Kerja Tidak Sesuai Minat, Bagaimana Cara Menghadapinya?

kerja tidak sesuai minat

Minat menjadi aspek penting di dalam sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan sesuai minat tentukanya akan berbeda dengan kerja tidak sesuai minat.

Ketika pekerjaan yang dilakukan sesuai minat, Anda bisa melakukan pekerjaan dengan menyenangkan. Ini sebaliknya ketika kerja tidak sesuai minat, Anda bisa merasa berat saat menjalani pekerjaan Anda.

Meski demikian, kenyataannya mendapatkan pekerjaan sesuai minat adalah hal yang sulit. Ada kalanya Anda harus mulai mencintai pekerjaan Anda saat ini alih-alih bekerja di bidang yang Anda minati.

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai kerja tidak sesuai minat mulai dari pengertian, alasan, hingga cara menghadapinya.

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Itu Kerja Tidak Sesuai Minat?

kerja tidak sesuai minat

Sebelum membahas mengenai kerja tidak sesuai minat, apakah Anda sudah memahami apa itu minat? Minat merupakan ketertarikan atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang didasari oleh aspek psikologis.

Minat dapat diartikan sebagai keinginan atau gairah. Dari penjelasan pengertian minat ini dapat diketahui bahwa kerja tidak sesuai minat artinya kerja tidak sesuatu bidang diinginkan atau yang membuat tertarik.

Anda juga bisa mengenal minat ini sebagai passion dan orang-orang sering menyebut kerja tidak sesuai minat dengan kerja tidak sesuai passion.

Meski terlihat sederhana, namun menemukan pekerjaan sesuai minat bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang bahkan tidak mengetahui apa minat mereka sehingga mereka juga tidak bisa menentukan pekerjaan sesuai minat atau passion mereka.

Padahal dengan bekerja sesuai minat, Anda akan dimudahkan karena mengerjakan bidang yang membuat Anda tertarik. Anda akan merasa nyaman saat bekerja dan pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan dilakukan.

Apakah Anda salah satu orang yang bekerja tidak sesuai passion ini? Lalu apakah Anda ingin memulai pekerjaan yang sesuai minat?

Untuk memulainya, Anda bisa mencari tahu apa alasan Anda tidak bekerja sesuai minta dan mulai menentukan apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai minat Anda.

Baca Juga: Pengertian Workaholic, Tanda, Penyebab, dan Dampaknya

Apa Tanda Kerja Tidak Sesuai Minat?

kerja tidak sesuai minat

Berikut beberapa tanda bekerja tidak sesuai minat yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak Ada Semangat

Tanda yang pertama adalah tidak ada semangat dalam bekerja. Rasanya sangat berat saat harus bekerja, terlebih ketika hari Senin akan datang.

Ini dikarenakan Anda harus menghadapi pekerjaan yang tidak Anda sukai. Rasanya menjadi berat ketika Anda harus menjalani pekerjaan yang tidak sesuai minat.

2. Tidak Bisa Memanfaatkan Kemampuan

Tanda kedua dari bekerja tidak sesuai minat adalah Anda tidak bisa memanfaatkan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki kemampuan di bidang menulis tetapi Anda bekerja sebagai customer service, di sini kemampuan menulis Anda tidak bisa dimanfaatkan.

3. Lingkungan Kerja Kurang Mendukung

Kenyataannya, tidak semua lingkungan kerja bisa mendukung Anda dan ini bisa membuat Anda tidak betah bekerja. Ini bisa dikarenakan lingkungan kerja Anda tidak sejalan dengan prinsip hidup Anda.

Lingkungan menjadi aspek penting yang membuat seorang karyawan betah bekerja atau tidak. Jika lingkungan kerja Anda benar-benar toxic dan membuat Anda merasa terintimidasi, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk pergi.

4. Tidak Memiliki Ambisi

Manusia butuh ambisi untuk bekerja dengan penuh semangat. Ambisi merupakan dorongan untuk meraih sesuatu dan karenanya Anda bisa berjuang sedemikian rupa.

Jika pekerjaan Anda tidak memiliki ambisi, ini membuat Anda kehilangan semangat untuk meraih sesuatu.

5. Rencana Masa Depan Tidak Sejalan dengan Tujuan Perusahaan

Sebagai karyawan Anda pastu memiliki rencana di masa depan, misalnya dalam jenjang karir.

Jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak sejalan dengan rencana Anda, ini pastinya bisa menghambat rencana yang telah Anda tentukan. Misalnya perusahaan tidak memberikan promosi kepada karyawan, padahal Anda menginginkannya.

Ini bisa menjadi tanda pekerjaan Anda tidak sejalan dengan rencana dan minat Anda.

gajihub 3

Baca Juga: Switch Career: Pengertian, Alasan, dan Caranya

Apa Alasan Seseorang Kerja Tidak Sesuai Minat?

Berikut beberapa alasan yang membuat seseorang bekerja tidak sesuai minat:

1. Tidak Mengetahui Apa Minat Mereka

Alasan pertama seseorang bisa bekerja di bidang yang tidak diminati adalah karena mereka tidak mengetahui apa sebenarnya bidang yang mereka minati. Saat tidak mengetahuinya, tentu saja sulit bagi mereka untuk bekerja di bidang sesuai minat.

Mungkin bagi beberapa orang ini terkesan kurang masuk akal. Kok bisa seseorang tidak tahu bidang yang diminatinya?

Meski begitu, ada banyak orang di dunia ini yang tidak tahu bidang yang diminatinya. Ia menganggap semua bidang sama menariknya atau bahkan tidak ada yang menarik.

Meski ini akhirnya bisa mempersulit diri saat menghadapi pekerjaan yang berat, namun tidak mengetahui bidang yang diminati bukanlah sebuah kegagalan.

Anda bisa mulai mencari tahu apa yang sebenarnya Anda minati dengan cara mencoba banyak hal sehingga tahu mana yang paling cocok dan paling membuat Anda nyaman saat melakukannya.

2. Kebutuhan Ekonomi

Alasan kedua adalah faktor kebutuhan ekonomi. Ada orang-orang yang menganggap bisa bekerja sesuai passion adalah kemewahan, karena pada dasarnya orang bekerja itu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

Orang-orang yang terdesak dengan kebutuhan ekonomi tentu saja tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk memikirkan kerja sesuai passion. Yang terpenting adalah bisa mendapatkan gaji sehingga kebutuhan dapat terpenuhi.

Jika Anda merasa tidak bekerja sesuai passion karena alasan ini, Anda bisa mulai mencintai pekerjaan Anda dari sekarang. Jika memang itu terlalu sulit, Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan yang sesuai bidang passion dan bisa memberikan penghasilan yang lebih besar.

Caranya adalah dengan meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang Anda miliki. Meski ini tidak mudah, namun tidak ada yang tidak mungkin jika Anda mau berusaha.

3. Keterbatasan Akses Pekerjaan

Alasan selanjutnya adalah karena keterbatasan akses pekerjaan. Tidak semua orang memiliki akses pekerjaan yang baik, karena akses pekerjaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tempat tinggal, pendidikan, hingga keterampilan.

Orang-orang yang tinggal di desa memiliki kesempatan untuk mengejar pekerjaan sesuai passion lebih kecil dibandingkan mereka yang tinggal di kota. Ini dikarenakan fasilitas yang ada dan juga akses informasi yang ada.

Orang yang tinggal di desa bisa saja mengalami kendala di akses internet sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan sesuai passion menjadi lebih kecil.

Jika ini alasan Anda, Anda bisa mengatasinya dengan memberanikan diri untuk membuka akses tersebut, misalnya dengan pindah tempat tinggal ke kota atau melengkapi fasilitas diri dengan internet yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang harus diperjuangkan untuk bisa tercapai. Jika Anda benar-benar menginginkannya, tidak ada salahanya berjuang.

4. Keterbatasan Pendidikan

Beberapa passion membutuhkan akses pendidkan tinggi dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Keterbatasa ekonomi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk ekonomi keluarga.

Ada juga orang-orang yang harus merelakan impiannya karena jurusan pendidikan yang tidak sesuai.

Jika ini alasan Anda dan Anda masih memiliki keinginan untuk bekerja sesuai passion, tidak ada kata terlambat untuk melanjutkan pendidikan Anda. Anda bisa mencari beasiswa jika memang terkendala ekonomi.

Opsi lainnya yang bisa dilakukan adalah bekerja sambil kuliah. Memang tidak mudah, namun jika ada usaha Anda pasti bisa mewujudkannya.

Baca Juga: Jenjang Karir: Arti, Manfaat, Cara Membangun, dan Contohnya

Apa Dampak dari Kerja Tidak Sesuai Minat?

kerja tidak sesuai minat

Setelah mengetahui alasan bekerja tidak sesuai passion, ini saatnya Anda mengetahui dampak dari bekerja tidak sesuai passion ini.

Apa saja dampak dari bekerja tidak sesuai bidang yang disukai? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pekerjaan Dapat Terganggu

Dampak yang pertama adalah pekerjaan Anda dapat terganggu. Jika di bidang yang Anda sukai Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 2 hari, di bidang yang tidak Anda sukai bisa lebih dari itu.

Ini tidak hanya akan merugikan diri Anda, tetapi juga perusahaan tempat Anda bekerja.

2. Gangguan Kesehatan

Percayalah, kerja tidak sesuai minat bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, baik kesehatan fisik ataupun mental. Anda yang merasa tidak nyaman dan tidak bahagia dengan pekerjaan Anda akan merasa tertekan dan ini akan berpengaruh ke kesehatan mental Anda.

Pada akhirnya kesehatan mental yang terganggu akan berdampak pada kesehatan fisik Anda. Mulai dari gampang lelah, insomnia, hingga gerd bisa menjadi gangguan ketika Anda mengalami stres di tempat kerja.

3. Tidak Merasa Bahagia

Bekerja di bidang yang tidak Anda sukai juga bisa membuat Anda tidak bahagia. Meski ini tergantung bagaimana menyikapi, namun jika Anda tetap tidak menyukai bidang pekerjaan Anda, Anda akan merasa tidak bahagia.

4. Terganggunya Kehidupan Pribadi dan Sosial

Terakhir, bekerja di bidang yang tidak Anda minati juga dapat mengganggu kehidupan pribadi dan sosial Anda. Orang-orang di sekitar Anda bisa terkena dampak karena stres yang Anda rasakan, termasuk perubahan mood Anda.

Baca Juga: Crab Mentality: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengatasi

Bagaimana Cara Menghadapi Kerja Tidak Sesuai Minat?

tidak ada passion

Kenyataannya Anda tidak bisa serta merta mengajukan resign hanya karena bekerja di bidang yang tidak diminati. Ada kalanya Anda harus realistis karena masih membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Selain itu, mencari kerja juga bukan hal yang mudah. Jadi, dibandingkan mengundurkan diri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai minat ini:

1. Cari Cara agar Pekerjaan dan Minat dapat Saling Terhubung

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari cara agar pekerjaan dan minat bisa saling terhubung. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan pekerjaan dengan minat Anda.

Misalnya Anda suka menulis novel, Anda bisa mencari pekerjaan yang masih berhubungan dengan menulis seperti copywriter atau blogger. Anda juga bisa bekerja di bidang pemasaran sebagai penulis konten.

2. Kejar Passion di Waktu Luang

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, termasuk bagi Anda yang ingin mengejar passion Anda. Anda bisa melakukannya di waktu luang Anda.

Misalnya Anda menyukai bidang desain namun saat ini Anda bekerja di bidang keuangan. Anda bisa menggunakan waktu luang Anda untuk mempelajari desain dan mengikuti kursus atau pelatihan desain.

3. Berdiskusi dengan Orang di Minat yang Sama

Ketiga, Anda bisa berdiskusi dengan orang di minat yang sama. Menemukan orang dengan minat yang sama akan memberikan energi dan membuat Anda seperti kembali ke dunia Anda.

Ini juga bisa menjadi cara untuk menyemangati diri sendiri, bahwa Anda masih punya kesempatan untuk bekerja di bidang yang Anda sukai, mesti bukan saat ini.

4. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Anda juga bisa menghadapi kerja tidak sesuai minat ini dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Lingkungan kerja yang positif yang bisa saling mendukung akan memberikan suntikan energi dan semangat, meski bidang yang digeluti tidak sesuai minat.

Caranya adalah dengan bersikap terbuka kepada rekan kerja. Katakanlah jika Anda memiliki kendala dan jangan sungkan untuk meminta bantuan rekan kerja.

5. Ciptakan Work Life Balance

Keempat, ciptakan work life balance. Dengan keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi akan membuat Anda merasa Anda masih memiliki kehidupan pribadi yang menyenangkan.

Ini bisa membantu Anda rehat sejenak dari kehidupan kerja dan memberikan energi untuk Anda. Cobalah luangkan waktu untuk jalan-jalan atau melakukan hal yang Anda suka.

Work life balance ini akan memberikan energi ke Anda dan membuat Anda tetap bahagia meski bekerja di bidang yang tidak diminati.

6. Bertanggung Jawablah

Cara selanjutnya adalah bertanggung jawablah. Bagaimana pun pekerjaan Anda saat ini adalah pekerjaan yang Anda pilih.

Anda juga mendapatkan gaji dari pekerjaan Anda, jadi sudah menjadi kewajiban Anda untuk melakukan pekerjaan Anda dengan baik.

7. Belajarlah dari Kesalahan

Anda harus bisa belajar dari kesalahan untuk dapat terus bergerak maju ke depan. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atas pekerjaan Anda saat ini, misalnya dengan menghujani diri Anda dengan kata-kata negatif seperti tidak mampu, tidak bisa apa-apa, dan lainnya.

Belajarlah dari kesalahan yang Anda lakukan dan lakukan perbaikan diri. Ini akan membantu Anda menghadapi hari-hari Anda yang buruk dan bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga: Career Development: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel di atas dapat diketahui bahwa kerja tidak sesuai minat bisa menjadi beban yang membuat hidup tidak bahagia. Meski begitu sudah menjadi kewajiban Anda untuk bekerja dengan baik, terlebih Anda bekerja untuk mendapatkan uang.

Tidak ada salahnya bekerja tidak sesuai minat, Anda bisa mulai belajar menyukai pekerjaan Anda dari sekarang.

Bagi perusahaan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *