Mentor Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

mentor bisnis

Apakah Anda sedang membangun bisnis dan bingung bagaimana melakukannya? Jika Anda merasakan hal tersebut, itu artinya Anda membutuhkan mentor bisnis.

Mentor bisnis merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk memberikan masukan dan bimbingan dalam melakukan bisnis dengan baik. Biasanya, seorang mentor bisnis adalah seseorang yang memiliki pengalaman bisnis yang sebelumnya pernah menggeluti dunia bisnis.

Lalu apa sebenarnya mentor bisnis itu? Apa saja yang dilakukan oleh seorang mentor bisnis dan bagaimana cara memilih mentor bisnis?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan mengenai mentor bisnis, mulai dari pengertian, apa yang dilakukan mentor bisnis, hingga cara memilihnya. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini:

Apa Itu Mentor Bisnis?

mentor bisnis

Mentor bisnis adalah seorang profesional berpengalaman di bidang bisnis yang dapat memberikan bimbingan dan saran yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Mereka membantu Anda mencapai tujuan profesional Anda, memimpin dengan memberi contoh, dan membimbing Anda dalam bisnis Anda.

Mereka berperan sebagai penasihat dengan berbagi masukan berharga tentang bagaimana Anda mengelola bisnis dan apa yang dapat Anda lakukan untuk berkembang. Seorang mentor bisnis sering kali memiliki pengalaman sebelumnya dalam mengelola atau memiliki bisnis.

Mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang keahlian mereka, dan mereka memahami bagaimana memimpin dan mengelola orang lain.

Karena pengalaman industri mereka, mereka dapat memberi Anda wawasan yang berharga tentang kepemimpinan dan kewirausahaan. Banyak mentor yang pernah memiliki mentor sendiri, sehingga mereka terbiasa dengan hubungan mentor-mentee.

Untuk menuju kesuksesan sebuah bisnis, mentor bisnis ini memiliki peran yang cukup besar. Ini karena mereka akan mendampingi bisnis Anda dan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang akan berdampak pada bisnis.

Baca Juga: Perbedaan Coaching dan Mentoring serta Manfaat Keduanya

Mengapa Memiliki Mentor Bisnis Itu Penting?

Memiliki mentor bisnis penting karena memberi Anda panduan industri yang relevan. Mereka memiliki pengalaman manajemen yang berhubungan langsung dengan industri atau bidang Anda.

Mereka juga mengajarkan Anda strategi dan pendekatan tambahan yang tidak akan Anda pelajari di sekolah. Ini termasuk memberikan tips dan saran yang berguna untuk bisnis Anda

Sebagian besar mentor pernah mengalami tantangan yang sama dan menetapkan tujuan yang sama, jadi menggunakan perjalanan karier mentor Anda sebagai contoh akan membantu Anda membayangkan masa depan Anda sendiri.

Ketika Anda mengembangkan perusahaan Anda, Anda mungkin akan menghadapi pertanyaan atau masalah yang perlu Anda selesaikan. Seorang mentor memberi Anda saran yang berguna yang berasal dari pengalaman mereka sendiri.

Baca Juga: Group Mentoring: Arti, Manfaat, Hingga Tips Implementasinya

Apa yang Dilakukan Mentor Bisnis?

mentor bisnis

Hubungan mentoring adalah hubungan jangka panjang, biasanya berlangsung selama beberapa tahun. Semangat untuk berbagi pengalaman bisnis dan membantu generasi pebisnis berikutnya agar berhasil menginspirasi mereka untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Secara teratur bertemu dengan para mentee (orang yang dimentoring) untuk mendiskusikan karier mereka
  • Mendengarkan ide dan rencana mentee serta mendukung pengembangan profesional dan pribadi mereka
  • Menjawab pertanyaan mentee tentang topik-topik bisnis termasuk peraturan pajak, rekrutmen, penjualan dan pemasaran, serta perencanaan bisnis
  • Membantu mentee menetapkan dan mencapai tujuan
  • Membantu mentee mengidentifikasi tantangan dan masalah profesional dan pribadi serta meminimalkan dampaknya
  • Mendukung para mentee selama masa-masa sulit
  • Memberikan saran kepada mentee tentang situasi yang mereka hadapi berdasarkan pengalaman mereka sendiri
  • Memperkenalkan mentee kepada kontak profesional yang dapat membantu mereka dalam karier mereka

Baca Juga: Career Mentoring, Manfaat, Contoh, dan Cara Memilih Mentor

Apa Manfaat dari Mentor Bisnis?

business

Berikut adalah beberapa manfaat menjalin hubungan dengan mentor dalam bisnis:

1. Mereka dapat memberikan panduan tentang kewirausahaan

Banyak orang yang memiliki mentor bisnis adalah pengusaha. Pengusaha duduk di puncak hierarki bisnis mereka. Memegang posisi ini bisa menjadi tantangan bagi orang-orang yang terbiasa dengan bimbingan supervisor dan manajer.

Seorang mentor bisnis yang baik dapat memberikan bimbingan serupa jika Anda memulai dan mengembangkan bisnis Anda sendiri. Mereka dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya Anda tanyakan kepada atasan.

2. Mereka dapat berbagi perspektif baru

Seorang mentor dapat membantu Anda melihat sebuah situasi dari sudut pandang yang berbeda dan lebih berpengalaman. Kebijaksanaan mereka yang diperoleh dari pengalaman bertahun-tahun bisa sangat bermanfaat, terutama saat Anda baru memulai.

Sepanjang karier Anda, seorang mentor juga dapat memberikan perspektif yang lebih objektif tentang masalah yang Anda hadapi. Terkadang pendapat mereka yang tidak bias dapat membantu Anda menyesuaikan pandangan Anda sendiri dan membuat pilihan yang lebih baik.

3. Mereka bisa menjadi panutan

Para mentee biasanya mengagumi mentor mereka. Seorang mentor yang merupakan panutan yang baik dapat menginspirasi Anda dalam karier. Memahami pencapaian mereka dapat membantu Anda tetap termotivasi dan produktif.

4. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan karir Anda

Mentor mendorong anak bimbingannya untuk menetapkan tujuan dan mencapainya. Mereka dapat membantu Anda keluar dari zona nyaman, menjadi sukarelawan untuk tantangan baru, dan mencoba hal-hal baru.

Dorongan mereka dapat membuat Anda terus maju dalam karirr Anda. Jika Anda seorang pengusaha, seorang mentor juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

gajihub 3

Baca Juga: Reverse Mentoring Program: Arti, Manfaat, dan Tipsnya

Apa Saja Tips dalam Memilih Mentor Bisnis?

Menemukan mentor bisnis membutuhkan pertemuan dengan banyak orang dan melakukan percakapan dengan para profesional lainnya. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih saat mencari mentor, seperti pertemuan informal atau acara jaringan resmi.

Pertimbangkan untuk mengambil tips berikut ini untuk memilih seorang mentor bisnis:

1. Tentukan apa yang Anda butuhkan dari seorang mentor

Seorang mentor akan membantu Anda mengatasi kesenjangan yang Anda temukan dalam pengembangan profesional Anda. Mereka mengajarkan konsep yang mungkin tidak Anda ketahui atau berbagi tips yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk memastikan Anda menemukan mentor yang baik adalah dengan terlebih dahulu menetapkan apa yang Anda butuhkan. Pertimbangkan apa prioritas Anda dalam karier dan apa yang paling Anda butuhkan.

Misalnya, salah satu tujuan Anda mungkin mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi. Seorang mentor yang telah membuat kemajuan finansial yang signifikan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

2. Berjejaring dengan para profesional

Berjejaring adalah alat yang sangat baik untuk bertemu dengan para profesional lain dan sangat membantu ketika mencari mentor. Berjejaring mengharuskan Anda untuk berbicara dengan beberapa orang tentang pengalaman kerja, keterampilan dan pencapaian mereka.

Semakin banyak orang yang Anda temui dan semakin produktif percakapan yang Anda lakukan, semakin banyak pula orang yang dapat Anda pilih sebagai mentor Anda. Secara khusus, berjejaringlah dengan mentor potensial di bidang Anda untuk menemukan individu yang memahami ide bisnis Anda.

Baca Juga: 12 Cara Menjadi Mentor yang Baik di Tempat Kerja

3. Menghadiri acara dan pertemuan

Ada banyak acara komunitas dan pertemuan untuk para profesional, yang sangat cocok untuk berjejaring dengan mentor potensial. Dalam acara jaringan atau pertemuan, Anda akan berbicara dengan orang lain di bidang yang sama atau serupa, menjalin hubungan dengan para profesional yang berpikiran sama.

Cari organisasi yang memungkinkan untuk diikuti, di mana Anda dapat terlibat dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Menghadiri acara dan pertemuan kemungkinan besar akan meningkatkan peluang Anda untuk bertemu dengan mentor berikutnya.

Bahkan jika Anda tidak bertemu dengan mentor Anda di acara networking, Anda masih bisa membangun berbagai koneksi yang dapat membantu Anda secara profesional.

4. Pertimbangkan koneksi institusional Anda

Jika Anda pernah kuliah, kemungkinan besar Anda memiliki jaringan alumni. Pertimbangkan kelompok-kelompok ini serta mantan profesor, instruktur, dan penasihat ekstrakurikuler saat mencari mentor Anda.

Orang-orang ini mengenal Anda dan sudah memiliki pemahaman umum tentang tujuan karier Anda. Banyak institusi memiliki grup online dan situs web khusus untuk jaringan alumni mereka.

Universitas mengadakan reuni dan acara alumni, yang memberikan peluang bagus untuk bertemu dengan mentor potensial. Cobalah untuk menghadiri acara-acara ini untuk terus berinteraksi dengan orang-orang yang berafiliasi dengan institusi Anda.

Baca Juga: Peer Mentoring: Arti, Manfaat, Langkah, dan Contohnya

5. Bertemu dengan mentor potensial

Pertimbangkan untuk bertemu dengan beberapa mentor potensial untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda. Setiap mentor memiliki pendekatannya masing-masing dalam menjalankan bisnis dan berkembang secara profesional.

Mempertahankan seorang mentor untuk waktu yang lama adalah hal yang ideal, jadi luangkan waktu untuk berbicara dengan calon mentor dan pelajari lebih lanjut tentang mereka.

Wawancara informasional sangat bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang calon mentor dalam suasana santai. Anda bisa melakukan wawancara informasional melalui telepon, di kantor calon mentor, atau di tempat umum, seperti kedai kopi.

Selama wawancara informasional, Anda mengajukan pertanyaan tentang pengalaman mentor, sehingga lebih mirip percakapan daripada wawancara. Hal ini dapat membantu Anda mengenal calon mentor baik secara pribadi maupun profesional.

Meskipun seorang mentor berperan sebagai penasihat, Anda berdua saling belajar satu sama lain. Mempelajari pengalaman satu sama lain sangat bermanfaat karena Anda berdua saling memberikan perspektif tambahan.

6. Pikirkan tentang logistik

Ketika memikirkan tentang hubungan mentor Anda, pertimbangkan aspek logistik untuk menjaga hubungan profesional. Pikirkan tentang jadwal dan fleksibilitas Anda dalam merencanakan pertemuan.

Jika Anda memutuskan untuk bertemu langsung dengan mentor Anda, pilihlah seseorang yang tinggal dekat dengan Anda. Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah zona waktu.

Perbedaan zona waktu yang signifikan berarti Anda harus meluangkan waktu ekstra untuk menjadwalkan panggilan telepon pada waktu yang tepat.

Baca Juga: Workforce Management: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

7. Bangunlah sebuah hubungan

Terkadang bimbingan terjadi secara organik, dan Anda mendapatkan seorang mentor melalui pengalaman bersama dari waktu ke waktu. Jenis hubungan seperti ini membutuhkan banyak waktu dan usaha yang dilakukan oleh Anda dan mentor Anda.

Mentor yang tidak terduga sering kali terjadi saat Anda masih kuliah atau pada pekerjaan pertama Anda. Seorang supervisor, manajer atau profesor dapat memulai sebagai penasihat, kemudian perlahan-lahan berkembang menjadi mentor. Biarkan hubungan Anda tumbuh secara otentik untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam.

Baca Juga: Budaya Kerja Inklusif: Cara Membangun, dan Contohnya

Dimana Bisa Menemukan Mentor Bisnis?

mentor bisnis

Setelah mengetahui apa saja tips dalam memilih mentor bisnis, lalu dimana Anda bisa menemukan mentor bisnis? Berikut jawabannya:

1. Melalui relasi lama dan relasi baru

Banyak hubungan mentoring yang terjadi secara organik antara pebisnis dan kontak mereka yang sudah ada. Pertimbangkan orang-orang yang telah membuat perbedaan dalam hidup Anda dan hubungi mereka untuk mengetahui apakah mereka dapat menjadi mentor Anda. Guru, mantan atasan dan rekan kerja senior bisa menjadi mentor yang hebat.

2. Menghadiri acara jaringan

Acara jaringan adalah tempat yang tepat untuk bertemu dengan para pelaku bisnis yang berpengalaman. Anda dapat menemukan detail acara bisnis di situs web acara online dan halaman industri.

Pertimbangkan untuk bergabung dengan asosiasi industri, karena mereka menyelenggarakan konferensi, seminar, lokakarya, dan acara perdagangan eksklusif.

Mulailah percakapan dengan peserta lain dan berikan kartu nama Anda kepada orang-orang yang Anda kenal baik. Beri tahu mereka bahwa Anda tertarik untuk menjadi mentor dan ukur ketertarikan mereka.

Baca Juga: Performance Management Tools: Manfaat dan Contohnya

3. Cari mentor secara online

Internet adalah cara terbaik untuk terhubung dengan mentor kapan saja, siang atau malam. Forum bisnis dapat membantu Anda terhubung dengan orang-orang di industri Anda. Platform media sosial juga merupakan sumber daya yang berharga.

Mencari dengan tagar seperti ‘#mentorship’ dan ‘#careeradvice’ dapat membantu Anda menemukan mentor yang berkualitas. Ketika Anda menemukan postingan dan profil dari pebisnis yang menarik dan menginspirasi Anda, kirimkan pesan instan kepada mereka dan jelaskan bahwa Anda ingin berdiskusi tentang bagaimana mereka mencapai tujuan karier mereka.

Sesi mentoring terbaik sering kali dilakukan secara tatap muka, jadi prioritaskan mentor yang tinggal dekat dengan Anda.

4. Mendaftar ke program bimbingan

Pemerintah, dewan, dan kelompok bisnis sering kali menjalankan program mentor bisnis yang memasangkan pebisnis dengan mentor. Program-program ini biasanya mengatur pengaturan bimbingan jangka pendek di mana mentor dan peserta bimbingan bertemu dalam beberapa sesi.

Jika hubungan mentoring berjalan dengan baik, mentor dapat terus bekerja dengan Anda setelah program berakhir. Cari di situs web pemerintah negara bagian dan federal, dewan lokal, dan kelompok bisnis untuk mengetahui rincian program bimbingan bisnis dan proses pendaftarannya.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Product Knowledge untuk Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai mentor bisnis untuk Anda. Dapat diakui bahwa membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah.

Tidak heran jika Anda membutuhkan mentor agar Anda tidak gegabah dalam menjalankan bisnis Anda. Mereka akan membimbing dan mendampingi Anda dalam menjalankan bisnis, termasuk ketika Anda harus mengambil sebuah keputusan.

Dengan adanya mentor bisnis ini, Anda akan mendapatkan gambaran apa yang harus Anda hadapi di masa depan, termasuk risiko-risiko di dalamnya. Sehingga Anda bisa meminimalisir risiko yang bisa terjadi dan menghindari kerugian bisnis.

Untuk memaksimalkan tugas mentor bisnis, Anda juga perlu melakukan pengelolaan karyawan dengan baik di perusahaan Anda. Gunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur untuk kemudahan pengelolaan karyawan. Pengelolaan karyawan yang baik dan mudah pastinya akan mendukung bisnis Anda menjadi lebih maju.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Desi Murniati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *