Skill Komunikasi: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

skill komunikasi

Skill komunikasi menjadi kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Seperti yang telah diketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial dan butuh interaksi satu sama lain.

Komunikasi menjadi media manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Tidak hanya itu, skill komunikasi ini juga sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Di dunia kerja, ketika seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan lebih mudah dalam menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, hingga customer. Skill komunikasi ini akan membantu orang tersebut menyampaikan maksud dan tujuan secara tepat dan efektif.

Lalu bagaimana cara mengembangkan skill komunikasi ini? Apa saja jenis-jenis yang dimiliki keterampilan komunikasi ini?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai skill komunikasi. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Pengertian dari Skill Komunikasi?

skill komunikasi

Komunikasi diartikan sebagai tindakan yang dilakukan untuk menyampaikan atau berbagi ide dan perasaan. Kegiatan komunikasi ini dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi dengan sesama manusia, hingga berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa.

Berkomunikasi dengan sesama manusia mengacu pada kemampuan untuk menyampaikan informasi secara efektif. Jika keterampilan komunikasi Anda baik, pesan yang dimaksudkan akan dipahami oleh penerima.

Beberapa ahli sepakat bahwa keterampilan komunikasi meliputi:

  • Menyampaikan pesan tanpa salah tafsir atau menyesatkan orang lain.
  • Berkomunikasi secara efektif dengan berbagai orang dari berbagai kalangan.
  • Beranjak dari komunikasi santai atau informal ke komunikasi formal.
  • Menunjukkan penguasaan dan penguasaan bahasa.

Dari penjelasan ini, tidak mengherankan jika komunikasi yang efektif dan keterampilan interpersonal adalah beberapa keterampilan utama yang dicari oleh pemberi kerja untuk mengisi posisi di perusahaan.

Hal-hal seperti mendengarkan secara aktif, artikulasi yang jelas, bahasa tubuh yang tepat, dan kemampuan untuk menyesuaikan gaya komunikasi Anda dengan situasi dan audiens yang berbeda, semuanya dapat menjadi penentu di tempat kerja.

Kemampuan komunikasi yang kuat sangat penting untuk membangun hubungan, menyelesaikan konflik, dan mencapai kesuksesan pribadi dan profesional.

Baca Juga: Skill Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkan

Apa Saja Jenis-Jenis Skill Komunikasi?

skill komunikasi

Ada empat jenis komunikasi yang sering digunakan di tempat kerja. Apa saja jenis-jenis komunikasi ini?

Berikut penjelasannya:

1. Komunikasi Verbal

Jenis komunikasi yang pertama adalah komunikasi verbal. Komunikasi verbal melibatkan pertukaran informasi secara lisan.

Keterampilan untuk komunikasi verbal yang efektif meliputi mendengarkan secara aktif, artikulasi yang jelas, dan singkat.

2. Komunikasi Tertulis

Apa pun yang perlu Anda tulis, seperti email, laporan, proposal, dan dokumen lainnya, adalah bentuk komunikasi tertulis. Kejelasan, tata bahasa yang tepat, dan nada yang sesuai sangat penting untuk komunikasi tertulis yang efektif.

3. Komunikasi Visual

Apakah Anda seorang desainer grafis atau manajer proyek yang mengerjakan presentasi? Jika iya, komunikasi visual adalah alat yang perlu Anda kuasai.

Ini dapat mencakup bagan, grafik, diagram, dan presentasi, serta infografis, spanduk pemasaran, ilustrasi, atau bahkan foto.

4. Komunikasi Nonverbal

Bentuk komunikasi yang terakhir dan kurang jelas meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerak tubuh, dan isyarat non-verbal lainnya yang dapat mengkomunikasikan emosi, sikap, dan pesan-pesan yang mendasarinya.

Dua keterampilan yang paling penting untuk bentuk komunikasi ini adalah kesadaran diri dan empati.

Baca Juga: Skill Test: Arti, Prinsip, dan Manfaatnya bagi Karyawan

Apa Saja Manfaat dari Skill Komunikasi?

keterampilan

Komunikasi memengaruhi segalanya, mulai dari lingkungan yang Anda bina dengan rekan kerja hingga cara Anda menulis resume untuk melamar pekerjaan yang potensial.

Idealnya, komunikasi di tempat kerja harus menciptakan arus informasi yang bebas yang mengalir di antara berbagai pemangku kepentingan di semua tingkat organisasi dan membantu menghasilkan hasil yang berdampak.

Beberapa manfaat dari komunikasi yang efektif di tempat kerja antara lain:

  • Peningkatan produktivitas
  • Meningkatnya semangat kerja
  • Kepuasan karyawan yang lebih tinggi
  • Kepercayaan yang lebih besar terhadap manajemen
  • Kerja sama tim yang lebih kuat
  • Keterlibatan karyawan yang lebih tinggi

Selain memberikan manfaat, nyatanya tidak semua komunikasi bisa dilakukan secara efektif. Ketika komunikasi yang dilakukan kurang efektif dapat menyebabkan:

  • Berkurangnya produktivitas
  • Ketidakpuasan karyawan yang lebih tinggi
  • Ketidakpercayaan pada manajemen
  • Tingkat kelelahan karyawan yang lebih tinggi
  • Tingkat pergantian karyawan yang lebih tinggi

Sebuah studi global dari perusahaan konsultan sumber daya manusia profesional bahkan menghitung angkanya, dan menemukan bahwa perusahaan dengan strategi komunikasi internal yang efektif 3,5 kali lebih mungkin mengungguli perusahaan-perusahaan lain.

Jadi, ketika perusahaan mempekerjakan komunikator yang baik, mereka juga berinvestasi untuk kesuksesan jangka panjang. Sangat mudah untuk melihat bahwa keterampilan komunikasi sangat penting dan akan terus menjadi penting yang berarti Anda harus mulai meningkatkan keterampilan Anda secepatnya.

gajihub 3

Baca Juga: Conceptual Skill: Manfaat, Contoh Skill, dan Cara Mengembangkan

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Komunikasi?

skill komunikasi

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan skill komunikasi Anda:

1. Beranikan Diri Bicara di Depan Umum

Cara meningkatkan skill komunikasi yang pertama adalah dengan memberanikan diri berbicara di depan umum. Jika Anda ingin kemampuan komunikasi Anda meningkat, Anda harus memberanikan diri Anda untuk bicara di depan umum.

Memang bagi beberapa orang, bicara di depan umum bisa menjadi hal yang memalukan. Namun dengan memberanikan diri, berbicara di depan umum bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda.

Jadi, Anda tidak perlu malu. Gunakan kesempatan bicara di depan umum dengan baik demi peningkatan kemampuan Anda dalam berkomunikasi.

2. Pahami Dasar Komunikasi Non-verbal

Untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasi Anda, penting bagi Anda untuk memahami dasar komunikasi non-verbal. Ketika Anda bisa memahami dasar dari komunikasi non-verbal ini, orang lain di tempat kerja Anda dapat memandang Anda dengan pandangan nyaman ketika Anda sedang berbicara.

Jangan lupa untuk menatap mata audiens saat Anda sedang berbicara. Hindari postur tubuh dan gerakan tubuh yang tidak dibutuhkan ketika Anda sedang berbicara.

Anda bisa memperlihatkan raut wajah yang menyenangkan dan hindari raut wajah murung.

3. Lebih Aktif Mendengarkan

Jika Anda ingin meningkatkan skill komunikasi Anda, penting bagi Anda untuk lebih aktif mendengarkan orang lain. Anda bisa belajar cara berkomunikasi yang baik dengan lebih banyak mendengar.

Aktif mendengarkan orang lain juga sebagai bentuk menghargai ucapan orang lain. Ketika Anda berada di tempat kerja, dengarkan rekan kerja dan atasan Anda dengan baik.

Pastikan Anda mendengarkan apa yang dibicarakan mereka secara keseluruhan dan berilah respon ketika mereka telah selesai berbicara. Ini adalah cara belajar meningkatkan kemampuan komunikasi Anda, bahkan tanpa Anda sadari.

Baca Juga: Critical Thinking Skill: Bagaimana Cara Meningkatkannya?

4. Ketahui Siapa Audiens Anda

Setiap audiens memiliki cara pandang yang berbeda-beda, jadi ketika Anda ingin meningkatkan kemampuan komunikasi Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui siapa audiens Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin melakukan presentasi di depan klien dan atasan, maka pahami bagaimana karakter dari audiens Anda agar Anda bisa menyampaikan materi presentasi dengan baik dan efektif.

5. Perluas Relasi Anda

Memperluasa relasi juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan skill komunikasi Anda. Semakin Anda bertemu dengan banyak orang, semakin Anda memiliki banyak referensi dalam berkomunikasi.

Selain itu, dengan luasnya relasi Anda, Anda juga bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas dari orang-orang yang Anda kenal.

6. Minta Pendapat dari Orang Lain

Mintalah pendapat orang lain ketika Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Bagaimana pun kemampuan komunikasi adalah tentang berinteraksi dengan orang lain, jadi pendapat orang lain sangatlah penting.

Mereka dapat melihat dan menilai bagaimana cara Anda dalam berkomunikasi. Maka lakukan ini.

Mintalah pendapat dari orang-orang di sekitar Anda, bisa dari keluarga, rekan kerja, teman, ataupun atasan. Dengan adanya pendapat dari mereka, nantinya Anda akan tahu bagian mana saja yang perlu Anda perbaiki.

Baca Juga: Skill Issue: Arti, Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasinya

7. Berikan Umpan Balik

Selain meminta pendapat kepada orang lain, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi Anda dengan memberikan pendapat atau umpan balik kepada orang lain.

Ketika Anda memberikan umpan balik kepada rekan kerja, Anda bisa memberikan motivasi kepada rekan kerja Anda. Selain itu dengan memberikan umpan balik, Anda juga bisa melatih diri Anda untuk berkomunikasi dengan pemilihan kalimat yang tepat.

8. Berpikir Sebelum Berbicara

Penting bagi Anda untuk berpikir sebelum Anda berbicara. Anda perlu memikirkan apa yang akan Anda katakan sebelum kata-kata tersebut keluar dari mulut Anda.

Ini dilakukan untuk meminimalisir penggunakan kata atau kalimat yang kurang tepat. Selain itu, dengan berpikir sebelum berbicara juga akan menghindari Anda menyakiti orang lain lewat perkataan Anda.

9. Hindari Melakukan Interupsi

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda adalah dengan menghindari melakukan interupsi ketika orang lain sedang berbicara. Ini dikarenakan untuk dapat memahami apa yang dibicarakan orang lain, Anda tidak boleh melakukan interupsi ketika orang lain sedang bicara.

Dengan tidak melakukan interupsi ini, Anda juga dengan sendirinya telah memberikan respon yang berkualitas kepada orang tersebut.

Baca Juga: Skill Public Speaking, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

10. Gunakan Intonasi yang Tepat

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, Anda bisa menggunakan intonasi yang tepat saat berbicara. Bagaimana pun intonasi ini akan menunjukan bagaimana emosi Anda ketika sedang berbicara.

Lawan bicara Anda bisa memberikan respon yang berbeda ketika Anda salah memberikan intonasi. Jadi, berikan intonasi yang sesuai dengan maksud dan tujuan Anda.

11. Bicara to The Point

skill komunikasi

Pada umumnya, orang tidak suka dengan orang yang berbicara terlalu bertele-tete. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda, bicaralah to the point atau langsung ke bagian inti yang ingin Anda bicarakan.

Hal ini untuk membuat audiens lebih mudah dalam memahami apa yang Anda bicarakan. Anda bisa menghindari penggunaan kiasan atau istilah yang sulit dimengerti.

Dengan begitu, apa yang Anda sampaikan bisa langsung dipahami orang lain dan komunikasi menjadi lebih efektif.

12. Perhatikan Kecepatan Berbicara

Agar pesan yang Anda sampaikan saat berkomunikasi dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara, Anda wajib memperhatikan kecepatan Anda dalam berbicara.

Anda harus tahu kapan harus berhenti berbicara, meningkatkan ucapan Anda, hingga kapan Anda harus memperlambat ucapan Anda.

Jangan sampai karena Anda bicara terlalu cepat, apa yang ingin Anda sampaikan tidak diterima dengan baik oleh lawan bicara atau audiens Anda.

Baca Juga: Skill Programming: Arti, Manfaat, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

13. Jangan Berasumsi Sendiri

Hindari membuat asumsi sendiri. Asumsi akan membuat Anda memiliki pendapat yang bisa jadi tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Daripada berasumsi sendiri, Anda bisa menanyakan secara langsung kepada rekan kerja Anda. Tidak berasumsi sendiri juga dapat membantu Anda dalam meminimalisir salah paham atau miskomunikasi dengan orang lain.

14. Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Tahukah Anda bahwa bahasa tubuh itu penting dalam berkomunikasi? Mungkin ini tampak sepele, namun bahasa tubuh Anda bisa mendukung apa yang Anda sampaikan kepada orang lain.

Jika Anda ingin apa yang ingin Anda sampaikan diterima dengan baik, Anda bisa mendukungnya dengan bahasa tubuh yang tepat. Bahasa tubuh yang bisa Anda gunakan selain menggunakan lisan adalah dengan mata, tangan, hingga posisi tubuh Anda.

15. Percaya Dirilah

Terakhir adalah tetap percaya diri dengan diri Anda. Memang saat untuk meningkatkan skill komunikasi ini bukanlah hal yang mudah dan butuh keberanian.

Apalagi bagi Anda yang selama ini sering merasa malu untuk berbicara dengan orang lain, terlebih ketika harus berbicara di hadapan banyak orang. Namun percayalah, bahwa tidak semua orang memperhatikan apa yang Anda dan tetap percaya dirilah.

Tanpa adanya rasa percaya diri, Anda tidak akan bisa berkembang. Termasuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi Anda.

Baca Juga: Skill Programming: Arti, Manfaat, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai skill komunikasi yang wajib untuk Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa skill komunikasi menjadi keterampilan yang sangat penting yang akan membantu Anda membangun interaksi dengan rekan kerja dan atasan di tempat Anda bekerja.

Anda bisa mulai meningkatkan skill komunikasi Anda dengan cara memberanikan diri berbicara di depan umum dan percaya dirilah, karena percaya diri menjadi kunci tersampaikannya apa yang Anda katakan kepada orang lain.

Perusahaan juga bisa mendukung peningkatan skill karyawan dengan melakukan pengelolaan karyawan yang baik. Pengelolaan karyawan yang baik akan membuat karyawan terhubung dengan mudah dan dapat berinteraksi dengan baik satu sama lain.

Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *