Sertifikat Magang: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

sertifikat magang

Melamar kerja saat ini bisa dibilang bukan hal yang mudah. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian, seorang pencari kerja harus memiliki dokumen pendukung seperti sertifikat magang.

Sertifikat magang merupakan dokumen yang menunjukan seseorang telah lulus dari magang di perusahaan. Ini bisa menentukan bahwa kandidat mengalami pengalaman magang sehingga bisa menambah kualifikasi untuk diterima.

Sertifikat magang ini dibuat oleh lembaga atau perusahaan tempat magang. Sebagai perusahaan yang menerima program magang atau berencana menerima program magang, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat sertifikat magang ini dan juga contohnya.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai sertifikat magang, mulai dari pengertian, cara membuat, dan juga contohnya. Baca selengkapnya hanya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud dengan Magang?

Magang atau internship adalah pengalaman kerja jangka pendek yang ditawarkan perusahaan kepada mahasiswa. Biasanya dalam bidang studi atau pekerjaan yang diminati oleh mahasiswa.

Perguruan tinggi dan universitas mengharuskan siswa untuk menyelesaikan magang untuk mengumpulkan pengetahuan praktis. Ketika magang, mahasiswa akan bekerja dalam situasi kerja nyata di bawah seorang manajer dan mempelajari keterampilan interpersonal yang sesuai untuk tempat kerja.

Ini adalah cara yang baik bagi pemberi kerja untuk mencari dan melatih calon karyawan dan membawa ide-ide baru.

Internship dilakukan dalam mode penuh waktu dan paruh waktu. Sebagian besar magang tidak dibayar, tetapi ada juga yang memberikan uang saku.

Uang saku tidak hanya untuk memotivasi peserta internship, tetapi juga untuk menegosiasikan negosiasi gaji di kemudian hari saat mencari pekerjaan. Peserta magang biasanya menyelesaikan sebuah proyek selama masa magang untuk diserahkan kepada pihak kampus dan pemberi kerja.

Setelah pemberi kerja merasa puas bahwa semua persyaratan magang telah terpenuhi, mereka akan mengeluarkan sertifikat magang kepada peserta magang. Sertifikat ini dibuat sesuai dengan format yang ditetapkan.

Baca Juga: 10 Contoh Surat Permohonan Magang dan Tips Membuatnya

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikat Magang?

Sertifikat magang  atau internship certificate adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa peserta magang yang bersangkutan telah menyelesaikan magang yang ditentukan dengan organisasi yang disebutkan. Sertifikat ini juga menyatakan bidang atau departemen tempat peserta magang bekerja dan menyatakan bahwa peserta magang memenuhi syarat untuk mencari pekerjaan tingkat yang lebih tinggi di industri ini.

Sertifikat magang berisi berbagai aspek penting yang menandakan keasliannya seperti kop surat organisasi, alamat lengkap dan nomor kontak, nama manajer beserta tanda tangan, dll.

Jika Anda berencana untuk magang atau sedang magang, pastikan Anda mengumpulkan sertifikat magang Anda karena ini sangat penting untuk usaha Anda di masa depan.

Sertifikat magang tidak hanya menyatakan bahwa Anda telah bekerja dengan organisasi tertentu tetapi juga menegaskan bahwa Anda telah menjalani pelatihan di bidang tertentu untuk durasi tertentu, oleh karena itu, Anda sekarang berpengalaman dalam tugas-tugas yang telah Anda latih.

Baca Juga: Peraturan Magang di Indonesia Menurut Undang-Undang

Apa Saja Manfaat Sertifikat Magang?

sertifikat magang

Banyak program magang dijalankan berdasarkan berbagai kurikulum untuk memberikan kesempatan kepada siswa di berbagai bidang dan memajukan karir mereka. Banyak organisasi, baik publik maupun swasta, menyediakan program magang.

Untuk bergabung sebagai peserta magang di perusahaan, siswa harus mengajukan aplikasi ke organisasi yang relevan berdasarkan studi dan minat mereka. Berikut beberapa manfaat dari sertifikat magang:

1. Bukti Pengalaman Kerja

Manfaat yang pertama adalah sebagai bukti pengalaman kerja. Untuk membuktikan seseorang memiliki pengalaman kerja, dibutuhkan sertifikat dalam hal ini internship certificate.

Di dalam sertifikat ini akan ditulis rincian dari magang yang dilakukan dan juga identitas pemilik internship certificate. Ini dapat menunjukan bahwa seseorang memang benar pernah magang di sebuah instansi atau perusahaan.

2. Untuk Meningkatkan Daya Saing

Dengan semakin tingginya persaingan kerja saat ini, Anda membutuhkan sertifkat magang untuk meningkatkan daya saing Anda.

Dengan adanya pengalaman magang ini, Anda tentunya akan memiliki peningkatan daya saing sehingga kesempatan diterima menjadi lebih besar.

3. Menguatkan Keterampilan yang Dimiliki

Ketika melamar kerja, biasanya pihak HRD atau tim rekrutmen akan bertanya keterampilan apa saja yang dimiliki kandidat. Nyatanya, menyatakan apa saja keterampilan tersebut tidak cukup.

Anda harus bisa menguatkan keterampilan yang Anda miliki dengan dokumen yang bisa mendukungnya, salah satunya internship certificate.

4. Sebagai Jaringan Profesional

Ketika seseorang melakukan internship, ia bisa menambah jaringan profesional melalui orang-orang yang dikenal di pekerjaan tersebut. Ini tentunya akan membuka kesempatan lainnya di masa depan, misalnya mendapatkan kesempatan kerja.

5. Mempermudah Proses Melamar Pekerjaan

Dengan adanya internship certificate, Anda juga akan mendapatkan manfaat lebih mudah dalam proses melamar pekerjaan. Ketika proses penerimaan karyawan, tim rekrutmen akan menganggap internship certificate sebagai nilai lebih sehingga proses melamar kerja bisa menjadi lebih mudah.

6. Lebih Percaya Diri

Dengan adanya internship certificate, Anda juga bisa lebih percaya diri ketika melamar pekerjaan. Ini karena Anda tahu bahwa Anda memiliki kelebihan dibandingkan dengan kandidat lainnya.

7. Sebagai Peluang Karir Selanjutnya

Anda ingin memiliki peluang karir yang lebih baik di masa depan? Internship certificate bisa membantu Anda mewujudkannya.

Dokumen ini dapat membantu menentukan Anda ingin bekerja dimana dan sebagai apa.

Baca Juga: Perbedaan Associate dan Entry Level dan Pengertiannya

Apa Saja Rincian yang Harus Ada dalam Sertifikat Magang?

sertifikat magang

Ketika Anda membuat internship certificate, ada beberapa hal yang wajib Anda cantumkan. Rincian ini penting karena akan memberikan informasi terkait identitas pemiliki internship certificate dan juga lembaga yang memberikannya.

Berikut beberapa rincian yang harus dicantumkan dalam internship certificate:

  1.  Nama perusahaan
  2.  Logo perusahaan
  3.  Tanggal penerbitan
  4.  Nama peserta magang
  5.  Durasi magang
  6.  Profil pekerjaan/proyek yang dilakukan/perincian lebih lanjut
  7.  Nama pelatih/manajer
  8.  Tanda tangan dan/atau stempel

gajihub 2

Baca Juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Bagaimana Cara Membuat Sertifikat Magang?

Menulis Sertifikat Magang sangat penting, jadi mari kita lihat beberapa tips tentang cara menulis sertifikat magang yang sempurna:

  • Ikuti format internship certificate
  • Tuliskan secara spesifik tentang profil, durasi, dan organisasi Anda
  • Pastikan untuk menulis hard skill yang kamu pelajari selama magang di paragraf pertama
  • Tambahkan keterampilan lunak Anda ke dalam internship certificate
  • Dapatkan internship certificate yang disertifikasi oleh anggota penting dari tim, lebih disukai, Pendiri / CEO.

Baca Juga: Sales Training: Manfaat, Metode, dan Cara Merancangnya

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Magang?

Internship certificate ditawarkan atau diberikan kepada siswa/mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang untuk periode tertentu di organisasi yang diakui. Sertifikat ini diberikan oleh perusahaan atau organisasi tempat seseorang bekerja sebagai peserta magang atau magang.

Surat keterangan magang harus ditandatangani oleh pihak yang berwenang dan harus menyebutkan profil pekerjaan, proyek yang dilakukan, durasi magang, dan nama peserta magang.

Baca Juga: 7 Perbedaan Program Manager dan Project Manager

Bagaimana Cara Memanfaatkan Sertifikat Magang?

internship

Kenyataannya Anda bisa mendapatkan manfaat internship certificate secara langsung. Anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini agar internship certificate dapat bermanfaat:

Cara Memanfaatkan bagi Perusahaan

1. Lihat Spesifikasi Keterampilan

Cara pertama adalah dengan melihat spesfikasi keterampilan yang dimiliki. Internship certificate ini dapat digunakan sebagai dokumen yang mendukung keterampilan yang dimiliki kandidat.

Jadi, bagi tim rekrutmen bagi perusahaan, Anda bisa menggunakan ini dan sandingkan dengan spesifikasi keterampilan yang dimiliki.

2. Lakukan Analisis Keterlibatan

Kedua, Anda bisa melakukan analisis keterlibatan. Anda bisa melakukan ini dalam proses wawancara kandidat,

Anda bisa menanyakan apa saja yang telah dilakukan kandidat saat internship dan analisis keterlibatan ini dari jawaban mereka.

3. Jika Ada Pengalaman yang Relevan, Berikan Nilai Lebih

Ketika Anda menganisis keterlibatan ini, jika Anda menemukan pengelaman yang relevan, jangan ragu untuk memberikan nilai lebih. Pengalaman yang relevan dengan bidang yang dilamar akan membantu kandidat lebih mudah melakukan pekerjaan.

4. Gunakan untuk Membandingkan

Internship certificate juga dapat Anda gunakan sebagai dokumen membandingkan. Anda bisa menilai mana kandidat yang memiliki pengalaman yang lebih baik untuk bekerja di perusahaan Anda.

5. Buatlah Pertanyaan Interview yang Relevan

Saat melakukan wawancara, Anda bisa memberikan pertanyaan yang relevan dengan pengalaman kandidat ketika internship dan apa yang bisa diberikan kepada perusahaan ketika bekerja nantinya.

Dari jawaban yang diberikan kandidat, Anda bisa menilai apakah mereka layak untuk diterima bekerja.

Cara Memanfaatkan bagi Pelamar Kerja

1. Tambahkan dalam Portofolio

Jika Anda seorang pencari kerja dan sedang melamar kerja, Anda menambahkan internship certificate ini ke dalam portofolio Anda. Ini pastinya dapat mendukung sehingga Anda bisa dipertimbangkan untuk bekerja.

2. Pastikan Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Kedua, pastikan internship certificate yang Anda miliki dan cantumkan dalam portofolio relevan dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan nilai tambah.

3. Sertakan dalam Profil LinkedIn

Terakhir, Anda bisa menyertakan internship certificate ini ke dalam profil LinkedIn Anda. Seperti yang diketahui, LinkedIn merupakan platform yang digunakan untuk mendukung karir.

Menambahkan certificate akan membuat profil Anda lebih dilirik oleh rekruter.

Baca Juga: 10 Contoh Portofolio Kerja dan Cara Membuatnya

Apa Saja Contoh Sertifikat Magang?

Untuk memudahkan Anda dalam membuat internship certificateberikut beberapa contoh dari internship certificate untuk Anda:

Contoh Sertifikat Magang Graphic Designer

sertifikat magang

Contoh Setifikat Magang Perangkat Lunak

sertifikat magang

Contoh Sertifikat Magang Umum

internship sertificate

Contoh Internship Certificate Umum

sertifikat magang

Contoh untuk Lokakarya

internship

Contoh untuk Lokakarya

internship

Contoh untuk PLN

sertifikat magang

Contoh untuk Umum

certificare

Contoh untuk Umum

internship certificate

Contoh untuk Umum

internship

Download Template Sertifikat Magang PDF di Sini

Baca Juga: 5 Cara Membuat Portofolio yang Menarik, Apa Saja?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai sertifikat magang mulai dari pengertian hingga contoh dan templatenya. Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa internship certificate diberikan perusahaan atau lembaga kepada mahasiswa atau seseorang yang telah menyelesaikan program magang.

Bagi perusahaan, menerima peserta internship memang menjadi pilihan terbaik untuk menambah tenaga kerja dan sebagai bentuk dedikasi perusahaan dalam hal mendukung keterampilan mahasiswa.

Meski berstatus sebagai internship, perusahaan harus tetap melakukan pengelolaan dengan baik seperti karyawan lainnya. Untuk memudahkannya Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *