan perencanaan suksesi dapat memotivasi karyawan untuk berjuang demi kemajuan karir.

4. Proyek lintas fungsional

Berpartisipasi dalam tim atau proyek lintas fungsi memungkinkan karyawan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dari departemen atau disiplin ilmu yang berbeda. Hal ini tidak hanya memfasilitasi berbagi pengetahuan dan pengembangan keterampilan, tetapi juga menumbuhkan pemahaman yang lebih luas tentang operasi dan tujuan organisasi.

5. Dukungan pendidikan berkelanjutan

Organisasi dapat mendukung karyawan untuk melanjutkan pendidikan atau pengembangan profesional dengan menawarkan penggantian biaya pendidikan, cuti pendidikan, atau akses ke sumber daya pendidikan seperti lokakarya, konferensi, atau kursus online.

6. Peluang membangun jaringan

Mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam acara jaringan profesional, konferensi industri, atau sesi jaringan internal dapat memupuk hubungan dengan rekan kerja, mentor, dan kolaborator potensial. Membangun jaringan profesional yang kuat dapat membuka pintu bagi karyawan untuk mendapatkan peluang baru.

7. Pembinaan karir

Pembianaan dan pelatihan karir melibatkan sesi tatap muka antara karyawan dan pelatih profesional, yang sering kali disediakan oleh organisasi atau dipekerjakan secara eksternal.

Sesi ini berfokus untuk membantu karyawan memperjelas tujuan karier mereka, mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan, mengatasi hambatan, dan membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk kemajuan karir.

Meskipun berbagai faktor berkontribusi pada pengembangan karier yang efektif, mungkin elemen yang paling penting adalah dukungan yang dipersonalisasi.

Menyadari bahwa setiap karyawan memiliki aspirasi, kekuatan, dan area yang unik untuk dikembangkan, organisasi harus menyesuaikan inisiatif pengembangan karier mereka dengan kebutuhan individu.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi kinerja secara berkala, memberikan umpan balik yang membangun, dan menawarkan sumber daya untuk peningkatan keterampilan.

Baca Juga: LinkedIn Learning: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Kursusnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai career development yang bisa menjadi referensi Anda untuk membuat program pengembangan karir di perusahaan Anda.

Pengembangan karier adalah perjalanan seumur hidup yang mencakup berbagai aktivitas seperti peningkatan keterampilan, penetapan tujuan, dan jaringan. Meski tampak sepele memprioritaskan pengembangan karier ini akan meningkatkan keterlibatan, kepuasan, dan kesuksesan di perusahaan Anda.

Bagaimana pun, karyawan adalah bagian penting yang akan mendukung kemajuan perusahaan. Memberikan program career development bisa menjadi investasi untuk mendukung karir mereka dan meningkatkan retensi karyawan.

Selain melalui program career development, perusahaan juga bisa mendukung kemajuan karir karyawan dengan melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Anda dapat memilih software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan.

Penggunaan GajiHub ini sangat memudahkan baik untuk karyawan ataupun perusahaan, dimana karyawan bisa melakukan absensi online, pengajuan cuti dan izin yang mudah, dan perusahaan bisa memantaunya dan melakukan approval dengan mudah dan cepat.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *