3 Cara Upload CV di LinkedIn Paling Mudah

upload cv di linkedin

LinkedIn adalah salah satu alat paling populer di dunia untuk mencari dan melamar pekerjaan. Salah satu fitur yang dimiliki LinkedIn adalah kemudahan melamar kerja dimana Anda bisa upload CV di LinkedIn dan kirim otomatis lamaran Anda.

Membuat profil LinkedIn yang mengesankan dan menambahkan resume Anda ke platform ini, dapat menarik perhatian perekrut atau bahkan meningkatkan koneksi profesional Anda dalam beberapa langkah sederhana.

Dengan lebih dari 756 juta anggota di 200 negara, tidak mengherankan jika LinkedIn adalah salah satu alat paling populer di dunia untuk mencari dan melamar pekerjaan. Dengan membuat profil LinkedIn yang mengesankan dan upload CV Anda ke platform ini, Anda bisa menarik perhatian perekrut atau bahkan meningkatkan koneksi profesional Anda dalam beberapa langkah sederhana.

Namun, ada beberapa pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum upload CV Anda ke LinkedIn. Dalam blog ini, GajiHub akan membahas berbagai cara untuk menambahkan resume dan CV Anda ke LinkedIn dan bagaimana cara menentukan pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca selengkapnya tentang upload CV di LinkedIn selengkapnya di bawah ini:

 

Mengapa Memilih Upload CV di LinkedIn?

Linkedin

Sebelum membahas bagaimana cara upload CV di LinkedIn, pasti beberapa dari Anda bertanya mengapa memilih mengunggah CV di LinedIn? Ini dikarenakan rofil LinkedIn dan resume/CV Anda sebenarnya saling melengkapi terutama jika keduanya dibuat dengan baik.

CV Anda adalah dokumen ringkas, profesional, dan berdasarkan fakta yang dirancang untuk karier atau posisi pekerjaan tertentu yang digunakan oleh pemberi kerja untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk posisi tertentu.

Di sisi lain, profil Anda menyajikan gambaran yang lebih luas tentang diri Anda dengan menggunakan bahasa yang lebih ramah/ komunikatif dan dapat menyertakan informasi yang tidak ada di resume Anda.

Jadi, meskipun resume dan profil LinkedIn bekerja sama untuk memberikan gambaran yang lebih luas dan lengkap tentang apa yang bisa Anda berikan, pemberi kerja masih ingin melihat resume yang disesuaikan, bukan hanya profil Anda.

Dengan mengunggah CV di LinkedIn, Anda bisa dengan mudah untuk melamar pekerjaan yang dibagian di LinkedIn. Ini adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki LinkedIn.

Ini sangat mudah dimana Anda hanya perlu melalui beberapa langkah dan lamaran Anda akan terkirim ke tim rekrutmen yang sedang membuka lowongan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat LinkedIn Profile yang Menarik dan Dilirik HRD

Bagaimana Cara Upload CV di LinkedIn?

upload cv di linkedin

Anda mungkin menganggap bahwa LinkedIn adalah resume online Anda, tetapi meskipun manajer perekrutan dapat mengirimkan tautan ke profil Anda, tidak semua orang ada di LinkedIn (atau pekerjaan mereka mungkin membatasi akses), jadi tidak ada yang bisa mengalahkan dokumen resume.

Atas alasan inilah mengungguh CV di LinkedIn menjadi pilihan terbaik yang akan memudahkan melamar kerja.

Profil LinkedIn yang menarik dengan resume yang diunggah menunjukkan bahwa Anda siap untuk memulai pencarian kerja. Ketika manajer perekrutan bahkan tidak perlu menghubungi Anda untuk mengirimkan resume Anda ke meja manajer perekrutan potensial, Anda benar-benar berada di kursi pengemudi pencarian kerja.

Ketika akan mengunggah CV Anda ke LinkedIn, ada beberapa cara berbeda untuk menambahkannya ke situs tersebut. Berikut cara-cara mengunggah CV di LinkedIn yang akan dibahas di sini, yaitu sebagai berikut:

  1. Dengan menggunakan fitur “Media Unggulan”
  2. Menambakan informasi tambahan ke profil LinkedIn
  3. Menggunakan fitur “Easy Apply” atau “Melamar Mudah”

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengunggah CV di LinkedIn ini, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

1. Gunakan Fitur “Media Unggulan”

Jika Anda ingin perekrut menemukan seluruh dokumen Anda seperti yang ada di atas kertas, maka menambahkan resume atau CV Anda di LinkedIn sebagai media unggulan adalah cara termudah.

Fungsi ini memungkinkan Anda untuk melampirkan file resume Anda ke bagian Featured Media sehingga akan menjadi salah satu hal pertama yang dilihat oleh perekrut di profil LinkedIn Anda.

Pastikan CV Anda diberi judul yang jelas di bagian media unggulan. Idealnya, ini adalah dokumen yang berada paling jauh di sebelah kiri. Jika Anda memiliki dokumen lain di bagian tersebut, maka dokumen tersebut harus diletakkan di belakang.

Pertimbangkan untuk menggunakan huruf besar pada judul resume Anda agar terlihat menonjol. Berikut adalah langkah-langkah untuk melampirkan resume Anda ke LinkedIn menggunakan Media Unggulan:

1. Buka halaman profil Anda

upload cv di LinkedIn

2. Di sisi kanan dari bawah nama Anda, pilih bagian more

upload cv di LinkedIn

3. Pada menu tarik-turun pilih bagian “Built a Resume”

upload cv di LinkedIn

4. Anda bisa memilih “Create from Profile”

upload cv di LinkedIn

5. Atau bisa juga memilih “Upload Resume”

upload cv di LinkedIn

6. Jika memilih “Create from Profile” akan ada pilihan Job Title

upload cv di LinkedIn

7. Anda bisa isi data diri Anda kemudian bisa download as PDF

upload cv di LinkedIn

Kelebihan cara upload CV ini: Jika Anda ingin perekrut menemukan resume Anda secara lengkap dan utuh seperti halnya jika Anda mengirimnya melalui email, ini adalah cara terbaik untuk memastikan mereka melihatnya di LinkedIn Anda.

Kekurangan: Karena profil LinkedIn yang terbaru berisi sebagian besar elemen pada resume Anda, mengunggah resume Anda sebagai Featured Media dapat memberikan kesan bahwa Anda tidak cukup nyaman menggunakan platform ini secara maksimal.

Baca Juga: 35 Contoh Motto Profesional LinkedIn dan Cara Menulisnya

2. Menambahkan Informasi CV Anda ke Setiap Bagian LinkedIn

Jika tujuan Anda hanya untuk membagikan informasi yang ada di resume Anda dan Anda tidak peduli dengan perekrut yang melihat file yang sebenarnya, maka mentransfer pengalaman Anda ke setiap bagian LinkedIn dan bukannya menambahkan resume yang sebenarnya ke LinkedIn adalah cara terbaik.

Mungkin akan terlihat sedikit malas untuk menyalin/menempel resume Anda ke setiap bagian. LinkedIn menawarkan lebih banyak ruang untuk mendeskripsikan pengalaman Anda, jadi pertimbangkan untuk menambahkan apa yang ada di resume Anda. Anda juga harus membuat informasi di profil LinkedIn Anda seumum mungkin untuk menarik berbagai minat dari berbagai perusahaan. Profil LinkedIn Anda tidak boleh terlalu sempit.
Berikut ini cara untuk melakukannya:

1. Buka profil Anda

upload cv di LinkedIn

2. Di bawah profil Anda pilih “Tambah Bagian Profil”

unggah resume

3. Gunakan menu tarik-turun untuk menavigasi ke semua bagian yang tersedia, termasuk “Pengalaman Kerja”, “Keterampilan”, dan “Pendidikan”

resume

4. Salin informasi dari resume Anda ke dalam kotak yang sesuai di LinkedIn

resume

Singkatnya, selalu ingat bahwa profil LinkedIn yang bagus sering kali (tidak selalu) menjalankan fungsi resume!

Kelebihan: Ini adalah cara yang dimaksudkan untuk digunakan di LinkedIn, jadi metode ini berfungsi untuk memberikan gambaran lengkap tentang jalur karier Anda dan juga menunjukkan bahwa Anda merasa nyaman dengan platform ini.

Kekurangan: Ini bukanlah cara yang seharusnya Anda gunakan untuk mengirimkan resume Anda saat melamar pekerjaan.

Baca Juga: 11 Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Peran Data Analyst

3. Menggunakan Fitur “Easy Apply” dari LinkedIn

Dengan ribuan lowongan pekerjaan dalam feed yang dirancang khusus, tidak heran jika LinkedIn menjadi salah satu cara paling populer untuk mencari dan melamar pekerjaan. LinkedIn memudahkan Anda untuk menambahkan resume Anda melalui fitur “Easy Apply”.

Opsi ini hanya tersedia untuk perusahaan yang memilihnya, jadi jika tidak ada tombol biru “Easy Apply” di bagian atas postingan, maka Anda harus membuka situs web perusahaan untuk melamar secara langsung. Anda harus menyadari bahwa lamaran Anda tidak akan dapat disesuaikan sebanyak yang Anda inginkan dengan opsi ini.

Mengirim surat lamaran khusus langsung ke departemen SDM atau manajer perekrutan akan memungkinkan Anda untuk tetap memegang kendali atas lamaran Anda, namun hal ini dapat dilakukan di kemudian hari dengan metode ini

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah CV dengan cara melamar mudah:

1. Buka bagian pekerjaan dimana Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan

resume

2. Arahkan ke pekerjaan yang Anda inginkan

upload cv di linkedin

3. Klik tombol “Melamar Mudah” yang terletak tepat di bawah tajuk lowongan

resume

4. Isi data diri Anda yang terdiri dari identitas diri, pilih berikutnya

resume

5. Isi informasi tambahan berikutnya

resume

6. Pilih upload resume atau bisa gunakan resume yang ada

upload cv di linkedin

7. Kemudian pilih “Tinjau” untuk mengirim lamaran yang ada di bagian bawah

upload cv di linkedin

Kelebihan cara ini adalah cara terbaik untuk mengunggah dan mengirim resume Anda saat melamar pekerjaan di LinkedIn.

Kekurangan: Karena Anda hanya mengirimkan resume melalui LinkedIn ke satu perusahaan atau lowongan kerja, resume Anda tidak akan dilihat oleh perekrut lain yang menemukan profil Anda.

Sebaiknya Anda melamar melalui beberapa saluran jika memungkinkan. Anda bisa dengan mudah melamar melalui LinkedIn dan juga mengirimkan resume Anda melalui jalur yang biasa digunakan oleh perusahaan. Lihatlah bagian lowongan di situs web mereka.

Biasanya akan ada alamat email di mana kamu bisa mengirimkan resume dan surat lamaran.

Baca Juga: 15 Tips LinkedIn Content Writer untuk Menarik Klien dan Rekruter

Apa Saja Tips Upload CV di LinkedIn?

upload cv di linkedin

Perekrut dan manajer perekrutan menghabiskan banyak waktu di LinkedIn selama pencarian kerja. Meskipun profil Anda harus menarik, Anda harus tahu bahwa halaman perekrutan perusahaan juga akan dipantau secara teratur.

Mereka akan berinvestasi dalam langganan LinkedIn Recruiter, jadi setiap lamaran akan dihargai. Namun berhati-hatilah, pastikan bahwa profil Anda sudah 100% siap sebelum Anda mengirimkan resume LinkedIn Anda.

Anda bisa yakin bahwa mereka akan melihat profil Anda saat mereka menerima lamaran. Jangan ambil langkah yang terburu-buru. Berikut tips buat Anda yang ingin mengunggah CV Anda di LinkedIn:

  • Ada beberapa metode untuk menambahkan resume Anda ke profil LinkedIn Anda, termasuk menggunakan opsi Featured Media, melampirkannya dalam sebuah postingan atau menambahkannya satu per satu ke profil Anda.
  • Secara umum, Anda tidak perlu mengunggah PDF resume Anda ke LinkedIn, karena situs ini sudah memiliki bagian bawaan untuk informasi tersebut.
  • Fitur Easy Apply memungkinkan Anda untuk mengirimkan resume Anda secara langsung ke perusahaan yang memilihnya.
  • Meskipun tidak ada cara untuk menjamin atasan Anda tidak akan melihat resume Anda di LinkedIn, ada beberapa cara untuk meminimalkan kemungkinan tersebut.

gajihub 1

Baca Juga: 11 Cara dan Tips LinkedIn Untuk Peran Sales

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara upload CV di LinkedIn. Hingga saat ini LinkedIn merupakan platform terbaik untuk membangun personal branding, jadi buat Anda yang ingin membangun karir wajib menggunakan LinkedIn ini.

Mengunggah CV di LinkedIn menjadi pilihan terbaik karena dengan melakukan ini Anda bisa dengan mudah melamar pekerjaan impian Anda.

Bagi perusahaan jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan ini.

GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *