10 Cara Kerja di Luar Negeri dan Keuntungannya

cara kerja di luar negeri

Bekerja di luar negeri saat ini menjadi impian banyak orang di Indonesia. Namun yang menjadi pertanyaannya bagaimana sih cara kerja di luar negeri?

Bekerja di luar negeri memang memiliki kelebihan tersendiri, misalnya dari gaji yang sangat kompetitif dan juga dengan bekerja di luar negeri, Anda bisa mempelajari budaya baru.

Namun apakah kerja di luar negeri bisa didapatkan dengan cara yang mudah? Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk bekerja di luar negeri?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelasakan mengenai cara kerja di luar negeri, tantangannya, dan juga keuntungan yang didapatkan. Anda dapat membaca penjelasan lengkap mengenai cara kerja di luar negeri hanya di bawah ini:

Mengapa Memilih Kerja di Luar Negeri?

Bekerja di luar negeri menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang, apalagi yang memang memiliki impian jalan-jalan ke negeri orang. Meski begitu, masih ada yang menanyakan mengapa seseorang tertarik bekerja di luar negeri.

Kerja di luar negeri merupakan pilihan terbaik bagi seseorang yang merasa kesulitan mencari pekerjaan di tanah air, menginginkan gaji yang lebih besar, atau ingin menginjakan kaki di negeri orang. Seperti yang diketahui, saat ini mencari kerja di Indonesia cukup sulit.

Banyaknya persyaratan untuk kerja di Indonesia hingga tingginya persaingan kerja membuat orang-orang memilih untuk bekerja di luar negeri. Di luar negeri khususnya di negara maju, kesempatan kerja semakin terbuka luas, terlebih di negara-negara dengan jumlah penduduk terbatas.

Negara-negara ini membutuhkan tenaga kerja dari negera seperti Indonesia untuk mendukun industri mereka. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan di luar negeri juga terbilang tinggi, meski harus diimbangi dengan biaya hidup yang tinggi pula.

Tentunya ini menjadi tawaran yang sangat menarik dan membuat banyak orang Indonesia ingin bekerja dan berkarir di luar negeri.

Baca Juga: 13 Tips Kerja Beda Waktu dan Tetap Produktif

Bagaimana Cara Kerja di Luar Negeri?

cara kerja di luar negeri

Lalu bagimana cara kerja di luar negeri? Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

1. Dari program relokasi perusahaan

Cara pertama untuk bisa kerja di luar negeri adalah dengan mengikuti program relokasi perusahaan. Program relokasi ini diberikan oleh perusahaan yang memiliki cabang di luar negeri.

Tujuannya adalah agar karyawan bisa mengikuti budaya yang ada di perusahaan cabang luar negeri. Kesempatan relokasi ini biasanya dilakukan dengan rekutmen baru ataupun melalui rekomendasi dari atasan.

2. Ikut program internship

Cara kedua adalah dengan mengikuti program magang atau internship. Ada banyak program magang yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk bekerja di luar negeri.

Magang ini bisa dilakukan saat masih mahasiswa ataupun dilakukan secara mandiri setelah lulus kuliah.

3. Ikut program kementerian

Anda juga bisa bekerja di luar negeri dengan cara mengikuti program kementerian. Salah satu contoh program dari kementerian pendidikan yang mengadakan rekrutmen guru untuk mengajar bahasa Indonesia di luar negeri.

Program ini bernama BIPA atau Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Beberapa negara tujuan untuk program ini antara lain Australia, Jepang, Thailand, Korea, hingga Arab Saudi.

4. Liburan sambil bekerja

Anda juga bisa mengambil program liburan sambil bekerja untuk mewujudkan mimpi Anda bekerja di luar negeri. Untuk mengambil program ini, Anda bisa mengajukan visa working holliday.

Dengan visa ini Anda akan mendapatkan waktu tinggal di luar negeri dalam jangka waktu yang lama untuk bekerja sembali liburan.

5. Melalui kerabat

Cara kerja di luar negeri selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui kerabat. Anda bisa kerja di luar negeri dengan mengikuti orang tua, saudara, atau teman yang sudah bekerja di luar negeri sebelumnya.

Baca Juga: War for Talent: Arti, Penyebab, dan Strategi Menghadapinya

6. Program volunteer

Program volunteer atau relawan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman bekerja di luar negeri. Program volunteer ini akan memberikan Anda kesempatan bekerja di luar negeri yang bisa menambah pengalaman Anda yang bisa dimasukan ke dama CV kerja.

7. Ikut agen penyalur kerja

Buat Anda yang bingung mencari kerja di luar negeri, Anda bisa mencoba cara dengan ikut agan penyalur kerja. Di Indonesia sendiri, saat ini ada banyak LPK yang sekaligus menjadi penyalur kerja di luar negeri.

Biasanya Anda akan dilatih di LPK ini dan akan berangkat ke luar negeri setelah mendapatkan panggilan kerja.

8. Lanjut pendidikan di luar negeri

Buat Anda yang ingin bekerja di luar negeri, Anda bisa menggunakan cara dengan lanjut pendidikan di luar negeri. Saat pendidikan di luar negeri, Anda bisa mulai mencari pekerjaan paruh waktu.

Setelah lulus, Anda juga bisa langsung lanjut bekerja di luar negeri.

9. Kerja freelance

Ingin kerja di perusahaan yang ada di luar negeri namun dari Indonesia? Anda bisa mencoba pekerjaan freelance atau kerja lepas.

Freelance memungkinkan Anda mendapatkan klien yang berasal dari luar negeri. Ini akan membuat Anda dibayar dengan dollar dengan penghasilan lebih besar dari standar di Indonesia.

10. Kerja remote

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melamar kerja remote. Kerja remote memungkinkan Anda untuk bekerja di perusahaan yang ada di luar negeri namun Anda tetap tinggal di Indonesia.

Ketika Anda kerja secara remote, Anda bisa mendapatkan penghasilan sesuai standar yang ada di luar negeri.

gajihub 1

Baca Juga: Apa Itu Work from Home, Kelebihan, dan Bedanya dengan Kerja Remote?

Apa Saja Langkah untuk Mulai Kerja di Luar Negeri?

cara kerja di luar negeri

Kenyataannya, mendapatkan pekerjaan di luar negeri bisa menjadi proses yang panjang, jadi memahami cara menavigasinya dapat membantu meringankan stres yang Anda alami dan memastikan Anda memenuhi semua persyaratan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai bekerja di luar negeri:

1. Tentukan jenis pekerjaan yang Anda inginkan

Sebelum Anda mencari pekerjaan, penting untuk mempertimbangkan posisi yang Anda inginkan, industri yang ingin Anda geluti, dan keterampilan yang ingin Anda pelajari.

Setelah Anda mempersempit faktor-faktor ini, menentukan pekerjaan yang paling cocok untuk Anda bisa menjadi lebih mudah. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi spesifik yang ingin Anda tuju dan berapa lama Anda ingin – dan diizinkan – bekerja di sana.

Jika Anda tidak dapat menemukan pekerjaan langsung, pertimbangkan pekerjaan jangka pendek di mana Anda dapat bekerja sementara waktu. Misalnya, hostel sering kali memiliki kesempatan bagi Anda untuk bekerja dalam jangka pendek.

Bersikaplah terbuka untuk mengisi kebutuhan, seperti instruktur bahasa Inggris; hal ini dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan pekerjaan di tempat asing.

2. Tentukan di negara mana Anda ingin bekerja

Cara kedua adalah dengan menentukan di negara mana Anda ingin bekerja. Banyak negara menawarkan kesempatan kerja untuk kandidat internasional yang memenuhi syarat. Setelah Anda memutuskan jenis pekerjaan yang Anda inginkan, carilah negara yang Anda minati untuk tinggal yang memfasilitasi pilihan ini.

Sebelum mulai bekerja dan pindah ke negara lain, pertimbangkan untuk melakukan perjalanan jangka pendek ke luar negeri untuk membantu Anda mempelajari budaya, berkenalan dengan lokasi, dan menjalin hubungan tatap muka. Ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk mengatur pertemuan langsung atau wawancara dengan calon pemberi kerja.

Baca Juga: 8 Manajemen Karyawan Remote untuk Tetap Produktif

3. Temukan pekerjaan yang Anda minati

Setelah Anda tahu apa yang ingin Anda lakukan dan di mana Anda ingin melakukannya, mulailah mencari pekerjaan di luar negeri. Berikut adalah beberapa sumber daya untuk mencari pekerjaan di luar negeri:

a. Media asing

Mendapatkan wawasan tentang tren industri dapat membantu memandu pencarian kerja Anda. Mengikuti media asing dapat membantu Anda lebih memahami budaya dan peristiwa terkini di negara tersebut, jika hal itu muncul saat wawancara kerja.

b. Media sosial dan jaringan

Gunakan akun media sosial Anda untuk berbagi bahwa Anda sedang mencari pekerjaan di luar negeri. Anda juga dapat menggunakan jaringan ini untuk mencari pekerjaan, membangun jaringan dengan para profesional, membagikan portofolio Anda dengan pengikut Anda dan membangun merek profesional Anda.

Bantu upaya Anda dengan membuat dan memperkuat koneksi di negara tempat Anda ingin bekerja. Sekolah, jaringan alumni, atau pemberi kerja Anda mungkin memiliki informasi berguna yang dapat membantu Anda menemukan pekerjaan di luar negeri atau tempat tinggal setelah Anda mendapatkan pekerjaan.

  • Bursa kerja: Beberapa bursa kerja memiliki pemberi kerja internasional. Temukan bursa kerja yang menyelenggarakan peluang kerja di luar negeri dan temui perwakilan perusahaan di kota dekat Anda dengan mencari acara secara online.
  • Papan lowongan kerja online: Banyak perusahaan memposting posisi terbuka di berbagai papan pekerjaan online. Papan lowongan kerja internasional tentu saja dapat berguna dalam mencari posisi di luar negeri – papan lowongan kerja khusus negara tertentu dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang tidak terdaftar di situs standar.
  • Laman karier perusahaan: Laman karier perusahaan memungkinkan Anda untuk melamar posisi terbuka secara langsung di situs web perusahaan. Papan lowongan kerja internal ini mungkin juga memiliki informasi yang lebih mutakhir daripada layanan eksternal.
  • Transfer perusahaan: Beberapa perusahaan multinasional besar mengizinkan Anda untuk pindah ke cabang di luar negeri. Jika Anda sudah bekerja di perusahaan seperti itu, pertimbangkan untuk menghubungi atasan Anda untuk menentukan apakah ini merupakan opsi dengan perusahaan Anda saat ini.

4. Mengajukan permohonan visa atau izin kerja

Karena beberapa pemberi kerja mengharuskan Anda memiliki visa atau izin kerja untuk bekerja dengan mereka, maka penting untuk memulai prosesnya sesegera mungkin-terutama sebelum Anda pindah ke negara tempat Anda ingin bekerja.

Dalam beberapa kasus, calon pemberi kerja harus setuju untuk mensponsori Anda sebelum Anda bisa mendapatkan izin kerja atau visa.

Hubungi perusahaan yang Anda minati untuk mengetahui apakah mereka dapat membantu Anda memenuhi persyaratan ini. Situs kedutaan besar pemerintah asing juga dapat memberi Anda informasi mengenai peraturan ketenagakerjaan di negara mereka.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja + 5 Tips untuk HR

5. Sesuaikan resume Anda

Seperti halnya pekerjaan apa pun, penting untuk menyesuaikan resume Anda agar sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Lihatlah lowongan pekerjaan dan jika ada, gunakan kata kunci yang digunakan dalam deskripsi.

Kata kunci yang Anda gunakan di resume harus sesuai dengan bahasa negara tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda menerjemahkan resume Anda ke dalam bahasa resmi jika Anda fasih.

Penting juga untuk mematuhi standar dan ekspektasi resume. Sebagai contoh, beberapa negara mungkin lebih menyukai resume dua halaman yang lebih rinci daripada dokumen yang lebih pendek dan ringkas. Resume Anda tidak hanya harus mencerminkan pekerjaan yang Anda lamar, tetapi juga lingkungan budaya perusahaan.

6. Melamar pekerjaan

Setelah Anda mengumpulkan materi lamaran dan memperbarui resume, pertimbangkan untuk meminta anggota keluarga atau teman untuk mengoreksinya. Selesaikan, buat surat lamaran, kirimkan lamaran kerja Anda dan bersabarlah menunggu kabar.

Baca Juga: 8 Cara Menciptakan Psychological Safety di Tempat Kerja

Apa Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangan Saat Cari Kerja di Luar Negeri?

work aboard

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Anda dapat bekerja melalui agen, mendapatkan visa untuk bekerja selama liburan, menjadi sukarelawan, atau mencari pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu.

Sebelum Anda mencari pekerjaan di negara lain, penting untuk membuat keputusan strategis berdasarkan beberapa faktor berikut:

1. Bahasa yang berbeda

Pekerjaan di luar negeri mungkin mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dalam bahasa resmi setempat. Jika Anda menemukan pekerjaan tertentu yang Anda minati, lakukan riset tentang bahasa yang diperlukan dan pastikan Anda mampu mempelajarinya dan mencapai tingkat keterampilan yang dibutuhkan pada waktunya.

2. Wawancara yang tidak konvensional

Meskipun tidak jarang, Anda mungkin harus mempersiapkan diri untuk wawancara video chat atau telepon dengan calon pemberi kerja. Hal ini terutama terjadi jika Anda berencana untuk bekerja di perusahaan yang lokasinya jauh dari lokasi Anda saat ini.

3. Zona waktu yang berbeda

Jika Anda berencana untuk bekerja di luar negeri dan melakukan wawancara melalui telepon atau video chat, penting untuk mempertimbangkan perbedaan waktu. Penting juga untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu setempat setelah Anda mendapatkan pekerjaan dan pindah karena ini dapat membantu memudahkan transisi Anda.

4. Hari libur

Seperti halnya zona waktu, banyak negara merayakan hari libur yang berbeda. Misalnya, perusahaan di luar Amerika Serikat tidak merayakan Thanksgiving, jadi rencanakan liburan Anda dengan tepat.

4. Ekonomi, politik, dan budaya

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri, penting untuk mempersiapkan diri Anda dengan adat istiadat dan etika budaya negara tersebut. Perusahaan tempat Anda bekerja mungkin juga memiliki lingkungan kerja atau jam kerja yang berbeda, jadi penting untuk beradaptasi.

Baca Juga: Kerja Hybrid: Arti, Kelebihan dan Kekurangan, dan Tipsnya

Apa Keuntungan Kerja di Luar Negeri?

cara kerja di luar negeri

Bekerja di negara lain memberi Anda beberapa manfaat yang dapat Anda bawa sepanjang karier profesional Anda. Berikut adalah beberapa manfaat mendapatkan pekerjaan di luar negeri:

1. Pengalaman budaya yang berbeda

Mendapatkan pekerjaan di negara lain memungkinkan Anda untuk merasakan pengalaman budaya yang berbeda dan membantu Anda membangun kesadaran budaya. Bekerja di luar negeri membantu Anda memahami pasar global dan bagaimana pasar tersebut beroperasi.

Karena bisnis tidak dijalankan dengan cara yang sama di setiap industri dan negara, bekerja di luar negeri memberi Anda wawasan untuk membantu Anda mempelajari berbagai praktik. Selain itu, banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan pengalaman dalam budaya bisnis yang berbeda karena keterlibatan mereka di pasar internasional.

2. Memperkuat resume

Bekerja di luar negeri akan memberikan Anda pengalaman profesional baru di mana Anda dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan tambahan di bidang Anda. Pengalaman yang Anda dapatkan dapat ditambahkan ke resume Anda untuk membantu peluang Anda mendapatkan pekerjaan di bidang terkait di masa depan.

Pekerjaan di luar negeri juga dapat membantu Anda mempelajari bahasa baru, pemahaman, dan kualifikasi lain yang dapat menarik bagi manajer perekrutan.

3. Meningkatkan kemandirian

Bekerja di luar negeri memberi Anda kesempatan untuk membangun kepercayaan diri dan kemandirian. Kemandirian yang baru Anda temukan dapat membantu mengembangkan kehidupan profesional dan pribadi Anda di masa depan.

4. Peningkatan kemampuan beradaptasi

Karena banyak perusahaan internasional yang beroperasi dengan cara yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan, bekerja di luar negeri dapat meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi Anda.

Perpindahan itu sendiri akan menghadapkan Anda pada situasi baru yang mungkin belum pernah Anda hadapi sebelumnya. Kemampuan beradaptasi Anda dapat diterapkan pada situasi apa pun dan digunakan dalam industri apa pun setelah waktu Anda di luar negeri berakhir.

Baca Juga: 10 Tahapan Interview Kerja dan Tips Mempersiapkannya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara kerja di luar negeri untuk Anda. Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa kerja di luar negeri saat ini menjadi impian banyak orang.

Salah satu alasannya adalah karena kerja di luar negeri bisa memberikan gaji yang lebih besar. Dengan banyaknya peminat bekerja di luar negeri, perusahaan yang ada di Indonesia harus sebisa mungkin memberikan fasilitas terbaik agar tidak kalah dengan perusahaan yang ada di Indonesia.

Salah satunya adalah dengan melakukan pengelolaan karyawan dengan baik. Pengelolaan karyawan ini sangat penting karena akan menentukan karyawan Anda betah bekerja di perusahaan Anda atau tidak.

Tidak hanya itu, dengan pengelolaan karyawan yang baik pula, perusahaan juga bisa memberikan gaji yang kompetitif sehingga karyawan bisa mendapatkan hak dengan baik.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *