Manajemen Komunikasi: Ini Metode, dan Cara Penerapannya

manajemen komunikasi

Di dalam perusahaan, komunikasi memegang peranan penting yang akan mendukung keberhasilan. Perusahaan harus bisa menerapkan manajemen komunikasi untuk mendukung komunikasi di perusahaan.

Seperti yang diketahui, keberhasilan kerja sama tim akan ditentukan bagaimana komunikasi mereka. Tanpa komunikasi yang baik, maka dapat terjadi kesalahpahaman yang akan membuat tim sulit bekerja sama dengan baik.

Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen komunikasi? Bagaimana cara menerapkan manajemen komunikasi di perusahaan?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai manajemen komunikasi. Anda dapat membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Pengertian Manajemen Komunikasi?

manajemen komunikasi

Manajemen komunikasi melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan peningkatan proses komunikasi dalam tim atau organisasi. Ada dua jenis komunikasi, internal dan eksternal. Manajemen komunikasi internal mengacu pada penyampaian pesan di dalam sebuah organisasi, seperti bertukar informasi antara pemimpin, peserta dan anggota tim.

Komunikasi eksternal berfokus pada kerja sama antara dua atau lebih perusahaan atau organisasi. Hal ini dapat membangun hubungan antara perusahaan dan target audiensnya, seperti vendor, konsumen, dan media, untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada para pemangku kepentingan ini.

Komunikasi juga dapat bersifat interpersonal dan organisasional. Komunikasi interpersonal terjadi ketika anggota organisasi berpartisipasi dalam diskusi proyek, seperti ketika dua atau lebih karyawan merencanakan strategi pemasaran produk mereka bersama-sama.

Komunikasi organisasi terjadi ketika dua atau lebih organisasi berkomunikasi satu sama lain. Hal ini terjadi di tingkat tertinggi perusahaan dan membutuhkan informasi untuk mengalir dari satu organisasi ke organisasi lainnya.

Organisasi seperti organisasi nirlaba, perusahaan, dan badan pemerintah menggunakan jenis komunikasi ini.

Baca Juga: Manajemen Logistik: Manfaat, Jenis, Tahapan, dan Tipsnya

Apa Saja Metode dalam Mengelola Komunikasi?

manajemen komunikasi

Berikut ini adalah beberapa metode untuk mengelola komunikasi dalam sebuah organisasi:

1. Buletin perusahaan

Buletin adalah bagian komunikasi elektronik yang dicetak dan digunakan organisasi untuk komunikasi internal dan eksternal. Perusahaan membagikan buletin kepada karyawan, pelanggan, pemasok, audiens target, dan anggota komunitas untuk memberikan rincian kegiatan, berita terbaru, dan informasi terbaru tentang perusahaan.

Membuat buletin membantu organisasi mempromosikan produk dan layanan, meningkatkan tingkat keterbukaan dan klik-tayang email, serta mendapatkan audiens baru.

2. Buku panduan pelatihan

Buku panduan pelatihan adalah panduan perusahaan yang dibagikan kepada karyawan untuk menyampaikan nilai-nilai organisasi dan meningkatkan kemampuan, kapabilitas, dan produktivitas mereka.

Buku panduan ini membantu perusahaan menginformasikan kepada karyawan baru dan peserta pelatihan tentang program pelatihan, mengatur dan mengefektifkan sesi pelatihan, serta membangun budaya belajar. Buku panduan ini juga dapat berisi informasi yang relevan dan instruksi terkait profil yang mungkin diperlukan karyawan di masa mendatang.

Baca Juga: Cara Mengurangi Miskomunikasi di Tempat Kerja

3. Papan proyek

Papan proyek menampilkan pekerjaan yang direncanakan, sedang berjalan dan yang telah selesai dalam suatu organisasi. Bergantung pada ukuran proyek, banyak perusahaan menggunakan papan proyek untuk menyoroti rincian proyek tertentu dan tahap pengembangannya, termasuk tahap proyek saat ini, langkah selanjutnya dan tujuan jangka panjangnya.

Banyak organisasi menggunakan papan proyek digital untuk mengomunikasikan detail tingkat tugas dari sebuah proyek di dalam tim dan dengan klien.

3. Situs web

Situs web adalah alat yang efektif untuk komunikasi satu arah virtual yang membantu organisasi menyampaikan tujuan bisnisnya kepada audiens dan menyoroti produk dan layanan penting.

Perusahaan menggunakan situs web untuk menampilkan portofolio kerja mereka, menarik klien baru, dan membangun kehadiran mereka di pasar. Mereka juga dapat menggunakannya untuk mempublikasikan blog dan mengembangkan basis pelanggan.

Baca Juga: Manajemen Anggaran: Pengertian, Pendekatan, dan Tahapannya

4. Kampanye iklan

Kampanye iklan adalah alat komunikasi eksternal yang praktis untuk menciptakan kesadaran merek untuk produk baru. Perusahaan membuat iklan dengan pesan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuannya berbeda di setiap industri dan dapat mencakup memperkenalkan layanan baru, meningkatkan penjualan, mendapatkan klien baru, atau mempromosikan produk saat ini.

5. Media sosial

Media sosial adalah salah satu alat komunikasi yang paling populer dan terkenal serta memiliki pengaruh yang luas di seluruh dunia di setiap sektor, termasuk bisnis. Anda dapat membuat situs web sosial resmi untuk organisasi di platform seperti Facebook, Twitter dan Instagram dan terhubung dengan banyak pelanggan dan klien untuk menyampaikan pesan merek atau perusahaan.

Media sosial sering kali memberdayakan Anda untuk terhubung dengan klien secara personal.

6. Pertemuan tatap muka setiap hari

Mengadakan rapat harian adalah metode komunikasi efektif lainnya yang memungkinkan sinkronisasi dan pelacakan kemajuan secara real-time. Manajer dapat mengadakan rapat pembaruan harian dengan setiap anggota tim untuk melacak kinerja mereka dan memahami tantangan mereka jika ada.

Organisasi juga dapat mengundang klien untuk bergabung dalam rapat tatap muka untuk berbagi informasi terbaru tentang proyek, seperti langkah-langkah yang akan dilakukan dan perkiraan waktu penyelesaiannya.

gajihub 3

Baca Juga: Manajemen Stres Kerja: Pengertian, Teknik, dan Cara Mengatasi

Bagaimana Cara Menerapkan Manajemen Komunikasi di Perusahaan?

communication management

Sebuah organisasi dapat menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk memastikan pertumbuhan yang konsisten. Mengelola strategi komunikasi Anda dapat mempermudah berbagi informasi di dalam perusahaan, memudahkan komunikasi lintas departemen, dan membuat bisnis menjadi lebih efisien dan sukses.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan metode komunikasi secara efektif dalam sebuah organisasi:

1. Gunakan alat komunikasi modern

Manajer dapat menggunakan banyak alat canggih yang tersedia di pasar untuk merampingkan komunikasi internal dan eksternal. Aplikasi rapat online dan manajemen proyek dapat membantu Anda merencanakan, mengatur, dan melacak tugas dan kemajuan.

Alat-alat ini sering kali menawarkan fitur yang luas, seperti konferensi video definisi tinggi berbasis cloud, properti perekaman, berbagi layar, dan tampilan layar penuh, yang dapat memastikan komunikasi yang lancar secara online dan offline.

2. Jadwalkan rapat tim secara rutin

Metode komunikasi lain yang bisa Anda terapkan dalam organisasi adalah mengadakan pertemuan rutin dengan tim Anda. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kolaborasi antar anggota tim dan mengkomunikasikan tujuan dan tenggat waktu tim secara efektif.

Jika ada anggota tim yang tidak hadir, Anda bisa merekam pertemuan tersebut, sehingga mereka bisa mengulang kembali diskusi di kemudian hari.

3. Berikan instruksi yang jelas

Terkadang, komunikasi yang tidak jelas dapat menyebabkan penundaan atau kesalahan, yang dapat berdampak pada efisiensi proyek. Penting bagi manajer untuk memberikan arahan yang jelas untuk menghindari ambiguitas.

Pastikan Anda mengirimkan instruksi terperinci melalui email atau menggunakan alat manajemen proyek untuk setiap proyek dan tugas. Anda juga dapat menjadwalkan obrolan video untuk memberikan arahan kepada tim Anda untuk membantu mereka memahami tanggung jawab mereka dengan jelas.

Baca Juga: Manajemen Skill: Pengertian, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

4. Gunakan alat bantu audio-visual

Menggunakan alat bantu audio-visual, seperti presentasi, infografis, atau video, dapat membantu Anda menyampaikan maksud dengan lebih cepat dan efisien. Video dan gambar dapat menarik dan mempertahankan perhatian, terutama jika suatu topik bersifat kompleks atau mendetail.

Alat bantu, seperti papan tulis, proyektor, dan model ilustrasi lainnya yang dirancang untuk melengkapi informasi lisan atau tertulis, dapat membuat presentasi Anda menarik secara visual dan lebih mudah dipahami. Anda juga dapat membuat presentasi untuk mengomunikasikan pesan Anda dalam konferensi video atau rapat.

5. Mintalah umpan balik

Komunikasi dua arah selalu baik untuk kesuksesan sebuah organisasi. Hal ini membantu Anda belajar tentang area-area yang perlu ditingkatkan atau perubahan layanan. Meminta umpan balik memungkinkan Anda untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen Anda.

Anda dapat membuat sistem di mana anggota tim dapat secara terbuka mengirim atau berbagi umpan balik. Hal ini dapat dilakukan melalui email, alat komunikasi bisnis online lainnya atau secara langsung.

Baca Juga: Manajemen Klien: Pengertian, Manfaat dan Keterampilannya

Apa Saja yang Tercakup dalam Rencana Manajemen Komunikasi?

manajemen komunikasi

Jenis rencana manajemen ini penting bagi organisasi mana pun sebagai peta jalan menuju kesuksesan perusahaan secara keseluruhan, membantu memenuhi tujuan yang ditargetkan dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan sehat.

Rencana yang komprehensif mencakup setiap aspek komunikasi internal dan eksternal selama proyek berlangsung. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dimasukkan:

1. Informasi penting terkait perusahaan

Sertakan detail utama yang terkait dengan proyek dalam rencana, seperti pembaruan proyek, catatan rapat, diskusi tim, data, dan file penting. Pertimbangkan untuk mengkategorikan informasi sebelum menambahkannya ke dalam rencana.

Hal ini dapat membantu Anda menetapkan standar untuk setiap pesan dan memberikan kejelasan lebih lanjut mengenai tanggung jawab proyek setiap anggota tim.

2. Saluran komunikasi utama

Sebutkan semua sarana komunikasi yang berbeda yang dapat digunakan oleh anggota tim untuk melacak kemajuan proyek dan tentukan cara menggunakan metode tersebut. Beberapa contoh saluran komunikasi adalah email, alat manajemen dokumen online, perangkat lunak manajemen tugas, panggilan langsung, aplikasi konferensi video, dan pertemuan individu.

Sebagai contoh, Anda dapat menyebutkan bahwa tim dapat mengambil manfaat dari rapat mingguan menggunakan perangkat lunak rapat online untuk menjawab pertanyaan terkait proyek.

3. Waktu dan frekuensi komunikasi

Saat mengembangkan jenis rencana ini, pertimbangkan untuk menguraikan waktu dan frekuensi interaksi. Memberikan waktu komunikasi yang spesifik dalam rencana dapat membantu anggota tim Anda untuk mempersiapkan diri dan siap sedia. Hal ini juga dapat membantu Anda mengelola proses komunikasi organisasi secara efektif.

Baca Juga: 10 Tips Komunikasi Melalui Email dengan Atasan yang Efektif

4. Format komunikasi

Hal ini dapat membantu mempertahankan format tetap untuk mendapatkan kejelasan dan wawasan tentang aktivitas organisasi. Anda dapat memasukkan semua fungsi harian dalam bentuk yang sama untuk menghindari kebingungan di antara anggota tim.

Proses seperti ini dapat membantu saat bekerja dengan karyawan baru. Menyediakan template tentang bagaimana Anda mengharapkan komunikasi organisasi juga dapat meningkatkan efisiensinya.

5. Proses penerapan perubahan

Proses komunikasi dapat berubah seiring berjalannya waktu ketika perusahaan berkembang dan kebutuhannya berbeda. Penting untuk mendefinisikan perubahan-perubahan ini terlebih dahulu untuk memastikan bahwa perusahaan mempertahankan komunikasi yang tidak terganggu pada saat terjadi perubahan.

Manajer juga dapat memberikan arahan terkait penerapan perubahan, seperti siapa yang dapat mengubah rencana komunikasi, bagaimana anggota tim dapat memulai perubahan ini dan jadwal penerapannya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai manajemen komunikasi yang dapat menjadi referensi Anda. Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa manajemen komunikasi merupakan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan peningkatan proses komunikasi dalam tim atau organisasi.

Dengan adanya manajemen komunikasi ini, perusahaan dapat mendukung komunikasi antar karyawan dengan baik sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Untuk mendukung manajemen komunikasi ini, Anda juga perlu mendukungnya dengan pengelolaan karyawan yang baik di perusahaan Anda. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan, mulai dari fitur absensi, payroll, HRIS, BPJS, kelola PPh 21, akuntansi, Employee Self Service (ESS), cuti dan izin, analisis data, reimbursement, kasbon, live tracking, hingga integrasi fingerprint.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *