Employee Gathering: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

employee gathering

Pernahkah Anda mendengar istilah employee gatheringEmployee gathering merupakan salah satu aktivitas yang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan kekompakan karyawan.

Aktivitas atau kegiatan ini memiliki banyak manfaat, baik itu untuk karyawan ataupun untuk perusahaan. Dengan adanya kegiatan ini, karyawan bisa saling mengenal dan semakin kompak.

Ini nantinya bisa membuat kerja sama tim semakin baik dan karyawan bisa meningkatkan kinerja karyawan. Dari peningkatan kinerja karyawan, kinerja perusahaan juga bisa semakin meningkat dan perusahaan bisa menjadi semakin maju.

Lalu apa sebenarnya employee gathering ini? Apa tujuan dari diadakannya kegiatan ini dan apa saja tips mengadakan aktivitas ini?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai employee gathering. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Pengertian Employee Gathering?

employee gathering

Employee gathering merupakan kegiatan atau program yang diadakan perusahaan dengan cara melibatkan keseluruhan karyawan untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan dengan tujuan membangun relasi bersama.

Kegiatan ini bertujuan untuk hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan, seperti membahas hal-hal terkait pekerjaan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti annual meeting, membuat forum diskusi, hingga mengadakan kegiatan interaksi di luar kantor.

Memang, kegiatan yang dilakukan dapat bervariasi, namun tujuannya tetap sama yakni untuk menumbuhkan kebersamaan dan juga meningkatkan kekompokan karyawan di perusahaan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bonding dalam Organisasi dan Tujuannya

Apa Tujuan Employee Gathering?

employee gathering

Berikut tujuan dari kegiatan employee gathering:

1. Untuk menyampaikan informasi perusahaan

Tujuan yang pertama adalah untuk menyampaikan informasi perusahaan. Informasi perusahaan ini dapat berupa informasi terbaru tentang budaya, teknologi, dan juga hal-hal yang berhubungan dengan bisnis.

Nantinya di kegiatan ini, pemimpin perusahaan dapat menjelaskan terkait informasi perusahaan secara komprehensif dan menyeluh kepada seluruh karyawan.

2. Wadah mengapresiasi karyawan

Tujuan kedua adalah sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada karyawan. Dalam acara gathering ini seluruh karyawan akan berkumpul dan perusahaan bisa memberikan apresiasi kepada karyawan karena memiliki kinerja yang baik.

3. Mendengarkan masukan dari karyawan

Selain mengapresiasi, gathering yang dihadiri karyawan juga bisa menjadi ajang untuk mendengarkan masukan dari karyawan. Di sini karyawan akan diberikan kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan masukan kepada perusahaan.

Masukan ini dapat berupa masukan untuk operasional perusahaan hingga terkait lingkungan kerja.

4. Refreshing

Tujuan yang terakhir adalah sebagai media untuk refreshing karyawan. Seperti yang diketahui, kegiatan pekerjaan di kantor yang sibuk sering kali membuat karyawan merasa penat.

Pagi harus mulai bekerja dan baru pulang malam untuk istirahat. Dengan adanya kegiatan gathering ini, karyawan memiliki kesempatan untuk refreshing.

Dengan refreshing ini, pikiran karyawan bisa menjadi lebih segar dan semangat untuk bekerja.

Baca Juga: Team Work: Pengertian, Manfaat, dan Juga Cara Membangunnya

Apa Manfaat Employee Gathering?

karyawan

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan acara gathering karyawan ini? Berikut penjelasannya:

1. Memperkuat hubungan antar karyawan

Manfaat yang pertama adalah untuk memperkuat hubungan antar karyawan. Sering kali perusahaan telah membuat aturan agar karyawan bisa solid, namun itu saja tidak cukup.

Perusahaan harus pintar-pintar mencari cara untuk memperkuat hubungan antar karyawan ini, salah satunya dengan kegiatan gathering.

2. Kolaborasi yang semakin meningkat

Selain memperkuat hubungan antar karyawan, dengan acara employee gathering ini juga perusahaan bisa meningkatkan kolaborasi antar karyawan dan antar tim. Bagimana pun kolaborasi ini akan dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, khususnya pekerjaan tim.

3. Meningkatkan motivasi karyawan

Karyawan bisa menjadi lebih fresh setelah kegiatan gathering ini dan ini bisa membantu meningkatkan motivasi karyawan. Perusahaan yang mengadakan acara gathering ini bisa dibilang perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan karyawannya.

Ini bisa menjadi motivasi bagi karyawan untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

4. Peningkatan retensi karyawan

Retensi karyawan juga bisa mengalami peningkatkan dengan diadakannya kegiatan gathering karyawan ini. Kegiatan di luar pekerjaan akan membuat karyawan merasa bahwa perusahaan peduli dengan kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan, ini membuat karyawan semakin loyal dan betah bekerja di perusahaan.

5. Peningkatan kesejahteraan karyawan

Peningkatan kesejahteraan karyawan bisa didapatkan dengan cara mengurangi stres. Kegiatan di luar kantor seperti employee gathering ini menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

gajihub 1

Baca Juga: Employee Centric Culture, Bagaimana Cara Mengembangkannya?

Apa Saja Tips Mengadakan Employee Gathering?

Agar kegiatan gathering ini bisa berjalan dengan baik, berikut tips-tips yang bisa Anda ikuti:

1. Buatlah tujuan yang jelas

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tujuan yang jelas. Sebelum Anda membuat acara gathering, pastikan Anda mengetahui apa tujuan Anda mengadakan kegiatan ini, misalnya untuk meningkatkan motivasi, memberikan informasi, atau sekadar refreshing.

Dari tujuan ini, nantinya acara gathering bisa disesuaikan.

2. Tentukan lokasi yang tepat

Karena acara gathering ada di luar kantor, maka Anda harus menentukan lokasi yang tepat untuk mengadakan acara gathering ini. Lokasi ini pastinya akan menentukan kegiatan yang dilakukan dan juga budget yang dibutuhkan.

Jadi Anda bisa mempertimbangkan lokasi acara dengan menyesuaikan tujuan acara dan juga budget yang dimiliki.

3. Buat susunan kegiatan

Setelah menentukan tujuan dan lokasi kegiatan, selanjutnya Anda bisa menyusun kegiatan yang akan dilakukan. Sebagai referensi, Anda bisa menyimak penjelasa berikutnya untuk mendapatkan ide kegiatan untuk acara gathering karyawan.

Baca Juga: 20 Pertanyaan untuk Employee Happiness Survey dan Manfaatnya

Apa Saja Contoh Ide Kegiatan Employee Garthering?

employee gathering

Employee Gathering penting karena memungkinkan karyawan untuk terhubung dengan cara yang berbeda dari biasanya. Kegiatan ini membantu karyawan meningkatkan produktivitas mereka, memperkuat hubungan mereka dan membuat mereka berada dalam kerangka berpikir yang tepat untuk menangani proyek bersama.

Berikut adalah beberapa ide untuk tamasya tim kreatif Anda berikutnya:

1. Escape room atau ruang pelarian

Sebagian besar kota memiliki ruang pelarian yang bisa Anda kunjungi bersama tim Anda. Ruang pelarian ini bertema, dan tujuannya adalah untuk menyelesaikan tindakan tertentu untuk “melarikan diri” dari ruangan dalam batas waktu yang ditentukan.

Tim Anda harus menggunakan petunjuk kontekstual untuk memecahkan teka-teki yang menantang. Jika Anda memiliki tim yang besar, bentuklah menjadi beberapa kelompok dan lihat siapa yang dapat melarikan diri dari ruangan paling cepat.

2. Permainan tali

Permainan tali adalah permainan jatuh dari ketinggian di zaman modern. Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan rekan kerja Anda dan menaruh kepercayaan kepada mereka saat Anda menavigasi melalui rintangan di puncak pohon.

Karyawan mungkin akan menemukan bahwa mereka saling mengandalkan satu sama lain untuk mendapatkan panduan dan mungkin merasakan kerja sama tim dan pencapaian setelah selesai. Mereka yang takut ketinggian dapat bersenang-senang menyaksikan dan menyemangati tim mereka dari bawah.

3. Movie night

Outing tim yang melibatkan menonton film di halaman dapat membantu anggota tim bersantai setelah bekerja. Film komedi dapat membuat orang tertawa, yang merupakan penguat suasana hati alami, sementara film yang menggugah pikiran adalah film yang dapat didiskusikan oleh kelompok setelahnya.

Anda juga bisa mengadakan pesta menonton virtual untuk tim jarak jauh untuk menikmati film bersama.

4. Tur keliling kota

Bahkan di kota yang sudah dikenal, selalu ada hal baru yang bisa ditemukan. Daftarkan grup untuk mengikuti tur kota sehingga semua orang dapat menikmati pemandangan dan belajar tentang sejarah kota dari ahlinya.

Banyak kota memiliki tur bertema yang dapat mencakup segala sesuatu mulai dari pabrik bir dan kedai makanan hingga museum dan taman.

5. Berburu barang bekas

Ada perusahaan profesional yang bisa Anda sewa untuk membuat perburuan barang bekas sehingga semua orang bisa berpartisipasi. Sekelompok karyawan bisa mendapatkan kesenangan yang sama, baik saat mereka menyelesaikan perburuan barang bekas di sekitar tempat kerja atau di lokasi yang lebih umum seperti di seluruh kota.

Karyawan dapat berkelompok dan mencoba mengalahkan tim lain dengan menyelesaikan perburuan harta karun terlebih dahulu. Opsi ini juga bagus untuk tim jarak jauh, karena Anda bisa berpartisipasi dalam perburuan barang secara virtual.

Ini bisa termasuk mencari informasi dan barang secara online dan mengunggah gambar dari sekitar kantor Anda. Misalnya, perburuan barang bekas virtual mungkin meminta Anda untuk mengunggah gambar botol air minum favorit Anda atau pemandangan dari jendela Anda.

Baca Juga: Employee of The Month: Cara Buat dan Hal yang Perlu Diperhatikan

6. Turnamen permainan papan

Banyak toko permainan papan mengadakan permainan terbuka untuk umum. Pesanlah turnamen permainan papan untuk membantu karyawan tertawa, mengembangkan strategi, dan bernostalgia.

Tanyakan kepada anggota tim tentang permainan favorit mereka untuk memastikan semua orang bersenang-senang.

7. Laser tag

Laser tag adalah tamasya tim yang sempurna jika Anda ingin memperkenalkan beberapa kompetisi persahabatan ke dalam kelompok. Permainan ini berlangsung di ruangan gelap dengan rintangan dan lampu hitam, dan tujuannya adalah untuk menyusup ke wilayah tim lain tanpa terlalu banyak ditembak.

8. Geocaching

Geocaching bisa menjadi petualangan yang menyenangkan bagi sekelompok karyawan. Mulailah dengan meminta semua orang (atau pemimpin tim) mengunduh aplikasi geocaching di ponsel mereka.

Hal ini diperlukan agar Anda bisa menggunakan GPS untuk menemukan geocache yang tersembunyi di lokasi tertentu. Setelah ditemukan, catat item tersebut, ambil foto untuk mengingat pencapaiannya dan kemudian letakkan geocache kembali ke dalam wadahnya.

9. Tantangan foto

Tantangan foto bisa seperti perburuan barang bekas di mana karyawan memiliki tempat tertentu untuk dikunjungi, namun Anda juga bisa memasukkan tugas untuk mendorong kelompok bersenang-senang.

Foto tersebut tidak hanya berfungsi sebagai bukti penyelesaian tantangan, tetapi juga menyenangkan untuk dilihat kembali nanti.

10. Pengembangan keterampilan

Salah satu cara untuk mengembangkan persahabatan dan membangun keterampilan kerja tim adalah dengan merencanakan tamasya yang berfokus pada pengembangan keterampilan. Pertimbangkan minat dan kemampuan kelompok saat memilih jenis aktivitas pengembangan keterampilan yang tepat untuk tim.

Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa jenis kelas dan aktivitas pengembangan keterampilan yang dapat diikuti oleh tim:

  • Kelas dansa: Kelas dansa bisa menyenangkan dan membantu anggota tim mengekspresikan diri mereka. Pertimbangkan untuk bertanya kepada anggota tim tentang jenis tarian yang mereka sukai.
  • Kelas musik: Kelas musik dapat membantu tim belajar menyelaraskan suara. Anda bisa mendaftar ke kelas musik yang mengajarkan instrumen yang berbeda atau memberikan instruksi tentang cara bermain musik bersama.
  • Kelas memasak: Pastikan untuk bertanya kepada tim tentang potensi alergi sebelum mempertimbangkan kelas memasak. Anda juga dapat bertanya tentang masakan yang disukai sebelum memesan aktivitas.
  • Kelas seni: Kelas melukis, cukil kayu, fotografi atau kaligrafi dapat membantu anggota tim memupuk kreativitas dan mengagumi karya satu sama lain.

Jika tim Anda terpencil atau tersebar secara geografis, pertimbangkan untuk mengadakan kelas online agar semua orang dapat hadir. Misalnya, setiap orang dapat bergabung dengan kelas memasak online di mana Anda dapat membuat hidangan dalam kenyamanan dapur Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan kelas improvisasi atau kelas menari dalam format yang sama.

Baca Juga: Employee Experience: Arti, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

11. Halang rintang

Kunjungi arena halang rintang profesional dan kelompokkan karyawan ke dalam beberapa tim sehingga mereka bisa saling berlomba untuk melihat kelompok mana yang menyelesaikan perlombaan lebih dulu.

Hal ini akan membangun aspek pembangunan tim dalam tamasya tersebut. Hal ini karena karyawan dalam satu tim harus saling membantu dan bekerja sama untuk melewati rintangan tersebut.

12. Masak bersama

Ada beberapa cara untuk mengadakan acara masak bersama. Anda bisa mengundang tim eksekutif untuk memasak untuk semua karyawan, yang dapat meningkatkan semangat di tempat kerja, mengundang karyawan untuk bersaing satu sama lain untuk mendapatkan hidangan tertentu atau memperkenalkan gaya masak ala potluck kepada kelompok di mana setiap orang membawa makanan yang mereka sukai.

13. Makan siang dengan departemen lain

Mungkin tidak ada banyak kesempatan sepanjang hari untuk mengenal orang lain dari berbagai departemen. Pertimbangkan untuk memasangkan karyawan dengan seseorang dari departemen lain dan mentraktir mereka makan siang.

Kedua karyawan dapat berbagi lebih banyak tentang diri mereka, berbicara tentang inisiatif perusahaan tertentu atau proses yang mereka rasa dapat mereka tingkatkan bersama.

14. Acara budaya

Cari acara budaya yang dapat dihadiri semua orang bersama-sama. Meskipun biasanya diadakan setelah jam kerja atau di akhir pekan, acara-acara ini dapat membuat karyawan terpapar pada makanan, tradisi, dan lainnya dari budaya lain.

15. Mendaki gunung

Mendaki gunung bersama tim sangatlah menyenangkan, bahkan jika Anda tidak tinggal di kota pegunungan. Temukan taman lokal yang menawarkan banyak tempat teduh dan beberapa jalur yang bisa Anda lewati bersama. Mendaki gunung juga membantu meningkatkan kepemimpinan dan komunikasi dalam tim.

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Employee Engagement dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai employee gathering yang bisa menjadi referensi Anda mengadakan kegiatan ini. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa acara employee gathering bisa menjadi sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan kekompokan dan kolaborasi karyawan.

Selain mengadakan acara gathering ini, untuk meningkatkan kolaborasi dan meningkatkan retensi karyawan, Anda juga bisa melakukannya dengan pengelolaan karyawan yang baik. Pengelolaan karyawan yang baik akan membuat karyawan betah bekerja di perusahaan Anda.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan menjadi lebih mudah dan praktis.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *