8 Template Pertanyaan Interview Digital Marketing Terbaik

template pertanyaan interview digital marketing

Di tengah perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Untuk menemukan talenta terbaik di divisi digital marketing, HRD membutuhkan template pertanyaan interview digital marketing.

Template pertanyaan interview digital marketing ini digunakan untuk menyeleksi kandidat yang melamar sehingga perusahaan bisa menemukan kandidat dengan potensi terbaik.

Lalu apa saja template pertanyaan interview digital marketing ini? Seperti apa jawaban yang diharapkan pewawancara untuk menjawab pertanyaan interview digital marketing ini?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai template pertanyaan interview digital marketing. Dapatkan informasi lengkapnya hanya di penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Saja Template Pertanyaan Interview Digital Marketing secara Umum dan Mendalam?

template pertanyaan interview digital marketing

 

Pertanyaan-pertanyaan umum untuk industri ini membantu tim perekrut menilai kualifikasi Anda dan menentukan apakah tujuan Anda selaras dengan tujuan organisasi. Berikut 10 template pertanyaan interview digital marketing secara umum:

  1. Platform dan perangkat lunak pemasaran digital apa yang Anda gunakan?
  2. Apa yang paling Anda sukai dari pemasaran digital?
  3. Apa yang paling tidak Anda sukai dari pemasaran digital?
  4. Apa filosofi pemasaran digital Anda?
  5. Dapatkah Anda menjelaskan kesuksesan terbesar Anda dalam pemasaran digital?
  6. Dapatkah Anda mendiskusikan kegagalan pemasaran digital terburuk Anda?
  7. Bagaimana Anda mengatasinya, dan apa yang Anda pelajari?
  8. Bagaimana Anda memotivasi tim pemasaran digital Anda untuk melakukan yang terbaik?
  9. Menurut Anda, apa tantangan terbesar dalam pemasaran digital, dan bagaimana Anda mengatasinya?
  10. Menurut Anda, apa tren besar berikutnya dalam pemasaran digital?

Untuk pertanyaan secara mendalam, memungkinkan tim perekrut untuk memahami keahlian Anda secara menyeluruh dan mengevaluasi bagaimana Anda akan mengatasi masalah umum di tempat kerja. Berikut daftarnya:

  1. Apa saja area utama di mana Anda dapat menggunakan kata kunci untuk
  2. mengoptimalkan peringkat situs Anda?
  3. Menurut Anda, apakah pemasaran inbound atau outbound lebih efektif?
  4. Jelaskan saluran penjualan yang efektif yang Anda bangun.
  5. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan otomatisasi pemasaran?
  6. Dapatkah Anda mendiskusikan bagaimana Anda melakukan pendekatan terhadap pengoptimalan mesin pencari?
  7. Ceritakan pengalaman Anda dalam membuat anggaran pemasaran digital.
  8. Jelaskan bagaimana Anda mengetahui bahwa sebuah kampanye tidak berhasil.
  9. Bagaimana Anda menangani umpan balik negatif mengenai perusahaan atau klien Anda?
  10. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan kampanye pemasaran digital kolaboratif?
    Diskusikan saat tim Anda tidak setuju dengan Anda.

gajihub 2

Baca Juga: 15 Template Pertanyaan Interview untuk Posisi Content Writer

Apa Saja Template Pertanyaan Digital Marketing dan Jawaban yang Diharapkan?

template pertanyaan interview digital marketing

Berikut 8 template pertanyaan interview digital marketing dan jawaban yang diharapkan HRD:

 

1. Platform dan perangkat lunak pemasaran digital apa yang Anda kuasai?

Pewawancara mungkin akan mengajukan pertanyaan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan teknis kandidat dan memahami berapa banyak pelatihan yang mungkin merka butuhkan.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kandidat dapat mencoba jawaban sespesifik mungkin dalam jawaban, seperti dengan menyebutkan program yang digunakan dan tingkat pengetahuan atau kefasihan yang dimiliki kandidat.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Saya fasih menggunakan program untuk media sosial, pemasaran konten, dan pencarian berbayar. Untuk media sosial, saya menggunakan perangkat lunak seperti Agorapulse dan Hootsuite untuk menjadwalkan posting, berinteraksi dengan pengikut, dan membuat laporan bulanan.

Untuk pemasaran konten, saya menggunakan Ahrefs untuk riset kata kunci dan WordPress untuk manajemen dan penerbitan konten. Saya juga memiliki sertifikasi di platform pencarian berbayar seperti Facebook dan Google Ads.”

2. Menurut Anda, apakah pemasaran inbound atau outbound lebih efektif?

Pewawancara sering menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa banyak yang kandidat ketahui tentang digital marketing dan berbagai komponennya. Di sini kandidat bisa menyampaikan pemahaman mereka mengenai industri ini dengan mendiskusikan secara singkat aspek-aspek kunci dari kedua jenis pemasaran tersebut dan pentingnya menerapkan keduanya.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Menurut pengalaman saya, pemasaran inbound dan outbound adalah pelengkap yang penting satu sama lain. Perusahaan membutuhkan strategi inbound seperti media sosial dan konten blog untuk menarik minat pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka, dan mereka membutuhkan strategi outbound seperti pemasaran email dan iklan pencarian berbayar untuk menarik klien secara langsung. Bersama-sama, kedua aspek ini dapat membentuk strategi pemasaran digital yang menyeluruh.”

Baca Juga: 20 Contoh Pertanyaan dalam Cultural Fit Interview + Jawabannya

3. Dapatkah Anda menjelaskan salah satu kampanye Anda yang paling sukses?

 

Seorang pewawancara mungkin akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui bagaimana kandidat dapat mendefinisikan kesuksesan dan memahami seberapa banyak yang telah Anda capai. Di sini kandidat dapat mencoba menguraikan kampanye, tujuan, hasil, dan peran saat menjawabnya.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Saya memimpin kampanye tersukses saya di awal tahun ini ketika saya bekerja dengan klien yang membutuhkan saluran pemasaran yang lengkap untuk menjual produk baru.

Saya bekerja sama dengan klien untuk membangun setiap tahap saluran pemasaran, merekrut tim yang berpengalaman untuk membuat setiap aspek dan mengelola setiap bagian dari proyek. Pada akhirnya, kami melampaui target pendapatan sebesar 150%, yang menyebabkan klien menyewa perusahaan saya untuk proyek-proyek pemasaran digital berikutnya.”

4. Bagaimana Anda tahu jika sebuah kampanye tidak berhasil?

Pewawancara sering menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui bagaimana kandidat merespons dan bangkit dari kegagalan. Di sini kandidat bisa mulai dengan menyebutkan peran mereka, ekspektasi dan hasilnya, namun kandidat juga harus diberikan kesempatan untuk berdiskusi bagaimana mereka merespons dan apa yang telah mereka pelajari.

Contoh jawaban yang diinginkan:

Kampanye saya yang paling tidak berhasil terjadi tahun lalu ketika saya bekerja dengan seorang klien dalam kampanye media sosial yang berpusat pada musim liburan. Kampanye tersebut hanya mencapai 50% dari tujuan kesadaran mereknya, yang saya kaitkan dengan anggaran yang terlalu kecil dan tujuan yang terlalu tinggi.

Saat memimpin proyek ini, saya belajar untuk lebih realistis dalam menetapkan tujuan dan proaktif saat mencoba memperbaiki kampanye yang tidak berjalan sesuai harapan.”

Baca Juga: In-Depth Interview: Karakteristik, dan Tips Mempersiapkannya

5. Apa tantangan paling serius bagi para pemasar digital saat ini?

Tim perekrut mungkin akan mengajukan pertanyaan ini untuk memahami bagaimana kandidat mereka memandang dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan. Untuk menjawabnya, sebutkan sebuah masalah besar yang mempengaruhi industri ini, dan jelaskan apa yang menurut kandidat adalah strategi ideal untuk mengatasinya.

Contoh jawaban yang diinginkan:

Menurut saya, tantangan terbesar bagi pemasar digital adalah memberikan hasil yang baik di pasar yang semakin ramai. Untuk terus menjadi kompetitif di pasar, menurut saya, pemasar digital perlu mendedikasikan setidaknya 15% dari waktu kerja mereka untuk memantau tren baru dan bereksperimen dengan teknik-teknik baru.

Dengan melacak perkembangan baru dan mencoba metode inovatif, pemasar digital terbaik dapat berhasil bahkan ketika lanskap pemasaran digital berubah dengan cepat.

Baca Juga: Cara Interview Karyawan Baru dan 25 Daftar Pertanyaannya

6. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan kampanye pemasaran digital kolaboratif?

Pertanyaan ini membantu pewawancara mempelajari bagaimana kandidar dapat bekerja dengan tim dan mengelola proyek yang kompleks. Saat kandidat menjawab, nilailah bagaimana kandidat menjelaskan peran mereka, dan diskusikan bagaimana mereka melakukan pendekatan kerja tim dan berkolaborasi dengan perusahaan atau departemen lain.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Ya, saya telah mengerjakan setidaknya selusin kolaborasi dengan perusahaan lain dan memimpin dua kampanye dengan departemen lain. Menurut pengalaman saya, bagian terpenting dari kampanye digital kolaboratif adalah menyepakati strategi, peran, dan tujuan selama pertemuan pertama. Menetapkan metrik dan jadwal juga penting agar semua orang yang terlibat memahami cara mencapai tujuan.”

7. Dapatkah Anda mendiskusikan saat tim Anda tidak setuju dengan Anda dan menjelaskan bagaimana Anda mengatasi masalah tersebut?

pemasaran

Seorang pewawancara mungkin akan menanyakan pertanyaan ini untuk menilai bagaimana kandidat menangani konflik dan menunjukkan kepemimpinan. Di sini sebagai pewawancara, Anda dapat menilai bagaimana cara kandidat menguraikan situasinya sebelum menjelaskan bagaimana Anda merespons masalah tersebut saat memimpin tim Anda.

Termasuk menyebutkan secara singkat apa yang kandidat pelajari dari menangani situasi yang menantang.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Saat saya memimpin kampanye otomatisasi pemasaran baru-baru ini, tim saya tidak setuju dengan strategi saya. Saya meminta setiap orang untuk menjelaskan kekhawatiran mereka, dan sebagai sebuah tim, kami mendiskusikan pro dan kontra.

Pada akhirnya, kami memodifikasi strategi saya untuk mengatasi kekhawatiran tim dan menjalankan kampanye yang sukses, yang membantu saya belajar betapa berharganya rasa hormat dalam meningkatkan kerja sama tim.”

Baca Juga: 20 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

8. Apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang baik untuk posisi ini?

Manajer perekrutan sering mengajukan pertanyaan ini untuk mencari tahu lebih banyak tentang kualifikasi, motivasi dan nilai-nilai kandidat. Di sini kandidat bisa mulai dengan mengulangi pengalaman dan kualifikasi utama sebelum menyoroti aspek-aspek seperti nilai-nilai dan tujuan yang mereka miliki bersama organisasi.

Contoh jawaban yang diharapkan:

Saya memiliki gelar sarjana di bidang pemasaran, dan saya memiliki lima tahun pengalaman mengelola akun media sosial dan menjalankan kampanye iklan pencarian berbayar. Saya telah memimpin tim pemasaran digital selama tiga tahun, dan keterampilan kepemimpinan saya telah berkontribusi pada peningkatan pendapatan sebesar 20% untuk organisasi saya saat ini.

Saya yakin bahwa keterampilan, pengalaman, dan ambisi saya akan bermanfaat bagi organisasi Anda, terutama mengingat tujuan Anda untuk meningkatkan pendapatan sebesar 25% tahun depan.”

Baca Juga: 8 Cara Menjawab Rencana 5 Tahun ke Depan Saat Interview

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan secara lengkap mengenai template pertanyaan interview digital marketing untuk Anda. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa digital marketing merupakan pekerjaan yang dibutuhkan di tengah perkembangan teknologi saat ini.

Pekerjaan ini tentu saja bukanlah hal yang mudah dan dibutuhkan kandidat dengan talenta terbaik untuk mengisinya. Template pertanyaan interview digital marketing bisa membantu tim rekrutmen dan HRD untuk mendapatkan talenta terbaik.

Selain dengan template pertanyaan interview digital marketing, penting juga bagi Anda untuk mendukungnya dengan pengelolaan karyawan yang baik. Pengelolaan karyawan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan talenta dan mendukung pekerjaan setelah mereka menjadi karyawan di perusahaan.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS terbaik yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *