7 Cara Membuat LinkedIn Profile yang Menarik dan Dilirik HRD

LinkedIn profile

LinkedIn menjadi platform media sosial yang juga dapat digunakan untuk personal branding. Membuat LinkedIn profile tampak menarik adalah cara yang tepat agar LinkedIn profile Anda dapat menarik perhatikan rekruter.

Bagaimana pun, saat ini banyak rekruter yang mencari kandidat potensial melalui platform LinkedIn ini. Jadi buat Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan impian Anda, branding diri di LinkedIn adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Anda bisa memulainya dengan membuat profil yang menarik dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda targetkan.

Pada artikel ini, GajiHub akan menjelaskan bagaimana cara membuat LinkedIn profile yang menarik, termasuk tips agar profil Anda di LinkedIn akan dilirik oleh rekruter.

Bagaimana, siap untuk mengetahui kiat-kiat dan mengubah profil LinkedIn Anda menjadi lebih menarik? Yuk langsung baca penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Mengapa Profil LinkedIn Penting?

LinkedIn profile

LinkedIn profile dapat diibaratkan sebagai halaman profesional Anda. Di dalamnya terdapat ringkasan karier, minat, dan latar belakang Anda.

Jangan terjebak dalam pemikiran “Saya belum cukup profesional” atau “Saya belum memiliki pengalaman yang cukup”. LinkedIn adalah cara terbaik untuk memberi tahu orang lain bahwa Anda siap menghadapi tantangan baru atau memasuki bidang pekerjaan baru.

Anggap saja LinkedIn sebagai cara yang mudah dan lebih tepat sasaran untuk membangun jaringan, berinteraksi dengan kontak Anda, dan membagikan keahlian Anda kepada orang yang tepat.

Di platform satu ini Anda bisa memberitahu kepada rekruter yang sedang membutuhkan karyawan baru bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Berikut beberapa alasan mengapa LinkedIn profile Anda adalah bagain penting:

1. Pencapaian Profesional

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk merayakan dan memamerkan kesuksesan Anda selain di profil LinkedIn Anda. Pencapaian profesional Anda seperti hari jadi, promosi, dan pekerjaan baru dapat dilihat oleh koneksi Anda.

Menampilkan pencapaian Anda akan membantu dalam membangun jaringan karena koneksi Anda akan ikut merayakannya.

Selain itu, ketika Anda menampilkan pencapaian pribadi, Anda dapat dengan mudah melacak pencapaian Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik, baik secara pendidikan maupun profesional.

Sebagai penutup, memperbarui pencapaian pribadi Anda akan memberikan Anda lebih banyak eksposur dalam jaringan Anda.

Baca Juga: 35 Contoh Motto Profesional LinkedIn dan Cara Menulisnya

2. Brand Management

Ya, kata ‘merek’ mungkin membuat Anda merasa ngeri, tetapi di sini tidak bisa cukup menekankan hal ini. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengelola merek pribadi Anda selain memiliki profil di LinkedIn.

Dengan profil LinkedIn, Anda bisa mengelola merek Anda, karena Anda memiliki kendali penuh atas bagaimana merek tersebut dijalankan.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur bagaimana dunia profesional melihat pandangan, kualifikasi, dan pengalaman profesional Anda. Jangan ragu untuk membuat perubahan khusus pada profil Anda kapan pun Anda mau.

Memiliki profil yang disesuaikan juga membantu calon perekrut untuk memahami Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: 11 Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Peran Data Analyst

3. Dapatkan Eksposur

Secara global, sebagian besar perekrut menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidat berikutnya. Jika Anda mencari peluang internasional, LinkedIn memiliki jutaan pengguna dari lebih dari 200 negara.

Mengetahui cara membuat profil LinkedIn adalah kunci untuk meraih peluang. Dengan profil LinkedIn yang profesional, Anda bisa dilihat oleh orang yang tepat untuk pekerjaan dan peluang pendidikan yang tepat.

Baca Juga: 15 Tips LinkedIn Content Writer untuk Menarik Klien dan Rekruter

Bagaimana Cara Membuat LinkedIn yang Menarik?

LinkedIn profile

Membuat profil di LinkedIn mungkin tampak sedikit membingungkan jika Anda belum pernah menggunakan platform ini sebelumnya. Namun, hal itu tidak harus sulit. Anda bisa memulainya dengan sederhana dan menambahkan lebih banyak informasi seiring berjalannya waktu.

Jangan membuat kesalahan dengan hanya menggunakan alamat email acak. Anda harus menggunakan email yang sering Anda periksa. Menggunakan alamat email yang sering Anda periksa berarti Anda akan bisa melihat semua notifikasi LinkedIn Anda dengan segera saat masuk.

Ini bisa berarti pesan dari perekrut potensial, undangan untuk terhubung dari orang-orang di jaringan bisnis Anda, peringatan pekerjaan, dan banyak lagi.

Cantumkan nomor ponsel agar perekrut dapat terhubung dengan Anda secara langsung. Anda dapat mengizinkan LinkedIn untuk mengakses daftar kontak Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan kontak yang sudah ada di LinkedIn.

Selain itu, LinkedIn akan menanyakan status pekerjaan Anda. Jika Anda adalah seorang pencari kerja, Anda dapat menggunakan frasa yang menunjukkan bahwa Anda sedang mencari peluang kerja.

1. Pilih Jenis Akun

LinkedIn menawarkan opsi gratis dan juga opsi premium yang memiliki lebih banyak fitur. Biasanya, opsi gratis sudah cukup untuk memulai.

Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkannya di lain waktu, tergantung bagaimana Anda menggunakannya dan apa yang ingin Anda capai.

2. Tambahkan Foto Profesional

Kiat terbesar di sini adalah menggunakan foto diri Anda yang terlihat profesional sebaik mungkin. Itu tidak berarti Anda harus keluar dan membayar untuk pemotretan (meskipun itu juga tidak masalah), tetapi harus terlihat profesional.

Pastikan foto itu jelas, hanya kepala dan bahu Anda dan Anda berpakaian secara profesional.

3. Tambahkan Pengalaman Anda

Bagi pencari kerja yang ingin tahu cara membuat profil LinkedIn, langkah ini sangat penting. Cantumkan pengalaman kerja Anda, baik yang lama maupun yang baru di bagian ini.

Anda memiliki pilihan untuk menambahkan pengalaman Anda secara manual atau mengimpor resume. Apa pun itu, pastikan bahwa resume tersebut menyoroti kekuatan dan pencapaian Anda sehingga calon pemberi kerja dapat melihatnya.

Jangan meremehkan penggunaan kata kunci. Gunakan kata kunci untuk membantu calon karyawan menemukan Anda dengan mudah. Jangan lupa untuk memulai dengan pengalaman kerja terbaru.

Selain itu, cobalah untuk membuat pengalaman Anda menarik bagi pembaca dan menjadi contoh suara pribadi Anda.

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

4. Tambahkan Keahlian Anda

Menambahkan keahlian yang relevan pada profil Anda akan menunjukkan kemampuan Anda pada prospek. Akan lebih baik lagi jika koneksi Anda mendukung keahlian Anda.

Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda memang ahli dalam bidang tersebut, namun juga meningkatkan kemungkinan Anda untuk ditemukan.

Selain itu, LinkedIn memiliki tes penilaian keterampilan yang bisa Anda ikuti. Tes-tes ini menunjukkan seberapa mahir Anda dalam keterampilan yang Anda tambahkan.

Ketika prospek melihat seberapa mahirnya Anda, Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Tulis Judul yang Menarik

Sering kali, banyak orang yang baru mengenal platform ini bertanya, “apa itu judul LinkedIn?” Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya judul, sehingga mereka membiarkannya kosong. Profil LinkedIn terbaik memiliki judul yang menarik.

Jangan hanya menulis di mana Anda bekerja dan posisi Anda di perusahaan, tulislah apa yang Anda kuasai, apa yang sedang Anda kerjakan, atau pencapaian terbaru. Judul lebih dari sekadar jabatan atau posisi pekerjaan Anda.

Sebagai pencari kerja, manfaatkan ruang ini dan tunjukkan kemampuan Anda. Ketika Anda bisa melakukan ini dengan baik, profil Anda akan menonjol.

6. Bagian ‘Tentang’ Anda

Bagian ini adalah bagian dari profil LinkedIn Anda yang memungkinkan perekrut dan otoritas pendidikan untuk mengetahui siapa Anda sebagai pribadi. Intinya, ringkasan ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri Anda dengan kata-kata, jadi buatlah yang terbaik.

Kuncinya adalah membuatnya menjadi satu atau dua paragraf. Ini juga harus relevan, jadi jangan memasukkan semua hal yang pernah Anda lakukan atau impikan. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pekerjaan di industri yang berbeda, bicarakan tentang kursus yang pernah Anda ikuti dan keahlian yang bisa ditransfer yang akan membuat Anda menjadi kandidat yang baik.

7. Unggah CV Anda

Anda bisa mengunggah CV Anda ke LinkedIn. Anda bisa memilih untuk mengunggahnya ke lamaran pekerjaan tertentu atau menampilkannya di profil Anda.

Jika Anda menampilkannya di profil Anda, pastikan Anda selalu memperbaharuinya dan relevan dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar.

gajihub 2

Baca Juga: 13 Tips LinkedIn HR untuk Menarik Rekruter Hingga Bakat Terbaik

Bagaimana Tips Agar LinkedIn Profile Dilirik?

LinkedIn profile

Setelah mengetahui cara membuat LinkedIn profile yang menarik, Anda perlu mengetahui cara untuk membuatnya menonjol dan membuatnya dilirik oleh rekruter atau HRD:

  • Periksa kembali sebelum mempublikasikannya
  • Tambahkan rekomendasi
  • Posting secara teratur
  • Bagikan karya Anda yang telah diterbitkan
  • Bergabung dengan grup
  • Dapatkan lebih banyak koneksi
  • Gunakan angka dan poin-poin penting saat menulis ringkasan Anda
  • Hindari membuat ringkasan Anda membosankan
  • Tunjukkan antusiasme
  • Tunjukkan pencapaian Anda
  • Tambahkan video profil
  • Buat portofolio profesional

Seperti kebanyakan platform media sosial, Anda akan mendapatkan hasil terbaik jika Anda memberikan sedikit perhatian dan perawatan pada profil atau akun Anda.

LinkedIn bukanlah sebuah situasi yang hanya mengatur dan melupakan. Jika Anda ingin LinkedIn bekerja untuk Anda, Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk tetap aktif di platform ini.

Tidak perlu banyak waktu, tetapi jika Anda memiliki pendekatan yang konsisten terhadap aktivitas Anda, maka Anda akan lebih mungkin melihat manfaatnya.

Untuk meningkatkan peluang Anda menemukan pekerjaan impian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Buatlah Koneksi

Semakin banyak koneksi yang Anda miliki di LinkedIn, semakin terlihat profil Anda. Orang yang memiliki lebih banyak koneksi akan lebih mungkin muncul di hasil pencarian

Terhubunglah dengan orang-orang yang bekerja di posisi yang sama atau yang mungkin bekerja di perusahaan yang Anda kagumi atau di industri Anda. Anda dapat memulai dengan terhubung dengan orang yang Anda kenal serta kontak lama seperti teman sekolah atau mantan rekan kerja.

Selain itu, Anda juga dapat meminta koneksi dengan orang yang mungkin sudah mulai Anda ikuti atau yang kontennya Anda sukai.

Baca Juga: 5 Cara dan Tips LinkedIn Programmer untuk Menarik HRD

2. Sertakan Kata Kunci

Menyertakan kata kunci dalam judul, ringkasan, dan jabatan adalah ide yang bagus. Kata kunci dapat membantu perekrut yang mencari untuk menemukan Anda dengan lebih mudah. Lihatlah deskripsi pekerjaan atau iklan lowongan kerja untuk industri yang Anda minati dan cantumkan kata kunci yang relevan di profil Anda.

Baca Juga: 9 Tips LinkedIn Digital Marketing untuk Tingkatkan Peluang

3. Lebih Aktif

Berkomentar, berbagi artikel, berinteraksi dengan grup, atau bahkan menyukai postingan membuat Anda tetap terlibat dan menunjukkan bahwa Anda adalah pengguna yang aktif. Orang-orang akan lebih cenderung ingin terhubung dengan Anda.

Setelah Anda merasa lebih nyaman dengan LinkedIn, sebaiknya Anda juga memposting konten. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan merek pribadi Anda dan memberi orang lain lebih banyak wawasan tentang keahlian Anda.

Baca Juga: Download Contoh CV SEO Specialist dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membuat LinkedIn profile yang menarik dan juga tips agar LinkedIn profile Anda dilirik oleh rekruter. LinkedIn memang menjadi platform terbaik untuk mencari pekerjaan.

Selain bisa dilakukan sebagai platform untuk personal branding, LinkedIn juga bisa digunakan untuk melamar kerja dan terhubung secara langsung dengan rekruter atau HRD perusahaan incaran Anda.

Jadi, jika Anda belum mengelola profil LinkedIn Anda, mulailah dari sekarang juga dan dapatkan pekerjaan impian Anda.

Sama seperti pentingnya mengelola akun LinkedIn dan membuat profil yang menarik untuk memudahkan melamar pekerjaan impian, pengelolaan karyawan bagi perusahaan juga penting untuk dilakukan.

Pengelolaan karyawan adalah awal dari efektivitas dan produktivitas sebuah perusahaan. Anda bisa mempermudah pengelolaan karyawan ini dengan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *