9 Cara Meningkatkan Fokus Kerja + 5 Tips Terbaiknya

cara meningkatkan fokus kerja banner

Salah satu cara yang bisa Anda laukan untuk bekerja secara produktif dan efisien adalah dengan meningkatkan fokus kerja.

Fokus merupakan skill untuk berkonsentrasi pada tugas atau pekerjaan tertentu dan mempertahankan perhatian hingga tugas tersebut selesai.

Kemampuan untuk fokus dalam jangka waktu yang lama dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan akurat.

Dengan melakukan beberapa cara untuk meningkatkan fokus, Anda juga blebih banyak menyelesaikan pekerjaan, sehingga membantu mempercepat kemajuan karier Anda.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas manfaat, cara meningkatkan fokus kerja, dan beberapa tips terbaiknya.

Apakah Saja Manfaat Meningkatkan Fokus Saat Bekerja?

cara meningkatkan fokus kerja 6

Mampu fokus pada satu tugas atau topik dalam waktu yang lama dapat meningkatkan produktiviats dan efisiensi secara keseluruhan di tempat kerja.

Selain itu, belajar mengarahkan dan mempertahankan fokus juga mendatangkan manfaat pada aspek lain di kehidupan Anda.

Berikut beberapa manfaat penting dari meningkatkan fokus:

1. Mengurangi tingkat stres

Dengan berupaya meningkatkan konsentrasi, Anda bisa mengurangi kekhawatiran tentang menyelesaikan tugas dan fokus pada hal yang paling penting.

Saat fokus, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat.

2. Membantu menghindari kesalahan

Meningkatkan fokus dapat membantu Anda menghindari kesalahan dalam pekerjaan, sehingga meningkatkan kualitas hasil kerja.

Saat lebih fokus, Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih sedikit kesalahan dan mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk meninjau pekerjaan.

3. Meningkatkan kemampuan berpikir

Mencoba menyelesaikan banyak tugas sekaligus dapat membuat Anda sulit berpikir kreatif dan menemukan solusi terbaik.

Dengan fokus pada satu tugas dalam satu waktu, Anda bisa memikirkan langkah-langkah secara lebih detail dan menemukan solusi yang lebih efektif.

Baca Juga: 6 Teknik Pomodoro dan Manfaatnya, Apa Saja?

Bagaimana Cara Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja?

cara meningkatkan fokus kerja 1 (1)

Meningkatkan fokus di tempat kerja memerlukan latihan yang konsisten. Anda dapat menggunakan strategi berikut untuk meningkatkan fokus dan produktivitas di tempat kerja:

1. Kenali Kondisi Fokus Anda Saat Ini

Sebelum bekerja untuk meningkatkan kemampuan fokus Anda, luangkan waktu sejenak untuk mengidentifikasi kebiasaan kerja Anda saat ini.

Jika Anda secara teratur membiarkan gangguan membuat Anda berhenti bekerja atau sering kehilangan jejak kemajuan Anda, kemungkinan besar kapasitas fokus Anda rendah.

Anda juga dapat mengatur pengatur waktu saat bekerja pada tugas tertentu. Begitu Anda merasa teralihkan dari tugas, periksa pengatur waktu untuk melihat berapa lama waktu yang telah berlalu.

Hal ini akan memberi Anda tolok ukur tentang berapa lama Anda biasanya dapat berkonsentrasi pada suatu tugas sebelum kehilangan fokus.

2. Batasi atau Hilangkan Gangguan

Membatasi atau menghilangkan gangguan di ruang kerja Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus.

Matikan televisi dan hindari memeriksa media sosial. Pertimbangkan untuk menyimpan ponsel Anda untuk waktu yang ditentukan, atau hanya memeriksa email dan panggilan yang diberi tanda penting.

Selain itu, tetapkan waktu yang jelas kapan kolega atau karyawan dapat mendekati Anda dengan pertanyaan atau percakapan.

Hal ini dapat membantu mencegah Anda terganggu oleh obrolan santai saat menyelesaikan tugas.

Jika Anda bekerja dari jarak jauh, pasang tanda di pintu yang memberi tahu keluarga atau teman serumah bahwa Anda sibuk dengan pekerjaan.

3. Tingkatkan Fokus Anda Secara Bertahap

Tetapkan tujuan realistis untuk meningkatkan fokus Anda sehingga Anda akhirnya dapat bekerja menuju tujuan yang lebih besar.

Misalnya, jika saat ini Anda hanya dapat berkonsentrasi selama lima menit sebelum terganggu, cobalah bekerja selama 7 menit.

Atur pengatur waktu dan jangan berhenti bekerja sampai pengatur waktu berbunyi. Setelah Anda dapat bekerja selama tujuh menit, perlahan tingkatkan menjadi 10 menit.

Meningkatkan fokus secara bertahap dapat membantu mencegah perasaan frustrasi.

Baca Juga: Minggu Produktif: Ini Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan

gajihub 3

4. Konsentrasi pada Satu Tugas dalam Satu Waktu

Multitasking sering menjadi penyebab utama kurangnya fokus dan konsentrasi di tempat kerja. Meskipun mungkin tampak seolah-olah Anda dapat menyelesaikan lebih banyak hal jika Anda melakukan banyak hal sekaligus, Anda mungkin akan menemukan bahwa memfokuskan waktu Anda pada satu tugas memungkinkan Anda mengurangi kesalahan dan meningkatkan kualitas pekerjaan

Berkonsentrasi pada satu tugas dalam satu waktu dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dan memungkinkan Anda menyelesaikan setiap tugas dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang lebih tinggi.

5. Jadwalkan Istirahat

Menjadwalkan istirahat kecil setiap hari untuk memberi otak Anda kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

Cara meningkatkan fokus kerja ini juga dapat membantu Anda menghindari perasaan overwhelmed.

Misalnya, setiap jam Anda bisa mengambil istirahat lima hingga 10 menit untuk berjalan-jalan atau minum air.

Anda dapat mengatur dengan waktu dengan alarm dan jangan biarkan diri Anda mengambil istirahat lebih lama dari lima hingga 10 menit.

Dengan demikian, Anda mengambil istirahat yang dibutuhkan sambil memastikan fokus Anda tetap terjaga.

Baca Juga: 15 Cara Mengatasi Semangat Kerja Turun di Tempat Kerja

cara meningkatkan fokus kerja 2

6. Nilai dan Sesuaikan Tingkat Stimulasi Anda

Jika Anda menemukan diri Anda memiliki list tugas yang terasa membosankan, Anda mungkin akan merasa kurang termotivasi untuk berkonsentrasi pada penyelesaiannya.

Untuk tugas-tugas yang lebih membosankan, pertimbangkan cara untuk membuat daftar tugas Anda lebih menarik.

Misalnya, Anda bisa memasang pengatur waktu dan melihat seberapa cepat Anda bisa menyelesaikan tugas, memutar musik yang menenangkan agar pikiran Anda lebih rileks.

Semakin bersemangat Anda terhadap sebuah tugas, semakin mudah Anda dapat fokus pada tugas tersebut.

7. Berolahraga di Siang Hari

Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi dengan memperbaiki senyawa kimia penting dalam otak Anda.

Cara meningkatkan fokus kerja ini dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan termotivasi dengan meningkatkan tingkat energi Anda sepanjang hari, serta meningkatkan rentang perhatian Anda.

Anda dapat mempertimbangkan untuk berjalan-jalan atau jogging di luar kantor atau berolahraga di gym kantor jika ada.

Jika Anda bekerja dari jarak jauh, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar lingkungan. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk istirahat, pertimbangkan untuk berolahraga di meja kerja Anda.

Menghabiskan waktu di alam juga dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas Anda dengan mengubah lingkungan fisik Anda.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berjalan-jalan di taman terdekat. Udara segar memungkinkan Anda merasa lebih berenergi dan meningkatkan asupan oksigen, yang membantu meningkatkan fokus Anda.

8. Prioritaskan Tugas Anda

Sebelum Anda memulai hari, luangkan waktu untuk memutuskan tugas mana yang ingin Anda selesaikan terlebih dahulu.

Pertimbangkan untuk memprioritaskan tugas yang lebih sulit yang kemungkinan akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Hal ini dapat membantu Anda fokus pada apa yang benar-benar penting, sehingga Anda mengerahkan upaya yang tepat untuk menyelesaikan setiap tugas harian Anda tepat waktu.

Selain itu, pertimbangkan untuk mengatur tugas yang lebih besar menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah dikelola.

Misalnya, jika salah satu tugas Anda adalah membuat presentasi, Anda bisa mulai dengan membuat kerangka presentasi terlebih dahulu.

cara meningkatkan fokus kerja 3

9. Buat Daftar “Gangguan”

Pertimbangkan tugas-tugas yang tidak penting yang mungkin mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan sepanjang hari, seperti memeriksa cuaca atau postingan di media sosial.

Jenis tugas ini dapat berdampak negatif pada fokus Anda dan membuat fokus pada pekerjaan menjadi lebih menantang.

Simpan selembar kertas di dekat Anda, dan setiap kali Anda merasa ingin melakukan tugas yang tidak penting, tuliskan.

Kemudian, ketika Anda selesai dengan tugas utama Anda, Anda bisa memutuskan apakah hal-hal dalam daftar tersebut cukup penting untuk diselesaikan.

Baca Juga: 8 Cara Menciptakan Psychological Safety di Tempat Kerja

Bagaimana Tips untuk Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja?

focus on work 4

Selain dengan mengikuti cara meningkatkan fokus kerja di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Berlatih Meditasi

Meditasi yang dilakukan secara teratur memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mempertahankan fokus sepanjang hari.

Sebelum memulai pekerjaan setiap hari, luangkan beberapa menit untuk bermeditasi di tempat yang tenang dan sunyi.

Jadi, pertimbangkan untuk mengatur waktu sesi meditasi Anda. Menggunakan aplikasi meditasi mungkin dapat membantu Anda mengelola sesi tersebut dengan lebih baik dan menjaga tingkat konsentrasi.

2. Membaca Buku

Meluangkan waktu untuk membaca buku di luar jam kerja dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Dengan duduk dan fokus pada satu buku selama jangka waktu tertentu, Anda dapat melatih otak Anda untuk fokus pada satu tugas.

Pertimbangkan untuk menetapkan target harian, seperti membaca sejumlah bab atau halaman setiap hari hingga selesai.

3. Cukup Tidur

Mendapatkan jam tidur yang cukup setiap malam dapat membantu Anda lebih fokus pada tugas tanpa merasa lelah.

Sebagian besar profesional membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap malam untuk dapat berkonsentrasi dengan baik di siang hari.

Cobalah untuk membiasakan diri tidur cukup setiap malam agar Anda merasa energik di siang hari. Atur alarm sebelum tidur, usahakan tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan kurangi gangguan di malam hari.

focus on work 5

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik, suara alam, atau white noise (suara latar seperti dengungan mesin atau suara hujan) dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, terutama jika Anda bekerja di lingkungan kantor yang sibuk.

Untuk menghindari gangguan, pertimbangkan mendengarkan lagu-lagu instrumental tanpa lirik dengan volume yang tidak terlalu keras.

Selain itu, pilih musik yang netral, bukan musik yang sangat Anda sukai atau tidak sukai.

5. Mengubah Pola Makan

Mengubah pola makan Anda dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan menghindari rasa lapar sepanjang hari.

Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi daripada makanan cepat saji yang memiliki sedikit nutrisi.

Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak makanan manis, karena makanan tinggi gula dapat membuat Anda merasa lebih lelah, meskipun awalnya memberikan dorongan energi.

Selain itu, coba makan tiga kali sehari agar Anda tidak terganggu oleh rasa lapar saat sedang menyelesaikan tugas.

Baca Juga: Emotional Intelligence: Karakteristik dan Tips Mengembangkannya

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa meningkatkan fokus kerja merupakan langkah penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Dengan kemampuan untuk berkonsentrasi lebih baik, Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan akurat, sekaligus mengurangi tingkat stres karena dapat memprioritaskan pekerjaan secara lebih efektif.

Ada banyak cara untuk melatih fokus, mulai dari meditasi, mendapatkan tidur yang cukup, hingga mendengarkan musik yang sesuai.

Mengubah pola makan juga bisa membantu menjaga energi dan menghindari rasa lapar yang dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja.

Setiap strategi ini dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif.

Dengan penerapan tips-tips ini secara konsisten, Anda bisa melatih kemampuan untuk fokus lebih baik, yang pada akhirnya tidak hanya mendukung pekerjaan sehari-hari, tetapi juga meningkatkan work life balance dan mengoptimalkan potensi karier Anda.

Untuk mendukung karyawan dalam meningkatkan fokus di tempat kerja, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui fitur ESS yang dimilikinya, perusahaan dapat memberikan otonomi  lebih kepada karyawannya, karena mereka dapat melakukan presensi dan pengajuan cuti serta izin secara mandiri di smartphone masing-masing.

Dengan demikian, mereka tidak perlu repot dalam mengurus hal administrasi dan dapat lebih fokus dalam bekerja.

Selain itu, Gajihub juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti payrollabsensireimbursement, dan masih banyak lagi.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Amelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *