20 Template Pertanyaan Interview Network Engineering + Jawaban

template pertanyaan interview network engineering banner

Dalam merekrut seorang network engineering penting bagi Anda untuk menyusun template pertanyaan interview, agar dapat mengeksplorasi berbagai aspek dari keterampilan dan pengalaman kandidat.

Seperti yang Anda ketahui, seorang network engineer memainkan peran penting dalam merancang, mengimplementasikan, dan memelihara infrastruktur jaringan yang mendukung operasi bisnis yang efisien dan aman.

Oleh karena itu, Anda perlu mengajukan berbagai pertanyaan mengenai keterampilan teknis hingga kemampuan interpersonal, serta kecocokan kandidat dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas jobdesk dan tempalte pertanyaan interview network engineering. 

Apa Saja Jobdesk Network Engineer?

template pertanyaan interview network engineering 1

Network engineer adalah profesional IT yang bertugas merancang, mengimplementasikan, dan memelihara jaringan komputer di sebuah organisasi.

Mereka memastikan sistem komunikasi dan transfer data berjalan dengan lancar, sehingga bisnis dapat beroperasi dengan efisien dan aman.

Seorang network engineer memiliki tugas utama untuk menginstal, mengonfigurasi, dan mendukung infrastruktur jaringan organisasi.

Mereka juga memantau kinerja jaringan, menangani masalah yang muncul, dan memastikan jaringan berfungsi dengan optimal.

Secara umum berikut jobdesk network engineer:

  • Merancang dan mengimplementasikan infrastruktur jaringan sesuai kebutuhan organisasi.
  • Menginstal dan mengonfigurasi perangkat keras jaringan seperti router, switch, dan firewall.
  • Memantau kinerja jaringan, ketersediaan sistem, dan keandalannya.
  • Menangani masalah jaringan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.
  • Bekerja sama dengan profesional IT lain untuk menerapkan langkah-langkah keamanan jaringan.
  • Melakukan pemeliharaan rutin pada jaringan, termasuk memperbarui perangkat lunak dan perangkat keras.
  • Mencatat konfigurasi, proses, dan prosedur jaringan.
  • Memberikan dukungan teknis dan pelatihan kepada anggota tim lainnya.

Baca Juga: 9 Template Pertanyaan Interview Programmer + Contoh Jawabannya

Apa Saja Template Pertanyaan untuk Interview Network Engineering?

template pertanyaan interview network engineering 2

Untuk mendapatkan kandidat di bidang network engineering yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan berikut:

1. Ceritakan tentang diri Anda.

Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami latar belakang kandidat secara umum dan melihat apa yang membedakan kandidat dari kandidat lainnya.

Melalui pertanyaan tersebut, Anda dapat mengetahui bagaimana kandidat menggambarkan diri dan apa yang menjadi keuggulan utama mereka.

Contoh Jawaban

“Saya telah menjadi network engineer selama 6 tahun, dan selama waktu itu, saya telah bekerja di startup, perusahaan Fortune 500, dan berbagai perusahaan lainnya. Saya suka memecahkan masalah dan membangun fondasi jaringan yang sering kali tidak dipikirkan orang tetapi sangat bergantung setiap hari.”

2.Ceritakan pengalaman Anda sebagai network engineer.

Template pertanyaan interview network engineering ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman kerja kandidat dan bagaimana perjalanan karier kandidat hingga saat ini.

Pertanyaan ini membantu Anda memahami keahlian dan pencapaian kandidat yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Contoh Jawaban

“Saya lulus dari Universitas Bangkit Jaya pada tahun 2022 dan mulai bekerja sebagai network engineer di universitas tersebut setelah lulus. Posisi tersebut memberi saya pelatihan yang sangat baik selama dua tahun, dan saya mendapatkan pekerjaan di Digital Teknologi, di mana saya bekerja selama lima tahun sebagai network engineer. Selama waktu itu, saya membantu meningkatkan sistem perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya saat berkembang dari 200 karyawan pada tahun pertama saya menjadi 1.500 empat tahun kemudian.”

3. Mengapa Anda memilih menjadi network engineer?

Anda dapat mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui motivasi kandidat dalam memilih profesi network engineer. 

Jawaban mereka dapat memberi Anda wawasan tentang kecocokan kandidat dengan pekerjaan dan perusahaan.

Contoh Jawaban

“Di perguruan tinggi, saya tidak bisa memutuskan apa yang ingin saya lakukan. Saya tahu saya suka komputer, jadi saya memutuskan untuk mengikuti kelas dasar dalam program network engineering. Saya merasa tertarik dan ketika saya menemukan bahwa bidang ini memungkinkan Anda untuk mendukung perusahaan dari belakang layar, yang juga saya suka, saya langsung tertarik.”

Baca Juga: 15 Template Pertanyaan Interview Desain Grafis + Jawabannya

template pertanyaan interview network engineering 3

4. Apa yang Anda suka dari pekerjaan sebagai network engineer?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi kandidat dalam pekerjaan sehari-hari, misalnya dengan memahami apa yang ditekuni oleh kandidat dan bagaimana hal tersebut bisa berkontribusi pada kepuasan dan kinerja mereka.

Contoh Jawaban

“Saya menikmati hampir setiap aspek pekerjaan saya, tetapi saya terutama suka sisi pemecahan masalah. Saya sangat senang mencari masalah mendasar dan menemukan solusi kreatif untuk memperbaikinya. Saya sangat suka saat bisa bekerja dengan tim untuk melakukannya.”

5. Apa yang paling tidak Anda suka dari pekerjaan sebagai network engineer?

Anda dapat mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui tantangan dari pekerjaan network engineering menurut kandidat dan bagaimana mereka menghadapinya.

Hal ini dapat memberikan gambaran tentang cara kandidat menangani situasi sulit dan beradaptasi dengan tantangan.

Contoh Jawaban

“Meskipun saya umumnya menikmati pekerjaan saya, saya merasa sedikit kecewa ketika saya menyelesaikan sesuatu yang besar dan tidak ada yang di luar departemen yang bisa menghargainya. Saya tahu itu adalah bagian dari pekerjaan, jadi saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa saya juga tidak memahami semua pencapaian mereka. Saya juga berusaha fokus pada kepuasan pekerjaan yang dilakukan dengan baik dan merayakannya dengan rekan kerja saya daripada menunggu pujian dari bagian lain organisasi.”

6. Apa kekuatan terbesar Anda?

Template pertanyaan interview network engineering di atas dapat membantu Anda mengidentifikasi keunggulan utama kandidat dan apa yang membedakannya dari kandidat lain.

Di sini, Anda dapat mengetahui skill khusus yang dimiliki kandidat dan bagaimana hal tersebut dapat membawa manfaat bagi tim dan perusahaan.

Contoh Jawaban

“Saya mampu mengajarkan orang di luar departemen saya bagaimana cara memecahkan masalah sendiri. Entah itu mereset kata sandi atau mengunggah gambar ke situs web, saya menemukan bahwa banyak orang mampu melakukan tugas-tugas tersebut, mereka hanya tidak tahu caranya atau takut. Saya menjadikan tujuan saya untuk memberdayakan rekan kerja ini agar mereka bisa menangani tugas-tugas tersebut sendiri jika memungkinkan.”

Baca Juga: Contoh Job Deskripsi Teknisi, Skill Penting, dan Kualifikasi

gajihub 1

7. Apa kelemahan terbesar Anda?

Ajukan pertanyaan di atas untuk melihat bagaimana kandidat menangani kelemahan pribadi dan seberapa baik kandidat dalam memahami area di mana ia harus berkembang.

Jawaban tersebut menunjukkan kemampuan kandidat untuk refleksi diri dan perbaikan berkelanjutan.

Contoh Jawaban

“Saya pernah membuat pemimpin tim frustrasi di masa lalu karena saya sering tidak memberi tahu mereka tentang kemajuan proyek. Saya tidak melakukannya dengan sengaja, saya hanya lupa bahwa mereka mungkin ingin tahu. Jadi, saya mulai bertanya kepada pemimpin saya seberapa sering mereka ingin mendapatkan pembaruan tentang proyek dan kemudian mengatur pengingat di kalender saya untuk memberikan pembaruan tersebut.”

8. Ceritakan tentang waktu ketika Anda menghadapi masalah di pekerjaan. Bagaimana Anda menyelesaikannya?

Untuk mengetahui bagaimana kandidat menangani tantangan dan masalah di tempat kerja, masukkan pertanyaan di atas ke dalam template pertanyaan interview network engineering. 

Jawaban kandidat dapat memberikan wawasan tentang problem solving skill dan kemampuan kandidat untuk tetap tenang bekerja di bawah tekanan.

Contoh Jawaban

“Suatu hari di pekerjaan saya yang terakhir, saat saya hendak pulang, listrik tiba-tiba padam. Kami memiliki generator untuk server utama kami, tetapi kami sedang mengalami gelombang panas yang tidak biasa, jadi saya tahu server dapat cepat overheat tanpa pendingin udara. Saya mendapatkan izin untuk pergi ke toko perlengkapan dan membeli generator murah dan banyak kipas angin. Saya merakit sistem pendingin untuk menjaga server tetap dingin jika listrik tidak kembali menyala semalam. Untungnya, listrik tetap padam hingga pagi hari berikutnya, tetapi server tidak mengalami overheating.”

9. Ceritakan tentang waktu Anda harus bekerja dengan rekan kerja yang sulit. Bagaimana Anda menanganinya?

Pertanyaan di atas bertujuan untuk menilai keterampilan interpersonal dan kemampuan Anda dalam menangani hubungan kerja yang menantang.

Anda dapat melihat bagaimana kandidat beradaptasi dan bekerja sama dengan berbagai macam orang.

Contoh Jawaban

“Saya ditugaskan pada proyek dengan seorang rekan yang dikenal sulit dan sulit bekerja sama. Dia sudah bekerja di perusahaan itu jauh lebih lama daripada saya pada saat itu, jadi selama pertemuan pertama kami, saya bertanya bagaimana keadaan berubah selama bertahun-tahun di organisasi. Karena itu bukan pertanyaan pribadi, saya rasa dia merasa lebih nyaman untuk berbicara tentang hal itu, dan kami berbicara selama 20 menit. Proyek berjalan dengan lancar, dan sejak saat itu, kami bekerja sama dengan baik.”

template pertanyaan interview network engineering 4

Baca Juga: 20 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

10. Ceritakan tentang kesalahan yang Anda buat saat bekerja sebagai network engineer. Bagaimana Anda menanggapinya?

Untuk mengetahui bagaimana kandidat mengatasi kesalahan dan apa yang mereka pelajari dari pengalaman tersebut, Anda dapat mengajukan pertanyaan di atas.

Jawaban mereka mungkin dapat menunjukkan tanggung jawab, integritas, dan keterampilan dalam mengelola situasi yang tidak ideal.

Contoh Jawaban

“Selama tahun pertama saya bekerja, saya terlalu percaya diri dan merilis pembaruan untuk situs web kami tanpa meminta orang lain memeriksanya terlebih dahulu. Itu mengakibatkan situs web kami mati total, yang merupakan masalah besar, karena sebagian besar bisnis kami dilakukan secara online. Begitu saya menyadari apa yang terjadi, saya memberi tahu atasan saya, meminta maaf, dan meminta bantuan. Untungnya dia dapat menyelesaikannya dengan cepat, dan sejak saat itu saya tidak pernah merilis sesuatu yang besar tanpa meminta orang lain memeriksanya terlebih dahulu.”

11. Apa tiga kata sifat yang akan digunakan rekan kerja Anda untuk menggambarkan Anda?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kandidat dilihat oleh orang lain dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam tim.

Jawaban mereka membantu Anda memahami apakah mereka cocok dengan budaya organisasi Anda.

Contoh Jawaban

“Rekan-rekan kerja saya pernah menggambarkan saya sebagai dapat diandalkan dan efisien. Saya percaya mereka juga akan menggambarkan saya sebagai membantu, karena saya benar-benar menikmati mengelola help desk, yang merupakan tugas yang sering kali ingin dihindari oleh anggota tim lain.”

12. Apa pencapaian terbesar Anda?

Anda dapat mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui pencapaian terbesar kandidat dan bagaimana mereka mengukur sebuah kesuksesan.

Dengan demikian, Anda dapat melihat ambisi dan dampak yang telah mereka buat pada posisi sebelumnya.

Contoh Jawaban

“Di posisi terakhir saya, saya melihat kebutuhan untuk sistem single sign-on untuk organisasi. Manajer saya memberi tahu bahwa saya bisa menyampaikan ide saya kepada COO kami dan mengatur pertemuan. Setelah saya memberikan presentasi, COO mengatakan bahwa dia menyukainya dan memberi saya izin untuk melanjutkan proyek tersebut. Sebulan kemudian, saya berhasil menerapkan SSO, dan saya menerima banyak pujian tentang seberapa bermanfaat dan lancarnya proses tersebut.”

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Pertanyaan Pencapaian Terbesar dalam Hidup

13. Di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun ke depan?

Melalui pertanyaan ini, Anda dapat memahami tujuan jangka panjang kandidat dan apakah kandidat bisa melihat perkembangan di dalam perusahaan.

Dengan demikian, Anda dapat menilai apakah ambisi kandidat sejalan dengan jenjang karir yang tersedia di perusahaan.

Contoh Jawaban

“Saya tidak tahu pasti di mana saya akan berada dalam lima tahun ke depan, tetapi saya berharap bisa memimpin tim network engineer pada saat itu, idealnya di organisasi ini.”

wawancara 5

14. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak kandidat telah meriset perusahaan dan apakah mereka memiliki motivasi yang sesuai dengan misi dan nilai-niali perusahaan.

Melalui pertanyaan tersebut, Anda dapat memahami seberapa serius dan minat kandidat terhadap posisi dan perusahaan.

Contoh Jawaban

“Saya suka bahwa misi utama organisasi ini adalah membantu wanita dan anak-anak yang rentan di seluruh dunia, dan saya akan merasa terhormat untuk menggunakan keterampilan saya untuk mendukung misi tersebut.”

15. Jelaskan proses Anda dalam menangani masalah konfigurasi jaringan.

Untuk menggali keterampilan teknis dan metode kandidat dalam menangani masalah konfigurasi jaringan, Anda dapat mengajukan pertanyaan di atas.

Melalui pertanyaan berikut, Anda dapat melihat bagaimana mereka menyelesaikan masalah pada posisi network engineer.

Contoh Jawaban

“Saya pertama-tama memeriksa tempat yang jelas di mana mungkin ada masalah: konektivitas jaringan, kerusakan perangkat keras, atau tingkat aktivitas yang tinggi. Jika area ini jelas, saya akan beralih ke alat pemantauan dan analitik untuk melihat apakah saya dapat menemukan penyebab masalahnya di sana. Jika saya tidak menemukan sesuatu dengan cepat, saya akan menghubungi rekan tim dan orang-orang di organisasi yang dapat membantu untuk meminta masukan mereka.”

Baca Juga: 10 Tips Mewawancarai Fresh Graduate untuk HRD

16. Apa ukuran jaringan yang pernah Anda rancang?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui skala dan kompleksitas jaringan yang pernah ditangani oleh kandidat.

Hal ini membantu Anda memahami pengalaman kandidat dalam merancang dan mengelola jaringan dengan berbagai ukuran dan kebutuhan.

Contoh Jawaban

“Saya telah mengatur jaringan untuk startup dengan dua orang di dalamnya dan untuk perusahaan dengan 2.000 orang, yang memberi saya perspektif unik tentang bagaimana merancang sistem untuk organisasi kecil sehingga mereka dapat dengan mudah berkembang.”

wawancara 6

17. Bagaimana Anda membuat diri Anda menjadi network engineer yang lebih baik?

Template pertanyaan interview network engineering ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kandidat berkomitmen dalam pengembangan profesional dan pembelajaran berkelanjutan.

Jawaban ini juga memberikan Anda gambaran tentang upaya kandidat dalam meningkatkan skill dan tetap relevan di bidang yang terus berkembang ini.

Contoh Jawaban

“Saya menetapkan tujuan untuk mengikuti kelas pengembangan profesional setiap bulan. Bulan lalu adalah kursus penyegaran dalam JavaScript, dan bulan ini adalah kelas tentang kolaborasi dan komunikasi. Kadang-kadang kelas-kelas ini ditawarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja, tetapi kadang-kadang saya menyelesaikannya di rumah pada malam hari atau akhir pekan.”

Baca Juga: 10 Template Pertanyaan Interview Resepsionis + Jawabannya

Kesimpulan

Menggunakan template pertanyaan interview network engineering yang komprehensif adalah langkah penting dalam menemukan kandidat yang tepat untuk posisi ini.

Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat menggali lebih dalam mengenai keahlian teknis, pengalaman praktis, dan kemampuan interpersonal kandidat.

Pastikan untuk menyesuaikan pertanyaan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda dan peran yang diinginkan.

Melalui berbagai pertanyaan tersebut, Anda akan lebih mudah memilih seorang network engineer yang tidak hanya memenuhi kriteria teknis tetapi juga cocok dengan budaya dan visi perusahaan Anda.

Untuk memperlancar proses interview kandidat network engineering, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Melalui software ini, Anda bisa lebih fokus dalam melakukan rekrutmen dengan tidak mengabaikan urusan administrasi karyawan, seperti urusan absensi, payrollESS, hingga pengelolaan BPJS.

Sebagai contoh, dengan fitur employee self service (ESS), karyawan dapat melakukan presensi secara mandiri dan mengajukan izin serta cuti dengan mudah melalui smartphone masing-masing.

Sementara itu, sebagai HR, Anda dapat melihat data kehadiran karyawan melalui analisa data dan melakukan approval cuti lewat website Gajihub.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis selama 14 hari.

Amelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *