10 Alternatif Software Payroll Gusto untuk Bisnis di Indonesia

Gusto merupakan salah satu software payroll yang berasal dari Amerika Serikat yang akan membantu pengelolaan penggajian menjadi lebih mudah. Dengan basic yang ada di Amerika Serikat, Gusto kurang cocok untuk digunakan oleh bisnis di Indonesia dan Anda membutuhkan alternatif software payroll Gusto.

Bagaimana pun memilih layanan software payroll akan lebih baik jika software tersebut memiliki basic di Indonesia. Ini akan memudahkan Anda ketika Anda membutuhkan bantuan sewaktu-waktu.

Lalu apa saja alternatif software payroll Gusto? Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai alternatif software payroll Gusto.

Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya hanya pada penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Software Payroll Gusto?

alternatif software payroll gusto

Gusto adalah perangkat lunak yang digunakan untuk pengelolaan penggajian, tunjangan, dan manajemen sumber daya manusia berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Software Gusto merupakan platform yang mudah digunakan untuk mengotomatiskan proses penggajian, mengajukan pajak penggajian, mengelola asuransi kesehatan dan tunjangan karyawan lainnya, serta mengelola proses SDM.

Solusi ini juga umum digunakan oleh perusahaan rintisan, pemilik bisnis kecil, pembukuan, dan profesional SDM untuk mengelola dan menyederhanakan tugas penggajian, tunjangan, perekrutan, dan kepatuhan SDM.

Gusto membantu bisnis untuk tetap mematuhi undang-undang pajak, menawarkan tunjangan karyawan yang kompetitif, dan mengelola tugas SDM secara efisien. Fitur-fitur utamanya meliputi antarmuka yang sederhana dan intuitif, proses penggajian dan tunjangan otomatis, serta integrasi akuntansi dan pelacakan waktu yang populer.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Software Payroll, Manfaat, dan Fitur Pentingnya

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Software Payroll Gusto?

Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Gusto:

Kelebihan Gusto

  • Mudah digunakan: Gusto memiliki antarmuka intuitif yang memudahkan bisnis kecil untuk mengelola penggajian, bahkan tanpa pengalaman manajemen penggajian sebelumnya.
  • Layanan mandiri karyawan: Karyawan dapat mengakses akun Gusto mereka sendiri untuk melihat slip gaji, dokumen pajak, formulir pajak, dan memperbarui informasi pribadi. Administrasi tunjangan: Gusto menawarkan asuransi kesehatan, rencana pensiun 401(k), kompensasi pekerja, dan tunjangan karyawan lainnya yang disinkronkan dengan penggajian.
  • Administrasi tunjangan: Gusto menawarkan asuransi kesehatan, program pensiun 401(k), kompensasi pekerja, dan tunjangan karyawan lainnya yang disinkronkan dengan penggajian.

Kekurangan Gusto

  • Opsi pelaporan terbatas: Laporan penggajian Gusto tidak memiliki beberapa fitur pelaporan yang lebih canggih dan dapat disesuaikan yang ditemukan dalam perangkat lunak penggajian lainnya.
  • Tidak ada pelacakan waktu internal: Gusto tidak memiliki alat pelacakan waktu internal, jadi bisnis perlu menggunakan sistem terpisah atau memasukkan jam kerja secara manual.
  • Dukungan pelanggan yang tidak konsisten: Beberapa pengguna melaporkan waktu tunggu yang lama dan kesulitan untuk menghubungi tim dukungan pelanggan Gusto ketika ada masalah.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Software Payroll Ini Wajib Anda Ketahui

Apa Saja Alternatif Software Payroll Gusto?

1. GajiHub

gajihub

Alternatif software payroll Gusto pertama adalah software payroll GajiHub. GajiHub merupakan software payroll asli buatan bangsa Indonesia dan berbasis di Indonesia, dimana ini akan memudahkan Anda ketika Anda membutuhkan bantuan dari tim GajiHub.

GajiHub didesain dengan sangat baik sehingga cocok digunakan oleh semua jenis bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis berskala besar. Fitur-fitur yang dimiliki GajiHub juga sangat lengkap, mulai dari fitur payroll, absensi, kelola PPh 21, kelola BPJS, integrasi akuntansi, kelola cuti dan izin, analisis data, hingga untuk pengelolaan reimbursement dan kasbon.

Berikut untuk lebih jelasnya mengenai fitur dari GajiHub:

Fitur

  • Payroll : fitur ini akan memudahkan bisnis dalam melakukan pengelolaan penggajian karyawan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat slip gaji dan mengirimkannya secara online melalui email ataupun di aplikasi GajiHub.
  • Absensi : fitur absensi akan memudahkan penggunanya dalam mengelola kehadiran karyawan. Karyawan bisa melakukan absensi dari smartphone dan pemilik bisnis akan mendapatkan laporan terkait presensi karyawan.
  • Kelola PPh 21 : GajiHub juga dilengkapi dengan fitur kelola PPh 21 yang akan memudahkan Anda dalam mengelola pajak karyawan.
  • Pengelolaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan: dengan fitur BPJS ini pengguna dapat dengan mudah mengelola BPJS karyawan.
  • Integrasi software akuntansi: ingin mengelola karyawan sekaligus mengelola keuangan perusahaan Anda? GajiHub memiliki integrasi dengan software akuntansi yang bisa membuat Anda melakukan pengelolaan karyawan dan pengelolaan keuangan dalam aplikasi yang saling terintegrasi.
  • ESS Employee Self Service: dengan fitur ini karyawan bisa dengan mudah melakukan layanan mandiri, seperti untuk absensi hingga pengajuan cuti dan izin.
  • Kelola cuti dan izin: dengan fitur ini karyawan bisa mengajukan cuti dan izin dengan mudah, kemudian perusahaan akan melakukan approval.

Kelebihan

  • Fitur yang dimiliki sangat lengkap
  • Dapat digunakan untuk semua jenis bisnis
  • Harga yang dimiliki terjangkau
  • Berbasis cloud
  • Bisa melakukan pembayaran dengan mata uang Rupiah
  • Tersedia versi gratis

Kekurangan

  • Untuk versi gratis fitur yang dimiliki masih sangat terbatas

gajihub 1

2. Craze

alternatif software payroll gusto

Craze (YC S22) menawarkan solusi admin lengkap bagi perusahaan rintisan. Sistem ini mengotomatiskan tugas-tugas SDM, penggajian, dan kepatuhan untuk membebaskan waktu para pendiri untuk pertumbuhan bisnis.

Sistemnya yang terintegrasi menyederhanakan pekerjaan admin mulai dari onboarding hingga offboarding, dengan fitur-fitur seperti HRIS inti, penggajian sekali klik, kepatuhan yang disederhanakan, cuti, dan manajemen kehadiran. Pelanggan memuji Craze karena telah menghemat waktu mereka dan memberikan dukungan yang sangat baik.

Fitur

  • Pemrosesan penggajian yang efisien: Mengotomatiskan tugas penggajian dan langsung membayar tim Anda hanya dengan satu klik, sehingga tidak perlu lagi melakukan transaksi bank secara manual dan bolak-balik dengan departemen SDM dan Keuangan.
  • Jaminan kepatuhan: Memastikan akurasi dan kepatuhan dengan menerapkan pemotongan yang benar untuk komponen-komponen yang diwajibkan seperti TDS, PF, PT, dan ESIC. Buat Formulir 16 untuk karyawan dengan cepat dan dapatkan informasi terkini mengenai biaya penggajian dengan ringkasan pajak EPF, ESIC, dan TDS yang terperinci.
  • Manajemen pemotongan dan penggantian biaya yang efisien: Dasbor Craze yang intuitif dan mudah digunakan memungkinkan Anda untuk menangani bonus, potongan, dan persetujuan pengeluaran dengan lancar.
  • Integrasi dengan cuti dan hehadiran: Atur dan pantau kebijakan cuti, termasuk kehilangan gaji, dan sinkronkan penggajian dengan mudah untuk pembayaran gaji yang efisien hanya dengan satu klik.
  • Pembayaran kontraktor yang disederhanakan: Kelola pembayaran kepada karyawan magang atau kontraktor dengan mudah berdasarkan lembaran TDS atau GST. Bayar beberapa penerima secara bersamaan, satu per satu, atau selektif berdasarkan faktur dan dokumen yang dikirimkan.

Kelebihan

  • Pencairan gaji sekali klik (via Decentro) tanpa memerlukan rekening bank baru
  • Antarmuka yang ramah pengguna dengan kebijakan cuti yang dapat disesuaikan
  • Dukungan secepat kilat dengan akses langsung ke pendiri dan tim
  • Kurang dari 30 menit untuk menyiapkan dengan impor data penggajian dan cuti yang mudah
  • Rangkaian produk komprehensif yang mencakup SDM, penggajian, kepatuhan, manajemen perangkat lunak/perangkat lunak TI, dan banyak lagi

Kekurangan

  • Tidak ada aplikasi seluler

3. factoHR

alternatif software payroll gusto

factoHR memiliki sistem penggajian yang aman dan terintegrasi penuh dengan semua modul internal dan sistem eksternal. Sistem ini dilengkapi dengan integrasi plug-and-play dan mesin validasi, memastikan akurasi keluaran data yang tinggi dengan intervensi manusia yang minimal.

Perhitungan berbasis formula, pembuatan komponen tanpa batas, dan fitur kustomisasi proses memungkinkan bisnis untuk meningkatkan skala operasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mengenai keamanan, platform ini menawarkan kontrol akses yang baik dan jejak audit yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan keamanan tingkat atas untuk data sensitif karyawan mereka.

Fitur

  • Portal swalayan memungkinkan karyawan untuk melihat informasi yang terkait dengan pajak penghasilan, kompensasi, dan detail relevan lainnya di desktop dan perangkat seluler.
  • Mesin aturan berbasis formula memungkinkan perusahaan untuk membuat struktur gaji yang disesuaikan berdasarkan jenis bisnis atau industri mereka.
  • Perhitungan tunggakan otomatis memudahkan pelacakan semua perubahan retro dalam kehadiran atau kompensasi, yang mengarah pada penghitungan gaji yang bebas dari kesalahan.

Kelebihan:

  • Pelacakan kehadiran dan manajemen cuti yang akurat
  • Opsi untuk proses pengunduran diri elektronik yang mulus
  • Tersedia dalam bentuk aplikasi seluler dengan antarmuka pengguna yang menarik
  • Menyediakan mekanisme umpan balik 360 derajat

Kekurangan

  • Tidak memiliki fitur dukungan tiket
  • Absensi seluler terkadang mengalami kesalahan

Baca Juga: 12 Fitur Software Payroll Ini Harus Ada, Apa Saja?

4. HROne

hrone

HROne adalah sistem manajemen penggajian yang kompatibel dengan 15+ platform Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP), seperti Microsoft Navision, SAP Business One, Oracle ERP, dan sistem ERP khusus.

Sistem ini secara otomatis menyinkronkan basis data untuk memfasilitasi aliran data yang lancar di antara sistem keuangan dan telah mengintegrasikan System Applications and Products (SAP), sehingga tidak perlu lagi melakukan rekonsiliasi secara manual.

Platform ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengonfigurasi kelompok gaji berdasarkan struktur organisasi mereka, menetapkan struktur gaji untuk karyawan baru dan mengotomatiskan pembayaran untuk pencairan gaji tepat waktu.

Fitur:

  • Laporan 3D memfasilitasi tampilan vertikal, horizontal, dan drill-down dari komponen gaji.
  • Pengurangan otomatis komponen seperti PF, ESIC, dll., untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah.
  • Pembuatan daftar kesalahan otomatis untuk menyoroti kesalahan pasca penggajian.

Kelebihan

  • Antarmuka pengguna yang sederhana dan menarik
  • Fasilitas pelacakan kehadiran yang efektif
  • Fitur keamanan kelas atas

Kekurangan

  • Aplikasi seluler bisa jadi lambat dan memakan waktu
  • Proses integrasi aplikasi perlu diperbarui

5. Zoho Payroll

zoho people 5

Dengan penghitungan penggajian otomatis dan opsi untuk membuat dan menetapkan beberapa slip gaji untuk berbagai tingkatan karyawan, Zoho Payroll membuat manajemen penggajian menjadi sederhana dan terukur. Platform ini telah bermitra dengan Yes Bank dan HSBC untuk memastikan bahwa gaji dibayarkan tepat waktu.

Hal ini membantu bisnis untuk memulai transaksi gaji dari platform, sehingga mengurangi waktu pemrosesan. Selain itu, Zoho Payroll memfasilitasi penanganan kepatuhan tanpa hambatan dengan mempertimbangkan komponen-komponen seperti ESI, PF, IT, PT, dan LWF dan secara otomatis memotongnya sesuai jadwal yang ditentukan.

Fitur

  • Hak istimewa admin yang dapat disempurnakan memungkinkan perusahaan untuk memberikan akses berbasis peran kepada karyawan.
  • Opsi tunjangan karyawan yang dipersonalisasi memungkinkan perusahaan untuk membuat rencana tunjangan karyawan khusus.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menyimpan semua data pembayaran karyawan di bawah satu atap dan mengamankannya dengan kata sandi khusus.

Kelebihan

  • Antarmuka pengguna yang mudah dinavigasi
  • Model harga terjangkau (gratis hingga 10 karyawan)
  • Sistem manajemen kehadiran yang kuat

Kekurangan

  • Kesalahan sering muncul di Zoho Book dan integrasi rekening bank
  • Zoho Payroll kurang dapat disesuaikan dibandingkan aplikasi Zoho lainnya

6. Razorpay X Payroll

razorpay

Razorpay X Payroll adalah salah satu perangkat lunak penggajian terbaik di India. Ini menyediakan manajemen penggajian 360 derajat dengan memfasilitasi perhitungan gaji yang akurat dan setoran langsung ke rekening bank karyawan.

Perusahaan juga dapat memanfaatkan sistem manajemen cuti online platform untuk melacak, menyetujui, dan mengelola liburan dan cuti karyawan mereka. Selain itu, mereka dapat merevisi gaji di pertengahan bulan atau pada tanggal yang telah lewat atau yang akan datang dan mengotomatiskan pembayaran tunggakan.

Platform ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses jejak kepatuhan lengkap mereka di seluruh komponen seperti TDS, PF, ESIC, PT, dll., dan secara otomatis mengajukan dan membayar semua kewajiban pajak.

Fitur

  • Opsi untuk gaji lanjutan dan pembayaran penggantian instan.
  • Wizard Massal memungkinkan penambahan, pengurangan, dan penghitungan kehilangan gaji sekaligus.
  • Lebih dari 45 mitra integrasi mencakup asuransi, tunjangan fleksibel, kehadiran, HRMS, dan banyak lagi.

Kelebihan

  • Opsi untuk manajemen waktu dan kehadiran otomatis
  • Pengarsipan SPT otomatis dan pelacakan asuransi yang tidak merepotkan
  • Layanan manajemen dokumen yang efisien

Kekurangan

  • Masalah terkait pencarian dalam API-nya
  • Kehadiran terbatas di pasar internasional

Baca Juga: 10 Manfaat Software Payroll untuk Bisnis

7. HRMantra

alternatif software payroll gusto

Rekomendasi alternatif software payroll Gusto selanjutnya adalah HR Mantra. HRMantra adalah aplikasi berbasis web perekrutan hingga pensiun terintegrasi yang memungkinkan bisnis untuk melakukan pemrosesan penggajian dan FFS untuk cabang-cabang di seluruh dunia dari satu platform.

Perusahaan dapat dengan mudah memasukkan berbagai pajak yang dikenakan oleh berbagai negara ke dalam penggajian mereka dan menguranginya dari gaji yang harus dibayarkan untuk mematuhi peraturan.

Perusahaan juga dapat membuat program tunjangan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan karyawan mereka dan bahkan menyediakan opsi investasi hemat pajak untuk mengurangi pengeluaran pajak mereka.

Fitur

  • Pilihan untuk menentukan format slip gaji, periode gaji, kode Voucher Jurnal
  • Penggajian dan pembulatan.
  • Ketersediaan alur kerja yang sepenuhnya otomatis untuk memproses uang muka gaji, potongan EMI dari gaji, dll.
  • Menyediakan tampilan komprehensif dari total karyawan aktif bulan ini, daftar karyawan baru yang bergabung, dan individu yang mendapatkan kenaikan jabatan atau keluar dari organisasi.

Kelebihan

  • Memfasilitasi pencairan cuti otomatis, kredit, dan pencairan dana
  • Pemrosesan penggajian dengan sekali ketuk
  • Manajemen perekrutan otomatis dengan fitur-fitur seperti tes online, pengecekan referensi, manajemen penawaran, dll.

Kekurangan

  • Sistem manajemen pengeluaran tidak sesuai dengan kebutuhan
  • Sistem manajemen cuti yang memakan waktu

8. greytHR

greythr

Berkat fitur-fitur seperti memproses klaim penggantian biaya melalui bala bantuan polis otomatis dan pengajuan klaim secara online, greytHR mengurangi pekerjaan administratif yang berhubungan dengan penggajian hingga hampir 80%.

Platform ini menyediakan struktur gaji yang sangat mudah disesuaikan dan komponen gaji yang tidak terbatas, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk bisnis di berbagai industri.

Selain itu, platform ini menawarkan fitur-fitur seperti pembuatan Formulir 12BA dan Formulir 16 yang ditandatangani secara digital, penghitungan otomatis komponen-komponen seperti PF, ESI, PT, dll., penghitungan dan pemotongan kontribusi Dana Kesejahteraan Tenaga Kerja dan banyak lagi.

Selain itu, terdapat opsi untuk menghasilkan pengembalian TDS dan eTDS yang komprehensif, memastikan kepatuhan 100% terhadap semua kepatuhan hukum.

Fitur

  • Fasilitas debit langsung memungkinkan perusahaan mencairkan gaji karyawan langsung dari platform.
  • Opsi pengeluaran pembayaran per bank dan per kelompok dengan format transfer bank elektronik untuk semua bank terkemuka.
  • Berbagai fitur analitik dan laporan tersedia untuk menghasilkan laporan penggajian, laporan kepatuhan hukum, MIS dan laporan rekonsiliasi, dll.

Kelebihan

  • Opsi untuk kehadiran jarak jauh yang didukung oleh pelacakan GPS
  • Antarmuka pengguna yang simpel dan ramah pengguna
  • Semua kebijakan perusahaan digabungkan dalam satu tempat dalam bentuk dokumen

Kekurangan

  • Tidak memiliki fitur komunikasi global
  • UI tidak sesuai dengan tren terbaru dan mengandung beberapa bug.

Baca Juga: 10 Software Payroll Usaha Dagang untuk Mengoptimalkan Bisnis

9. Pocket HRMS

alternatif software payroll gusto

Pocket HRMS secara signifikan meningkatkan fleksibilitas manajemen penggajian melalui opsi pemrosesan penggajian karyawan tunggal dan multi-kategori. Bisnis dapat dengan mudah membuat aturan penggajian untuk beberapa kategori karyawan berdasarkan struktur organisasi.

Selain itu, jika mereka memiliki beberapa usaha dalam bisnis mereka, mereka dapat menggunakan kredensial penggajian yang sama untuk akses yang efisien. Pembuat formula bersyarat memungkinkan tim penggajian untuk memodifikasi kepala gaji tanpa bergantung pada tim pengembang.

Perusahaan juga dapat melakukan penghitungan otomatis untuk komponen-komponen seperti PF, ESI, pajak profesional, pajak penghasilan, pencairan cuti, pemulihan aset, penghitungan gratifikasi, dan lain-lain. Mereka juga dapat memproses data penggajian secara batch di latar belakang, sehingga meningkatkan produktivitas mereka.

Fitur

  • Desainer slip gaji kustom memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan slip gaji dengan logo organisasi mereka dan elemen-elemen lain yang diperlukan.
  • Portal Layanan Mandiri Karyawan khusus memfasilitasi pengunduhan lembar kerja pajak dan slip gaji dari perangkat seluler dan desktop.
  • Super Data Wizard menyediakan pembuatan laporan kustom di lebih dari 100 template.

Kelebihan

  • Manajemen shift khusus dan sistem manajemen kinerja
  • Sistem perekrutan yang didukung Gen-AI
  • Pelacakan waktu yang sangat efisien
  • Adanya portal swalayan untuk mengajukan cuti, memeriksa slip gaji, dan memperbarui informasi

Kekurangan

  • Tidak memiliki akses internasional
  • Tidak ada opsi untuk mentransfer data karyawan secara otomatis di dalam perusahaan

10. sumHR

alternatif software payroll gusto

sumHR memungkinkan perusahaan menyederhanakan proses penggajian yang kompleks hanya dalam 5 langkah sederhana.

Sistem ini mengotomatiskan operasi seperti penghitungan penggajian, pemotongan TDS dan PF, penghitungan pengecualian pajak, penghitungan gratifikasi, dll., sehingga memungkinkan perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji secara tepat waktu.

Jika mereka tidak memiliki data kehadiran yang memadai atau tidak penting dalam model bisnis mereka, mereka dapat melewatkannya sama sekali untuk mempercepat pemrosesan penggajian. Selain itu, mereka dapat membuat komponen gaji mereka sendiri dan mengonfigurasinya berdasarkan nilai atau formula yang telah ditetapkan.

Fitur

  • Sistem manajemen penggajian multi-perusahaan memungkinkan bisnis menjalankan operasi penggajian untuk beberapa perusahaan melalui satu akun.
  • Ketersediaan metode perhitungan gaji yang fleksibel seperti CTC, Upload Gaji Bruto, Upload Prorata, dll.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menetapkan jendela waktu yang jelas bagi karyawan untuk mengunggah pernyataan pajak penghasilan mereka.

Kelebihan

  • Kompatibel dengan berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac, tablet, dan perangkat seluler
  • Sistem pelacakan kehadiran dan cuti yang sangat baik
  • Perusahaan bisa membuat kebijakan kehadiran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka

Kekurangan

  • Waktu respons perlu ditingkatkan
  • Fitur-fitur baru perlu ditambahkan

Baca Juga: 10 Software Payroll Retail Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai alternatif software payroll Gusto. Alternatif ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari software payroll sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Seperti yang kita ketahui, software payroll saat ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah bisnis. Dengan software payroll Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan karyawan sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

GajiHub bisa menjadi pilihan software payroll untuk bisnis Anda. Fitur yang dimiliki GajiHub sangatlah lengkap dan Anda bisa menggunakan GajiHub dengan harga mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memilih GajiHub. Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis untuk 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *