Daftar Cuti Bersama Tahun 2025 dan Regulasinya

cuti bersama tahun 2025

Menjelang tahun baru 2025, pemerintah telah membuat daftar tanggal merah 2025 dan cuti bersama tahun 2025. Dari daftar ini nantinya pekerja bisa membuat rencana untuk liburan di tahun 2025.

Cuti bersama sendiri merupakan hari libur tambahan yang diberikan pemerintah menjelang atau setelah hari libur nasional. Ini dilakukan agar masyarakat memiliki tambahan hari libur.

Nah, cuti bersama ini ternyata memiliki regulasi yang berbeda-beda, lho. Untuk aparatur sipil negara atau ASN akan diberikan cuti bersama tanpa mengambil jatah cuti tahunan, sedangkan untuk karyawan swasta cuti bersama akan mengurangi jatah cuti tahunan.

Lalu apa saja daftar cuti bersama di tahun 2025? Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

Cuti Bersama Untuk ASN dan Karyawan Swasta

cuti bersama tahun 2025

Dilansir dari Kompas.com, cuti bersama merupakan cuti yang diberikan pemerintah kepada ASN atau Aparatur Sipil Negara. Di sini dapat diketahui bahwa cuti bersama tidak mengurangi jatah cuti tahunan yang dimiliki ASN.

Lalu bagaimana dengan pegawai atau karyawan swasta? Untuk karyawan swasta, perusahaan diperbolehkan memberikan cuti tahunan kepada para karyawan namun cuti bersama ini akan mengurangi cuti tahunan yang dimiliki oleh karyawan.

Cuti bersama akan diberikan di antara hari libur nasional, baik itu sebelum atau setelah hari libur nasional. Misalnya, hari libur nasional Idul Fitri jatuh pada tanggal 1-2 April 2025, maka cuti bersama dapat diberikan setelah hari libur ataupun sebelum hari libur Idul Fitri tersebut.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional 2024 dan Rekomendasi Kegiatannya

Bagaimana Regulasi Cuti Bersama di Indonesia?

cuti bersama tahun 2025

Lalu bagaimana regulasi cuti bersama di Indonesia? Cuti bersama diatur dalam SE Menaker 3/2022. Berikut beberapa pembahasan dalam SE Menaker 3/2022 terkait cuti bersama:

  • Cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan.
  • Pelaksanaan cuti bersama bersifat fakultatif atau pilihan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja/buruh dan/atau serikat pekerja/serikat buruh dengan pengusaha, perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama dan peraturan perundang-undangan dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan.
  • Pekerja/buruh yang melaksanakan cuti pada hari cuti bersama, hak cuti yang diambilnya mengurangi hak atas cuti tahunan pekerja/buruh yang bersangkutan.
    Pekerja/buruh yang bekerja pada hari cuti bersama, hak cuti tahunannya tidak berkurang dan kepadanya dibayarkan upah seperti hari kerja biasa.

Hal ini juga dimuat dalam SKB No 1017, 2, dan 2 Tahun 2024 tentang Cuti Bersama, dimana isinya sebagai berikut:

Pelaksanaan cuti bersama mengurangi hak cuti tahunan pegawai/karyawan/pekerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja/satuan organisasi/lembaga/perusahaan.

gajihub 2

Baca Juga: Gajian pada Hari Libur: Ini Prosedur yang Bisa Dipilih

Apa Saja Daftar Cuti Bersama Tahun 2025?

cuti bersama tahun 2025

Berikut daftar cuti bersama tahun 2025 yang bisa menjadi referensi Anda untuk merencanakan liburan tahun 2025:

Tanggal Nama Cuti Bersama
28 Januari 2025 Cuti bersama Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili
28 Maret 2025 Cuti bersama Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka 1947)
2,3,4 dan 7 April 2025 Cuti bersama Idul Fitri 1446 Hijriah
13 Mei 2025 Cuti bersama Hari Raya Waisak 2569 BE
30 Mei 2025 Cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus
9 Juni 2025 Cuti bersama Idul Adha 1446 Hijriah
26 Desember 2025 Cuti bersama Kelahiran Yesus Kristus (Natal)

1. Cuti Bersama Tahun Baru Imlek pada 28 Januari 2025

Cuti bersama yang pertama adalah cuti bersama Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Selasa tanggal 28 Januari 2025. Hari Selasa ini merupakan hari kerja di antara 2 tanggal merah yakni Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Senin, 27 Januari 2025 dan Tahun Baru Imlek yang jatuh di tanggal 29 Januari 2025.

Karena diapit oleh dua hari libur atau tanggal merah, maka tanggal 28 Januari ditetapkan sebagai cuti bersama Imlek.

2. Cuti bersama Hari Suci Nyepi pada 28 Maret 2025

Menjelang hari raya Nyepi, pemerintah juga memberikan cuti bersama kepada para ASN, yakni satu hari sebelumnya di tanggal 28 Maret 2025. Ini diberikan agar masyarakat dapat mempersiapkan diri menjelang hari Nyepi.

Baca Juga: Form Cuti Karyawan: Manfaat, Contoh, dan Unduh Template Gratis

3. Cuti Bersama Idul Fitri pada 2, 3, 4, dan 7 April

Cuti bersama Idul Fitri diberikan pada tnggal 2, 3, 4, dan 7 April 2025 dimana seluruhnya ada setelah hari raya Idul Fitri. Ini karena Idul Fitri tahun 2025 jatuh pada hari Senin dan Selasa, dimana sebelumnya sudah ada 2 hari libur mingguan.

Untuk itu cuti bersama dialihkan ke tanggal setelah pelaksanaan liburan idul fitri.

4. Cuti Bersama Hari Waisak pada 13 Mei 2025

Keempat adalah cuti bersama Hari Waisak yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2025. Tanggal ini merupakan satu hari setelah pelaksanaan Waisak yang jatuh pada tanggal 12 Mei 2025 yakni pada hari Senin.

Pemberikan cuti bersama ini dilakukan agar umat Budha mendapatkan hari libur tambahan untuk merayakan Waisak.

Baca Juga: 7 Jenis Cuti Karyawan Menurut Undang-Undang Terbaru

5. Cuti Bersama Kenaikan Yesus Kristus pada 30 Mei 2025

Pada 30 Mei 2025, pemerintah juga memberikan tambahan cuti bersama untuk memperingati Kenaikan Yesus Kristus. Ini merupakan hari kerja yang diapit oleh dua tanggal merah yakni Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Lahir Pancasila, sehingga diberikan cuti bersama.

6. Cuti Bersama Idul Adha pada 9 Juni 2025

Pemerintah juga memberikan cuti bersama setelah tanggal 9 Juni 2025 setelah libur nasional Idul Adha. Ini diberikan agar masyarakat memiliki waktu libur tambahan untuk merayakan momen Idul Adha bersama keluarga.

7. Cuti Bersama Natal pada 26 Desember 2025

Terakhir adalah cuti bersama yang diberikan setelah hari raya Natal yakni pada tanggal 26 Desember 2025. Bagi umat Kristiani, cuti bersama Natal ini dapat digunakan untuk tambahan hari libur dan berkumpul bersama keluarga.

Sedangkan untuk daftar hari libur nasional, Anda bisa membacanya di bawah ini:

Tanggal Nama Hari Libur
1 Januari 2025 Tahun Baru 2025 Masehi pada
27 Januari 2025 Isra Miraj Nabi Muhammad S.A.W
29 Januari 2025 Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili
29 Maret 2025 Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka 1947)
31 Maret-1 April 2025 Idul Fitri 1446 Hijriah
18 April 2025 Wafat Yesus Kristus
20 April 2025 Kebangkitan Yesus Kristus (Paskah)
1 Mei 2025 Hari Buruh Internasional
12 Mei 2025 Hari Raya Waisak 2569 BE
29 Mei 2025 Kenaikan Yesus Kristus
1 Juni 2025 Hari Lahir Pancasila
6 Juni 2025 Idul Adha 1446 Hijriah
27 Juni 2025 1 Muharam Tahun Baru Islam 1447 Hijriah
17 Agustus 2025 Proklamasi Kemerdekaan
5 September 2025 Maulid Nabi Muhammad S.A.W
25 Desember 2025 Kelahiran Yesus Kristus (Natal)

Baca Juga: Berikut Adalah Aturan Hak Cuti Tahunan yang Ada di Indonesia

Apa Saja Rekomendasi Kegiatan di Hari Cuti Bersama?

tanggal merah

Mengingat cuti bersama akan menambah waktu libur, Anda bisa menggunakan momen cuti bersama untuk melakukan kegiatan menyenangkan atau refreshing. Untuk menyambut cuti bersama tahun 2025, ada beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan:

1. Memasak atau Membuat Kue

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasak atau membuat kue. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan sebagai bagian me time atau family time.

Anda bisa mengajak anak atau keluarga Anda untuk membantu memasak atau membuat kue. Setelah kegiatan ini selesai, Anda bisa menikmati makan bersama keluarga.

2. Menonton Film

Rekomendasi kegiatan kedua adalah menonton film. Menonton film dapat menjadi kegiatan menyenangkan yang dihabiskan bersama keluarga ataupun untuk me time.

Anda bisa menonton film di rumah melalui platform streaming Netflix ataupun menonton di bioskop. Ini bisa menjadi cara untuk refreshing dari penatnya kegiatan bekerja yang dilakukan sehari-hari.

3. Bermain Game

Buat Anda yang hobi bermain game, bisa menjadikan bermain game menjadi kegiatan yang dilakukan saat momen cuti bersama. Anda bisa melakukannya sendiri atau mabar (main bareng) bersama teman Anda.

Baca Juga: Cuti Besar: Pengertian dan Aturannya di Indonesia

4. Membereskan Rumah

Kesibukan bekerja sering kali membuat Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah. Momen cuti bersama tahun 2025 bisa Anda gunakan untuk membereskan rumah, mulai dari bersih-bersih hingga menata ulang ruangan Anda.

Anda bisa mencoba suasana baru di dalam rumah dengan menata ulang ruangan Anda. Ini bisa memberikan suasana fresh dan membuat Anda semangat menyambut hati ke depannya.

5. Berwisata

Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengisi momen cuti bersama adalah dengan berwisata. Anda bisa berwisata di dalam kota atau luar kota, baik itu sendirian atau bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: Aplikasi Cuti Online: Pengertian Lengkap dan Manfaat Menggunakannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cuti bersama tahun 2024 untuk Anda. Momen cuti bersama menjadi momen yang banyak ditunggu oleh pegawai, jadi pastikan Anda memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa cuti bersama bagi karyawan swasta akan mengurangi jatah cuti tahunan dan di sini karyawan harus melakukan pengajuan cuti tahunan kepada HRD. Untuk memudahkan pengajuan cuti dan izin, pastikan perusahaan Anda menggunakan perangkat lunak yang tepat.

GajiHub menjadi pilihan perangkat lunak terbaik untuk memudahkan pengelolaan cuti dan izin karyawan. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, salah satunya adalah fitur cuti dan izin.

Di fitur cuti dan izin ini, karyawan bisa dengan mudah melakukan pengajuan cuti dan izin, kemudian HRD dapat approve pengajuan cuti karyawan. Tidak hanya itu, GajiHub juga memudahkan memantau sisa cuti yang dimiliki dengan kalender cuti yang ada di aplikasi GajiHub.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *