Performance Management Tools: Manfaat dan Contohnya

performance management tools

Performance management tools menjadi bagian penting dalam pengelolaan karyawan. Performance management tools merupakan alat yang akan membantu tim HR dalam mengelola performa perusahaan dan juga performa karyawan.

Hal ini karena dalam bisnis apa pun, performance management tools akan menjadi alat yang mendukung kerja sama dalam menyelesaikan proyek, menawarkan layanan atau produk kepada klien, dan memenuhi tujuan organisasi. Alat ini dapat melacak kinerja setiap karyawan untuk memberikan dukungan yang lebih baik kepada mereka dan membantu mereka belajar, meningkatkan, dan mengatasi tantangan.

Baik Anda mengelola sebuah tim atau bekerja sendiri sebagai bagian dari tim, Anda dapat memperoleh manfaat dari menemukan alat yang membantu Anda dalam meningkatkan kinerja.

Pada artikel ini GajiHub akan membahas mengenai performance management tools mulai dari pengertian, manfaat, hingga contohnya. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Pengertian dari Performance Management Tools?

performance management tools

Performance management tools atau alat manajemen kinerja adalah aplikasi perangkat lunak yang melacak produktivitas di tingkat individu, tim, atau organisasi. Alat bantu ini biasanya mengukur, mengumpulkan, dan mengatur data serta menyajikannya di lokasi pusat sehingga para pemimpin bisnis dapat menilai data, mendapatkan wawasan berharga, dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Supervisor, manajer sumber daya manusia, dan pemimpin tim lainnya dapat menggunakan alat bantu ini untuk mendelegasikan tugas dengan tepat, memberikan sumber daya pelatihan yang lebih baik kepada tim, dan memandu karyawan untuk mencapai tujuan.

Anggota tim yang berkinerja baik dapat meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan, membantu menarik klien dan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Apa itu Performance Management System?

Apa Saja Manfaat dari Performance Management Tools?

performance management tools

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan adanya performance management tools:

1. Memudahkan pemberian feedback karyawan

Manfaat yang pertama adalah memudahkan pemberian feedback kepada karyawan. Performance management tools  akan membantu Anda dalam mengetahui performa atau kinerja karyawan dimana ini bisa menjadi dasar dalam memberikan feedback.

Dengan adanya tools ini, Anda bisa melihat kinerja karyawan. Ini bisa menjadi bukti bagi Anda untuk memberikan umpan balik agar karyawan bisa meningkatkan performanya lebih baik lagi.

2. Membantu menentukan gaji karyawan

Dengan performance management tools Anda juga bisa menentukan gaji atau kompensasi karyawan. Ini karena dalam manajemen performa terdapat unsur penilaian atau evaluasi karyawan.

Hasil dari penilaian inilah yang dapat Anda gunakan untuk menentukan gaji atau kompensasi karyawan. Semakin baik penilaian yang didapatkan karyawan maka gaji yang didapatkan juga semakin besar.

3. Komunikasi dua arah dapat ditingkatkan

Komunikasi menjadi bagian penting di dunia kerja. Untuk terciptanya hubungan yang harmonis antara pekerja dengan pemberi kerja, komunikasi dua arah harus dilakukan dengan baik.

Performance management tools dapat menjadi alat untuk meningkatkan komunikasi dua arah ini. Alat ini akan menjadi jembatan bagi pemberi kerja untuk berkomunikasi dengan karyawan demi mencapai tujuan bersama yakni kemajuan perusahaan.

Baca Juga: Agile Performance Management: Arti, Manfaat, hingga Langkahnya

4. Membantu peningkatan kinerja karyawan

Performance management tools juga akan menjadi alat yang tepat untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan. Alat ini akan membantu menentukan sistem atau metode pemberdayaan karyawan.

Dari adanya pemberdayaan karyawan inilah nantinya kinerja karyawan dapat ditingkatkan.

5. Membantu mengidentifikasi, melacak, dan mempertahakan tujuan

Manfaat yang terakhir adalah Anda dapat terbantu untuk mengidentifikasi, melacak dan mempertahan tujuan. Ini karena dengan alat ini Anda memiliki alat untuk lebih memahi karyawan Anda, baik dalam kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, hasil pekerjaan, dan perkembangan mereka.

Dari sinilah Anda dapat mengidentifikasi berbagai hal untuk lebih dipahami oleh karyawan. Dengan begitu mencapai tujuan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Baca Juga: High Performance Culture: Manfaat, Ciri-ciri, dan Cara Membangun

Apa Saja Contoh Performance Management Tools?

Berikut adalah 11 alat manajemen kinerja yang berbeda yang bisa membantu Anda:

1. GajiHub

aplikasi absensi manufaktur

GajiHub menjadi contoh pertama performance management tools yang wajib Anda gunakan untuk memudahkan melacak performa perusahaan dan karyawan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang dapat yang akan memudahkan pengelolaan karyawan dan menjadi alat manajemen performa di perusahaan Anda.

Misalnya dengan fitur Live Tracking dimana Anda bisa dengan mudah melacak karyawan secara real time. Khususnya bagi karyawan yang bekerja di lapangan atau bekerja secara remote.

Selain fitur Live Tracking, GajiHub juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik lainnya seperti:

gajihub 2

2. Reflektif

Reflektive adalah platform manajemen kinerja holistik yang memperluas kemampuan manajemen talenta PeopleFluent dengan alat bantu keterlibatan dan analitik yang ditingkatkan.

Dapat digunakan melalui email, chat, dan seluler, aplikasi ini dapat menanamkan akuntabilitas dan mendorong percakapan yang konstruktif di antara rekan kerja. Para pemimpin bisnis dapat menggunakannya untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dengan pengakuan publik dan mengukur serta mengoptimalkan sentimen karyawan dengan survei, pemrosesan bahasa alami, tolok ukur, dan rencana tindakan.

Integrasi HRIS dan dasbor yang telah dibuat sebelumnya membantu pengguna melihat wawasan dan tren dengan mudah. Anda bahkan dapat menyesuaikan analitik Anda untuk memenuhi preferensi dan kebutuhan Anda.

3. Workhuman Conversations

Bagian dari Workhuman Cloud, Conversations adalah perangkat lunak pengembangan kinerja. Terintegrasi dengan Social Recognition, program ini memudahkan untuk mendokumentasikan umpan balik, kemajuan, dan tinjauan kinerja karyawan.

Dengan alat ini, pengguna dapat meminta dan menerima umpan balik dari siapa pun kapan pun, sehingga memungkinkan manajer untuk mengumpulkan wawasan dan mendapatkan pandangan menyeluruh tentang karyawan mereka. Pengguna juga dapat melakukan check-in, membuat item agenda, dan membagikan pembaruan kemajuan di aplikasi dan perangkat apa pun.

Baca Juga: Performance Evaluation Karyawan: Panduan Lengkap untuk HR

4. Bamboo HR

bambooHR

Bamboo HR adalah program perangkat lunak SDM dan perekrutan untuk usaha kecil dan menengah. Selain membantu para pemimpin bisnis melacak pelamar di setiap tahap proses perekrutan, aplikasi ini juga membantu mereka dalam mengatur dan menggunakan informasi di seluruh siklus hidup karyawan.

Aplikasi ini dapat meningkatkan bisnis di bidang-bidang berikut:

  • Data dan analitik: Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data tentang semua orang yang bekerja di bisnis.
  • Perekrutan: Aplikasi ini membantu menemukan talenta yang tepat, memprosesnya, dan membuat keputusan perekrutan secara efisien.
  • Orientasi: Program ini memiliki fitur seperti daftar periksa orientasi, tanda tangan elektronik, dan proses offboarding.
  • Kompensasi: Perangkat lunak ini membantu Anda mengumpulkan dan melacak data penggajian sehingga Anda dapat memberikan kompensasi kepada karyawan secara akurat dan tepat waktu.
  • Budaya: Gunakan aplikasi ini untuk menciptakan budaya perusahaan yang positif, meningkatkan kepuasan karyawan, dan mengoptimalkan manajemen kinerja.

5. BerniePortal

BerniePortal adalah sistem informasi sumber daya manusia (HRIS) dan portal administrasi tunjangan. Aplikasi ini memungkinkan usaha kecil dan menengah untuk mengoptimalkan proses SDM mereka dan meningkatkan pengalaman karyawan sehingga para pemimpin dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus pada pertumbuhan bisnis.

Dengannya, Anda dapat mengelola seluruh siklus hidup karyawan di satu lokasi. Berikut adalah beberapa fitur utamanya:

  • Pelacakan pelamar
  • Orientasi
  • Administrasi tunjangan
  • Pelacakan cuti berbayar
  • Waktu dan kehadiran
  • Kepatuhan
  • Manajemen kinerja
  • Pelaporan formulir pajak

6. Leapsome

performance management tools

Leapsome adalah aplikasi yang menawarkan solusi untuk manajemen kinerja, manajemen karyawan, tujuan dan hasil utama (OKR), dan pembelajaran. Dengan aplikasi ini, para pemimpin bisnis dapat memberikan kesempatan pengembangan profesional kepada anggota tim dan meningkatkan bisnis.

Mereka juga dapat mengembangkan talenta, menyelaraskan karyawan di sekitar misi utama, meningkatkan keterlibatan, mengoptimalkan kinerja, dan mengotomatisasi proses. Leapsome terintegrasi dengan beberapa sistem SDM dan manajemen populer lainnya. Perusahaan ini juga menyediakan manajer kesuksesan pelanggan, dukungan implementasi, serta video dan artikel pelatihan.

Baca Juga: Template Performance Review: Contoh dan Link untuk Download

7. AssessTEAM

AssessTEAM adalah perangkat lunak manajemen kinerja karyawan multibahasa berbasis cloud untuk evaluasi kompetensi dan analisis produktivitas.

Aplikasi ini memungkinkan supervisor untuk mengevaluasi kinerja di tempat kerja, memberikan masukan tepat waktu kepada tim, menganalisis produktivitas dan profitabilitas proyek secara real-time, dan mengelola sistem pelacakan waktu yang dapat disesuaikan. Aplikasi ini mudah digunakan, aman, dan siap digunakan di perangkat seluler.

8. ClearCompany

ClearCompany adalah sistem manajemen talenta, SDM dan ATS yang membantu pengguna meningkatkan perekrutan, orientasi, kinerja dan keterlibatan. Dengan program ini, Anda dapat merekrut dan mempertahankan karyawan yang terampil.

ClearCompany juga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas berikut ini:

  • Menerima karyawan baru: Melatih karyawan dengan tujuan dan sumber daya yang tepat.
  • Memberikan umpan balik: Berikan umpan balik yang dapat ditindaklanjuti kepada karyawan.
  • Tetap patuh: Mengatur dan menyimpan dokumen dan dokumentasi orientasi.
  • Mencapai misi: Tinjau dan kelola karyawan dengan menggunakan misi, nilai, dan tujuan perusahaan.
  • Mengelola kinerja: Memahami profil karyawan dan merekrut talenta terbaik.
  • Melibatkan karyawan: Memastikan tenaga kerja jarak jauh dapat fokus pada pekerjaan mereka.
  • Merencanakan secara efektif: Membuat keputusan cerdas dengan cepat, dalam lingkungan ekonomi apa pun.

9. ToDoist

ToDoist adalah pengelola tugas yang membantu menyederhanakan proyek dan mengoordinasikan detail, mendukung kinerja karyawan yang luar biasa. Sebuah aplikasi untuk perangkat seluler dan desktop, ToDoist membantu pengguna membuat daftar dan menyelesaikan tugas dengan mudah dan efisien. Berikut ini beberapa fiturnya:

  • Tambah Cepat: Fitur “Tambah Cepat” memungkinkan Anda menangkap dan mengatur tugas dalam hitungan detik.
  • Tanggal jatuh tempo berulang: Tanggal jatuh tempo berulang membantu Anda mengingat tenggat waktu dan membangun kebiasaan yang baik.
  • Bagian dan subtugas: Fitur ini memastikan Anda dapat menjaga proyek Anda tetap teratur.
  • Tingkat prioritas: Dengan fitur ini, Anda dapat mengurutkan dan memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting pada hari itu sehingga Anda dapat mengetahui apa yang harus difokuskan selanjutnya.
  • Favorit: Favorit memungkinkan Anda untuk menyimpan proyek, label, atau filter utama dan menyesuaikan pengalaman Anda.
  • Pengingat: Fitur pengingat memberi tahu Anda tentang tugas-tugas penting yang sensitif terhadap waktu.
  • Mendelegasikan tugas: Manajer dapat mendelegasikan tugas kepada anggota tim yang sesuai.
  • Pemberitahuan: Notifikasi membuat Anda mengetahui ketika orang mengirim komentar, menyelesaikan tugas, dan melakukan tindakan lain di aplikasi.
  • Papan: Kartu bergaya Kanban membantu Anda mengatur alur kerja.
  • Label: Anda dapat memberi label pada kelompok tugas untuk sistem organisasi pribadi Anda.
  • Filter: Cari dan lihat tugas berdasarkan filter seperti tanggal jatuh tempo, proyek, dan penerima tugas.
  • Tema: Ubah estetika, gaya, suasana hati, dan kepribadian dasbor Anda dengan lebih dari 10 pilihan warna yang berbeda.
  • Tambahkan tugas melalui email: Integrasi penuh dengan email berarti Anda bisa menambahkan tugas atau komentar melalui email.

Baca Juga: 25 Contoh HR Performance Metrics, HR Wajib Tahu

10. PerformYard

performance management tools

PerformYard adalah perangkat lunak manajemen kinerja yang sederhana namun kuat. Ini memungkinkan para pemimpin bisnis untuk menyelesaikan tinjauan tahunan, menetapkan tujuan triwulanan dan memberikan umpan balik yang konsisten kepada karyawan.

Fitur-fiturnya yang fleksibel membuat manajemen kinerja menjadi mudah bagi supervisor dan karyawan. Berikut adalah beberapa kemampuan program ini:

  • Ulasan dan check-in
  • 360 ulasan
  • Manajemen sasaran
  • Umpan balik berkelanjutan
  • Pelaporan

11. 15Five

15Five adalah platform manajemen kinerja untuk menciptakan manajer yang efektif, karyawan yang terlibat, dan organisasi yang berkinerja tinggi. Platform ini memungkinkan para pemimpin untuk mengubah wawasan keterlibatan menjadi hasil yang nyata, mengkomunikasikan dan melacak OKR dan mengoptimalkan kinerja.

Berikut adalah beberapa fitur dari program ini:

  • Penilaian keterlibatan
  • Tinjauan kinerja
  • Kejelasan peran
  • Penemuan kekuatan
  • OKR dan sasaran
  • Umpan balik waktu nyata
  • Pengakuan karyawan
  • Pelatihan manajer
  • Pusat pelatihan
  • Integrasi

12. Engagedly

Engagedly adalah platform manajemen karyawan serbaguna yang membantu pengguna menjalankan teknik manajemen kinerja, memungkinkan pengembangan dan pertumbuhan, serta melibatkan karyawan dalam proses.

Ini dapat membantu para pemimpin meningkatkan keterlibatan, pembelajaran, pengembangan, dan kepuasan orientasi bagi karyawan. Platform ini juga dapat digunakan di perangkat seluler untuk akses dan kolaborasi secara real-time. Berikut adalah beberapa fiturnya:

  • Survei keterlibatan karyawan
  • Penghargaan, pujian, dan lencana
  • Umpan balik waktu nyata dan 360 derajat
  • Sumber daya mentoring
  • Tinjauan kinerja
  • Penilaian kompetensi

Baca Juga: 12 Tantangan Manajemen Kinerja yang Harus Dipahami

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai performance management tools untuk Anda. Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa performance management tools menjadi alat yang akan membantu mengelola performa karyawan sehingga perusahaan dan karyawan lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama yakni kemajuan perusahaan.

GajiHub menjadi alat terbaik untuk manajemen kinerja karyawan yang wajib Anda pilih. Dengan fitur-fitur yang dimiliki GajiHub, Anda bisa dengan mudah mengelola performa karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Terlebih GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS asli buatan Indonesia dimana fitur-fitur yang dimiliki juga telah disesuai dengan regulasi yang ada di Indonesia.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftar GajiHub di tautan ini dan nikmati uji coba gratis untuk 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *