10 Tips Mewawancarai Fresh Graduate untuk HRD

tips mewawancarai fresh graduate

Interview karyawan menjadi salah satu metode seleksi pegawai untuk menemukan kandidat terbaik dari yang terbaik. Dalam proses ini, tidak semua kandidat memiliki pengalaman kerja dan Anda butuh tips mewawancarai fresh graduate.

Meski tanpa pengalaman, bukan berarti fresh graduate atau lulusan baru ini tidak memiliki kemampuan. Dengan tips mewawancarai fresh graduate ini diharapkan Anda bisa menemukan potensi terbaik dari kandidat fresh graduate.

Lalu apa saja tips mewawancarai fresh graduate ini? Apa saja pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk mewawancarai fresh graduate?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai tips mewawancarai fresh graduate. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Saja Manfaat Merekrut Fresh Graduate?

tips mewawancarai fresh graduate

Berikut beberapa manfaat merekrut fresh graduate yang bisa didapatkan oleh perusahaan:

1. Talent Pool menjadi Lebih Luas

Manfaat yang pertama adalah dengan merekrut fresh graduate, Anda dapat memperluas talent pool yang dimiliki oleh perusahaan. Ini menjadi cara terbaik untuk mendapatkan kandidat yang memiliki peluang kinerja yang baik.

Meski fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja, namun bukan berarti mereka tidak memiliki kemampuan. Merekrut lulusan baru ini menjadi pilihan terbaik dan akan membuat talent pool menjadi lebih luas.

2. Lebih Akrab dengan Teknologi

Lulusan baru juga dikenal lebih akrab dengan teknologi jika dibandingkan dengan karyawan yang telah bekerja lebih lama. Ini karena fresh graduate hidup dengan berdampingan dengan teknologi.

Mulai dari teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data, media sosial, hingga penggunaan AI, fresh graduate memiliki hubungan yang cukup dekat. Ini bisa mencari peluang bagi Anda untuk menerapkan teknologi di perusahaan.

3. Mendukung Inovasi

Karena memiliki pengetahuan dengan teknologi yang baik, fresh graduate juga mampu mendukung inovasi yang ingin dilakukan perusahaan. Khususnya inovasi yang berhubungan dengan teknologi.

Fresh graduate adalah generasi muda yang tahu apa saja yang sedang trend dan ramai di kalangan luas. Ini menjadi cara terbaik bagi perusahaan Anda untuk berinovasi dan mengikuti perkembangan terkini.

4. Keberagaman Lingkungan Pekerjaan

Tahukah Anda bahwa keberagaman di tempat kerja bisa meningkatkan kesuksesan perusahaan? Keberagaman atau diversifikasi akan memberikan pandangan inovasi yang berbeda-beda.

Karyawan yang berpengalaman dengan pengetahuan pengalaman mereka, sedangkan lulusan baru dengan pengetahuan akan trend terkini. Jika ini digabungkan, perusahaan memiliki kesempatan menjadi maju dan terdepan.

Baca Juga: Download 10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Apa Saja Tips Mewawancarai Fresh Graduate?

tips mewawancarai fresh graduate

Seperti yang diketahui, fresh graduate merupakan orang yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja. Oleh karenanya dibutuhkan tips untuk mewawancarai mereka.

Tips ini tentunya berbeda dengan mewawancarai kandidat yang sudah memiliki pengalaman. Berikut tips mewawancarai fresh graduate yang wajib Anda ketahui:

1. Siapkan Pertanyaan Khusus

Tips mewawancarai fresh graduate yang pertama adalah dengan menyiapkan pertanyaan khusus. Perlu diketahui bahwa mewawancarai kandidat yang berpengalaman akan berbeda dengan mewawancara lulusan baru dan Anda wajib mempersiapkannya.

Misalnya untuk pertanyaan pengalaman kerja sebelumnya, karena lulusan baru tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, jadi pertanyaan ini pastinya tidak relevan. Selain pertanyaan tersebut, pertanyaan terkait gaji yang diinginkan juga harus disesuaikan karena fresh graduate tidak memiliki referensi gaji dari pekerjaan sebelumnya.

Jadi, sebelum mewawancarai kandidat ini, pastikan Anda menyiapkan pertanyaan untuk mereka dengan baik.

2. Berikan Waktu Lebih untuk Persiapan

Tips kedua adalah dengan memberikan waktu lebih untuk persiapan. Jika Anda biasanya memberikan beberapa hari untuk datang interview, Anda bisa memberikan waktu lebih agar kandidat fresh graduate bisa menyiapkan diri.

Ini juga ketika di hari wawancara. Anda bisa meminta kandidat fresh graduate stand by lebih cepat agar mereka memiliki persiapan yang lebih untuk mengikuti wawancara.

3. Tanyakan Pengalaman Organisasi dan Magang

Alih-alih menanyakan pengalaman kerja sebelumnya, Anda bisa menggantinya dengan pertanyaan pengalaman organisasi dan magang. Pertanyaan pengalaman organisasi bisa menjadi cara untuk menilai kemampuan kandidat.

Juga, pengalaman magang bisa Anda jadikan pengganti untuk pertanyaan pengalaman kerja sebelumnya. Kandidat yang pernah magang pastinya telah memiliki gambaran pekerjaan di kantor seperti apa.

Baca Juga: Pengertian Overqualified, Penyebab, Tanda, dan Tips Wawancara

4. Tanyakan Kemampuan Bahasa Asing

Jangan lupa untuk menanyakan kemampuan bahasa asing. Sebagai generasi yang baru masuk ke dunia kerja, fresh graduate biasanya memiliki kemampuan bahasa asing.

Ini sesuai dengan kebutuhan bahasa asing di dunia kerja yang semakin tinggi. Anda bisa menanyakan kemampuan bahasa asing ini kepada kandidat dan berikan penilaian berdasarkan kemampuan yang dimiliki tersebut.

5. Tanyakan Ide Inovasi

Merekrut kandidat fresh graduate memiliki kelebihan mereka bisa memberikan ide inovasi terkini dan terdepan. Jadi, jangan lupa untuk menanyakannya saat Anda mewawancarai fresh graduate.

Anda bisa menanyakan apa ide yang bisa diberikan untuk memberikan inovasi produk atau layanan. Fresh graduate biasanya memiliki ide segar dan ini akan membantu perusahaan Anda mendapatkan inovasi yang lebih baik.

6. Tanyakan Pendapat Terkait Isu-Isu Terkini

interview lulusan baru

Tips mewawancarai fresh graduate selanjutnya adalah dengan menanyakan isu-isu terkini, misalnya adalah penggunan AI dalam pekerjaan mereka. Pemberian pertanyaan ini bertujuan untuk melihat cara berpikir kandidat lulusan baru dalam menanggani isu-isu terkini.

Baca Juga: 10 Contoh Jawaban Alasan Memilih Posisi Ini dalam Wawancara

7. Fokus Pada Kemampuan Kandidat, Bukan Gelar

Pastikan Anda fokus dengan kemampuan yang dimiliki kandidat, alih-alih dengan gelar kandidat. Gelar memang penting, namun pada akhirnya kemampuan yang akan menentukan kinerja kandidat di masa depan.

Jadi, fokuslah dan buat pertanyaan terkait kemampuan kandidat. Bukan hanya dari gelar yang dimiliki.

8. Jangan Lupa Cek Media Sosial Kandidat

Media sosial saat ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, khususnya di kalangan generasi muda. Fresh graduate pasti sangat dekat kehidupan mereka dengan media sosial dan ini bisa mencari cara Anda mendapatkan informasi terkait kandidat.

Informasi dari media sosial ini bisa media bagi Anda untuk mencari pertanyaan untuk mewawancarai kandidat. Misalnya ketika Anda bisa menemukan ketertarikan kandidat yang dibagikan di media sosial.

Ini bisa menjadi cara Anda membuka pertanyaan demi pertanyaan dengan kandidat.

9. Hindari Pertanyaan Jebakan

Ada tim HR yang menggunakan pertanyaan jebakan untuk menyeleksi kandidat saat wawancara. Untuk kali ini, Anda bisa menghindari pertanyaan jebakan.

Anda bisa memberikan pertanyaan secara jelas dan lakukan penilaian secara jelas. Anda juga bisa membuat sesi wawancara ini menjadi sesi yang menyenangkan alih-alih mendebarkan.

Karena pada akhirnya tidak hanya perusahaan yang akan memilih karyawan. Karyawan juga bisa memilih perusahaan.

10. Jadikan Portofolio sebagai Referensi

Selain media sosial, Anda juga bisa menjadi portofolio sebagai referensi untuk mewawancarai fresh graduate. Portofolio ini akan menunjukan kemampuan kandidat dan apa saja proyek yang pernah dikerjakan.

Anda bisa meminta kandidat ini untuk mengirimkan portofolio yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Dari sini Anda bisa menanyakan proses yang dilalui kandidat dalam mengerjakan portofolio tersebut.

Baca Juga: Wawancara Berbasis Kompetensi: Arti dan Contoh Pertanyaan

Apa Saja Contoh Pertanyaan untuk Mewawancarai Fresh Graduate?

tips mewawancarai fresh graduate

Pertanyaan wawancara umum untuk lulusan baru (termasuk contoh jawaban)

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan pertama yang bisa diajukan adalah ceritakan diri Anda. Banyak pewawancara yang akan langsung bertanya dan bahkan mungkin tidak menanyakan hal ini.

Pertanyaan ini diberikan untuk menilai apakah data diri kandidat sesuai dengan yang ada di CV, mulai dari nama, alamat, hingga pengalaman yang dimiliki. Pertanyaan ini juga sebagai awal untuk mengenal kandidat.

2. Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Sini?

Ini adalah pertanyaan wawancara kerja yang umum yang mengharuskan kandidat untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan di media sosial atau Google. Di sini Anda bisa menilai apakah kandidat memang benar-benar tertarik bekerja atau tidak.

Kandidat yang benar-benar tertarik pasti sudah melakukan riset lebih dulu sebelum mengikuti wawancara, bahkan sebelum melamar kerjaan.

3. Bagaimana Cara Anda Menunjukan Kualitas Anda Saat Kuliah?

Ini dikenal sebagai pertanyaan wawancara perilaku (dan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran). Pewawancara mendorong kandidat untuk menggunakan contoh-contoh nyata dari pengalaman mereka sendiri untuk melihat bagaimana kandidat bereaksi dan menghadapi situasi yang berbeda, dalam hal ini, memimpin.

4. Apa Kekuatan dan Kelemahan Anda?

Meskipun mungkin terdengar seperti pertanyaan jebakan, perusahaan benar-benar ingin tahu bahwa kandidat memiliki kesadaran diri yang cukup untuk menyadari bahwa kandidar belum memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.

Di sini kandidat mungkin akan menjelaskan kekuatan dan kelemahan, termasuk cara memperbaikinya. Sebagai tim yang mewawancarai, Anda bisa menilai problem solving dari penjelasan atas pertanyaan ini.

Baca Juga: 16 Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan ke HRD saat Interview

5. Di mana Anda Lima Tahun Lagi?

Dengan pertanyaan ini, tim HR mungkin ingin mendengar bahwa kandidat ingin menjadi anggota tim yang mapan pada saat itu dan juga membantu membimbing lulusan yang akan bergabung dengan bisnis ini dengan membagikan pengalaman mereka kepada perusahaan.

Pertanyaan ini digunakan untuk melihat bagaimana kandidat merencanakan sesuatu dan memandang masa depan.

6. Apa Pencapaian Terbesar Anda?

Untuk mengisi posisi yang ada di perusahaan, Anda pasti membutuhkan kandidat dengan kepercayaan diri yang tinggi, bukan? Kandidat dengan rasa percaya diri yang tinggi pasti bisa menjabarkan pencapaian mereka.

Ini adalah pertanyaan yang tepat untuk menilai dan melihat apa saja pencapaian mereka.

7. Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Pada pertanyaan ini, kandidat diberikan kesempatan untuk menjual diri dan menjelaskan mengapa perusahaan harus menerimanya. Sama seperti pertanyaan sebelumnya, di sini Anda bisa menilai rasa percaya diri kandidat.

8. Apakah Anda Seorang Pemain Tim?

Tentu saja, jawaban yang diinginkan adalah ya. Pertanyaan ini diberikan untuk melihat apakah kandidat bisa bekerja sama dalam tim.

Bagaimana pun nantinya kandidat akan bekerja di dalam tim. Pertanyaan ini bisa menjadi langkah awal menilai kemampuan ini.

9. Apakah Anda Memiliki Pertanyaan untuk Kami?

Terakhir adalah Anda menanyakan kepada kandidat apakah ada pertanyaan yang ingin mereka ajukan. Di sini Anda harus bersiap-siap untuk menjawab pertanyaan dari kandidat, yang biasanya terkait proses rekrutmen, gaji, fasilitan, dan lainnya.

gajihub 1

Baca Juga: 15 Contoh Template Pertanyaan Interview Business Development

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan secara lengkap mengenai tips mewawancarai fresh graduate untuk Anda. Memang jika bisa memilih, beberapa perusahaan pasti lebih suka dengan karyawan berpengalaman dibandingkan fresh graduate.

Meski begitu, jika Anda bisa menemukan lulusan baru dengan kemampuan yang baik, ini bisa menjadi investasi terbaik di masa depan. Fresh graduate merupakan generasi muda yang peka akan tren terkini dan juga teknologi.

Mereka bisa menjadi garda terdepan yang akan mendukung perusahaan menjadi lebih maju lagi.

Untuk mendukung keberadaan fresh graduate dan karyawan lainnya di perusahaan Anda, pastikan Anda melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis untuk 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *