Skill Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkan

skill marketing

Marketing skill saat ini menjadi kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Memiliki kemampuan di bidang pemasaran ini akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

Bagaimana pun setiap bisnis pasti membutuhkan seseorang dengan marketing skill untuk mengisi posisi di perusahaan. Mereka akan bertugas memasarkan produk yang dimiliki perusahaan hingga bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Bisa dibilang marketer adalah orang dengan garda terdepan. Tanpa mereka produk yang dimiliki bisnis tidak akan dikenal secara luas.

Lalu apa saja skill yang dibutuhkan dalam bidang marketing ini? Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai skill marketing

Apa yang Dimaksud dengan Skill Marketing?

skill marketing

Skill marketing merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk memasarkan suatu produk sehingga produk tersebut dikenal secara luas dan penjualan mengalami peningkatan. Kemampuan ini pada akhirnya akan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan perusahaan.

Ada beberapa aspek yang ada dalam keterampilan pemasaran yakni mulai dari pemahaman tentang konsumen, strategi pemasaran, pengetahuan terkait produk, hingga kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat disebut sebagai seorang marketer. Seorang marketer atau pemasar wajib memiliki pemahaman mengenai konsumen, mulai dari memahami kebutuhan, keinginan, dan perilaku konsumen sehingga bisa membuat strategi yang tepat untuk memasarkan produk.

Dengan keterampilan pemasar, seorang profesional dapat mempresentasikan produk dan ide kepada calon pelanggan, investor, dan anggota tim. Mereka dapat menggunakan keterampilan pemasaran ini untuk membangun merek, menjelaskan merek tersebut, mengidentifikasi target pasar dan menjual produk di pasar.

Keberhasilan mereka tercermin dari peningkatan pendapatan melalui penjualan.

Baca Juga: Critical Thinking Skill: Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Mengapa Skill Marketing Ini Penting?

skill marketing

Memiliki keterampilan di bidang pemasaran menjadi sesuatu yang penting. Berikut beberapa alasan mengapa memiliki keterampilan di bidang pemasaran ini penting:

1. Untuk Branding

Alasan pertama mengapa memiliki keterampilan di bidang pemasaran ini penting adalah karena marketing berhubungan dengan branding atau membangun merek sebuah bisnis atau perusahaan.

Dengan pembangunan merek yang kuat, bisnis bisa mendapatkan manfaat seperti meningkatkan kesadaran merek, loyalitas pelanggan, hingga merek dapat bersaing dengan kompetitor dengan baik.

Untuk branding yang kuat dibutuhkan kemampuan untuk memahami konsumen dan pasar, mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, hingga dapat mempromosikan bisnis dengan baik.

Semua kemampuan tersebut dapat ditemukan ketika seseorang memiliki keterampilan di bidang pemasaran.

2. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Dengan kemampuan di bidang marketing, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bagaimana pun pemasaran merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan produk ke pasar hingga konsumen tertarik untuk membeli.

Tim marketing biasanya akan memiliki cara yang tepat dan efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis ini. Dengan keterampilan yang dimilikinya, seorang marketer bisa mengubah produk yang awalnya tidak menarik menjadi menarik untuk dibeli.

Baca Juga: Conceptual Skill: Manfaat, Contoh Skill, dan Cara Mengembangkan

3. Identifikasi Peluang Pasar

Pemasar atau marketer juga mampu mengidentifikasi peluang pasar, seperti memahami pasar yang ditargetkan, kebutuhan konsumen, hingga cara terbaik untuk mempromosikan produk.

Dengan melakukan identifikasi pasar ini, seorang pemasar dapat menemukan peluang baru sehingga produk bisa lebih dikenal dan dapat bersaing dengan kompetitor.

4. Membuat Strategi yang Tepat

Untuk mempromosikan produk dengan baik, seorang marketer harus mampu membuat strategi yang tepat. Strategi ini mencakup bagaimana Anda akan memperkenalkan produk sehingga menarik perhatian konsumen.

Dengan skill yang dimiliki oleh tim marketer, bisnis bisa menemukan strategi yang tepat untuk produk yang akan dipasarkan.

5. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Seorang pemasar dapat membantu bisnis membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini dikarenakan marketer tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan, sehingga pelanggan dapat merasa dimengerti dan dari sinilah hubungan baik dapat terjalin.

Salah satu teknik yang sering digunakan oleh pemasar ini adalah riset pasar atau survei kepuasan pelanggan. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, pada akhirnya bisnis dapat menggunakan strategi yang tepat untuk menjangkau pelanggan.

Baca Juga: Skill Public Speaking, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Apa Saja Contoh Skill Marketing?

skill marketing

Dengan pentingnya peran tim pemasaran ini, apakah Anda tertarik untuk memiliki keterampilan pemasaran ini? Lalu apa saja contoh dari skill pemasaran ini?

Berikut contoh dari keterampilan di bidang pemasaran yang bisa Anda tingkatkan untuk berkarir di bidang pemasaran ini:

1. Komunikasi

Komunikasi sangat penting saat mempresentasikan produk atau layanan Anda kepada calon klien atau customer. Saat mendesain produk atau layanan, Anda juga perlu mengomunikasikan ide Anda untuk memastikan bahwa tim memahami visi Anda.

Anda harus bisa mengomunikasi setiap kebutuhan Anda di dalam tim, karena tanpa adanya komunikasi ini tim Anda tentunya tidak bisa memahami apa yang Anda butuhkan.

Anda juga perlu memberikan umpan balik saat proyek berkembang. Setelah produk itu sendiri selesai, naskah yang menyertainya harus efektif dalam mengkomunikasikan kualitas produk dan mengapa klien harus membelinya.

Naskah ini bisa berupa naskah untuk iklan, postingan media sosial, atau desain papan reklame.

Keterlibatan konsumen adalah bagian penting dari pemasaran sehingga kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sama pentingnya. Tugas pemasaran lainnya yang membutuhkan keterampilan komunikasi termasuk menulis email pemasaran, membuat survei konsumen, mengusulkan ide-ide baru, dan menulis laporan untuk dipresentasikan kepada investor.

2. Kreativitas

Kreativitas menjadi contoh skill marketing yang diperlukan agar pemasaran berhasil melibatkan konsumen dan menjual produk atau ide Anda. Profesional pemasaran perlu bekerja sama dengan anggota tim untuk menciptakan ide produk yang menarik dan menghasilkan materi iklan yang menarik.

Anda harus memiliki pemahaman tentang apa yang mungkin berhasil dan memikirkan ide-ide orisinal. Tugas pemasaran yang membutuhkan kreativitas termasuk mengembangkan siaran pers, perencanaan acara, mengembangkan konsep, dan mengevaluasi potensi produk.

3. Berpikir Kritis

Profesional pemasaran membutuhkan keterampilan berpikir kritis yang kuat untuk memecahkan masalah yang dapat muncul selama proses kreatif dan produksi. Misalnya, jika diperlukan lebih banyak kesadaran merek, maka pemasar perlu menyarankan dan mengembangkan solusi.

Keterampilan berpikir kritis akan digunakan untuk mengidentifikasi di mana letak masalahnya dan mengatasinya. Anda harus memahami mengapa sebuah ide bisa berhasil dan mengapa ide tersebut tidak bisa atau saat ini tidak berhasil.

Seorang pemasar juga harus bisa menerima umpan balik negatif dan menyesuaikan strategi mereka untuk mengatasi kinerja yang buruk.

Baca Juga: Skill Issue: Arti, Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasinya

4. Analisis

Kemampuan analitis adalah keterampilan pemasaran yang utama. Anda harus selalu mengikuti perkembangan tren konsumen dan mampu menganalisisnya secara efektif.

Seorang pemasar perlu mempelajari apa yang dicari orang untuk membuat kampanye pemasaran yang akan memberikan engagement tinggi. Alat analisis modern memungkinkan pemasar untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan rincian rinci tentang kampanye konsumen.

Hal ini melibatkan analisis pasar dan data, serta pemahaman tentang cara memasukkan temuan Anda ke dalam strategi masa depan. Tugas pemasaran yang membutuhkan keterampilan analitis termasuk menganalisis demografi, mengidentifikasi target pasar, melakukan riset pasar, dan menentukan harga eceran.

5. Media Sosial

Di era digital, media sosial adalah bagian penting dari kampanye pemasaran. Jika Anda ingin mengembangkan karier di bidang pemasaran, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang media sosial dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Miliaran orang menggunakan platform media sosial, menyediakan audiens yang berpotensi sangat besar untuk kampanye dan produk. Pemasar perlu mengetahui cara membangun kehadiran digital dan menggunakan media sosial untuk menumbuhkan keterlibatan konsumen.

pemasaran

6. SEO

Pengoptimalan mesin pencari atau Search Engine Optimalization (SEO) adalah proses mengarahkan lalu lintas ke situs web dan mencapai peringkat tinggi di mesin pencari. Idealnya, ketika konsumen mencari produk atau layanan yang serupa dengan Anda, mereka akan melihat produk Anda sebelum produk pesaing.

Mereka mungkin akan melihat ulasan untuk produk Anda, jadi SEO adalah bagian penting dalam membangun reputasi merek Anda. Pemasar perlu membuat konten berharga yang menjawab kebutuhan konsumen.

Banyak alat online yang berfokus pada menemukan kata kunci dan istilah pencarian yang sesuai dengan keterlibatan tinggi.

Baca Juga: Skill Programming: Arti, Manfaat, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

7. CMS

Banyak perusahaan akan menggunakan sistem manajemen konten atau Content Management System (CMS) untuk mempublikasikan konten. Jika Anda memiliki pengalaman menggunakan CMS, ada baiknya mencantumkannya di CV Anda untuk membantu Anda lebih menonjol dibandingkan pelamar lainnya.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman, akan sangat bermanfaat untuk membiasakan diri Anda dengan sistem manajemen konten yang populer untuk menambahkan keterampilan penting lainnya yang dapat Anda tawarkan kepada calon pemberi kerja.

8. CRM

Perusahaan juga membutuhkan profesional pemasaran yang memiliki pengalaman dengan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Alat penting ini membantu perusahaan mengelola interaksi dengan konsumen.

erangkat lunak CRM berfungsi sebagai jembatan antara departemen penjualan dan layanan pelanggan.

9. Email Marketing

Pemasaran email adalah salah satu metode paling efektif yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran akan produk dan layanannya. Contohnya adalah ketika orang mendaftar ke milis untuk menerima penawaran khusus dari merek favorit mereka.

Mengetahui cara mendapatkan pelanggan email dan cara memanfaatkannya secara efektif tanpa mengirim terlalu banyak pesan adalah bagian penting dari pemasaran digital di era digital.

10. Perilaku Konsumen

Bagian penting dari setiap kampanye adalah mengidentifikasi dan memahami kebutuhan dan kebiasaan target pasar.

Pemasar yang memahami target pasar akan selalu dihargai oleh perusahaan. Tren pembelian konsumen sering kali dianalisis untuk membantu kampanye merek dan ide produk.

gajihub 3

Baca Juga: Person In Charge: Arti, Tugas, Skill Penting, dan Contohnya

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Marketing?

pemasaran

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemasaran Anda untuk memulai atau memajukan karier pemasaran Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk meningkatkan skill marketing Anda:

1. Mintalah Saran

Jangan pernah menghindar dari kritik yang membangun dan mengidentifikasi kemampuan terbaik Anda dan kemampuan yang perlu ditingkatkan. Anda dapat melakukan ini dengan meminta saran dari kolega, manajer, dan rekan industri tentang cara meningkatkan kemampuan Anda.

Sangat penting untuk mendengarkan umpan balik, terlebih lagi jika umpan balik tersebut negatif, untuk meningkatkan strategi Anda.

2. Belajarlah dari Orang Lain

Jika Anda sudah bekerja di bidang pemasaran, Anda akan mendapatkan wawasan yang berharga dengan melihat bagaimana rekan kerja bekerja atau mengamati proyek untuk melihat bagaimana keterampilan dipraktikkan.

Anda juga bisa meneliti teknik-teknik baru untuk kampanye pemasaran dan menerapkannya pada proyek-proyek saat ini.

3. Diversifikasi

Anda mungkin sudah tahu banyak tentang pemasaran, namun untuk terus berkembang, penting untuk meneliti kemajuan di bidang ini dan menemukan keterampilan yang dapat membantu pekerjaan Anda.

Hal ini mungkin termasuk belajar mengedit video, berlatih menggunakan perangkat lunak baru, atau menemukan cara baru untuk berinteraksi dengan konsumen.

4. Sempurnakan Keterampilan Anda

Tuliskan keterampilan Anda saat ini dan putuskan keterampilan mana yang harus Anda tingkatkan. Misalnya, jika Anda kompeten dalam satu platform media sosial, Anda dapat mempelajari platform lainnya.

Hal ini akan memperkuat keterampilan Anda yang sudah ada dan menunjukkan kemampuan beradaptasi dan inisiatif.

5. Mencari Peluang

Selalu cari peluang baru untuk menantang keterampilan Anda yang sudah ada. Hal ini dapat mencakup menjadi sukarelawan untuk berbagai peran atau meminta kesempatan kepemimpinan untuk mendapatkan kompetensi dalam berbagai keterampilan.

Baca Juga: Pengertian Upskilling, Manfaat, Teknik, dan Cara Mengembangkan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai skill marketing yang wajib untuk Anda pahami. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa skill marketing menjadi keterampilan yang penting, terlebih di era digital seperti saat ini.

Para marketer atau orang yang ada di bidang pemasaran akan menemukan cara paling efektif untuk memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga konsumer tertarik membeli.

Karyawan yang memiliki keterampilan pemasaran ini adalah aset berharga dari perusahaan, oleh karenanya penting bagi Anda untuk mendukung aset berharga ini dengan melakukan pengelolaan karyawan yang baik.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *