10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal Shift Kerja

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

Untuk mendukung produktivitas, sebuah perusahaan biasanya akan membagi jadwal shift kerja karyawan. Saat ini sudah ada aplikasi pembuat jadwal shift kerja yang akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat shift kerja karyawan.

Shift kerja ini biasanya diperuntukan bagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, retail, dan lainnya. Dengan adanya shift kerja ini perusahaan produksi atau operasional perusahaan tetap dapat berjalan dan karyawan tetap mendapatkan jam kerja yang layak.

Lalu bagaimana cara memilih aplikasi pembuat jadwal shift kerja ini? Apa saja rekomendasi aplikasi pembuat jadwal shift kerja ini?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai aplikasi pembuat jadwal shift kerja. Anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Bagaimana Memilih Aplikasi Pembuat Jadwal Shift Kerja?

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

Aplikasi pembuat jadwal shift kerja dapat membantu Anda mengelola shift kerja dan mengoptimalkan tingkat kepegawaian secara efektif. Untuk membantu Anda mengetahui software penjadwalan shift karyawan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda perlu menentukan pengguna utama dan mendokumentasikan tantangan spesifik mereka terlebih dahulu.

Saat Anda menjalani proses pemilihan software penjadwalan shift karyawan yang unik, ingatlah beberapa hal berikut ini:

1. Masalah apa yang ingin Anda selesaikan

Mulailah dengan mengidentifikasi tantangan yang ingin Anda atasi. Ini akan membantu Anda memperjelas fitur dan fungsi yang perlu disediakan oleh software penjadwalan.

2. Siapa yang perlu menggunakannya

Untuk mengevaluasi biaya dan kebutuhan, pertimbangkan siapa yang akan menggunakan perangkat lunak dan berapa banyak lisensi yang Anda perlukan.

Anda perlu mengevaluasi apakah hanya profesional dan manajer SDM Anda, atau seluruh organisasi Anda yang akan memerlukan akses. Setelah itu jelas, Anda juga perlu mengurutkan kebutuhan pengguna yang berbeda untuk mengidentifikasi prioritas utama bagi pengguna utama, manajer, dan karyawan Anda, untuk memastikan semuanya terpenuhi.

3. Alat apa yang dibutuhkan

Perjelas alat apa yang akan Anda ganti, alat apa yang akan tetap digunakan, dan alat yang perlu Anda integrasikan, seperti sistem manajemen SDM, perangkat lunak penggajian, atau perangkat lunak pencatatan waktu.

Anda perlu memutuskan apakah alat bantu tersebut harus berintegrasi bersama, atau sebagai alternatif, apakah Anda dapat mengganti beberapa alat bantu dengan satu alat bantu penjadwalan karyawan yang terkonsolidasi.

4. Hasil apa yang penting

Tinjau kembali kemampuan yang ingin Anda peroleh atau tingkatkan, dan bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan. Sebagai contoh, hasil yang ingin dicapai dapat berupa kemampuan penjadwalan karyawan yang lebih baik yang mengarah pada cakupan shift yang optimal dan lebih sedikit konflik penjadwalan, atau menciptakan pengalaman karyawan yang lebih baik bagi staf Anda dengan mengizinkan mereka untuk bertukar shift.

5. Bagaimana perangkat lunak ini akan bekerja di dalam organisasi Anda

Pertimbangkan pemilihan perangkat lunak bersama dengan alur kerja dan metodologi pengiriman Anda. Evaluasi apa yang bekerja dengan baik, dan area masalah yang perlu ditangani.

Ingatlah bahwa setiap bisnis berbeda, jangan berasumsi bahwa sistem penjadwalan shift karyawan akan berhasil untuk organisasi Anda hanya karena sistem tersebut populer.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Manajemen Shift Rumah Sakit + 8 Tipsnya

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal Shift Kerja?

Berikut 10 rekomendasi aplikasi pembuat jadwal shift kerja yang bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda:

1. GajiHub

gajihub

GajiHub menjadi rekomendasi pertama aplikasi pembuat jadwal shift kerja yang akan membantu Anda dalam membuat jadwal shift kerja. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan, khususnya dalam membuat jadwal shift karyawan.

Dengan aplikasi GajiHub, Anda bisa dengan mudah membuat penjadwalan shift karyawan Anda yakni melalui fitur jadwal kerja. Anda bisa membuat jadwal ini dengan drag dan drop shift karyawan.

Fitur dan Integrasi yang Dimiliki GajiHub

Fitur-fitur yang dimiliki GajiHub sangat lengkap. Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk pengelolaan kehadiran, GajiHub hadir degan fitur payroll yang akan membuat Anda lebih mudah dalam menghitung gaji karyawan.

Selain untuk pengelolaan penggajian, GajiHub juga menjadi pilihan terbaik untuk pengelolaan kehadiran karyawan dengan fitur absensi. Di fitur absensi ini juga Anda dapat membuat jadwal shift kerja.

GajiHub juga telah terintegrasi dengan software akuntansi Kledo dimana dengan software akuntansi Kledo ini, Anda dapat mengelola keuangan dan pengelolaan karyawan dengan aplikasi yang saling terintegrasi.

gajihub 1

2. Connecteam

connecteam

Connecteam adalah sistem penjadwalan shift karyawan, yang dirancang untuk karyawan. Tim HR, manajer karyawan, dan pemilik bisnis dapat membuat dan mendistribusikan jadwal shift yang dapat disesuaikan, berkomunikasi dengan staf, mengelola penggajian, dan melatih karyawan tanpa meja secara real-time, di mana pun mereka berada.

Fitur dan Integrasi dari Connecteam:

Fitur-fiturnya termasuk kemampuan untuk menetapkan shift dalam satu klik, menduplikasi jadwal, seret & lepas shift, melakukan tindakan massal, atau menggunakan templat. Anda juga dapat mengawasi aktivitas harian staf Anda menggunakan tugas shift dan pembaruan status shift, dengan karyawan dapat menerima pemberitahuan push yang berisi semua informasi yang mereka butuhkan secara real-time.

Fitur lain dalam platform mobile-first termasuk peringatan konflik penjadwalan dan lembur, dan fitur penjadwalan otomatis yang baru-baru ini ditambahkan. Fitur ini dapat secara otomatis menyelaraskan jadwal karyawan dengan ketersediaan dan waktu istirahat, memberikan distribusi shift yang sama di antara semua karyawan, dan menugaskan pekerjaan berdasarkan kualifikasi untuk penempatan karyawan yang tepat.

Integrasi termasuk Paychex, Xero, Gusto, QuickBooks Payroll (online + desktop), Zapier, Kalender Google, akses API, dan lain-lain.

Baca Juga: Manajemen Shift Pabrik: Jenis, Cara Memilih, dan Tips Terbaiknya

3. Shiftboard

shiftboard

Perangkat lunak penjadwalan karyawan Shiftboard yang canggih dirancang untuk mengatasi tantangan manajemen tenaga kerja yang kompleks, seperti mengurangi total biaya tenaga kerja, meningkatkan retensi karyawan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan penjadwalan yang ketat.

Sistem ini terus mengoptimalkan cakupan untuk menampilkan opsi penjadwalan yang membuka kapasitas tenaga kerja yang tersembunyi sebelum menggunakan lembur. Shiftboard dapat menugaskan kembali pekerja yang kurang dimanfaatkan, mengisi shift dengan pool yang fleksibel, dan memprioritaskan solusi kepegawaian yang hemat biaya.

Fitur dan Integrasi Shiftboard yang Menonjol:

Fitur-fiturnya mencakup berbagai solusi untuk memecahkan tantangan bisnis tertentu, termasuk efisiensi penjadwalan, fleksibilitas tenaga kerja, manajemen biaya tenaga kerja, kepatuhan terhadap serikat pekerja, manajemen kelelahan, manajemen tenaga kerja kontingen, dan retensi karyawan.

Platform Shiftboard juga mudah dikonfigurasikan untuk kebutuhan unik bisnis Anda. Penjadwalan alur kerja, aturan lembur, dan kebijakan dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan tim, lokasi, atau industri tertentu. Otomatisasi juga dapat disesuaikan untuk skenario seperti perubahan lini produksi, tanggap darurat, rotasi pekerjaan, dan pembagian shift.

Selain itu, Shiftboard menawarkan kemampuan kepatuhan siklus penuh, mulai dari pencegahan kesalahan hingga manajemen pengecualian. Platform ini secara terus menerus memberlakukan seperangkat aturan penjadwalan yang komprehensif, termasuk undang-undang ketenagakerjaan negara bagian dan lokal, standar kelelahan, perjanjian serikat pekerja, dan peraturan OSHA.

Integrasi termasuk UKG, ADP, SAP, Oracle, Workday, Dayforce, Infor, Workato, Workday, PowerBI, Verable, Microsoft Dynamics, Circadian, PlanetTogether, Zaddons, dan MyHR.

Baca Juga: Split Shift: Pengertian, Jenis, dan Cara Penerapannya

4. 5280 Clinic

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

5280 Clinic adalah alat penjadwalan yang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memprioritaskan perawatan pasien untuk penyedia layanan kesehatan dan klinik medis dari semua ukuran.

Fitur dan Integrasi 5280 Clinic yang Menonjol:

Fitur-fiturnya termasuk permintaan shift yang didukung AI, grup pengguna tak terbatas, aturan pewarnaan untuk permintaan shift, filter shift khusus, hamparan kalender untuk hari libur dan permintaan cuti, aplikasi seluler asli untuk perangkat Android dan iOS, otentikasi 2FA atau kemampuan untuk masuk menggunakan akun Google atau Facebook, dan parameter enkripsi data yang kuat.

Fitur penting lainnya adalah antarmuka seret-dan-lepas yang intuitif, yang menyederhanakan proses pembuatan dan pengelolaan shift. Antarmuka ini memungkinkan administrator untuk dengan mudah merencanakan dan menyesuaikan jadwal, memastikan cakupan dan koordinasi yang optimal di antara para staf.

Pembaruan waktu nyata memastikan bahwa semua anggota staf mengetahui setiap perubahan pada jadwal mereka dengan segera, sehingga mengurangi kemungkinan miskomunikasi atau konflik penjadwalan. Selain itu, perangkat lunak ini memungkinkan staf untuk meminta cuti dan menukar shift dengan mudah.

5. Homebase

homebase

Homebase merupakan alat penjadwalan karyawan terbaik untuk pekerja kontrak, pekerja lepas, dan pekerja per jam. Homebase memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan jadwal berdasarkan berbagai faktor, termasuk ketersediaan karyawan dan tuntutan bisnis.

Homebase adalah perangkat lunak penjadwalan shift karyawan yang menyederhanakan pengelolaan ketersediaan karyawan, permintaan cuti, dan pertukaran shift. Perusahaan dapat mengimpor jadwal dari minggu-minggu sebelumnya, menetapkan tingkat upah karyawan, dan mematuhi undang-undang ketenagakerjaan.

Platform berbasis cloud ini menyinkronkan penjadwalan karyawan dan pelacakan waktu, membuat pembuatan dan pengelolaan jadwal lebih mudah bagi para manajer. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengelola beberapa lokasi melalui dasbor yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk menambahkan karyawan, mengedit jadwal, dan berkomunikasi dengan karyawan jika perlu.

Fitur dan Integrasi Homebase:

Fitur-fiturnya termasuk sistem komunikasi dua arah yang memungkinkan karyawan untuk saling berkirim pesan, mengambil giliran kerja untuk karyawan lain, atau menyarankan untuk menukar giliran kerja mereka. Sistem ini juga memungkinkan pembaruan waktu nyata untuk membantu menghindari jadwal dengan karyawan yang absen.

Fitur jam masuk dan jam pulang memungkinkan karyawan untuk mencatat jam kerja, termasuk jam istirahat dan lembur. Manajer kemudian dapat memastikan bahwa karyawan mematuhi jam kerja yang dijadwalkan dan menghindari pelanggaran hukum ketenagakerjaan.

Integrasi mencakup berbagai platform penggajian dan point of sale (POS), termasuk ADP, Rippling, Paychex, Gusto, Restaurant365, TipHaus, Clover, Toast, Square, SurePayroll, dan lainnya. Dengan integrasi POS-nya, pengguna dapat secara otomatis melihat biaya tenaga kerja per shift, sehingga mengurangi biaya overhead. Sistem ini juga memungkinkan manajer untuk melihat data penjualan dan menemukan karyawan mana yang mendorong penjualan.

Terakhir, Homebase juga menawarkan aplikasi penjadwalan karyawan untuk perangkat seluler iOS dan Android.

Baca Juga: Long Shift: Pengertian, Aturan, dan Cara Menghitung Upahnya

6. TimeClock Plus

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

TimeClock Plus adalah perangkat lunak waktu dan kehadiran yang dirancang untuk mengotomatiskan proses pencatatan waktu dan penjadwalan sehingga Anda bisa mengelola karyawan secara proaktif.

Fitur dan Integrasi yang Menonjol dari TimeClock Plus:

Fitur-fiturnya meliputi alat untuk melacak waktu dan menjadwalkan shift secara otomatis, manajemen cuti dan akrual, pelacakan tenaga kerja dan biaya pekerjaan, berbagai pilihan jam kerja (mis., pembaca lencana, pemindai biometrik, pemindai termal, jam web, dan aplikasi jam seluler), serta laporan dan analisis.

Integrasi mencakup 100+ solusi penggajian seperti ADP, BAI, Ascentis, Accra, Casamba, Cayenne, Ceridian, Epicure, Quickbooks, Paychex, atau bahkan modul penggajian dari sistem ERP seperti SAP, Sage, dan NetSuite.

7. TimeTrex

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

Dasbor utama TimeTrex memungkinkan manajer untuk melihat berbagai metrik dan jadwal dalam sekejap. TimeTrex adalah alat manajemen tenaga kerja yang mencakup berbagai fungsi manajemen karyawan, termasuk pelacakan waktu dan kehadiran, pemrosesan penggajian, manajemen SDM, penetapan biaya pekerjaan, penjadwalan, manajemen cuti, manajemen dokumen, pelacakan pengeluaran, dan faktur.

Fitur dan Integrasi TimeTrex yang Menonjol:

Fitur-fiturnya meliputi fitur pelacakan waktu dan kehadiran yang canggih, alat bantu manajemen biaya dan pengeluaran, serta alat bantu penjadwalan dan perencanaan cuti otomatis.

Perangkat lunak ini juga mendukung berbagai metode absensi seperti absensi berbasis web, seluler, dan biometrik, memberikan fleksibilitas dan akurasi dalam melacak jam kerja karyawan. TimeTrex bahkan menawarkan pelaporan dan analisis yang komprehensif, aksesibilitas seluler, serta peringatan dan pemberitahuan yang dapat disesuaikan.

Integrasi yang tersedia meliputi ADP, Intuit QuickBooks, Sage, Paychex, Surepay, Ceridian, Meditech, Insync, Millennium, CompuPay, Tyler Technologies, Vensure Employer Services, Accero, IRS, dan Canada Revenue Agency.

Baca Juga: Tips Mengelola Shifting Karyawan Bagi Pemilik Bisnis

8. 7Shifts

7shifting

7shifts adalah sistem manajemen tenaga kerja komprehensif yang dirancang khusus untuk mendukung klien di industri restoran. Sistem ini menawarkan modul-modul untuk penjadwalan karyawan, pencatatan waktu, manajemen tip, penggajian, serta keterlibatan dan komunikasi tim, dan masih banyak lagi.

Fitur dan Integrasi 7shifts yang Menonjol:

Fitur-fiturnya termasuk pembuat jadwal seret dan lepas yang mudah, alat persetujuan manajer yang intuitif, dan aplikasi penjadwalan karyawan gratis yang mendukung pemberitahuan shift, pertukaran shift, dan permintaan cuti.

Data karyawan Anda disinkronkan dan dapat diakses di semua perangkat, sehingga ramah seluler bagi karyawan pengguna Android dan iOS. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dan produktif saat mobile.

Anda juga dapat membuat templat jadwal shift, sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal.

Integrasi tersedia dengan 80+ platform penggajian, POS, dan analitik populer, termasuk ADP RUN, ADP WorkforceNow, Bounce, Cake, Ceridian Dayforce, Clover, DoorDash, GoTab, Gusto, Heartland Payroll, Lightspeed, Oracle, Paychex, Paycom, Paycor, Paylocity, Skip, Square, TalentReef, Toast, UKG Pro, dan masih banyak lagi.

9. Buddy Punch

aplikasi pembuat jadwal shift kerja

Buddy Punch adalah pelacakan waktu berbasis cloud yang sederhana dan mudah digunakan serta solusi penjadwalan shift karyawan. Aplikasi ini bisa melacak siapa yang masuk (atau tidak) pada waktu tertentu, dan juga membuat dan mendistribusikan jadwal karyawan.

Dengan Buddy Punch, Anda bisa menggunakan geofence untuk mengontrol di mana karyawan bisa masuk dan keluar, membatasi jam kerja hanya dalam rentang waktu tertentu, dan secara otomatis mengeluarkan karyawan yang lupa.

Buddy Punch menyederhanakan manajemen shift dan memudahkan untuk menugaskan karyawan ke shift lain yang kekurangan staf daripada menugaskan karyawan yang berlebihan sekaligus. Manajer dapat dengan mudah membantu karyawan bertukar shift satu sama lain dengan menggunakan fungsi tukar shift dan seret dan lepas.

Fitur dan Integrasi Buddy Punch yang menonjol:

Fitur-fiturnya termasuk aplikasi seluler dengan fitur lengkap, pemberitahuan push untuk perubahan jadwal, templat jadwal, alat untuk mengelola pelacakan waktu, integrasi tanpa batas dengan API, dasbor yang mudah digunakan, dan fitur penjadwalan tim yang menghilangkan kebutuhan akan punch-in secara fisik. Manajer dapat meninjau waktu karyawan dan memperbarui jadwal dengan mudah dan efisien, sesuai kebutuhan.

Integrasi tersedia dengan sistem perangkat lunak akuntansi yang umum digunakan seperti ADP, Gusto, Paychex, Paylocity, PayPlus, SurePayroll, Quickbooks, Workday, dan Zapier. Mereka juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Aturan Jam Kerja, Shift, Lembur, dan Cuti Menurut Undang-undang

10. BambooHR

bambooHR

BambooHR merupakan sistem HRIS komprehensif yang dirancang dengan mempertimbangkan usaha kecil dan menengah. Sistem ini menawarkan modul-modul yang mencakup semua proses HR inti yang Anda harapkan, termasuk penggajian, pencatatan waktu, cuti, administrasi tunjangan, perekrutan dan orientasi, kinerja, pengalaman karyawan, serta analisis dan pelaporan HR.

Fitur pelacakan waktu dan penjadwalan mereka sempurna untuk mengelola tim kecil, membantu Anda fokus pada masalah inti. Antarmuka pengguna dan desainnya mudah digunakan dan proses orientasi pelanggan dan pengguna mudah dilakukan oleh administrator SDM, manajer, dan karyawan.

Fitur dan Integrasi BambooHR yang Menonjol:

Fitur-fiturnya termasuk alat untuk melacak jam kerja karyawan, mengajukan dan menyetujui permintaan cuti, menghitung penggajian, dan mengelola tunjangan karyawan. Aplikasi penjadwalan karyawan gratis mereka juga mudah digunakan, menyederhanakan pelacakan waktu dan kehadiran untuk karyawan dan manajer.

Fitur saldo cuti adalah sorotan lain dari sistem BambooHR ini. Jika karyawan Anda ingin mengambil cuti lebih awal, mereka bisa menggunakan kalkulator akrual yang ada di dalam BambooHR untuk melihat apakah mereka memiliki cukup waktu untuk liburan. Mereka juga dapat mengedit dan memperbaiki tanggal pengajuan cuti mereka di masa depan.

BambooHR juga dikenal dengan dukungan pelanggan yang solid jika Anda membutuhkannya, tersedia melalui email atau chat.

Integrasi mencakup 125+ integrasi siap pakai yang tersedia melalui Pasar Aplikasi mereka. Atau Anda bisa terhubung ke platform tambahan menggunakan API mereka.

Baca Juga: Workforce Management: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai aplikasi pembuat jadwal shift kerja yang dapat menjadi referensi Anda. GajiHub menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengelola shift karyawan dengan mudah.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS dengan fitur-fitur terlengkap untuk kemudahan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. Dengan aplikasi GajiHub Anda bisa dengan mudah mengelola kehadiran karyawan sekaligus membuat jadwal shift karyawan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *